Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut FIFA, Internasional, Nasional

Ukuran lapangan sepak bola – Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga bola besar. Dimainkan oleh dua tim yang anggotanya 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Permainan ini dilakukan di lapangan terbuka. Ukuran lapangan sepakbola berbeda-beda sesuai jenisnya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

ukuran lapangan sepak bola menurut fifa
ukuran lapangan sepak bola menurut fifa

Lapangan sepakbola yang digunakan pada umumnya berupa lapangan dengan rumput alami atau menggunakan rumput sintetis. Sedangkan ukuran standar lapangan sepak bola sudah ditentukan dan tercantum dalam pasal pertama dari LOTG (Laws of the Game) atau Aturan-aturan Permainan.

Batas permainan sepak bola dibatasi garis tepi lapangan berbentuk persegi panjang. Garis sisi kanan dan kiri lapangan disebut sebagai garis lapangan, bukan dua garis biru ya guys, hehehe. Sedangkan garis di area pertahanan disebut sebagai garis gawang.

Standar lapangan harus terpenuhi mulai dari segala aspek yang menjadi ketentuan FIFA (International Federation of Football Association). Bukan merk bedak ya guys, hehehe. Standar yang terpenuhi akan menyajikan pertandingan yang berkualitas tentunya.

Panjang lapangan memiliki ukuran antara 90 meter hingga 120 meter. Sedangkan untuk lebar lapangan 45 meter hingga 90 meter. Ketentuan ini sudah menjadi ketentuan yang diberlakukan sejak lama oleh federasi sepak bola dunia atau FIFA.

Untuk lingkar pada lingkaran tengah lapangan berukuran 9.5 meter. Ukuran kotak kiper kisaran panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter. Adapun ukuran kotak pinaltinya memiliki ukuran panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Panjang ukuran gawang adalah 18,32 meter, tinggi gawang 2,4 meter.

Standar ukuran lapangan sepak bola menjadi acuan untuk menentukan standar yang digunakan pada kompetisi internasional. Juga menjadi acuan pada kompetisi pada sepak bola nasional. Sehingga ukuran lapangan sepakbola tidak ada yang terlalu lebar atau terlalu sempit.

Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

ukuran lapangan sepak bola internasional
ukuran lapangan sepak bola internasional

Dalam benak Sobat pasti akan muncul pertanyaan tentang berapa ukuran lapangan sepak bola? berapa ukuran standar lapangan sepak bola mini? Atau mungkin bertanya tentang berapa ukuran lapangan sepak bola di Indonesia. Berikut ukuran lapangan sepakbola yang harus dibaca.

Pertandingan sepak bola Internasional memiliki lapangan yang berbeda dan dibuat lebih lebar. Sehingga, pertandingan yang dilaksanakan akan lebih menantang. Lapangan standar Internasional biasanya diperuntukkan bagi pertandingan seperti Piala Dunia dan pertandingan antar negara.

Namun perlu Sobat semua tahu, ukurannya tidak berbeda jauh dengan ukuran lapangan standar yang telah ditentukan oleh FIFA. Hanya berbeda beberapa pada bagian tertentu. Seperti panjang lapangan memiliki panjang yang pasti, yakni 100 meter.

Berikut adalah kriteria dari ukuran lapangan sepak bola Internasional, yang perlu Sobat tahu. Ukuran panjang lapangan Internasional yang sesuai kriteria adalah 100 meter sampai 110 meter dan memiliki lebar lapangan antara 64 meter sampai 75 meter.

Kemudian ukuran gawang lapangan sepakbola Internasional atau kotak kiper memiliki ukuran lebar 2,44 meter dan panjang 7,32 meter. Sedangkan ukuran kotak pinalti lapangan Internasional memiliki ukuran yang sama dengan standar Nasional yakni panjang 40,3 Meter dan lebar 16,5 meter.

Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

ukuran lapangan sepak bola nasional
ukuran lapangan sepak bola nasional

Sepak bola di Indonesia berkembang sangat pesat, menjamurnya SSB dan banyaknya pertandingan di kampung, membuat sepak bola menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia.Namun tak banyak masyarakat mengerti berapa ukuran lapangan sepak bola di Indonesia. Standar lapangan sepak bola nasional memiliki ukuran yang berbeda.

Dengan ukuran yang lebih sempit dibandingkan dengan lapangan skala Internasional. Ukuran lapangan sepak bola Nasional hanya digunakan untuk kompetisi atau pertandingan dalam negeri. Termasuk Tarkam.

Ukuran panjang lapangan standar nasional berada pada kisaran 90 meter sampai 120 meter. Sedangkan untuk lebar lapangan yang memenuhi standar lapangan nasional harus di kisaran antara 45 meter sampai 90 meter.

Standar lapangan untuk kompetisi di Indonesia sudah diterapkan sejak lama oleh PSSI selaku induk sepak bola nasional. Dan telah digunakan untuk berbagai ajang kompetisi liga di Indonesia. Secara rinci, lapangan sepakbola nasional memiliki ukuran standar sebagai berikut:

1. Untuk ukuran lingkar tengah lapangan standar nasional adalah 9,15 meter.
2. Ukuran kotak pinaltinya memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.
3. Ukuran kotak penjaga gawang memiliki ukuran panjang 18,30 Meter dan lebar 5,5 meter.

Lapangan SepakBola Mini

sepak bola mini
sepak bola mini

Sebagai olahraga terpopuler di jagat raya yang telah banyak modifikasi adalah futsal dan sepak bola mini. Sepak bola mini sendiri adalah gabungan antar futsal dan sepak bola pada umumnya. Namun ketenarannya tak setenar K-Pop, eh,, maksudnya setenar sepak bola dan futsal.
Permainan sepak bola mini di Indonesia telah memiliki badan ke

pengurusan resmi. Dengan nama Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI) yang dideklarasikan pada tanggal 7 Februari 2016. Di Sabnani Park, Tangerang.

Di Indonesia, kompetisi sepak bola mini dikenal dengan Indonesia MiniFootball League (IML). Pertama kali digagas oleh Indonesia MiniFootball Federation (IMF) bekerjasama dengan Sabnani Park. Tentunya didukung oleh beberapa media dan sponsor.

Di kawasan Asia juga telah memiliki naungan sepak bola mini yang bernama Asian Minifootball Confederation (AMC). Sedangkan untuk federasi sepak bola mini dunia adalah World Minifootball Federation (WMF). Dan di tiap benua telah ada naungan federasi sepak bola mini tersendiri.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

ukuran lapangan sepak bola mini
ukuran lapangan sepak bola mini

Ada beberapa perbedaan sepak bola mini jika dibanding dengan sepak bola biasa. Hal yang paling mencolok tentu pada ukuran lapangan sepak bola mini, ukuran bola yang digunakan dan jumlah pemain dalam setiap tim.

Pada sepak bola mini, bola yang digunakan memiliki ukuran nomor 4 (empat), jumlah pemain dalam satu tim sebanyak 7 pemain inti dan 3 pemain cadangan. Dalam permainan menggunakan pemain 7 lawan 7. Sepak bola mini diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar.

Sedangkan ukuran lapangan sepak bola mini sangat berbeda jauh dengan lapangan standar pada umumnya. Hal ini berkaitan dengan para pemain yang masih usia anak sekolah dasar. Lama pertandingannya pun hanya 2×20 menit dengan waktu istirahat 10 menit saja.

Berikut ukuran standar lapangan sepak bola mini: ukuran lapangan memiliki panjang 60 meter dan lebar 40 meter. Tinggi gawang pada sepak bola mini adalah 2 meter dan memiliki lebar gawang 5 meter. Jarak tendangan pinalti 9 meter dengan daerah pinalti 12 meter x 13 meter.

Semakin banyak kompetisi pada sepak bola mini tentu menjadi kabar baik untuk sepak bola nasional. Apalagi sepak bola mini telah menjadi bagian pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau PJOK. Bibit pemain unggul Indonesia akan lahir dari kompetisi sepak bola mini tersebut.

Standar ukuran lapangan sepak bola tentu berpatokan pada peraturan yang telah ditetapkan oleh FIFA. Hanya setiap negara memiliki standar yang berbeda beda. Semua itu ditentukan sesuai ajang pertandingan apa yang akan dihelat.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Satu pemikiran pada “Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut FIFA, Internasional, Nasional”

Tinggalkan komentar