Gambar dan Ukuran Lapangan Tenis Meja Lengkap dengan Penjelasannya

Ukuran lapangan tenis meja – Tentunya kamu tahu kan, permainan tenis meja? Ya, tenis meja merupakan permainan olahraga yang memakai meja sebagai lapangan selain raket atau bet sebagai perlengkapan utamanya. Permainan tenis meja dimainkan oleh dua pemain yang saling berhadapan (pada kategori tunggal), dan empat orang pemain untuk kategori ganda atau pasangan. Banyak juga orang yang menyebut permainan ini dengan permainan bola ping pong.

Di Indonesia, permainan tenis meja termasuk olahraga yang banyak digemari orang. Atau kamu barangkali salah satu di antara orang yang juga menggemari permainan bola kecil ini? Jika iya, artinya pas sekali. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan permainan tenis meja, khususnya tentang gambar dan ukuran lapangan tenis meja.

Tenis meja memang olahraga yang bisa dimainkan oleh semua kalangan usia. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja juga banyak lho yang bermain tenis meja. Selain dipertandingkan, tenis meja juga bisa menjadi permainan yang bisa dimainkan di rumah.

Tinggal sediakan saja lapangannya yang berbentuk seperti meja itu, dan di bagian tengahnya dibentangkan jaring atau net. Sekalipun lapangan dalam tenis meja itu berbentuk meja, tapi kita tidak lantas menggunakan perabot meja di rumah kita untuk dijadikan lapangan bermain ya. hehe

Perlu diketahui, alat utama yang dibutuhkan saat bermain tenis meja, yang sering kita lihat adalah pemain menggunakan raket. Raket yang digunakan itu dibuat dari kayu yang berlapis karet. Raket pada permainan tenis meja biasa juga disebut bet. Kemudian perlengkapan lainnya adalah bola ping pong, serta sebuah meja berbentuk persegi panjang yang menjadi lapangannya.

Nah, ukuran lapangan tenis meja ini memiliki standar tersendiri baik di kancah nasional maupun internasional yang telah ditentukan olah induk organisasi tenis meja dunia yang kemudian diikuti di seluruh dunia. Oh iya, sekedar untuk pengetahuan kita, Induk organisasi tenis meja Indonesia sendiri yaitu bernama PTMSI yang merupakan singkatan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia, sementara induk organisasi tenis meja dunia adalah ITTF (Internasional Table Tennis Federation).

Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Gambarnya

ukuran lapangan tenis meja
ukuran lapangan tenis meja dan gambarnya

Ngomong-ngomong soal lapangan tenis meja, pasti di antara kita banyak yang belum tahu kan, berapa sih panjang dan lebar lapangan tenis meja itu? Yuk kita ulas, sebagai bahan pengetahuan kita, jika sewaktu-waktu kita mau bermain tenis meja, kita sudah mengetahui seluk beluk lapangannya atau mejanya.

Lapangan dalam permainan tenis meja yang akan kita bahas di sini adalah gambar lapangan tenis meja beserta ukurannya yang sesuai dengan standar nasional dan Internasional. Yuk simak penjelasan lengkap tentang gambar lapangan tenis meja berdasar ketetapan induk organisasi tenis meja dunia dibawah ini.

1. Ukuran Meja : Lapangan Tenis Meja Standar Nasional dan Internasional

ukuran lapangan tenis meja adalah
ukuran lapangan tenis meja adalah

Penampakan lapangan dalam tenis meja secara umum memang menyerupai meja berbentuk persegi empat. Lebih detail, lapang tenis meja memiliki ukuran-ukuran yang sudah ditentukan. Baiklah kita mulai bahas seluk beluk meja yang dipergunakan dalam permainan tenis meja. Sekali lagi, ini mengacu pada yang ditetapkan induk organisasi tenis meja dunia, yang kemudian diikuti oleh Negara-negara.

Kita mulai dari mengetahui permukaan paling atas dari meja, atau yang dikenal sebagai permukaan main (playing surface). Permukaan main tentunya harus berbentuk persegi empat, dengan panjang lapangan tenis meja 2,74 m dan lebar 1,525, dan harus diletakkan datar setinggi 76 cm dari lantai. Semuanya harus sesuai mengikuti standar tersebut ya. Jadi tidak bisa, semisal posisinya dibuat lebih tinggi atau lebih rendah.

Permukaan main harus bukan bagian tambahan yang menempel vertikal di pinggir atas meja. Adapun untuk bahan permukaan main, bahannya boleh terbuat dari sembarang bahan (material) dan yang terpenting adalah harus menghasilkan pantulan merata yaitu sekitar 23 cm, bila sebuah bola standar dijatuhkan ke meja tersebut dari ketinggian 30 cm. Permukaan main harus merata berwarna gelap dan kasat, tidak silau (matt), tetapi berwarna putih untuk garis pinggir (side line) dengan lebar 2 cm, sepanjang 2,74 m tiap sisi meja, dan 2 cm selebar 1,525 cm tiap ujung meja.

Permukaan main harus dibagi menjadi dua bagian meja (court) yang sama, dengan mempergunakan sebuah jaring (net) sebagai pemisah yang dipasang tegak (vertikal) dan dipasang sejajar (paralel) dengan kedua garis akhir (end line), dan harus mencapai bagian kosong di pinggir kedua sisi meja.

Adapun jika dalam permaianan ganda atau double, tiap bagian meja harus dibagi lagi menjadi setengah bagian sama, yang dibatasi oleh garis tengah berwarna putih selebar 33 mm, paralel dengan kedua garis pinggir meja; garis tengah harus dianggap sebagai bagian penuh dari masing-masing setengah bagian meja.

Untuk pedoman, berikut ini adalah rincian ukuran lapangan tenis meja (ukuran meja).

  • Lebar lapangan tenis meja: 152,5 cm
  • Panjang lapangan tenis meja : 274 cm
  • Tinggi meja dari lapangan tenis meja : 76 cm
  • Luas lapangan tenis meja : 4,1785 m²
  • Tebal meja dari lapangan tenis meja: 3 cm
  • Panjang net lapangan tenis meja : 783 cm

2. Ukuran Jaring (net) : Lapangan Tenis Meja Standar Nasional dan Internasional

ukuran lapangan tenis meja lengkap
ukuran lapangan tenis meja lengkap

Jika tadi merupakan penjelasan ukuran lapangan tenis meja secara keseluruhan, selanjutnya kita bahas bagian jaring atau net yang dipergunakan di dalam permainan tenis meja. Jangan salah, jaring atau net pun mempunyai ukuran yang ditetapkan. Kita tidak bisa asal memasang jaring tanpa mengikuti acuan mulai dari ukuran, hingga tinggi net.

Jadi, bagaimana ketentuan rakitan jaring (net) itu dipasang? Rakitan net (net assembly) pertama-tama harus dipastikan, yaitu terdiri dari jaring (net), gantungan jaring (suspension), dan tiang penopang (supporting posts), termasuk penjepit-penjepit (clamps) yang dijepitkan ke meja.

Adapun ketentuannya ialah jaring (net) harus digantung regang (suspended) dengan barang (cord) di setiap ujungnya yang dilekatkan tegak lurus bersama penyangga (post) setinggi 15,25 cm. Batas ukuran tiang luar penyangga berjarak 15,25 cm dari luar garis tepi (side line).

Bagian atas (top) sepanjang jaring (net) harus setinggi 12,25 cm berada di atas permukaan main. Bagian bawah (bottom) sepanjang jaring (net) harus serendah mungkin dengan permukaan main dan di bagian kedua ujung jaring (net) harus serapat mungkin dengan tiang penyangga.

Ketentuan ukuran net atau jaring pada lapangan tenis meja yaitu sebagai berikut.

  • Pada permukaan meja, sisinya terbagi menjadi dua bagian, dimana kedua bagian tersebut memiliki ukuran yang sama, dan kedua bagiannya dipisahkan oleh sebuah net (jaring-jaring) dengan batas pada bagian akhir meja tersebut.
  • Net dibentangkan dengan tali yang kedua sisinya diikat pada tiang penyangga dengan tinggi 15,25 cm. Sementara sisi batas pada kedua tiang penyangga mempunyai jarak 15,25 cm dari sisi batas permukaan meja.
  • Panjang net permainan tenis meja dari sisi kiri ke kanan harus berukuran 1,83 meter. Sementara seluruh panjang net, dari ujung atas ke permukaan meja adalah 15,22 cm.

Nah, itulah beberapa penjelasan yang berkaitan dengan permainan tenis meja. Penjelasan berisi informasi-informasi mulai dari ukuran lapangan tenis meja standar nasional yang berdasarkan ketentuan Internasional, hingga ketentuan berapa ukuran jaring (net), dan bagaimana jaring atau net itu dipasang sebelum bermain kita bermain. Semoga dengan adanya gambar lapangan tenis meja beserta keterangannya diatas, membuat kamu tahu berapa panajang dan lebar lapang tenis meja tersebut.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar