Narrative Text

Narrative text memberikan gambaran cerita atau sebuah hiburan yang mengambil setting dari masa yang lali. Dari beberapa text dalam Bahasa inggris, bentuk tulisan ini penting untuk dipahami dan dipelajari. Genre ini dibuat berdasarkan beberapa cerita di masa lalu dengan beberapa tujuan tersendiri. Untuk membuat text ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Rumus atau konsep yang benar harus ada dalam setiap penulisan. Berdasarkan beberapa latar yang membangun cerita menjadi dapat diterima baik dibaca atau didengar oleh narasumber. Konsep pembuatan yang benar juga dibangun atas beberapa susunan dan penting untuk diperhatikan. Beberapa hal mengenai jenis text ini akan dibahas dengan lengkap.

Pengertian Narrative Text

Pengertian text ini berawal dari sebuah cerita dalam Bahasa Inggris yang mengambil setting atau latar pada masa yang lampau. Beberapa text mungkin memiliki kesamaan dengan cerita ini. Contohnya adalah cerita dalam bentuk recount atau berita lainnya. Jalan cerita pada narrative harus dibuat dengan bentuk yang menghibur. Selain itu pun harus mampu untuk membangun semua unsur dalam cerita.

Rangkaian cerita akan dibeberkan dengan kronologis juga terbentuk dengan saling terhubung. Sifatnya yang imajinatif dapat menghibur pembacanya karena memiliki bentuk karangan. Pembuat atau penulis wajib menyisipkan beberapa kalimat yang humoris pada jalan cerita. Untuk mempresentasikannya biasanya dalam bentuk tulisan atau lisan dan tidak boleh dibuat meloncat-loncat.

Tujuan Narrative Text

Terdapat beberapa tujuan yang menjadi dasar pembuatan narasi ini. Salah satunya adalah untuk memberikan hiburan dengan jalan cerita yang menarik kepada pembaca. Penyajian cerita atau peristiwa akan memiliki masalah dengan konflik tertentu. Konfilik yang dibuat bukan berarti tanpa akhir atau resolusi dari masalah. Dengan pembagian menjadi ending yang berbahagia atau sedih.

Beberapa cerita memang dibuat dengan memberikan unsur tertentu atau tema yang cenderung sama. Diantara tema tersebut adalah mistis, legenda, dongeng, fiksi, dan fable juga cerita dengan bentuk petualangan. Inti dari semua tema yang dibuat adalah memberikan sebuah cerita yang patut untuk dinikmati dengan jalan cerita yang pasti.

Jenis dari text ini bisa dibilang sebagai kategori narasi sugestif. Kategori ini diberikan dengan tujuan memberikan amanah atau sekedar hikmah dari cerita tersebut. Dengan bentuk yang bisa diterima sebagai pelajaran hidup.

Ciri-Ciri Utama Narrative Text

a. Memberikan cerita di masa lalu. Pembuatan text nya harus menggunakan kalimat atau tense di bentuk yang past tense. Hal ini berkaitan dengan kejadian atau aksi yang dilakukan di masa lampau.

b. Dibentuk sebagai cerita rakyat pada jaman dahulu. Cerita tersebut telah diketahui dan memang dimiliki oleh rakyat. Sebagai salah satu versi cerita yang nantinya bisa diceritakan ulang atau alur yang diubah.

c. Memiliki unsur yang dibangun dengan setting waktu, tokoh cerita, tempat, suasana, tema, konflik, juga memiliki penyelesaian. Setiap cerita yang bertujuan dibuat dengan konsep narasi akan memiliki settingan tersebut.

d. Dapat dibuat dengan susunan satu sekuen yang dibentuk dengan sederhana. Pembentukannya disusun dengan beberapa sekuen yang bentuknya kompleks.

