Permainan Bola Kasti

permainan bola kasti
permainan bola kasti

Permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan dengan tongkat, bola, dan sarung tangan. Dasar-dasar permainan ini melibatkan gerakan melempar bola, memukul bola, dan menangkap bola.

Permainan Bola Kasti

permainan bola kasti
permainan bola kasti

Tentu saja, pelaksanaan tiga tugas ini lebih menantang daripada kedengarannya, dan tantangan itulah yang memaksa pemain permainan bola kasti untuk memainkan permainan. Lalu bagaimanakah teknik dan peraturan dalam permainan bola kasti ini?

Pengertian dan Teknik Permainan Bola Kasti

teknik permainan bola kasti
teknik permainan bola kasti

Permainan bola kasti dikenal dengan baseball adalah salah satu jenis permainan bola kecil tradisional Amerika, dengan stadion permainan bola kasti yang bagus seperti Fenway Park di Boston atau Wrigley Field di Chicago sebagai landmark ikonik untuk bola basket sejarah 200 tahun.

Tim permainan bola kasti terdiri dari 9 pemain; pitcher, catcher, empat infielders dan 3 outfielders. Pitching dilakukan dengan lengan dan dari gundukan kecil, memberi Anda jauh lebih banyak kontrol atas kecepatan dan arah bola. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melempar bola yang lebih menarik, seperti bola melengkung dan bahkan bola buku jari yang terkenal.

Setelah Anda mencapai pangkalan, Anda dapat mencuri pangkalan lainnya. Ini bisa menjadi permainan dengan risiko tinggi untuk berlari ke pangkalan berikutnya saat si pelempar melempar bola. Jika para fielder berhasil memberi tanda Anda dengan bola sebelum Anda tiba di pangkalan, Anda harus cepat berlari.

Ada 3 cara utama untuk mengeluarkan lawan Anda.

1) Strikeout

Anda mendapatkan serangan dengan mengayunkan dan melewatkan satu lemparan, atau jika satu lemparan melewati zona serang (antara lutut dan bahu pemain). Jika Anda memukul bola di luar zona, maka pukulan tidak sah.

2) Menangkap bola hasil pukulan pemukul

Jika pemukul memukul bola di udara dan ditangkap oleh fielder sebelum memantul, maka pemukul harus keluar dari permainan.

3) Ground Out

Jika pemukul memukul bola di sepanjang tanah dan fielder berhasil mendapatkan bola ke pangkalan maka pemukul harus berlari sebelum pemukul tiba. Pemukul juga bisa ‘ditandai’ dengan bola oleh para fielders, dan jika mereka tidak berada di pangkalan, mereka keluar.

Jangan khawatir jika permainan bola kasti itu membingungkan karena permainan ini sesungguhnya sangat menyenangkan untuk dicoba.

Peraturan Bola Kasti

peraturan bola kasti
peraturan bola kasti

Aturan Permainan bola kasti

Aturan Permainan bola kasti
Aturan Permainan bola kasti

Jika Anda ingin melakukan permainan bola kasti ini, maka Anda harus bisa mengikuti aturan permainannya. Berikut ini adalah aturan permainan dari bola kasti di antaranya adalah :

  1. Permainan bola kasti memiliki dua tim yang terdiri dari minimal 9 pemain.
  2. Posisi tim lapangan terdiri dari pitcher, catcher, pemain pertama, pemain kedua, shortstop, pemain ketiga, dan tiga outfielders di lapangan kiri, lapangan tengah dan lapangan kanan.
  3. Pertandingan berlangsung selama 9 babak dimana kedua tim bisa bertarung sekali. Jika pertandingan seri setelah 9 babak maka waktu tambahan akan ditambahkan sampai pemenang ditemukan. Jika tim yang memukul kedua di bagian bawah ke-9 sudah unggul dalam poin, maka mereka tidak perlu menyelesaikan pukulan mereka.
  4. Setelah urutan pemukul diambil, maka itu tidak dapat diubah sepanjang permainan. Pengganti diizinkan, namun, mereka harus bertarung sesuai urutan pemain sebelumnya yang mereka gantikan.
  5. Jika pemukul berhasil mengenai bola dari pelempar, mereka harus berusaha untuk setidaknya sampai ke base pertama. Mereka kemudian dapat berlari ke pangkalan sebanyak yang mereka inginkan sebelum dikeluarkan. Setiap pangkalan harus disentuh dengan beberapa bagian tubuh pemukul saat berlari melewati.
  6. Pemukul melakukan tiga pukulan sebelum keluar. Sebuah serangan dianggap berhasil ketika pemukul mengayunkan bola dan melewatkannya. Pemukul dapat meninggalkan bola tetapi, jika berada di dalam area tertentu (disebut ‘zona serang’), maka serangan juga akan diberikan. Jika empat bola kehilangan zona serang dan pemukul tidak mengayunkan tongkatnya, mereka dapat berjalan ke base pertama.
  7. Saat berada di pangkalan, pemukul dapat berlari ke pangkalan berikutnya di titik mana pun.
  8. Pemain dapat diberhentikan dengan ‘memukul keluar’ (mengacu pada pemain yang kehilangan bola tiga kali), ‘memaksa keluar’ (ketika pemain gagal membuat pangkalan di depan pemain bertahan), ‘terbang keluar’ (saat bola dipukul di udara dan ditangkap tanpa memantul), dan ‘tag out’ (di mana pemain defensif dengan bola menandai pemain dengan bola semua saat mereka sedang berlari).

Peralatan Bola Kasti

Peralatan Bola Kasti
Peralatan Bola Kasti

Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan bola kasti adalah :

1. Sarung tangan khusus

Salah satu hal pertama yang Anda perlukan adalah sarung tangan permainan bola kasti. Ada banyak sarung tangan permainan bola kasti di luar sana dari banyak perusahaan. Alat ini datang dalam berbagai macam bahan, ukuran, warna, desain, dan penggunaan.

Seorang penangkap menggunakan sarung tangan, yang biasanya jauh lebih besar dari sarung tangan padaumumnya. Sarung tangan khusus ini dirancang untuk menangkap bola yang cepat dari pitcher.

2. Tongkat pemukul permainan bola kasti

Anda tidak dapat benar-benar bermain kasti tanpa tongkat! Ada banyak jenis tongkat yang ditawarkan. Namun lebih mudah untuk memukul bola dengan tongkat yang cukup besar.

3. Bola kasti

Bola kasti memiliki tekstur bola yang sangat keras, dan beratnya mencapai 5,25 ons. Bola kasti ini dibuat dengan bulat sempurna dan dirancang untuk dilempar.

4. Helm

Jika Anda akan bermain dalam permainan bola kasti Anda memerlukan sebuah helm. Helm terbuat dari bahan plastik yang kuat dan memiliki bantalan di bagian dalam untuk keamanan dan kenyamanan.

5. Catcher Gear

Jika Anda ingin menjadi catcher, Anda membutuhkan alat pelindung. Perlengkapan catcher sendiri terdiri dari pelindung kaki, bantalan dada, dan helm.

Ukuran Lapangan Kasti

ukuran lapangan bola kasti
ukuran lapangan bola kasti

Dimensi lapangan permainan bola kasti dapat sangat bervariasi, menjadikan masing-masing dari lapangan ini sebagai tempat yang unik dan istimewa. Meskipun lapangan permainan bola kasti ini tidak begitu banyak sebagaimana lapangan sepak bola namun ukuran lapangan kasti ini harus diperhatikan.

Dimensi dan pengukuran masing-masing bidang bervariasi berdasarkan usia dan tingkat keterampilan para pemain, serta banyak faktor lain, seperti ruang dan kegunaan lain untuk lapangan.

Lapangan permainan bola kasti memiliki standar jarak 14 meter dari pitching dan 20 meter di antara pangkalan. Dinding home run setidaknya harus 60 meter dan tidak lebih dari 65 meter.

Sementara untuk pagar biasanya memiliki ukuran sekitar 76 meter untuk. Nah, karena pagar adalah lengkungan, sebagian besar bidang jauh lebih dalam di tengah daripada sudut.

Pastikan jika Anda ingin melakukan permainan bola kasti harus menyesuaikan ukuran lapangannya. Meskipun sebenarnya di Indonesia sendiri masih sangat jarang ada lapangan khusus permainan bola kasti.

Namun anak-anak masih bisa menggunakan lapangan sepakbola sebagai area permainan untuk latihan bola kasti. permainan bola kasti adalah sebuah permainan yang menyenangkan dan sayang sekali untuk dilewatkan.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri