Gambar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Keterangannya

Lapangan Bulu Tangkis
Lapangan Bulu Tangkis

Gambar dan ukuran lapangan bulu tangkis beserta keterangannya – Bulu tangkis merupakan olahraga yang banyak digemari, menempati peringkat kedua setelah sepak bola. Tak heran, ketika ada turnamen masyarakat Indonesia sangat antusias untuk melihat dan memberikan dukungan.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas segala hal yang terkait dengan ukuran lapangan bulu tangkis. Jika Anda berniat untuk membuat lapangan bulu tangkis di rumah, maka di bawah ini akan dijelaskan lengkap tentang ukuran lapangan bulu tangkis beserta keterangannya secara detail bahkan dengan gambar dan aturannya. Simak sampai akhir ya.

Gambar Lapangan Bulu Tangkis

gambar lapangan bulu tangkis
gambar lapangan bulu tangkis

Semua jenis olahraga pasti membutuhkan sarana dan prasarana penunjang. Salah satunya adalah lapangan, termasuk badminton ini, ada standar ukuran lapangan bulu tangkis tersendiri yang harus digunakan (untuk lomba). Karena hal tersebut juga akan berpengaruh pada kualitas permainan bulu tangkis. Seperti akurasi pukulan atau keluasan bergerak.

Bentuk lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang, tidak berbeda jauh dengan lapangan tenis. Dua area permainan saling berhadapan. Dipisahkan oleh net yang ada di tengah lapangan. Serta dilengkapi dengan beberapa garis yang terletak di depan, servis tengah, samping (bagi permainan tunggal baik sisi kiri ataupun kanan), dan servis belakang.

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya

Gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya
Gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya

Berikut adalah penjelasan tentang ukuran lapangan bulu tangkis internasional yang sudah ditetapkan oleh BWF (Badminton World Federation) untuk pemain dewasa :

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Internasional
  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Jarak antara garis servis bagian depan dengan net yaitu 1,98 meter
  • Jarak garis servis tengah dengan samping adalah 3,05 meter
  • Jarak servis belakang (permainan ganda) dengan garis belakang lapangan yaitu 0, 76 meter
  • Garis samping (permainan tunggal) dengan pinggir lapangan adalah 0,46 meter
  • Tinggi tiang net adalah 1,55 meter
  • Dan yang terakhir ukuran tinggi net yaitu 1, 52 meter.
  • Ukuran lapangan bulu tangkis untuk anak-anak yang berusia di bawah 9 tahun yaitu panjang 10,05 meter dan lebar 4,40 meter.
  • Sedangkan untuk usia 9-12 tahun yaitu panjang 11, 88 meter dan lebar 5, 18 meter.

Nah itulah gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya yang lengkap. Namun, anda juga perlu tahu bahwa masing-masing garis memiliki fungsi yang berbeda. Baik permainan single/double berikut penjelasannya mengenai fungsi-fungsi pada garis lapangan bulu tangkis yang sudah ditetapkan oleh BWF :

Berapa Ukuran Lapangan Bulu Tangkis?

ukuran lapangan bulu tangkis
berapa ukuran lapangan bulu tangkis

Nah itulah bagian-bagian area dalam lapangan bulu tangkis yaitu area partai tunggal dan partai ganda beserta area servis tunggal dan ganda. Adapun penjelasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis partai tunggal dan ganda, bisa kamu simak seperti yang ada dibawah ini.

1. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Adapun lapangan bulu tangkis partai tunggal, memiliki lebar area bermain yang diukur mulai dari garis samping bagian dalam. Sedangkan untuk panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal adalah garis belakang bagian luar. Simak rinciannya berikut :

Ukuran Lapangan bulu tangkis partai tunggal
  • Panjang area penerima servis 4,72 m
  • Panjang lapangan bermain adalah 13,0 m
  • Lebar lapangan bermain 5,18 m
  • Lebar area penerima servis 2,59 m.

2. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Partai Ganda

Adapun lapangan bulu tangkis partai ganda, memiliki lebar area bermain mencakup garis samping bagian luar. Sedangkan untuk panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal adalah garis belakang bagian luar. Simak rinciannya berikut :

Ukuran Lapangan bulu tangkis partai ganda
  • Panjang area penerima servis 3, 96 m
  • Ukuran panjang lapangan bermain 13, 40 m
  • Lebar lapangan 6,10 m
  • Lebar area penerima servis 3,05 m

3. Ukuran Garis Lapangan Bulu Tangkis Area Servis

Apabila partai tunggal maka area lapangan bulu tangkis mencakup garis belakang luar dan samping bagian dalam.

Sedangkan area lapangan bulu tangkis partai ganda (putra, putri atau campuran) mencakup belakang bagian dalam dan samping bagian luar. Panjang dan lebarnya sama seperti aturan di atas.

Semua negara menerapkan aturan yang sama sesuai dengan ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional yang berlaku (standar BWF). Tidak boleh beda ataupun sembarangan.

Peraturan Permainan

Sepanjang sejarah bulu tangkis, aturan bulu tangkis pertama ditetapkan dan dibuat oleh Klub Badminton Bath tahun 1877 di Inggris. Sekarang diambil alih oleh BWF yang merupakan Federasi Badminton Dunia dan wajib dipatuhi oleh siapapun yang ingin bertanding. Oleh karena itu, pemain bulu tangkis tidak hanya berbekal keterampilan saja tapi juga attitude yang baik.

Juga harus memahami syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika tidak maka akan didiskualifikasi, ini dia peraturannya :

1. Servis

Servis adalah pukulan pertama sebagai tanda dimulainya kembali sebuah permainan. Adalah salah satu teknik dasar bulutangkis yang wajib untuk dipahami. Diarahkan menyilang ke area lawan Wasit melakukan pengundian sebelum pertandingan untuk memilih siapa yang berhak lebih dulu melakukan servis.

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan :

  • Tinggi daun raket harus ada di bawah pegangan
  • Posisi kok berada di bawah pinggang
  • Kaki kiri berada dalam kondisi yang statis
  • Kaki hanya boleh bergeser tetapi tidak boleh lepas dari tanah
  • Mengayun raket harus dalam satu rangkain
  • Penerima baru bisa diizinkan bergerak sesaat setelah servis sudah dilakukan

2. Garis Lapangan Bulu Tangkis Saat Bermain dan Servis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, area permainan dalam lapangan bulu tangkis yang digunakan antara partai tunggal dengan ganda memang berbeda. Tapi bagian samping ataupun belakang sama memiliki dua garis yaitu dalam dan luar. Garis lapangan bulu tangkis yang digunakan untuk partai tunggal adalah garis luar bagian belakang dan garis dalam bagian samping.

Kemudian garis lapangan bulu tangkis untuk partai ganda adalah garis luar bagian samping dan belakang. Area servis partai tunggal berada di garis dalam bagian samping dan luar bagian belakang. Dan untuk ganda,garis luar bagian samping dan dalam bagian belakang. Bagaimana sudah cukup jelas kan?

3. Bentuk/Partai Permainan

Ada 5 kategori pertandingan yaitu :

  • Parta tunggal putra, di Indonesia mempunyai atlet legenda diantaranya adalah Rudy Hartono, Taufik Hidayat, Liem Swie King dll.
  • Partai tunggal putri, yaitu Ibu Susi Susanti
  • Partai ganda putra yang dimainkan oleh dua pasang atlit pria
  • Partai ganda putri
  • Dan terakhir ganda campuran, dimainkan oleh dua pasang pria dan wanita. Seperti Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

4. Sistem Penilaian

Terdapat dua sistem penilaian yaitu pindah bola yang tidak lagi digunakan dalam pertandingan sejak Mei 2006 dan reli poin. Yang mana permainan akan berakhir apabila salah satu kubu mendapatkan poin sebesar 21 dan dikatakan menang apabila mencapai 3×21.

Namun, nilai tersebut bisa diperpanjang apabila terjadi permainan ketat hingga selisih 2 poin dari lawannya. Berikut ini ketentuan lengkap sistem reli poin :

  • Servis dilakukan terus sebelum berpindah poin ke lawan
  • Posisi servis berbeda tergantung poin yang diraih (ganjil atau genap)
  • Setiap pasangan (ganda) hanya mempunyai kesempatan servis satu kali.

Apakah Anda sudah paham tentang segala ukuran lapangan bulu tangkis? Baik itu tunggal ataupun ganda?Jika sudah, sekarang bisa coba praktekan di rumah apabila mempunyai lahan kosong. Daripada tidak terpakai bukankah lebih baik dimanfaatkan sebagai sarana olahraga? Jika belum paham, bisa minta tolong kepada yang ahlinya.

Ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum latihan :

  1. Lakukan pemanasan agar tidak terjadi cidera
  2. Sedia air yang banyak dan jangan sampai dehidrasi
  3. Berlatihlah sewajarnya, agar tidak terlalu capek dan menguras tenaga
  4. Terakhir, imbangi dengan makan-makanan yang bergizi

Selain membutuhkan lapangan bulu tangkis sebagai area pertandingan, Untuk menunjang permainan Anda juga bisa membeli raket atau shuttlecock yang sesuai dengan standar. Karena bagaimanapun juga, kualitas permainan bisa dinilai dari alat yang digunakan. Jelas berbeda penggunaannya antara yang murah dengan yang mahal. Raket yang tangguh lebih awet dibanding yang biasa.

Nah mungkin itulah pembahasan kita kali ini mengenai ukuran lapangan bulu tangkis beserta keterangannya yang lengkap, selain itu kita juga telah melihat gambar-gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya. Mudah-mudahan penjelasan dalam artikel kali ini dapat membuat kamu mudah dalam memahami segala hal yang terkait dengan lapangan bulu tangkis.