Kaidah Kebahasaan Teks Narasi

  1. Penggunaan waktu yang terjadi di masa lampau. Memberikan kejelasan atas aksi atau kejadian yang terjadi di masa lalu serta tidak ada imbas atau keterkaitan dengan masa sekarang.
  2. Bentuk penulisannya harus dengan santai dan tidak dipaksakan. Penulisan harus dibuat tanpa ada kata yang formal dan mudah untuk dicerna oleh pembaca atau pendengar.
  3. Tanda baca yang digunakan akan sangat beragam dengan berbagai jenis kata tertentu. Penggunaan deskripsi kata benda, sifat, juga keterangan dan kata kerja penting untuk diperhatikan.
  4. Terdapat penggabungan pada penggunaan verb dalam cerita. Kata kerja yang active dan passive bisa digunakan pada cerita yang dibuat.
  5. Dialog biasanya memiliki bentuk monolog pada beberapa bagian. Ada pembuatan narasi atau susunan dari cerita yang dibangun.
  6. Pembuatan kalimat yang biasanya tidak hanya terdiri dari subjek, objek, keterangan, dan juga prediktat. Akan ada penambahan beberapa pembangun dalam cerita yang dimuat.

Bagian Generic Struktur

a. Orientasi = orientation

Bagian orientasi biasanya menjadi bagian untuk memperkenalkan cerita kepada pembaca. Termasuk dari memberikan pengenalan karakter, tempat, juga waktu dari terjadinya suatu momen atau kejadian di cerita yang dibicarakan.

b. Memiliki komplikasi atau puncak masalah = complication

Di dalam komplikasi bisa memberikan perkenalan masalah yang dihadapi oleh beberapa tokoh. Tokoh utama akan memiliki masalah yang mulai dipicu atau dimunculkan.

c. Resolusi atau penyelesaian = resolution

Dibuatnya bagian resolusi menjadi penyelesaian dari sebuah masalah yang dialami oleh tokoh utama tadi. Akan ada beberapa usaha yang dilakukan oleh tokoh utama sehingga masalahnya selesai. Bagian ini menjadi akhir dari cerita yang ditentukan dengan dua bagian. Baik dalam bentuk sad maupun happy ending.

Jenis-Jenis Narrative Text

a. Fable = Membuat cerita yang di dasari atas tokoh berbentuk hewan. Jenis cerita ini sering muncul sebagai penghibur bagi kalangan anak-anak.

b. Legend = Sebuah cerita yang diambil dari kisah rakyat. Penggambaran cerita menceritakan aka nasal usul suatu tempat dan bagaimana tempat itu bisa terjadi.

c. Myth = cerita dengan bentuk mitos dari beberapa edaran cerita di masyarakat. Biasanya, pembentukan cerita ini sering dianggap sebagai cerita fakta.

d. Fairy tales = memberikan gambaran cerita yang dibuat berdasarkan dongeng maupun cerita anak-anak. Di dalamnya ada beberapa penjelasan tentang keajaiban yang muncul dari tokoh di dalam cerita. Bagian akhir akan mengandung pesan modal atau koda.

e. Folk tale = Bagian dari cerita pada rakyat yang sering diceritakan turun temurun dari berbagai generasi. Jenis cerita ini menjadi bagian dari tradisi yang ada di masyarakat.

f. Love story = dibuat dengan tema tentang kisah cinta antar tokoh. Tema yang diangkat biasanya memuat perjuangan kisah cinta antara dua pihak.

Membuat Contoh Narrative Text

Orientation:

One day, there was a young girl carving for food. The girl was walking on the road under the light in the middle of the night. There was nobody she could ask for help and able to provide her some food.

She was about to think if it is the last time for her to see the world. There is no food, and she would not be able to hold her sickness for food.

Complication:

At 2am, she was staring on her left side. There was a man, eating a burger and stared back at her. She was scared and think about to ask the man if he would like to give her some pieces.

Unfortunately, the man was just so rude to her and trying to walk away. At the same time, he was falling out and cannot be breathed at all.

Resolution:

The food was left on the chair, and it is time for her to take the food. After she took the burger, she ran and asking for help if there is someone that would help him to survive. Unfortunately, the man was dead because there is nobody who can listen to her voice.

Tinggalkan komentar