Peraturan Permainan Bola Voli Lengkap Beserta Penjelasannya

peraturan permainan bola voli lengkap
peraturan permainan bola voli lengkap

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Peraturan permainan bola voli lengkap beserta penjelasannya – Tentunya Sobat pasti sudah tahu tentang permainan bola voli. Permainan yang dimainkan secara beregu ini merupakan permainan yang cukup digemari selain sepak bola. Agar bisa menjadi pemain profesional, maka pelajarilah peraturan permainan bola voli terlebih dahulu.

Macam-macam Peraturan Permainan Bola Voli

peraturan bola voli
peraturan bola voli

Selain menguasai teknik-teknik dasar di dalam permainan bola voli, Sobat juga harus mempelajari semua peraturan-peraturan dalam permainan bola voli. Berikut ini adalah rangkuman tentang peraturan permainan bola voli terbaru:

1. Peraturan Bola Voli Tentang Jaring Net Bola Voli

Jaring net dalam permainan bola voli terbuat dari benang yang dirangkai membentuk kotak-kotak berukuran 10 cm. Agan bisa bayangin jaring ikan, sedangkan panjang net sendiri 9,5 sampai dengan 10 meter atau lebih panjang dari ukuran lapangan.

Apakah Sobat tau kenapa panjang net lebih panjang dari pada ukuran lebar lapangan? Hal itu dikarenakan tiang penyangga untuk mengikat net berada di luar lapangan kurang lebih 0,5 meter, Inilah yang menjadikan jaring harus lebih panjang. Adapun untuk tinggi jaring yaitu 1 meter.

Di bagian tepi atas pada net terdapat pita yang berwarna putih berukuran 5 cm. Net dipasang pada tengah lapangan secara melintang dan diikatkan pada tiang yang berada di kiri dan kanan lapangan. Net harus dipasang dengan diikat dengan kuat, sama tinggi serta seimbang.

2. Jumlah Pemain dalam Peraturan Bola Voli

Di dalam masing-masing regu permainan ini, terdapat 6 pemain di lapangan. Sedangkan jumlah pemain cadangan ada 4 orang. Dengan demikian, keseluruhan pemain dalam olahraga ini adalah 10 orang.

Sesuai dengan peraturan dalam permainan bola voli untuk pemain yang ada di dalam lapangan maksimal 6 orang dan minimal 4 pemain. Apabila pemain yang ada di dalam lapangan kurang dari 4, maka tim tersebut akan dinyatakan kalah oleh wasit.

3. Peraturan Bola Voli Terhadap Kelengkapan Pemain

Selain mengetahui cara ataupun peraturan bola voli dengan benar, para pemain harus memakai perlengkapan yang menunjang permainan bola voli. Hal tersebut dimaksudkan agar sang pemain tidak mengalami cedera saat terjatuh ataupun mengalami benturan dengan pemain yang lain.

Perlengkapan yang pertama yaitu kaos dan celana pendek. Sangat disarankan sang pemain mengenakan kaos dan celana pendek dengan tidak sembarangan. Akan tetapi harus jenis pakaian olah raga. Bahkan kaos dan celana pendek harus sama untuk semua pemain dalam satu regu.

Perlu Sobat ketahui bahwa dalam permainan bola voli ada pemain yang diwajibkan untuk memakai pakaian berbeda yakni seorang Libero. Kaos dalam permainan bola voli juga diwajibkan untuk dicantumkan nomor pemain, yakni nomor 1-20 seperti yang sudah terdaftar dalam peraturan bola voli

Perlengkapan yang kedua yaitu sepatu. Seluruh pemain diwajibkan memakai sepatu khusus untuk bola voli dalam pertandingan resmi. Alas kaki tersebut tentunya bukan sembarangan karena ada aturannya. Sepatu tersebut sangat ringan sehingga pemain dapat melakukan jumping secara optimal.

Perlengkapan yang ketiga yaitu pelindung ruas jari. Saat melakukan blocking, pelindung ini diperlukan karena para pemain sering mengalami benturan. Jari kelingking dan manis adalah bagian yang kerap mengalaminya. Oleh karena itu, butuh perlindungan maksimal agar tidak cedera.

Perlengkapan yang keempat yaitu elbowpad atau deker siku yang fungsinya sebagai pelindung siku optimal bagi pemain. Dengan alat ini diharapkan dapat melindungi pemain dari cedera apabila mengalami benturan saat terjatuh. Gak sampek gagar otak kokā€¦

Perlengkapan yang kelima yaitu kneepad. Alat ini hampir sama dengan elbowpad, bedanya digunakan untuk melindungi lutut pemain. Kneepad juga digunakan sebagai penyangga sendi lutut agar lebih kuat saat melompat dan juga melindungi dari cedera kambuhan.

4. Kriteria Bola Sesuai Dengan Peraturan Bola Voli

Berat bola voli adalah 260-280 gram. Keliling pada bola voli yaitu 65-67 cm. Sedangkan tekanan pada bola voli yaitu sekitar 0.30 sampai 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa). Kriteria bola tersebut sudah masuk ke dalam peraturan permainan bola voli terbaru PBVSI.

5. Lapangan Yang Sesuai Dengan Peraturan Bola Voli

Peraturan permainan bola voli untuk lapangan memiliki ukuran yaitu panjang 18 meter, lebar 9 meter dan panjang garis serang 3 meter. Tentunya ukuran lapangan tersebut sudah merupakan ketentuan dari PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Untuk selengkapnya kamu bisa lihat artikel sebelumnya tentang ukuran lapangan bola voli yang telah kami bahas lengkap di situ.

6. Aturan Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Kesalahan dalam bola voli di antaranya yaitu kesalahan saat servis, kesalahan atau pelanggaran net, pemain keluar dari posisi dan sebagainya. Selain kesalahan tersebut para pemain juga sering melakukan pelanggaran.

Pelanggaran ketika bermain bola voli dibedakan menjadi dua yaitu pelanggaran ketika bermain dan pelanggaran akibat tingkah laku. Pelanggaran ketika bermain mengakibatkan Sobat kehilangan nilai sedangkan pelanggaran akibat tingkah laku maka Sobat akan diberikan sanksi oleh wasit.

7. Wasit dalam Peraturan Pertandingan Bola Voli

Berdasarkan peraturan permainan bola voli di Indonesia, disebutkan bahwa pertandingan bola voli dipimpin oleh wasit. Seorang wasit sangat berperan vital dalam jalannya pertandingan. Untuk itu, dibutuhkan wasit yang solid serta mampu bertugas di mana dia ditempatkan.

Komposisi dalam wasit pertandingan tidak sama dengan komposisi makanan ringan, yang pertama yaitu wasit 1 yang memiliki tugas untuk memimpin jalannya pertandingan serta memiliki tempat duduk yang lebih tinggi dari net. Wasit ini sering disebut juga dengan istilah wasit utama.

Komposisi dalam wasit pertandingan bola voli yang kedua yaitu wasit 2 yang memiliki tugas untuk mengamati pertandingan selama berlangsung. Mengamati pertandingan jika terjadi kesalahan dan pelanggaran. Wasit ini biasa disebut wasit 2 atau umpire.

Komposisi dalam wasit pertandingan bola voli yang ketiga yaitu wasit pencatat yang memiliki tugas mencatat poin hasil pertandingan serta mencatat pergantian pemain. Bahkan juga mencatat time out yang diminta team ketika permainan sedang berlangsung.

Komposisi dalam wasit pertandingan bola voli yang keempat yaitu 2 orang atau 4 orang hakim garis. Ia memiliki tugas untuk mengamati bola yang jatuh pada area permainan lawan. Hakim garis ini juga memiliki wewenang mengangkat bendera ketika pemain melakukan pelanggaran saat servis.

8. Peraturan Bermain Bola Voli

peraturan permainan bola voli
peraturan permainan bola voli

Dalam pertandingan bola voli, satu tim terdiri dari 10 orang. Setiap tim harus mengumpulkan poin sebanyak 25 di dalam satu set dalam bentuk rally point. Biasanya digunakan dua sistem kemenangan yaitu two winning set dan three winning set.

Two winning set yaitu pertandingan berakhir apabila salah satu tim memperoleh dua set kemenangan secara langsung. Sedangkan three winning set yaitu pertandingan berakhir jika salah satu tim memperoleh tiga set kemenangan secara langsung.

9. Peraturan Pergeseran Pemain Dalam Permainan Bola Voli

Saat regu dari sang penerima sudah mendapatkan hak servisnya, pemain wajib bergeser dalam satu posisi searah dengan jarum jam. Sehingga, pemain ke 2 akan pindah ke posisi 1. Begitu seterusnya.

Hal ini tentu berbeda apabila Sobat bandingkan dengan peraturan permainan bola voli pantai. Karena pada permainan bola voli pantai untuk setiap regunya hanya terdiri dari dua orang. Dengan jumlah anggota yang sedikit akan lebih memudahkan untuk melakukan pergeseran pemain.

10. Peraturan Sistem Libero dalam Permaianan Bola Voli

Libero adalah pemain bertahan dalam permainan bola voli yang bertugas untuk menerima dan menahan serangan lawan. Pemain ini tidak pernah menduduki posisi bagian belakang garis serang. Libero selalu berada di belakang garis serang dan tidak boleh melakukan smash meskipun dari garis belakang.

11. Waktu Permainan Bola Voli Sesuai Aturan

Permainan bola voli tidak ditentukan oleh waktu. Bukan juga ditentukan oleh Kamu, tetapi ditentukan oleh jumlah poin dalam setiap set. Dalam sistem rally point, tim yang memenangkan pertandingan ditentukan dalam jumlah kemenangan dalam set. Apakah dua set langsung atau tiga set.

Agar Sobat dapat menjadi pemain profesional, tentunya harus mengetahui teknik dasar dan peraturan permainan bola voli. Demikianlah contoh peraturan bola voli yang dapat dipaparkan. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat semua.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri