Jumlah Pemain Basket dan Nama Posisi Pemain Bola Basket beserta Tugasnya

Nama posisi pemain bola basket – Dalam sejarah permainan bola basket terdapat 5 pemain yaitu point guard, shooting guard, small forward, power forward, center. Masing-masing nama posisi pemain basket tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Dengan begitu, strategi yang diterapkan akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal di lapangan bola basket.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal nama-nama posisi pemain dalam bola basket beserta total dari jumlah pemain basket. Tidak hanya itu, namun kita juga akan bahas tugas-tugas dari setiap posisi pemain bola basket lengkap di sini. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Jumlah Pemain Bola Basket

jumlah pemain bola basket
jumlah pemain bola basket

Pada umumnya jumlah pemain bola basket adalah 10 pemain, diantaranya yaitu 5 pemain sebagai pemain utama dan 5 pemain sebagai cadangan.

Akan tetapi di ajang yang lebih prestis seperti NBA, Total jumlah pemain bola basket adalah 12 pemain yang terdiri dari 5 pemain utama dan 7 pemain cadangan.

Adapun 5 pemain dalam permainan bola basket yang menjadi pemain utama memiliki posisi dan tugasnya masing-masing, sedangkan tugas pemain cadangan ikut menyesuaikan dengan posisi pemain starter yang akan diganti.

Nama dan Posisi Pemain Basket beserta Tugasnya

posisi pemain basket
posisi pemain bola basket

Nah setelah kita tahu jumlah pemain basket mulai dari pemain utama beserta dengan pemain cadangannya. Sekarang kita akan bahas tentang tugas-tugas dari setiap posisi pemain bola basket yang ditempati.

Selain memiliki peran penting, posisi pemain basket dalam menjalankan strategi formasi bola basket juga berpengaruh terhadap hasil dari pertandingan. Seorang pemain basket diminta bertanggung jawab terhadap posisi yang dijaganya. Baik saat menyerang ataupun bertahan.

Sebutkan nama posisi pemain dalam permainan bola basket?

Nama-nama posisi pemain bola basket adalah:

  1. Point Guard.
  2. Shooting Guard.
  3. Small Forward.
  4. Power Forward.
  5. Center.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dari setiap posisi pemain bola basket dan tugasnya di bawah ini.

1. Point Guard

posisi pemain bola basket
posisi point guard dalam permainan bola basket

Posisi point guard adalah posisi penting dalam permainan bola basket. Layaknya kepala manusia, maka bisa dikatakan otaknya tim. Tugas dari pemain ini selain melakukan permainan juga menjadi pengatur strategi. Perannya sangat vital dalam permainan bola basket.

Dalam pertandingan, posisi pemain basket yang satu ini juga mendukung pelatih dalam memberi arahan terbaik. Entah saat melakukan penyerangan ataupun saat bertahan. Biasanya pelatih terlebih dahulu memberikan instruksi kepada pemain ini. Kemudian menerapkannya ke pemain basket lainnya.

Untuk memilih pemain basket yang berposisi sebagai point guard harus memperhatikan beberapa kriteria. Salah satunya adalah memiliki skill dan jam terbang yang tinggi, hehe. Dengan begitu, akan mudah untuk menyesuaikan dengan kondisi teman satu timnya.

Sebaliknya, jika posisi point guard diberikan kepada orang yang tidak memiliki skill ataupun skill di bawah pemain lain. bisa jadi direndahkan oleh teman-temannya. Bahkan akan dibully. Hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kekompakan tim saat melakukan pertandingan.

Pastikan pemain ini memiliki kemampuan dribel yang bagus, pasing yang luar biasa dan juga cara memasukan bola yang tepat sasaran. Gunakanlah pemain yang tahan banting, haha. Hal tersebut dikarenakan pemain point guard merupakan tangan kanan pelatih.

Selain skill, posisi pemain basket yang satu ini mengharuskan mereka paham dengan semua peraturan bola basket, sehingga akan mudah berkoordinasi serta menyusun strategi dengan matang. Postur tubuh yang besar dan lincah juga mendukung posisi pemain basket yang satu ini.

2. Shooting Guard

posisi pemain dalam permainan bola basket
Posisi Shooting Guard dalam permainan bola basket

Jika Sobat ingin menduduki posisi shooting guard, maka diharuskan memiliki kelincahan yang mumpuni ya gaes, khususnya teknik dasar permainan bola basket harus sudah lewat dulu yaa. Dikarenakan harus melewati beberapa pemain yang menghalangi saat memasukan bola ke dalam keranjang. Lemparan yang tepat akan menghasilkan poin tambahan.

Saat menyandang sebagai posisi pemain basket “shooting guard” dalam permainan bola basket ini, seorang pemain diharapkan memiliki akurasi tembakan yang tinggi. Dengan begitu umpan dari kawan akan dimasukan dengan tepat. Maka orang yang menempati posisi pemain basket tersebut juga diharuskan memiliki tingkat fokus yang besar.

Seorang pelatih harus memilih pemain yang benar-benar jago untuk mendapatkan posisi shooting guard. Ketenangan, kelincahan, dan efektifitas harus dilakukan secara seimbang. Selain itu, harus siap saat sewaktu-waktu mendapatkan umpan dari kawan. Bukan umpan mincing loh yaa. hehe

Tugas lain dari posisi shooting guard adalah menerobos pertahanan lawan. Jika pemain ini masuk maka akan memudahkan saat mencetak poin. Namun, ada resiko dari posisi pemain bola basket tersebut. biasanya sering terkena pelanggaran. Baik ringan ataupun berat.

Walaupun begitu, setiap pelanggaran akan diberikan tembakan bebas untuk pemain yang dilanggar. Hal tersebut merupakan kesempatan emas untuk menambah poin. Kerap kali mendapatkan nilai 3 angka pada setiap tembakan amazingnya.

3. Small Forward

posisi pemain dalam permainan bola basket
Posisi Small Forward dalam permainan bola basket

Nama posisi pemain bola basket ini sangat diandalkan pada serangan balik. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemain ini, bisa jadi serangan tersebut membuahkan hasil positif. Selain itu, small forward juga mengisi jalur cepat pemain tim untuk melakukan serangan.

Kebanyakan posisi small forward memiliki postur tubuh yang tinggi dan gagah. Selain itu, juga memiliki kecepatan dan kelincahan yang di atas rata-rata pemain lainnya. Posisi pemain bola basket tersebut juga bisa digunakan untuk menghalau serangan lawan.

Posisi pemain basket ini bebas bergerak dimanapun berada. Dihati kamu juga ada loh, hehe. Sehingga kebanyakan posisi pemain basket yang satu ini berubah-ubah. Posisi small forward juga sering kali mencetak angka dari berbagai macam posisi. Jadi pilihlah pemain yang tidak tanggung-tanggung dalam berfikir.

Namun ada beberepa keluhan dari pemain lain. Misalnya ada banyak pemain small forward yang memiliki ego cukup tinggi. Mereka kerap kali tidak memberi kesempatan kawan untuk melakukan tembakan. Setiap menerima bola langsung mendribel ke depan langsung.

Namun, saat pemain ini menyerang, semua pandangan lawan akan tertuju kepadanya. Dengan begitu fokus akan berkurang. Dari sinilah terbuka kesempatan emas untuk menerobos dan mengacak-acak lini pertahan mereka.

4. Power Forward

nama posisi pemain bola basket
Posisi Power Forward dalam permainan bola basket

Tugas power forward adalah mengawal pemain lawan dari belakang. Namun, saat terjadi serangan balik, otomatis pemain power forward akan bergerak ke belakang.

Pemain ini dipilih karena memiliki postur tubuh yang tinggi dan juga otot yang kuat. Hal tersebut berguna jika terjadi benturan fisik. Sehingga, pemain basket yang tidak memiliki otot kuat bisa terlempar saat terjadi gesekan antar pemain.

Tanggung jawab besar dimiliki oleh pemain basket yang berposisi sebagai power forward. Kebanyakan pemain tersebut digunakan untuk menjaga lini belakang dari gempuran musuh yang menyerang. Namun, tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Dari setiap posisi pemain basket yang lainnya juga ikut menyokong.

Usahakan pemain power forward memiliki skil di atas pemain center lawan. Dengan begitu, ia akan lebih percaya diri saat menghadapinya. Namun, Sobat juga memerlukan pemain yang pandai membaca strategi lawan. Serta bisa mengantisipasi semua pergerakan baik terduga ataupun tidak.

Jika orang yang menempati posisi pemain basket ini lemah, bisa memberikan kemudahan bagi pihak lawan untuk memasuki kawasan. Kemungkinan terburuk adalah mereka mencetak angka dengan mudah. Jadi pilihlah pemain yang berpengalaman lama, tampang nggak penting, hihihi.

5. Center

sebutkan posisi pemain bola basket
Posisi center dalam permainan bola basket

Center merupakan urutan terakhir dari 5 nama posisi dalam permainan bola basket. Posisi pemain basket yang satu ini memiliki peran penting untuk menyerang secara langsung ke daerah musuh. Pilihlah pemain yang lincah, akurat, kuat, dan memiliki jam tayang tinggi. Sehingga hasil permainan akan maksimal.

Jika pemain ini memiliki skil tinggi, bisa jadi tim tersebut menguasai permainan. Hal itu dikarenakan tim lawan akan mengikuti terus pergerakan dari posisi center. Dengan permainan yang terpancing akan membuat bebas gerakan kawan di sebuah tim.

Posisi center juga menjadi rebutan, hal tersebut dikarenakan dengan menjadi center akan meningkatkan reputasi. Bisa jadi dilirik oleh tim yang lebih terkenal. Selain itu, juga menjadi sorotan penonton yang terus bersorak gembira.

Namun, menjalani posisi center juga tidak mudah. Walaupun sudah menggiring bola sampai wilayah musuh, biasanya akan langsung dikepung, tidak sampai dikeroyok. Hehe. Tidak sedikit dari pemain ini yang mengalami kegagalan saat memasukkan bola ataupun sebaliknya.

Halangan dari musuh juga kerap kali terjadi. Masalah demi masalah menghantui, hehe. Kerap kali posisi pemain bola baeket yang ini mendapatkan penganiayaan berupa pelanggaran, baik pelanggaran kecil ataupun besar.

Pelanggaran tersebut terjadi baik karena dorongan, sikutan ataupun benturan dari pemain lawan. Baik secara sengaja ataupun tidak.

Posisi pemain basket ini juga dituntut untuk memiliki kecepatan dan kelincahan. Hal tersebut berguna untuk melakukan seragan balik yang lebih efektif. Karena pemain center menjadi target utama saat bola dioperkan.

Posisi pemain basket yang sebagai center biasanya di depan. Jadi saat terjadi serangan balik dari lawan, pemain ini tidak kembali langsung ke daerah belakang. Namun, sedikit kedepan menunggu bola dioperkan kepadanya. Jika Sobat senang menunggu, bisa melirik posisi ini, hehehe.

Semua jumlah pemain basket dari berbagai nama posisi pemain bola basket tersebut bila diramu dengan baik akan menjadi tim yang kuat jika terjadi kerjasama yang kompak. Baik di lini depan, tengah ataupun belakang. Satu saja personil dari setiap posisi pemain basket yang tidak kompak maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar