Nama Posisi Pemain Bola Voli beserta Tugas dan Fungsinya [Lengkap]

pemain bola voli
pemain bola voli

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Nama posisi pemain bola voli – Siapa yang tidak mengenal bola voli? Tentunya kebanyakan orang sudah mengenal jenis permainan bola besar yang satu ini. Ada beberapa nama posisi pemain dalam permainan bola voli yang bisa dipelajari pada kesempatan kali ini, agar Sobat lebih kekinian dan mengenal olah raga yang satu ini.

Tahukah kamu berapa jumlah pemain bola voli? ya, jumlah pemain bola voli yakni 10 orang yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Nah terus tahukah kamu fungsi dan tugas pemain bola voli di setiap posisinya. Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Sebutkan Nama-nama Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

posisi pemain bola voli
nama-nama posisi pemain bola voli

Untuk Sobat yang ingin mengetahui macam-macam posisi pemain bola voli dan tugasnya, berikut ini ulasan singkatnya mengenai nama-nama pemain dalam permainan bola voli sesuai dengan tugas dan posisinya. Pelajarilah baik-baik agar nanti bisa menjadi pemain voli yang profesional serta pastikan menguasai teknik dasar bola voli terlebih dulu yaa, sebelum lanjut ke sini!.

1. Posisi Pemain Blocker dalam Bola Voli

posisi pemain bola voli
Tugas posisi pemain blocker dalam permainan bola voli

Posisi pertama pada permainan bola voli adalah blocker. Tugas pemain bola voli yang satu ini adalah memblock bola yang dilancarkan oleh pemain lawan. Hal ini bertujuan untuk menghentikan serangan yang berupa smash agar lawan tidak bisa mendapatkan poin dari serangannya.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa blocker adalah nama posisi pemain bola voli yang memiliki tugas utama membendung serangan lawan berupa smash agar bola tidak bisa melewati net. Sehingga, tidak menghasilkan keuntungan poin bagi lawan. Tugas yang mulia ya guys, hahaha.

Tugas pemain voli sebagai seorang blocker dalam permaian bola voli di antaranya yaitu melakukan block agar serangan lawan tidak menghasilkan poin, melakukan smash dadakan jika ada bola tanggung, menjaga tipuan lawan dan melakukan serangan balik dengan cepat.

2. Posisi Pemain Libero atau Defende dalam Bola Voli

libero voli
tugas posisi pemain libero dalam permainan bola voli

Nama posisi pemain bola voli beserta fungsinya berikutnya yaitu Libero atau defender. Tugas pemain bola voli yang berperan sebagai libero atau defender adalah sebagai posisi pemain voli bertahan yang bebas keluar masuk lapangan pertandingan bola voli. Akan tetapi tidak diperbolehkan men-smash ke area lawan. Dengan kata lain, seorang pemain libero adalah posisi pemain voli yang memiliki tugas untuk bertahan dalam permainan bola voli.

Mengingat serangan dari lawan akan sangat cepat, maka pemain libero dalam bola voli dituntut memiliki teknik pasing yang baik agar dapat menerima bola yang datang dari lawan dengan sempurnaaaaa, hehe. Posisi pemain libero dalam bola voli diharuskan menguasai teknik pasing bawah dan pasing atas dengan baik.

Pemain libero dalam permainan bola voli merupakan pemain voli yang posisinya sangat bebas dan dinamis. Posisi pemain voli ini pada umumnya pasti mengenakan pakaian yang berbeda dengan rekan satu timnya. Hal ini bisa digunakan untuk menandai pemain libero ketika sedang berada dalam lapangan.

Aturan atau ketentuan pemain libero dalam permainan bola voli diantaranya yaitu bisa menggantikan pemain yang berada pada posisi paling belakang dan tidak diperbolehkan melakukan pukulan smash atau semacamnya.

Pemain libero juga tidak diperkenankan untuk melakukan servis ataupun usaha untuk menahan serangan lawan dengan melakukan bloking. Selain itu, bola pasing atas tidak boleh dipukul oleh pemain depan. Akan tetapi, bola pasing bawah bebas untuk dipukul oleh pemain depan.

Pergantian untuk pemain libero diantaranya yaitu jumlah pergantian Unlimited gaes. Akan tetapi dalam pergantian tersebut harus diselingi dengan reli di antaranya. Pergantian libero hanya dapat dilakukan pada saat awal setiap set.

Pemain libero hanya diperbolehkan keluar dan masuk lapangan permainan dengan melewati garis samping. Garis tersebut berada di depan bangku cadangan di antara garis akhir dan garis serang. Penting bagi pemain libero untuk memahami hal-hal ini.

Kriteria yang harus dimiliki jika sobat ingin bermain sebagai libero yaitu mempunyai teknik pertahanan yang sangat kuat, mempunyai teknik pasing yang sangat baik, dan mempunyai kekuatan serta kelincahan untuk menahan atau menerima serangan yang dilakukan oleh lawan.

3. Posisi Pemain Set-Upper atau Tosser dalam Bola Voli

set-upper bertugas sebagai
pemain bola voli yang bertugas sebagai pengumpan dinamakan

Nama posisi pemain pada bola voli yang selanjutnya yaitu Set-Upper atau Tosser. Set-Upper atau Tosser adalah seorang pemain dalam permainan bola voli yang memiliki peran sebagai pengumpan. Seorang tosser diwajibkan untuk dapat mengirimkan umpan-umpan yang matang kepada smasher. Nah itulah posisi pemain bola voli yang bertugas sebagai pengumpan dinamakan dengan Set-upper atau tosser.

