Macam-Macam Permainan Bola Kecil yang Lengkap

Macam-macam permainan bola kecil – Permainan bola di Indonesia memang sangat booming. Baik permaian bola kecil ataupun bola besar. Banyak macam-macam permainan bola kecil yang bisa Sobat lakukan. Baik secara resmi, ataupun main-main dengan teman, kakak, ortu, bahkan kakek nenek, hehe.

Beberapa Macam Permainan Bola Kecil

permainan bola kecil
permainan bola kecil

Banyak permainan menarik yang bisa Sobat lakukan saat menggunakan bola kecil. Setiap permainan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Saat melakukan permainan tersebut diharuskan memiliki skill tertentu.

Berikut ulasan tentang macam macam permainan bola kecil lengkap yang bisa Sobat lakukan:

1. Golf

permainan bola kecil golf
permainan bola kecil golf

Permainan termahal ini merupakan permainan yang biasa dilakukan golongan menengah keatas. Sobat harus rela merogoh uang sebesar jutaan rupiah setiap kali melakukan permainan tersebut. Namun, jangan khawatir, peralatan permainan tersebut terbilang terjangkau harganya.

Untuk ukuran bola golf sebesar 50 mm. Terbuat dari karet dilapisi dengan fiber di setiap permukaanya. Sobat harus memukul kuat bola tersebut agar terlempar jauh mengenai lubang yang diinginkan. Jika masih pemula bisa meminta bantuan orang yang bertugas.

2. Baseball

permainan bola kecil baseball
permainan bola kecil baseball

Jika dikampung biasanya bermain kasti. Maka permainan ini merupakan versi modern dari permainan tersebut. Lindungi kepala Sobat saat melakukan permainan ini. Jangan sampai gagar otak yaa… Hal tersebut dikarenakan bola yang akan dipukul keras dan bahaya jika mengenai kepala.

Berat dari bola tersebut yaitu 178 gram dengan diameter 7.3 cm. Untuk pemainan ini, Sobat harus memukul bola secara akurat. Setelah itu, diharuskan lari sekuat mungkin menuju base yang telah disediakan. Untuk mendapat poin, Sobat harus melempar bola mengenai lawan. Jangan incar kepala.

3. Tenis Lapangan

permainan bola kecil tenis lapangan
permainan bola kecil tenis lapangan

Jenis permainan bola kecil beregu ini dilakukan minimal oleh dua orang. Sama seperti permainan bulutangkis, olah raga ini juga memberikan tim beregu pada permainannya. Sobat diharuskan menggunakan raket yang cukup kuat untuk mengembalikan bola dari lawan.

Bola yang digunakan dalam permainan ini terbuat dari karet yang kuat dan diisi dengan angin di dalamnya. Dengan begitu, Sobat bisa dengan mudah memantulkan bola. Untuk melakukan permainan ini diharuskan memiliki tenaga ekstra. Jika sobat ngak kuat bias aku ajah, hehe.

4. Tenis Meja

permainan bola kecil tenis meja
permainan bola kecil tenis meja

Tenis meja merupakan versi mini dari tenis lapangan. Untuk lapangan permainannya menggunakan meja yang mempunyai ukuran tertentu. Alat pukul terbuat dari kayu yang dilapisi oleh karet khusus, sehingga bola akan memantul secara maksimal.

Bola tersebut biasa disebut dengan bola pingpong. Ukuran bolanya berdiameter 40 mm. saat Sobat melakukan permainan, pantulan bola hanya diberikan sekali saja. Jika lebih berarti masih pemula, hahaha.

5. Bulu Tangkis

permainan bola kecil bulu tangkis
permainan bola kecil bulu tangkis

Olahraga bergengsi ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Permainan ini memiliki nilai poin 21 untuk bisa menang. Saat melakukan permainan ini diharuskan memiliki kok dan juga raket. Usahakan raket yang bagus agar pemukulan bisa sempurna. Jangan second ea gaes, hehehe.

Di dalam permainan ini ada 5 cabang, yaitu, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan juga ganda campuran. Jika salah satu tim memenangkan 3 set dari lima pertandingan. Maka dinyatakan menang dan melaju ke babak selanjutnya.

6. Bilyard

permainan bola kecil bilyard
permainan bola kecil bilyard

Bilyard merupakan macam-macam permainan bola kecil yang bergengsi. Bola yang digunakan pada permainan ini terbilang keras dan berat. Permainan ini menggunakan meja khusus yang dilengkapi dengan lubang di setiap sudutnya.

Saat memasukkan bola ke dalam lubang, Sobat harus menggunakan stik. Namun juga perlu menguasai trick tersebut agar stik tidak patah. Biasanya pemain pemula cukup kesulitan untuk menyodok bola. Kebanyakan dari mereka meleset saat melakukannya.

7. Softball

permainan bola kecil softball
permainan bola kecil softball

Softball mungkin kurang booming di Indonesia. Namun di Amerika permainan ini sangat digemari. Permainan tersebut mengharuskan Sobat memukul bola yang dilemparkan dengan tenaga yang kuat caranya dengan menggunakan alat pemukul bat. Jangan menggunakan tangan ya, hahaha.

Seorang pelempar bola bertugas di dalam lapangan. Dan anggota lainnya menjaga home base. Sedangkan 4 lainnya berada di luar lapangan. Saat melakukan permainan ini gunakan pelindung tubuh agar tidak terjadi cidera.

8. Hockey

permainan bola kecil hockey
permainan bola kecil hockey

Hockey merupakan macam macam permainan yang menggunakan bola kecil yang mirip golf dan sepak bola. Saat bermain Sobat diharuskan menggiring bola dengan menggunakan stik. Dan berlari untuk memasukkan bola tersebut. Namun harus berduel dengan lawan. Tidak boleh baku hantam.

Untuk tempat permainan ini juga terbilang luas. Ada beberapa jenis tempat untuk melakukan permainan ini. Yaitu, lapangan biasa, lapangan es dan lapangan dalam ruangan. Saat melakukan permainan ini harus menggunakan sepatu roda dan jaga keseimbangan.

9. Tolak Peluru

permainan bola kecil tolak peluru
permainan bola kecil tolak peluru

Permainan ini mengharuskan Sobat melempar bola dengan sekuat tenaga. Namun Sobat harus menguasai beberapa teknik pelemparan. Hal tersebut dikarenakan bola yang digunakan sangat berat. Pelemparan yang benar akan mengurangi cidera.

Olah raga ini merupakan cabang olah raga baik di tingkat nasional ataupun internasional. Sobat tentunya pernah mempelajari teknik ini saat masa masa paling indah duduk di bangku sekolahan. Untuk perlengkapan cukup menggunakan bola besi saja.

10. Sepak Takraw

permainan bola kecil sepak takraw
permainan bola kecil sepak takraw

Macam macam permainan bola kecil dan teknik dasarnya ini mengharuskan Sobat menendang bola ke arah lawan dengan menggunakan kaki. Jika menyentuh tangan, maka dianggap pelanggaran. Begitu pula jika bola menyentuh tanah, tim lawan mendapat tambahan poin.

Bola yang digunakan terbuat dari anyaman rotan yang disusun rapi hingga bulat. Soo.. untuk membeli, hampir semua toko olah raga menjual bola tersebut. Cabang olah raga ini cukup bergengsi. Indonesia termasuk Negara berprestasi saat memainkan sepak takraw.

11. Bola Kasti

permainan bola kecil bola kasti
permainan bola kecil bola kasti

Saat kecil tentunya Sobat masih ingat dengan permainan satu ini. Bahkan permainan ini biasanya dilakukan saat pelajaran olah raga ataupun pada jam istirahat. Dengan membuat dua tim, Sobat sudah bisa melakukan permainan ini. Tim saya dulu sampai memecahkan jendela, hehehe.

Bola yang digunakan terbuat dari karet yang dilapisi dengan bulu halus bewarna hijau. Di dalam bola tersebut terdapat angin yang membuatnya bisa memantul saat dipukul. Alat pemukulnya sendiri terbuat dari kayu yang dibentuk bulat memanjang. Sehingga mudah dipegang.

12. Kippers

permainan bola kecil kippers
permainan bola kecil kippers

Hockey dilakukan oleh 12 orang. Untuk cara memainkan hampir mirip dengan bola kasti. Ada seseorang yang bertugas untuk menjaga pase, melempar dan juga memukul bola tersebut. Saat bola melambung. maka Sobat harus menangkap bola tersebut. Jaga kepala gaess.

Peraturan permainan yang membedakan dari permainan kasti adalah pemain harus berhenti jika bola yang dilemparkan melewati garis pukulan yang ditentukan. Jika Sobat tetap berlari. Maka dianggap pelanggaran. Apalagi lari dari kenyataan, hohoho.

13. Squash

permainan bola kecil squash
permainan bola kecil squash

Macam macam permainan bola kecil dan penjelasannya yang ini terbilang unik. Jika ingin melakukannya maka siapkanlah dua orang untuk bertanding. Kemudian pukul bola sampai mengenai dinding.
Pukulan tersebut terus berlanjut sampai salah satu dari pemain tidak bisa memukul bolanya.

14. Rounders

permainan bola kecil rounders
permainan bola kecil rounders

Masing-masing tim terdiri dari 9 sampai 12 pemain. Untuk memainkan Rounders cukup melempar, menangkap, dan memukul bola. Saat melakukan permainan ini harus lincah dalam bergerak. Jika tidak bisa jadi tim lawan akan mencuri poin.

Macam-macam permainan bola kecil jika dilakukan secara resmi hendaknya memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Namun, jika tidak resmi bisa menggunakan peralatan apa adanya. Apalagi kalau permainan tersebut hanya di level kampung saja.

Leave a Comment