Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan di Indonesia [Lengkap]

Sejarah Permainan Bola Voli – Permainan Bola voli merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu dengan dipisahkan oleh net. Dimainkan di lapangan indoor atau outdoor berbentuk persegi panjang. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengerti asal usul dari sejarah bola voli lengkap. Iya kan? Iya pasti. hehe

Nah, untuk itu disini kita akan jelaskan bagaimana sejarah bola voli secara singkat dan jelas. Oh iya gaes, biasakan membaca sampai tuntas agar kamu benar-benar memahami tentang asal-usul dari sejarah bola voli ini.

Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap

sejarah permainan bola voli
sejarah permainan bola voli

Jika anda menjumpai soal seperti ini: jelaskan sejarah permainan bola voli? berarti kalian sangat tepat berada di artikel kali ini, karena artikel kali ini akan menjelaskan kepada kamu tentang sejarah lengkap permainan bola voli, mulai dari sejarah bola voli di dunia, sejarah bola voli di indonesia, dan sejarah permainan bola voli mini. Mau tahu seperti apa penjelasannya? yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sejarah Bola Voli di Dunia

sejarah bola voli di dunia
sejarah bola voli di dunia

Pada tanggal 9 Februari 1895 di Amerika Serikat, sejarah bola voli dunia bermula. William G. Morgan adalah seseorang yang mendedikasikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani di sebuah kampus YMCA (Young Men’s Christian Association).

Permainan beregu ini pada awal penemuannya dikenal dengan nama Mintonette. Permainan Mintonette diciptakan untuk mengombinasi beberapa permainan. Yaitu: Baseball, Tenis, bola basket dan Bola tangan (Handball). Pada awalnya permainan ini di khususkan bagi anggota YMCA.

Sedangkan perubahan nama dari yang sebelumnya Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896. Pada waktu William G. Morgan mendemonstrasikan penemuannya tersebut di kampus YMCA. Kampusnya di Amerika sana ya guys, hehehe

Dalam kesempatan tersebut William G. Morgan membawa dua tim yang masing-masing tim terdiri dari lima anggota. Sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola tetap bergerak melewati net dari wilayah satu ke wilayah lainnya tanpa menyentuh lantai.

Nah itulah titik awal terbentuknya peraturan dan teknik yang terdapat dalam permainan bola voli saat ini. Tentu dengan adanya perubahan peraturan dari waktu ke waktu. Dengan peraturan yang baik akan menjadikan kompetisi semakin baik dan pemain semakin berkualitas. Seperti kamu, hehe

Begitulah penjelasan singkat mengenai sejarah bola voli dunia, yang bisa kamu ketahui. Eits tunggu dulu, kamu juga harus tahu tentang bagaimana sejarah bola voli di indonesia? Yuk simak penjelasnnya di bawah ini.

2. Sejarah Bola Voli di Indonesia

sejarah bola voli di indonesia
sejarah bola voli di indonesia

Sejak kapan sejarah bola voli ada di indonesia? Pada masa penjajahan Belanda tahun 1982, Indonesia mulai mengenal permainan bola voli. Banyak guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari negeri Belanda. Selain itu, tentara Belanda juga ikut andil dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia.

Pada saat itulah awal dari sejarah permainan bola voli di Indonesia dimulai. Perkembangan permainan bola voli di Indonesia sangat pesat, bahkan diseluruh lapisan masyarakat. Sehingga banyak bermunculan klup-klup bola voli di kota besar seluruh tanah air. Di kotamu punya klup voli gak guys? hmmm

Dengan dasar itulah pada tanggal 22 Januari 1955 PBVI (Persatuan Bola Voli seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. Sejak saat itu PBVI aktif mengebangkan kegiatan di dalam negeri maupun luar negeri.

Menjelang Asian Games IV 1962 serta Ganefo I 1963 di Jakarta kala itu. Perkembangan bola voli di Indonesia semakin pesat. Pada tahun 1951, pertandingan bola voli resmi dipertandingkan dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta.

Nah itulah gambaran sejarah bola voli di indonesai secara singkat, semoga dengan penjelasan yang singkat dan jelas ini bisa membantu kamu dalam memahaminya. Tak terasa gaes, ternyata tinggal satu pembahasan lagi yaitu sejarah permainan bola voli mini, yang bisa kalian simak dibawah ini.

3. Sejarah Permainan Bola Voli Mini

sejarah permainan bola voli mini
sejarah permainan bola voli mini

Permainan bola voli mini adalah modifikasi dari permainan bola voli standar. Dalam permainan bola voli mini sendiri menggunakan peraturan yang dimodifikasi dari peraturan-peraturan yang ada dalam permainan bola voli sesungguhnya sehingga mudah dipahami. Karena permainan bola voli mini ditujukan untuk siswa sekolah dasar.

Bola voli mini ditujukan untuk anak usia 9 sampai 13 tahun. Permainan ini didesain untuk 2 sampai 4 orang pemain setiap tim. Sedangkan sejarah permainan bola voli mini sendiri belum pasti kapan berkembangnya di dunia maupun di Indonesia.

Ukuran lapangan pun berbeda dengan permainan bola voli biasa. Untuk permainan bola voli mini menggunakan lapangan yang berukuran lebar 4,5 meter dan panjang 12 meter. Tinggi net 2,10 meter bagi tim putra maupun tim putri. Sedangkan bola yang digunakan adalah bola nomor 4.

Meskipun permainan bola voli mini ditujukan untuk para pemula muda atau siswa sekolah dasar, permainan ini juga cocok untuk para pemula dewasa, dengan sedikit perubahan pada peraturannya, seperti tingginya net yang digunakan. Untuk dewasa netnya lebih tinggi ya guys, hehe.

Nah itulah pembahasan kita mengenai sejarah permainan bola voli baik di dunia hingga sampai ke Indonesia, dan sejarah bola voli mini. Semoga informasi kali ini dapat membantumu dalam mengenali asal-usul dari sejarah bola voli. Jangan lupa untuk terus belajar ya gaes!

Tinggalkan komentar