Jadi gini gaes. Tugas pemain bola voli yang berposisi sebagai tosser yakni selain memberikan umpan kepada teman-temannya yaitu melakukan blocking. Ini adalah teknik mendorong bola ke arah lapangan lawan yang kosong untuk mendapatkan poin, memukul bola yang tanggung dari lawan, serta sebagai pengatur serangan.

Dalam menjalankan tugasnya, toser memberikan umpan kepada rekan-rekannya dengan berbagai umpan yang bervariasi. Umpan tersebut juga ditujukan kepada para smasher sehingga mereka dapat melakukan serangan untuk menyulitkan lawan, bahkan untuk mematikan lawan.

Seorang Tosser mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan umpan-umpan yang bervariasi serta berkualitas. Serta sebagai pengatur serangan rekan-rekan setimnya dan harus menguasai teknik blocking dan smash.

Seorang toser juga harus pandai dalam membaca permainan lawan. Mengetahui kelemahan serta kelebihan lawan, sehingga dapat mengetahui apa yang harus dilakukan oleh rekan-rekan setimnya dan sebagainya.

Dalam memberikan umpan yang bervariasi, seorang Tosser bisa membuat kode-kode umpan yang ditujukan kepada smasher. Kode-kode tersebut juga harus dimengerti oleh teman-teman yang lain agar tidak terjadi salah faham antar pemain atau kesalahan komunikasi.

Selain itu, posisi pemain bola voli Tosser juga harus memiliki keterampilan pasing bawah dan passing atas yang bagus. Sehingga, bola-bola yang diberikan atau diumpan kepada smasher dapat diterima serta dipukul dengan baik agar mendapatkan poin. Wowww….

Tosser dapat melakukan umpan bola ke belakang atau depan badannya. Bahkan, menurut arah bola dengan net yang terdiri dari vertikal diagonal atau sejajar. Posisi tosser selalu berada di depan, namun juga dapat bertukar posisi apabila bola servis sudah menyeberang net.

Pada saat-saat tertentu fungsi tosser juga sebagai penahan serangan lawan (blocking). Dan di saat yang lain bisa berfungsi sebagai pemukul bola tanggung dari lawan. Seorang tosser juga harus memiliki keterampilan memukul (smash) dan keterampilan membendung (blocking).

Kemampuan untuk mengamati kelebihan atau kelemahan lawan serta jalannya pertandingan dapat digunakan oleh seorang tosser untuk memanfaatkan situasi apabila lawan sedang lengah. Maka bola bisa langsung diarahkan ke lapangan lawan yang kosong tanpa penjagaan untuk mendapatkan poin.

4. Posisi Pemain Spiker atau Smasher dalam Bola Voli

smasher dalam permainan bola voli bertugas sebagai
pemain penyerang dalam permainan bola voli disebut

Nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya yang selanjutnya yaitu Smasher. Smasher merupakan seorang pemain dalam permainan bola voli yang memiliki tugas sebagai penyerang utama. Ini bertujuan untuk mematahkan serangan sehingga dapat menghasilkan poin untuk teamnya.

Seorang smasher pada posisi ini berada di dekat pemain tosser. Setelah melakukan smash, posisi pemain smasher ini juga memiliki fungsi sebagai seorang blocker untuk menghadang serangan yang dilancarkan oleh tim lawan.

Tugas pemain bola voli yang berposisi sebagai smasher adalah sebagai penyerang. Maka keterampilan yang harus dimiliki yaitu kemampuan memukul bola dengan berbagai macam variasi. Dari berbagai macam variasi tersebut juga dapat dikombinasikan agar berhasil mengelabuhi lawan. Bukan variasi lainnya yaa.

Seorang smasher dapat melakukan tugasnya dengan baik apabila memperhatikan hal-hal tertentu. Di antaranya yaitu langkah awalan saat meloncat, tidak tergesa-gesa, tidak meloncat di bawah bola, melompat dengan maksimal, memukul bola lurus dan mendarat secara seimbang.

5. Posisi Pemain Bola Voli Universal

pengertian universal dalam permainan bola voli
pengertian universal dalam permainan bola voli

Dalam olahraga yang lain pun pasti ada juga pemain yang dijadikan sebagai pemain universal. Pengertian Universal adalah posisi pemain voli yang memiliki fungsi serba guna, bisa sebagai penyerang, bisa sebagai pengumpan dan bisa juga sebagai pemain bertahan.

Dimana posisi pemain universal berada, maka tugas pemain bola voli yang satu ini sebagaimana posisinya berdiri di tengah lapangan.

Apabila pemain universal berada di depan, ia bisa berfungsi sebagai blocker atau smasher. Jika posisinya di belakang, maka bisa bertugas pasing. Biasanya untuk pemain voli yang berposisi sebagai universal pasti memiliki teknik yang baik sehingga dapat ditempatkan di manapun.

Jika dilihat dari jumlah pemain bola voli sesuai nomor, pemain voli nomor 1 dinamakan server, pemain voli nomor 2 dan 4 disebut spiker, pemain voli nomor 3 disebut spiker, sedangkan pemain voli nomor 5 dan 6 dinamakan sebagai libero.

Beberapa nama posisi pemain bola voli beserta tugas dan fungsinya masing-masing di atas dapat dijadikan pembelajaran. Semoga dapat membantu Sobat untuk mempelajari dan mengetahui setiap nama-nama posisi dalam permainan bola voli, sebagai pengantar untuk belajar lebih dalam lagi tentang olahraga bola voli.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri