Report Text

Report text memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai teks yang berisikan tentang laporan suatu kegiatan, suatu hal, atau suatu kejadian. Dalam Bahasa Inggris ada beberapa hal yang membangun pembuatan jenis teks ini. Isi yang menjelaskan karya ilmiah berarti bahwa Kamu harus menggunakan Bahasa yang lebih umum dan tertata dengan rapi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bentuk kalimat atau teks di dalamnya termasuk perbedaan fakta dan opini. Sebelum memerhatikan apa yang dimaksud dengan fakta dan opini memberikan kejelasan akan susunan untuk membuat tulisan ini sangat penting. Terdapat kaidah kebahasaan atau generic structure yang disiapkan untuk membangun semua kalimat dalam tulisan.

Pengertian Report Text

Teks berbentuk report menjadi salah satu jenis tulisan yang fungsinya membeberkan atau mengemukakan hasil laporan dari penyelidikan. Biasanya ada beberapa informasi yang dituliskan kedalam teks tersebut dengan bentuk yang umum. Detail dari sebuah objek yang dijelaskan harus dengan detail dan mudah dimengerti oleh siapa pun yang membacanya.

Termasuk untuk memberikan penjabaran terhadap objek yang sedang atau sudah diteliti. Fungsinya sama dengan teks deskripsi sebagai penjelasan atau penggambaran mengenai suatu hal. Yang membedakan di sini ada beberapa hal atau tambahan lain yang bersifat informatif dan harus dibuat dengan sebenar-benarnya. Beberapa opini pun kadang dimasukan ke dalam tulisan.

Bentuk report lebih mengarak pada sebuah tulisan yang factual atau ilmiah dengan informasi yang lebih umum untuk diketahui oleh publik. Berbeda dengan jenis deskripsi yang hanya semata memuat opini penulis mengenai suatu benda, hal, atau kejadian.

Tujuan Report Text

Penggambaran mengenai suatu hal atau kejadian apa adanya menjadi ciri dari teks ini. Tujuan utamanya memberikan sebuah gambaran akan apa yang terjadi pada sebuah bentuk hasil tulisan. Bedanya, tulisan tersebut akan dimuat dengan hasil yang berupa observasi atau penelitian. Di dalamnya sudah termasuk Analisa dari beberapa penelitian yang sifatnya sistematis.

Maksud utamanya adalah untuk memuat berbagai hal yang berkaitan dengan fakta dari sebuah objek. Setiap objek atau kejadian yang dijelaskan pada tulisan harus bisa dijelaskan dan dibuktikan dengan berbagai hal yang ilmiah. Hal ini memberikan sebuah deskripsi atau penjelas akan objek yang sedang diceritakan. Kondisi dari fakta atau objek yang dibicarakan juga harus ditulis dengan sangat detail.

Terkenal akan sifatnya yang informational maka Bahasa yang digunakan memang dibuat untuk meyakinkan pembaca. Fungsi dari kebahasaanya juga harus memberikan gambaran jika suatu peristiwa atau kejadian tertentu telah dilakukan penelitian. Suatu investigasi yang singkat harus dibuktikan dalam setiap penulisan dalam teks dan dijadikan sebagai pertimbangan.

Ciri-Ciri Penulisan dan Kebahasaannya

Mencari ciri penting dari report text penting untuk dilakukan. Hal ini akan menjadi pembeda antara jenis teks lain dengan report. Sifatnya yang berbentuk fakta akan membuat siapa pun yang membacanya mudah untuk mengerti jika teks ini bersifat laporan atau report. Beberapa jenis atau ciri tersebut termasuk:

a. Memberikan penjelasan atau tulisan yang mengandung dan selalu dalam bentuk fakta yang ilmiah.

b. Penggunaan judul pada tulisan selalu terlihat lebih umum bagi pembaca.

c. Memberikan sebuah gambaran pada penggunaan data yang dalam bentuk statistik.

