Ukuran Lapangan Bola Basket dan Penjelasannya Lengkap [+ Gambar]

Ukuran lapangan bola basket – Yang mana akan kami bahas lengkap mulai dari ukuran lapang bola basket internasional, nasional dan ukuran bola basket mini. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Sama seperti sepak bola, basket juga memerlukan lapangan untuk memainkan sebuah pertandingan. Ukuran lapangan bola basket yang digunakan perlu Sobat pelajari.

Macam-Macam Ukuran Lapangan Bola Basket

ukuran lapangan bola basket
ukuran lapangan bola basket

Di Indonesia, sudah banyak peminat olahraga basket. Berapakah ukuran lapangan bola basket? Berikut beberapa ukuran lapangan bola basket yang Sobat harus tahu.

1. Ukuran Lapangan Bola Basket International

Federasi Bola Basket Internasional memiliki pedoman dalam menentukan ukuran lapangan bola basket. Ukuran lapangan bola basket internasional yang digunakan adalah memiliki panjang 26 dan lebar 14 meter. Komponen dari lapangan basket sebagai berikut.

a. Lingkaran dalam Lapangan

Daerah ini terbagi menjadi 3 bagian dari sisi depan kedua ring basket dan 1 lingkaran tepat di tengah lapangan. Ukuran lingkaran ini adalah memiliki jari-jari sebesar 1,80 meter. Jangan bayangin kue donat lo ya.

b. Ring Basket

Di dalam lapangan basket harus ada 2 ring basket. Ring basket memiliki ukuran tinggi atau panjang sebesar 0,40 meter. Dan jarak yang digunakan dari tiang penyangga ke garis akhir sepanjang 1 meter. Jangan samakan dengan hulahop ya Sob.

Ring basket ini berfungsi sebagai wadah untuk memasukkan bola basket sehingga masing-masing tim dapat mencetak poin atau golnya masing-masing. Sehingga dapat memenangkan pertandingan.

c. Papan Pantul

Ring basket yang terdapat dalam lapangan dilengkapi dengan papan pantul. Ukuran yang digunakan untuk papan pantul bagian luar memiliki panjang 1,80 meter. Sedangkan untuk lebar dari bagian luar papan pantul adalah 1,20 meter.

Selain itu, papan pantul juga harus memiliki standar ukuran di bagian dalam. Dengan ukuran yang digunakan memiliki panjang 0,59 meter dan lebar sebesar 0,45 meter. Selain ukuran papan pantul, terdapat ukuran jarak yang digunakan sebagai pedoman.

Dalam peraturan bola basket, jarak dari lantai dan papan pantul bagian bawah harus 2,75 meter. Jarak papan pantul bagian bawah ke bagian ring basket memiliki ukuran 0,30 meter. Papan pantul ya bukan papan tulis, haha.

d. Ukuran Garis Tengah

Dalam menentukan dan membangun lapangan basket, tentu harus ada garis tengah lapangan dan garis akhir. Kedua garis ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Ukuran yang digunakan pada kedua garis ini juga akan berbeda.

Ukuran lapangan bola basket untuk garis tengahnya adalah 1,80 meter. Sementara lebar dari barisnya harus tepat 0.05 meter. Kalau gak percaya ukur sendiri ya Sob, haha.

e. Garis Akhir dan Garis tembakan

Dalam lapangan bola basket. ada istilah daerah serang. Area ini memiliki panjang garis akhir sebesar 6 meter. Sedangkan untuk garis tembakan hukuman memiliki ukuran 3,60 meter. Di bawah ini adalah gambar lapangan internasional.

2. Ukuran Lapangan Bola Basket Nasional

Ukuran lapangan bola basket standar nasional adalah 25,5m x 15m. Panjang yang diperlukan untuk permainan ini adalah 1.8 meter untuk garis tengah lingkaran. Sementara lebar dari garisnya adalah 0.5 meter. Adapun panjang garis akhirnya untuk daerah serang harus tepat 6 meter.

Adapun ukuran garis tembakan hukuman berjarak 3,6 meter. Ukuran lapangan basket standar nasional memiliki 3 buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan dengan panjang jari – jari 1,8 m.

