Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar dan Keterangannya

lapangan bola voli
lapangan bola voli

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Ukuran lapangan bola voli – Jika mendengar kata bola voli apa yang terbayang dipikiranmu? Bola, lapangan, smash atau mungkin si cantik Sabina, hehe. Begitu banyak variasi yang ada dalam permainan bola voli seperti pemain, atau ukuran lapangan bola voli yang digunakan.

Karena pada kesempatan kali ini, kita akan bahas lengkap tentang lapangan bola voli. Jadi tahukah kamu berapa ukuran lapangan bola voli? Tenang saja, kamu bisa lihat gambar lapangan bola voli beserta ukurannya bahkan lengkap dengan penjelasanya.

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya
Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Untuk memainkan bola voli, Sobat memerlukan lapangan. Tapi bukan lapangan pekerjaan lo ya, hehe. Lapangan yang dimaksud adalah lapangan yang sesuai dengan peraturan permainan. Berikut tentang ulasan macam-macam ukuran lapangan bola voli mulai dari lapangan bola voli plastik, lapangan bola voli mini, sampai lapangan bola voli standart FIVB. Daripada penasaran? yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Ukuran Lapangan Bola Voli Plastik

ukuran lapangan bola voli
ukuran lapangan bola voli plastik

Sesuai dengan ketenaran bola voli, layaknya Inul Daratista, maka orang kampung yang jauh dari ketersediaan sarana dan prasarana menciptakan modifikasi dari permainan bola voli ini. Secara aturan dan perlengkapanya pun dimodifikasi.

Sobat tentu tak asing dengan permaian bola voli plastik. Bola voli plastik merupakan cara lain untuk menikmati serunya bermain bola voli. Dengan peralatan yang relatif lebih sederhana, permainan ini bisa dimainkan bersama tim yang Sobat punya.

Cara memainkan bola voli plastik yaitu boleh menggunakan satu tangan saja, namun secara prinsip tetap mengacu pada permainan bola voli yang sebenarnya. Entah siapa yang memulai memodivikasi permainan bola voli ini, tetapi yang jelas itu bukan saya, hahaha.

Permainan ini diawali dengan pukulan servis yang disebrangkan ke lapangan lawan melalui atas net.

Pastikan menjaga bola dengan baik agar tidak sampai terjatuh pada area tim sendiri. Di samping itu, pastikan bola dapat jatuh di lapangan lawan. Hal ini agar dapat mengalahkan lawan.

Bola harus dipantulkan oleh tangan, lengan atau bagian depan badan dan anggota badan lainnya. Jangan dipantulkan dengan tembok rumah ya Sob, hehe. Pada dasarnya bola voli plastik dimainkan hanya sekedar untuk mencari keringat supaya badan sehat.

Luas lapangan voli plastik sedikit lebih kecil dibanding dengan luas lapangan voli standart FIVB yakni ukuran lapangan bola voli plastik adalah 12 x 6 meter, yakni panjang lapangan bola voli 12 dengan lebar 6 meter. Dengan ukuran lapangan yang tidak seluas ukuran semestinya, setiap tim hanya terdiri dari 5 orang pemain saja jangan banyak-banyak nanti dikira tawuran.

Tinggi net voli yang dipakai di lapangan bola voli plastik terkadang tidak sama seperti tinggi net voli pada permainan bola voli pada umumnya. Hal ini dikarenakan karakteristik bola plastik yang berbeda dengan bola pada umumnya.

Orang kampung menyebut bola voli plastik dengan voltik, dimanfaatkan untuk sekedar menjaga stamina tubuh tapi juga sebagai olahraga rekreasi. Karena dalam permianan bola voli plastik kadang terselip canda yang membuat pemain dan penontonya dapat terhibur.

Di pedesaan yang jauh dari ketersediaan sarana dan prasarana, olahraga bola voli plastik banyak dimainkan dan dipertandingkan. Tak jarang dari turnamen tersebut menghasilkan pemain bola voli yang berkualitas.

2. Gambar Lapangan Bola Voli Mini Beserta Ukurannya

ukuran lapangan bola voli mini
ukuran lapangan bola voli mini

Bola voli mini adalah permainan yang sederhana tapi juga rumit umtuk dipelajari. Bola voli mini menyajikan permainan bola voli yang diselaraskan dengan kebutuhan dan kapasitas anak-anak usia 9 sampai 12 tahun. Hal ini sejalan dengan prinsip mengajar yang baik.

Untuk ukuran lapangan bola voli anak SD tidak memakai ukuran standar lapangan bola voli pada umumnya. Karena disesuaikan dengan postur tubuh dan juga sifatnya hanya untuk pembelajaran saja.