d. Penggunaan sebuah pola di setiap kalimat dengan bentuk tense tertentu. Biasanya bentuk tense yang sering digunakan adalah simple present tense.

e. Penggunaan sebuah kata benda yang selalu dalam bentuk umum atau general nouns.

f. Memberikan bentuk kata kerja yang akan selalu berhubung antara satu dengan yang lainnya. Penyebutan lainnya adalah relating verb.

g. Terdapat sebuah objek yang akan ditambahkan sebuah objek lain tentang kejadian yang alami lainnya.

h. Memberikan penjelasan bagi berbagai kelompok atau sebuah aspek dalam bentuk yang umum. Berbeda dengan deskriptif yang bersifat individual atau dibentuk secara khusus.

i. Penggunaan bentuk conditional logical conjunction atau kata penghubung. Jenis kata penghubung yang sering digunakan seperti so, when, as, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Report Text

Sama seperti jenis teks atau tulisan lain dalam Bahasa Inggris, tulisan berbentuk report juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Setiap jenisnya akan memberikan perubahan pada fakta yang harus diberikan. Hasil observasi akan lebih baik jika dimunculkan di setiap jenis tulisan.

1. Reference articles = referensi artikel.
2. Lectures = pembelajaran
3. Scientific articles = artikel dalam bentuk penelitian.
4. Textbooks = tulisan dalam buku.

Bentuk Generic Structure

a. General classification

Pernyataan yang umum mengenai suatu hal atau kejadian pada pembahasan akan disebutkan di bagian ini. Termasuk untuk memberikan keterangan terhadap objek di dalam teks.

b. Description

Gambaran dari fenomena serta situasi yang diambil pada teks akan dijelaskan di sini. Penjelasan tersebut juga mencakup bagian sifat, ciri dan berbagai hal lainnya mengenai objek. Penjabaran dari klasifikasi yang dijelaskan akan dibuat lebih terinci dan secara ilmiah. Kamu harus bisa membedakan antara jenis teks dalam bentuk berita atau sebuah teks yang merupakan fakta ilmiah ini.

Unsur/Kaidah Kebahasaan

1. Menggunakan general nouns = merupakan benda yang hidup atau mati dengan sifat yang umum. Untuk membedakan teks bisa dicoba sebagai berikut: weak birds dengan my birds yang dapat disimpulkan jika weak birds memiliki bentuk yang lebih umum.

2. Terdapat relating verbs = linking verb penting untuk digunakan. Jenis dari linking verb tersebut biasanya penggunaan to be are, is, dan am. Penggunaan taste, look, seem dan sifat lainnya bisa digunakan.

3. Menggunakan timeless present tense = sebuah penanda dari waktu yang dibuat pada bentuk simple present. Jenis yang sering digunakan antara lain adalah always, usually, often, commonly, dan lainnya.

4. Bentuk technical terms = cakupan istilah yang ada pada setiap teks berjenis report. Dengan contoh pada tema yang mengangkat tentang hewan maka istilah hewan harus dimasukan.

5. Terdapat introducing group atau general aspect = berdasarkan sifat dari report text dengan hasil penelitian atau observasi, jenis Bahasanya akan menggunakan perkenalan dari suatu objek. Perbedaannya, pengenalan onjek tersebut diambil secara garis yang umum.

Contoh Report Text

[su_box title=”Contoh Report Text” box_color=”#020202″]

Mobile Phone

Mobile phones or what we called as a smartphone today is a wireless telecommunication system. It can be connected to every communication platform and internet system.

The small size and handy shape from the phone allow people to communicate in a long distance. People can take this smartphone everywhere for many uses. Technological innovation in Mobile phone let everyone taste the advancement of telecommunication system with an internet based. Today, the smartphone can be able to be used for entertainment, working, and payment systems with all of the internet-based systems.

It is a popular technological device that every people would like to buy. More or less, they would try to purchase this smartphone even if it has an expensive price. For the cheapest price will start at $200, which can be easy to find with a lot of advantages.[/su_box]

Tinggalkan komentar