Lapangan bola basket standar nasional memiliki jarak papan pantul luar dan dalam. Ukuran lapangan basket standar nasional memiliki tiga buah lingkaran dengan panjang jari-jari sebesar 1,8 meter. Gede banget kaya cincin pikolo, haha.

Lapangan basket standar nasional ini juga memiliki jarak papan pantul luar dan dalam. Untuk jarak pantul yang di dalam ukurannya 0,59m x 0,45m. Dan untuk jarak papan pantul di bagian luar ukurannya 1,8m x 1,2m.

Jarak lantai sampai ke papan pantul ialah 2,75 meter. Sementara untuk jarak papan pantul ke bagian bawah sampai ring basket 0,30 meter. Jaraknya jauh kayak jarak cinta kita haha. Ini adalah aturan untuk Ukuran lapangan bola basket standar nasional.

3. Ukuran Lapangan Bola Basket Mini

ukuran lapangan bola basket mini
ukuran lapangan bola basket mini

Bola basket mini merupakan model permainan bola basket standar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah dasar. Kebanyakan siswa di sekolah dasar memiliki postur tubuh yang tidak sesuai dengan permainan basket standar.

Hal yang menjadi dasar terciptanya bola basket mini adalah jangan membuat anak-anak memainkan permainan yang tidak cocok untuk perkembangan fisik dan mental. Tetapi perubahan permainan dewasa yang sesuai dengan mereka.

Karena kemampuan fisik anak-anak dan orang dewasa jelas berbeda. Sudah ada bola basket mini . Selain itu, jenis permainan ini juga berawal dari sebuah keprihatinan karena kurangnya minat anak-anak menggeluti olahraga bola basket. Basket kok gelut haha.

Kurangnya minat ini memang sangat beralasan karena olahraga bola basket seolah hanya diperuntukkan bagi mereka yang bertubuh tinggi. Hal ini karena ketinggian ring standard adalah 3,05 Meter. Mending main tali aja ya Sob, hehe.

Bagi anak-anak seumuran mereka, tentu akan kesulitan untuk memasukkan bola. Bisa dibayangkan anak dengan tinggi 1,5 meter harus memasukkan bola ke atas ring yang begitu tinggi, tentu ini sangat menyulitkan mereka.

Maka dari itu, ukuran lapangan bola basket ataupun ukuran ring yang dipakai dalam bola basket mini berbeda dengan bola basket standar. Beberapa aturan dalam permainan bola basket mini adalah sebagai berikut :

Lapangan permainan berbentuk persegi panjang secara rincian ukuran lapangan bola basket mini adalah seukuran lapangan Bola Voli yaitu 18 x 9 meter.

Papan pantul terbuat dari kayu keras dengan tebal 2,8 cm, panjang 180 cm dan lebar 105 cm. permainan ini harus memiliki tinggi ring 2,80 meter dan diameter ring 40 cm. Tidak terdapat three second violation. Sementara 24 second violation diganti 15 second.

Sedikit tambahan ilmu tentang bola basket mini. Jika dalam peraturan bola basket standar setiap tim yang bermain berjumlah 6 orang, maka untuk bola basket mini jumlah pemain dalam 1 tim banya 4 orang saja, jadi tidak membutuhkan banyak pemain.

Lama permainan adalah 2 x 10 menit, ini sudah cukup untuk membuat anak-anak yang bermain mengeluarkan keringat. Dan tentunya tidak terlalu menguras tenaga mereka. Dan sangat berbeda dengan peraturan pada umunya. Peras keringat demi Kamu juga boleh.

Cara penghitungan angka adalah point 1 untuk memasukkan bola dari dalam area. Sementara untuk point 2 memasukkan bola dari luar area. Free throw hanya dilakukan sekali dan hanya dijaga oleh 1 pemain dari masing-masing tim.

Ukuran lapangan bola basket internasional dan nasional ini merupakan penambahan wawasan dan perluasan pengetahuan bagi Sobat yang masih bingung atau penasaran. Dengan perbedaan atau persamaan antar keduanya.

Beberapa penjelasan mengenai ukuran lapangan bola basket di atas harus benar-benar diperhatikan. Karena salah dalam membuat ukuran, permainan bola basket akan kurang maksimal.

Leave a Comment