Variasi Teknik Block dalam Permainan Bola Voli

Teknik block bola voli adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli yang berfungsi untuk menghalang serangan lawan. Umumnya, teknik blocking dapat dilakukan sekitar 1 sampai dengan 3 pemain. Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa itu teknik block dalam permainan bola voli.

Oke kali ini kita akan bahas tuntas mengenai teknik block bola voli mulai dari pengertian, jenis-jenis teknik blocking, strategi, tips, hingga hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik block dalam bola voli.

Pengertian Block Bola Voli

block bola voli
block bola voli

Blocking bola voli adalah salah satu terknik dasar dalam permainan bola voli yang dilakukan oleh pihak pemain dengan tujuan untuk dapat mempertahankan daerah dari serangan lawan.

Lebih tepatnya, untuk dapat mempertahankan daerahnya sendiri. Cara melakukannya adalah dengan membendung bola yang berasal dari serangan atau smash yang tim lawan lakukan. Agar bisa melakukan block dengan baik, benar dan juga kuat. Sangat diperlukan latihan yang keras pula.

Itu karena apa pun keinginan yang Anda inginkan, supaya berjalan dengan mulus dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Tentu perlu dipelajari dulu sampai bisa, sama seperti latihan block ini. perlu diketahui, bahwa sebelum menerapkan block. Ada beberapa teknik yang harus dikuasai terlebih dulu.

Variasi Teknik Blocking Bola Voli

teknik blocking bola voli
teknik blocking bola voli

Pada umumnya, teknik block dalam permainan bola voli ini memiliki jenis yang berbeda – beda dan harus dikuasai oleh setiap pemain. Macam teknik blocking ini umumnya terbagi menjadi tiga macam, pertama ada blocking tunggal, ganda dan ketiga ada tiga pemain. Pelajari caranya seperti berikut ini.

1. Teknik Blocking Tunggal

Salah satu dari jenis blocking dalam permainan bola voli yang harus dikuasai, yaitu jenis blocking tunggal.

Blocking tunggal adalah jenis teknik block bola voli yang dilakukan oleh satu pemain saja untuk menghadang bola dari serangan lawan.

Namun, hal ini justru akan lebih memungkinkan para pemain di baris belakang agar bisa mudah membaca serangan lawan serta dapat mencegahnya bisa mencetak poin. Teknik satu ini akan membantu, ketika permainannya intens dan tim panik. Block ini dapat membuat tim fokus dan bertahan.

2. Teknik Blocking Ganda

Blocking ganda adalah teknik blok bola voli yang dilakukan dengan menggunakan dua pemain untuk menghalau serangan lawan di barisan depan. Biasanya dilakukan oleh pemain bola voli ketika tim lawan sedang melakukan serangan, seperti smash atau bahkan tipuan lain. Siapa pun yang dekat dekat penyerang lawan, mereka jadi blocker utama.

Dalam menerapkan blocking ganda ini, rekan satu tim yang ada di sebelahnya harus ikut masuk dan juga membantu. Caranya dengan berbaris sedekat mungkin, sehingga bisa mudah dalam membangun tembok pertahanan. Dengan begitu, lawan tidak akan mudah mencetak poinnya sendiri.

3. Teknik Blocking Tiga Pemain

Blocking tiga pemain adalah jenis teknik block dalam bola voli yang menggunakan tiga pemain untuk menutup serangan lawan pada saat melakukan smash. Menurut informasi, teknik blocking satu ini termasuk yang paling efektif. Itu karena dilakukan dengan tiga pemain sekaligus, mereka semua bertugas untuk dapat memblokir dan juga menghalangi serangan.

Blocking tiga pemain ini adalah ketiga pemain dalam permainan bola voli yang berada pada barisan terdepan. Mereka secara bersamaan melakukan block dari serangan lawan dengan cara melompat. Cara ini sangat efektif, apalagi ketika tim lawan melakukan smash keras. Jadi, kuasailah blocking ini.

Macam-Macam Strategi Blocking dalam Bola Voli

teknik block bola voli
teknik block bola voli

Sebagian besar peranan dari seorang blocker adalah dengan mengejutkan serta memberikan tekanan kepada pihak hitter atau pemukul dari tim lawan. Cara satu – satunya, yaitu dengan menggunakan strategi blocking yang tidak bisa mereka prediksikan. Ketahui jenis tekniknya berikut.

1. Strategi Soft Blocking

Pada umumnya, strategi soft blocking ini merupakan bentukan dari blocking bola voli yang biasanya dilakukan blocker. Tujuannya, yaitu untuk dapat memperlambat smash dari tim lawan. Dengan begitu, mereka akan mampu mempertahankan permainan tersebut. Apalagi teknik ini sangatlah efektif.

Efektif dan harus dilakukan ketika tim lawan terus menerus melakukan smash keras. Untuk cara melakukan soft blocking ini, Anda harus melompat setinggi mungkin. Kemudian, arahkan telapak tangan ke belakang sedikit ketika sedang memblock bola volinya. Tujuannya, memperlambat / membelokkan bola ke rekan 1 tim.

2. Strategi Hard Blocking

Selain itu, ada strategi blocking lain yang perlu Anda pelajari dan kuasai. Teknik ini adalah hard blocking, berkebalikan dari soft blocking. Dikarenakan fungsi dan juga tujuannya, yaitu untuk dapat menangkis serangan dari tim lawan serta mampu mencetak point dengan begitu mudah.

Sebagian besar kesalahan yang masih sering dilakukan oleh pemain saat melakukan hard blocking, yaitu dengan mengarahkan telapak tangannya ke arah belakang. Padahal seharusnya diarahkan ke depan. Jika sampai Anda salah dalam menerapkan hal tersebut, yang ada justru soft blocking.

3. Strategi Split Blocking

Split blocking ini sangat efektif jikalau saat memainkan bola voli, Anda berhadapan dengan pihak hitter atau pemukul yang terus menerus melakukan pukulan bola di sekitar blocker dengan cara yang cukup tajam dan juga keras. Strategi ini mampu membantu untuk menghentikan tim lawan tersebut.

Akan tetapi, Anda tidak bisa melakukannya begitu saja secara mendadak. Tentu saja memerlukan yang namanya perencanaan dengan pihak satu tim. Bila sudah membuat rencana secara bersama – sama, buatlah terkejut pihak hitter lawan dengan munculnya blocker lain dengan cara tiba – tiba.

4. Strategi Solo Blocking

Sesuai dengan namanya, solo blocking ini berkaitan dengan cara Anda jika terjebak dengan blokir sendirian. Seorang blocker tentu akan membutuhkan yang namanya strategi ketika mereka terjebak untuk melakukan blokir sendiri. Cara melakukannya mudah, cukup berdiri sejajar / ke samping hitter.

Kemudian, Anda bisa melompat serta membaca pergerakan dari pihak hitter tim lawan. Setelah itu, persempitkan ruang tembak atau bisa juga langsung melakukan block bola voli. Namun, hal tersebut tentu saja tergantung dengan situasi dan juga kondisi. Jadi, akan lebih baik membaca situasi dulu.

Tips Untuk Blocker

Saat melakukan strategi blocking ini, tentu saja tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Anda dituntut untuk memahami serta mampu membaca pergerakan tim lawan dengan baik dan benar. ada beberapa tips bagi seorang blocker. Pertama, tetaplah berada dekat dengan net dan selalu waspada.

Kedua, tingkatkan ketrampilan dalam membaca pergerakan dari tim lawan. Jikalau sudah mampu membacanya, termasuk membaca pergerakan hitter. Bukan tidak mungkin Anda mampu mempertahankan tim. Ketiga, selalu perhatikan tim lawan ketika mereka hendak memukul bolanya.

Keempat, selalu fokuskan perhatian kepada hitter atau pemukul tersebut. Kelima, posisi sikap dari seorang blocker sesungguhnya yaitu posisi telapak tangan harus dihadapkan dengan jaring net. Lebih tepatnya setinggi bahu, lalu siku harus ditekuk dan tangan posisikan ke dalam.

Catatan Penting untuk Seorang Blocker

Selain tips, ada beberapa catatan penting bagi Anda yang bertugas menjadi seorang blocker. Mengingat menjadi blocker itu tidak boleh sembarangan, ada berbagai macam aturan yang harus dipatuhi dan dipenuhi sebagai pemain. Aturan utama, blocker tidak boleh menghalangi tim lawan.

Maksudnya, seorang blocker tidak boleh memblock bola volinya sebelum pihak hitter atau pemukul dari lawan sempat memukul bolanya. Aturan tersebut memang sudah seharusnya dipatuhi, demi menjunjungi permainan bola voli yang lebih adil dan juga sportif.

Lebih jelasnya, jangan pernah Anda melakukan blocking bola ketika bola telah sampai pada hitter di tim lawan. Lalu ketika hitter hendak memukulnya justru diblocking, maka wasit akan memberikan peringatan dan akan memberi poin tambahan ke tim lawan. Jangan biarkan itu sampai terjadi.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif, mengenai topik pembicaraan terkait teknik dan strategi block dalam permainan bola voli. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda harus menguasai teknik tersebut untuk dapat memenangkan tim lawan.

Tinggalkan komentar