Jenis Teknik Smash Bola Voli dan Cara Melakukan Pukulan

Teknik smash bola voli merupakan jenis pukulan keras dalam permainan bola voli yang digunakan untuk menyerang daerah pertahanan lawan agar mencetak point.

Sebelum memainkannya, ketahui dulu bagaimana cara melakukan smash bola voli. Itu karena cara tersebut akan membantu untuk memenangkan permainan, jadi harus dikuasai dulu sebelum bergabung tim.

Tahukah Anda, Apa yang dimaksud dengan smash?

Pengertian Smash dalam Bola Voli

smash bola voli adalah
smash dalam bola voli

Smash bola voli adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli untuk melakukan serangan dengan pukulan keras yang membuat lawan kesulitan menerimanya.

Teknik smash biasanya menggunakan langkah 3-5 dengan irama pelan dan melakukan tolakan untuk melompat tinggi dan melakukan pukulan dengan keras yang dapat mematikan lawan.

Cara Melakukan Smash Bola Voli

cara melakukan smash bola voli
cara melakukan smash bola voli

Jelaskan langkah-langkah agar dapat melakukan smash bola voli dengan baik. Secara umum, saat melakukan pukulan smash. Anda harus memerhatikan beberapa macam tahapan dalam melakukan smash bola voli.

Tujuannya, agar bisa menciptakan gerakan yang jauh lebih tepat dan berjalan sesuai rencana. Dengan begitu, dapat menciptakan skor tim atau memenangkan sebuah pertandingan.

Tahapan-tahapan dalam melakukan smash bola voli adalah:

  1. Awalan.
  2. Tolakan.
  3. Pukulan.
  4. Mendarat.

Cara melakukan smash bola voli dengan baik dan benar, maka kamu harus menguasai 4 teknik dasar dalam melakukan smash bola voli berikut.

1. Teknik Awalan

Teknik awalan dalam melakukan smash bola voli adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat memukul.

Saat menggunakan gerakan ini, pemain harus mengetahui pijakan mana yang tepat atau bahkan saat melompat dan menjaga jarak. Usahakan untuk tidak terlalu dekat.

Saat melakukan lompatan dengan memerhatikan posisi sendiri dari arah net, supaya tidak terlalu dekat. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam melakukan ancangan. Seringkali dilakukan dengan awalan jarak sekitar 2.4 meter dari jaring – jaringnya.

2. Teknik Tolakan

Teknik tolakan dalam smash bola voli adalah teknik yang digunakan ketika kita melakukan tolakan dengan tumpukan kaki terkuat untuk melompat tinggi sebelum melakukan spike.

Biasanya bagian tubuh yang seringkali mendapat tumpuan paling utama, yaitu pada bagian otot di pergelangan kaki dan juga ada di bagian pinggul. Agar bisa mendapatkan lompatan tertinggi, pihak pemain memerlukan latihan.

Latihan secara rutinan tepatnya. Seperti misalnya saja lompatan atau squat jump. Saat melakukan ayunan, maka seharusnya Anda juga membuat tolakan. Hal tersebut bertujuan supaya lompatan yang dilakukan semakin tinggi, mengingat adanya dorongan dari ayunan bagian tangan pemain.

3. Teknik Pukulan

Salah satu hal yang cukup penting dan perlu diperhatikan, yaitu dengan memahami teknik pukulan smash. Teknik ini termasuk ke dalam teknik inti dalam melakukan smash di dalam permainan bola voli. Jadi, Anda harus mampu dalam mengerahkan segala tenaga sekuat mungkin.

Dengan begitu tim lawan tidak akan mampu melawannya. Tentu saja hal tersebtut akan menciptakan poin. Agar bisa menghasilkan pukulan yang cukup keras dari penuh dengan power. Anda bisa melakukan latihan dengan menggunakan kekuatan dari otot perut. Perhatikan juga jarak badan.

4. Teknik Mendarat

Teknik mendarat dalam melakukan smash bola voli adalah teknik yang sangat harus Anda kuasai dengan baik dan benar. Mengingat teknik ini juga berpengaruh pada keselamatan pihak pemain yang bermain bola voli. Jikalau gagal dalam melakukan pendaratannya, maka akan terjadi cedera pada kaki.

Supaya bisa melakukan pendaratan dengan sangat baik, akan lebih baik jika Anda melakukan pembungkukan badan dengan menggunakan telapak kaki bagian depan saat mendarat lebih dulu. Mengingat keselamatan juga memengaruhi, jadi usahakan yang terbaik agar tidak terjadi cedera.

Macam-macam Pukulan Smash Bola Voli

pukulan smash
pukulan smash dalam bola voli

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa permainan bola voli itu memiliki banyak cara dan juga teknik yang harus dipelajari.

Salah satunya seperti berlatih memukul atau smash dalam bola voli. Itu karena cara tersebut dapat membantu pemain dalam memenangkan pertandingan / mengalahkan lawan.

Macam-macam pukulan smash dalam bola voli adalah:

  1. Quick.
  2. Straight.
  3. Open Spike.
  4. Semi All Round.
  5. Bola 3 Meter / Back Attack.
  6. Step L.
  7. Double step.
  8. Dummy / Tip.
  9. Kijang.
  10. Drive.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan dari masing-masing jenis pukulan smash dalam bola voli sebagai berikut.

1. Quick

Quick adalah jenis pukulan smash dalam bola voli ketika telah melihat bola passing ke pihak umpan. Maka pihak pemukul harus melakukan awalan dengan secepat kilat dan langkah yang panjang. Sedangkan timing untuk meloncatnya sebelum bola diumpan.

Lebih tepatnya, sebelum bola diumpankan dengan jarak 1 jangkauan lengan dari pihak pemukul bola yang akan diumpan. Lalu pihak pemukul melayang dengan tangannya yang siap memukul, intinya pemain harus memukul secepatnya (karena namanya quick). Lakukan loncatan smasher vertikal.

2. Straight

Straight merupakan pukulan smash yang dilakukan pihak smasher sebelum melakukan gerakan awalannya, maka mereka akan bergerak ke luar lapangan agar mendekati ke tiang net.

Ketika bolanya sudah berada di batas tepi jaring dengan ketinggian paling optimal, maka pemain harus segera melompat lalu memukul bola secepatnya. Dengan menggunakan proses teknik straight ini, dikatakan jauh lebih cepat daripada melakukan smash dengan bola semi.

3. Open Spike

Open spike adalah salah satu jenis pukulan smash dalam bola voli yang wajib dikuasai dengan baik dan benar, supaya bisa memainkan sebuah pertandingan.

Cara melakukannya pun cukup sederhana yakni pihak pemukul yang melakukan gerakan awal, tepatnya setelah bola terlepas dari tangan milik pengumpan. Setelah itu, bola dipukul pada puncak loncatan serta jangkauan lengannya harus yang paling tinggi.

4. Semi All Round

Semi all round adalah teknik smash bola voli dengan cara yang sederhana, setelah bolanya terlepas dipasing ke pihak pengumpan. Pihak pemukul harus bergerak secara perlahan ke depan.

Pemukul bergerak ke depan dengan langkah tetap ke arah pengumpan. Ketika pengumpannya menyediakan bola dengan ketinggian sekitar 1 meter tepat di tepi atas net. Maka secara cepat pihak pemukul harus meloncat ke atas lalu memukul bolanya.

5. Bola 3 Meter / Back Attack

Bola 3 meter atau back attack adalah pukulan smash bola voli yang dilakukan pihak pemain di garis belakang.

Seorang pemain yang menggunakan teknik smash semacam ini harus memiliki postur tubuh yang tinggi. Biasanya smash pada area belakang garis ini mempunyai fungsi untuk pemain di posisi belakang dalam menolak. Mengingat posisinya tidak boleh menginjak atau melalui garis serang.

6. Step L

Step L merupakan jenis smash dalam bola voli yang masih termasuk ke dalam golongan spike normal. Akan tetapi, awalannya tetap berbeda. Nantinya pemain akan melangkan ke depan.

Kemudian, melangkah ke samping untuk melakukan tolakan dalam meloncat. Saat pihak pemain melakukan pendaratannya, maka akan lebih baik jika menggunakan persendian di kaki untuk dapat bertumpu. Agar jauh lebih ringan.

7. Double step

Double step adalah smash bola voli yang mana seseorang harus bergerak sekitar dua kali agar bisa membuat tolakan dalam meloncat. Jadi, seakan seperti gerakan tipuan.

Saat melakukan tolakan pertama, teknik ini bertujuan untuk dapat melakukan sebuah tipuan atau bahkan disebut sebagai mengecoh block. Lalu setelah itu, pada tolakan kedua kali. Akan memukul meloncat dan membuat serangan.

8. Dummy / Tip

Dummy atau tip adalah jenis pukulan smash dalam bola voli dengan gerakan yang sama saja ketika melakukan spike. Akan tetapi saat menyentuh bolanya, hanya cukup menggunakan sentuhan dari jari tangan.

Hal tersebut justru mudah membuat pemain lawan merasa terkecoh dengan gerakan Anda. Saat melakukan dummy atau tip ini, lengan pihak pemukul akan lebih baik tetap bergerak dan juga menggunakan jari tangan.

9. Kijang

Kijang adalah semacam smash dalam permainan bola voli berupa umpan bola balikan. Saat melakukan gerakannya, pihak pemukul harus melakukan langkah panjang dan juga menggunakan tolakan pada loncatan.

Cara melakukannya adalah dengan menggunakan satu kaki. Gerakan kijang dalam permainan bola voli ini sangat memiliki kekuatan yang baik. Oleh karena itu, tangan gunakan teknik smash ini jika diperlukan saat bermain.

10. Drive

Teknik drive adalah teknik smash bola voli yang dilakukan oleh pemain jikalau bolanya ada pada posisi yang cukup jauh dari net. Saat meloncat, maka posisi pemukul / smasher harus ada di dekat bawah bola.

Setelah itu, mereka bisa memukulnya ketika berada di bawah lengan bahu di kanan. Gerakan tersebut termasuk ke dalam kategori gerakan lecutan yang berasal dari arah depan atas. Hal tersebut justru akan menjadikan bentuknya seperti cekungan sendok.

Jenis-jenis Teknik Smash Bola Voli

teknik smash bola voli
teknik smash bola voli

Setelah mengetahui berbagai macam jenis pukulan smash dalam permainan bola voli. Kini saatnya Anda juga harus tahu apa saja jenis smash secara umum yang paling penting dan banyak dilakukan para pemain unggul lain.

Secara umum, ada 4 jenis smash bola voli, yaitu:

  1. Smash bola voli berdasarkan arah bola.
  2. Berdasarkan awalan.
  3. Berdasarkan umpan / Set Up.
  4. Berdasarkan kurve bola.

1. Smash Bola Voli Berdasarkan Arah Bola

Umumnya, smash bola voli berdasarkan arah bola ini terdiri dari dua jenis. Pertama, smash silang atau biasanya disebut sebagai cross spike. Artinya jenis pukulan tersebut sesuai dengan arah dari sudut smash – nya.

Sedangkan yang kedua, ada smash lurus atau biasanya disebut sebagai straight spike. Berbanding terbalik dari gerakan silang. Pihak pemukul atau disebut smasher ini akan memukul bolanya dengan cara lurus.

2. Smash bola voli Berdasarkan Awalan

Sama seperti sebelumnya, smash bola voli berdasarkan awalan juga terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama, smash menggunakan awalan. Kedua, smash dengan menggunakan satu kaki. Ketiga, memakai dua kaki dan yang terakhir smash tanpa awalan.

Dalam melakukan keempat jenis tersebut, tentu Anda harus melakukan latihan terlebih dahulu. Akan lebih baik latihan sesering mungkin, supaya saat menerapkannya dalam sebuah pertandingan hasilnya bisa sesuai dengan ekspektasi.

3. Smash Bola Voli Berdasarkan Umpan / Set Up

Smash dalam permainan bola voli sesuai umpan atau set up ini juga terbagi menjadi beberapa kategori. Pertama ada open smash, biasanya banyak orang kenal dengan sebutan umpanan normal. Kedua, ada semi smash.

Semi smash tersebut merupakan umpan bola yang memberikan ke pemukul tepat di depan. Ketiga, quick smash yang memiliki kecepatan tertinggi. Push smash, pihak pemain harus berlari keluar lapangan menuju tiang net. Ada juga jenis pull straight smash.

4. Smash Bola Voli Berdasarkan Kurve Bola

Melakukan smash berdasarkan kurve bola juga dibago menjadi tiga jenis. Pertama ada lob smash. Termasuk ke dalam jenis pukulan yang menjadikan para pemainnya harus menyentuh polesan, sehingga bolanya berputar tidak jatuh di luar garis.

Kemudian, jenis selanjutnya ada drive smash yang biasanya banyak pemain gunakan ketika bolanya jauh dari net. Terakhir ada top spin smash, sebuah pukulan di mana membuat bolanya bisa berputar searah jarum jam 12 – 6 jam. Pihak pemain bisa melihatnya dari posisi samping kiri.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif, mengenai topik pembicaraan terkait dengan smash bola voli. mulai dari pengertian, langkah-langkah cara melakukanya, hingga jenis pukulan smash dalam bola voli.

Sebagai pemain, Anda juga harus menguasai teknik smash sesuai dengan tahapan-tahapannya. Agar berjalan sesuai dengan apa yang dinginkan dalam pertandingan bola voli.

Tinggalkan komentar