Bola voli mini merupakan cara terbaik untuk mempelajari keterampilan dasar. Dengan langkah ini, masing-masing pemain akan menyentuh bola dalam intensitas lebih. Mungkin juga akan menyentuh hati Kamu. Hahaha.

Ukuran lapangan yang lebih kecil akan cocok dengan jenis permainan ini.
Permainan bola voli mini merupakan pembelajaran untuk pendidikan yang diterapkan di Sekolah Dasar. Pemain pada bola voli mini untuk setiap regu yaitu 4 orang pemain dengan 2 orang cadangan. Tidak perlu ditambah karena ini bukan nasi padang haha.

Salah satu hal yang membedakan pada ukuran lapangan bola voli mini dengan lapangan bola voli standar adalah tidak adanya garis serang pada lapangan bola voli mini. Net yang digunakan pada permainan bola voli mini juga mengalami perubahan ukuran.

Tinggi net voli putra yakni 210 cm sedangkan tinggi net voli putri 200 cm, panjang net bola voli 7 m, lebar net bola voli 90 cm. Bola yang digunakan dalam bola voli mini adalah bola mini nomor 4 dengan garis tengah 22 – 24 cm dan berat 230-250 gram. Ribet banget ya Sob haha

Dengan hanya 4 orang di setiap tim maka ukuran lapangan bola voli mini juga tidak terlalu besar yakni luas lapangan voli mini adalah 12 x 6 meter, yakni panjang lapangan bola voli mini 12 meter dengan lebar 6 meter. Ukuran yang cenderung sempit ini mampu menyajikan permainan yang sangat seru.

Pada dasarnya teknik permainan bola voli mini sama dengan permainan bola voli standar. Teknik yang harus dikuasai antara lain servis, passing, smash, dan blok. Tapi bukan blok nomor hp ya, haha

3. Gambar Lapangan Bola Voli Standart FIVB Beserta Ukurannya

gambar lapangan bola voli
gambar lapangan bola voli putra dan putri beserta ukurannya

Aturan bola voli yang diterapkan di Indonesia merupakan aturan bola voli yang dibuat oleh FIVB. FIVB adalah induk organisasi bola voli dunia yang berkedudukan di Paris Perancis. Sobat sudah pernah kesana! Sama Saya juga belum haha.

Luas lapangan voli atau Ukuran lapangan bola voli yang standar adalah Memiliki Panjang lapangan bola voli yang standart yakni 18 m sedangan lebar lapangan bola voli yakni 9 m (18 m x 9 m). Lapangan bola voli terbagi mejadi 3 bagian yaitu bagian depan, tengah dan belakang serta memiliki panjang dan lebar yang berbeda.

Untuk pemain dalam 1 tim terdiri atas 6 orang yang bertanding di lapangan sesuai dengan aturan berlaku. Net yang digunakan memiliki tinggi yang berbeda antara putra dan putri. Tinggi net bola voli putra memiliki tinggi 2,43 meter sedangkan tinggi net bola voli putri 2,24 meter

Sistem pertandingan yang digunakan yaitu Rally Point dimana kesalahan dari sebuah tim akan menambah angka bagi tim lawannya, asal jangan melawan orang tua hehe. 1 set permainan diakhiri dengan angka 25 atau selanjutnya apabila terjadi setting.

Tidak ada perbedaan untuk ukuran lapangan bola voli putra dan ukuran lapangan bola voli putri. Ukuran standar tersebut sudah diterapkan di seluruh dunia untuk pertandingan resmi seperti Olimpiade, bukan olimpiade fisika lo ya.

Apabila Sobat ingin menjadi pemain bla voli setidaknya harus menguasai teknik dasar dalam bermain. Tapi jangan teknik lari dari kenyataan, hehe. Teknik dasar yang setidaknya harus dikuasai yaitu servicer, passing, smash dan blocking.

Servis adalah pukulan awalan untuk memulai permainan bola voli. Dan tentunya harus masuk dong ya. Lakukan service dengan benar agar menghasilkan point bagi tim Sobat. Jangan malah memberi angka pada tim lawan.

Teknik yang kedua yaitu passing, passing bertujuan untuk memberikan umpan kepada teman dalam satu tim untuk mebangun sebuah serangan kepada tim lawan. Kalau membangun rumah tangga ya sama kamu, hahaha.

Smash merupakan pukulan yang kencang dan menukik yang bertujuan untuk mematikan bola di permainan lawan. Dalam melakukan smash harus tepat, jangan sampai terkena block lawan sehingga bola masuk di area permainan Sobat sendiri.

Ukuran lapangan bola voli memang harus disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi tim yang sedang bertanding. Meskipun berbeda tetap tidak mengurangi keseruan dalam permainan. Pastikan Sobat benar-benar memahami aturan lapangannya dengan melihat macam-macam gambar lapangan bola voli berserta ukurannya di atas.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri