Sejarah Permainan Sepak Bola Lengkap

sejarah sepak bola lengkap
sejarah sepak bola lengkap

Sejarah permainan sepak bola – Siapa yang tidak kenal permainan sepak bola? Permainan ini begitu populer di kalangan penggemar olah raga. Bahkan sejarah permainan sepak bola sendiri konon sudah lama dimainkan oleh nenek moyang kita. Meski banyak yang menyebut mereka adalah pelaut, hehe. Berikut Sejarah sepak bola yang menarik.

Sejarah Permainan Sepak Bola Di Dunia

sejarah permainan sepak bola
sejarah permainan sepak bola

Menurut pakar sejarah, permainan sepak bola sudah dimainkan sejak abad ke-21. Pada saat itu, olahraga sepak bola telah dimainkan lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Sehingga permainan sepak bola menjadi begitu populer di berbagai negara.

Menariknya, sejarah sepak bola di dunia sudah dimulai sejak abad ke-2 hingga ke-3 SM di Tiongkok. Dimulai sejak Dinasti Han yang mengawali permainan sepak bola dengan metode yang sederhana. Pada saat Dinasti Han, masyarakat memainkannya hanya dengan bola kulit yang ditendang masuki jaring kecil lawan.

Di Jepang, permainan semacam ini disebut dengan Kemari. Sedangkan, di Italia permainan ini juga sudah ada sejak abad ke-16. Sepak bola semakin bergerak dengan menetapkan berbagai peraturan-peraturan sepak bola dasar di Inggris. Sehingga, permainan ini tampak begitu modern dan digemari oleh banyak orang.

Tahun 1365, permainan sepak bola sempat dilarang oleh Raja Edward III karena selama pertandingan menimbulkan kekerasan. Bahkan Raja James I dari Skotlandia mendukung adanya pelarangan ini. Namun, pada tahun 1815 sepak bola menjadi terkenal di lingkungan sekolah dan universitas.

Sejarah perkembangan modern dari sepak bola terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863. Saat itu, 11 (sebelas) klub dan sekolah berkumpul untuk merumuskan aturan baku sepak bola. Bersamaan di tahun tersebut terjadi pemisahan antara olahraga rugby dengan sepak bola.

Aturan tidak diperbolehkannya membawa bola dengan tangan terjadi di tahun 1869. Sedangkan selama tahun 1800-an, olahraga sepak bola disebarkan oleh para pedagang, pelaut dan tentara Inggris ke berbagai negara.

Pada tahun 1904, mulai dibentuk asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA). Kemudian, di tahun 1900-an berbagai kompetisi sepak bola mulai diberlakukan di berbagai negara. Ada yang menyebutkan bahwa di abad ke-16 olahraga sepak bola telah mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Cara Bermain dalam Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola
Sejarah sepak bola

Dalam sejarah permainan sepak bola, Permainan ini sangat mudah dimainkan oleh semua kalangan dengan tujuan utama yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput yang lapang. Permainan ini secara umum dimainkan menggunakan seluruh tubuh kecuali tangan. Namun tidak semudah itu gaes, kalian juga harus menguasai teknik dasar sepakbola terlebih dulu sebelum nanti menjadi ahli.

Penjaga gawang dalam permainan sepak bola lah yang berhak menyentuh bola di daerah gawangnya. Sedangkan, 10 (sepuluh) pemain sepakbola yang lain tidak diperbolehkan memainkan sepak bola menggunakan tangan. Jadi, secara teknis permainan ini hanya bermodalkan skill memasukkan saja loh eh, hehe.

Dalam permainan sepak bola, kaki hanya digunakan untuk menendang, kepala untuk menyundul bola dan dada untuk mengontrol bola. Salah satu tim dikatakan menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawang sebanyak-banyaknya.

Namun, apabila kedua tim pada akhir permainan memiliki skor imbang akan dilakukan adu penalti yang disesuaikan oleh format kejuaraan. Umumnya, dalam pertandingan resmi, tiga poin akan diberikan pada tim pemenang. Begitupun untuk kedua tim yang imbang masing-masing satu poin.

Dalam permainan sepak bola, keselamatan pemain begitu diperhatikan. Sehingga pertandingan sepak bola sewaktu-waktu dapat ditunda apabila terjadi tindak kriminalitas. Setiap tahunnya, FIFA selalu memperbaharui peraturan permainan sepak bola.

Durasi Permainan dalam Sejarah Sepak Bola

sejarah dalam permainan sepak bola
sejarah dalam permainan sepak bola

Durasi permainan dalam sejarah sepak bola normalnya adalah 2 X 45 menit, ditambah 15 menit untuk jeda istirahat. Namun, selama pertandingan terdapat penalti, wasit dapat menentukan waktu tambahan dalam permainan. Begitupun jika ada pemain yang mengalami kecelakaan karena cidera.

Dalam permainan sepak bola, gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu dihitung sebagai skor akhir pertandingan. Sebaliknya, jika terjadi adu penalti skor diperoleh dari adu penalti sebagai penentu tim melanju ke pertandingan selanjutnya. Begitu mudah kan permainan ini gais.

International Football Association Board (IFAB) tahun 1990-an memberlakukan gol emas dan gol perak untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang mencetak gol pertama kali adalah pemenang. Sedangkan pada gol perak, gol akhir babak perpanjangan waktu pertama dianggap pemenang.

Aturan Permainan Dalam Sejarah Sepak Bola

jelaskan sejarah sepak bola
Aturan Permainan Dalam Sejarah Sepak Bola

Selama pertandingan berlangsung, apabila dari kedua tim melakukan pelanggaran maka akan diperingatkan oleh wasit. Bentuk peringatannya dengan kartu kuning dan kartu merah.

Sesaat setelah wasit menunjukkan kartu kuning, pertandingan akan diberhentikan sejenak. Nah, disela jeda itu wasit akan mencatat namanya dibuku.

Kartu kuning biasanya digunakan untuk memperingatkan pelanggaran ringan yang tidak sportif. Sedangkan kartu merah digunakan untuk pelanggaran berat dan untuk mengeluarkan pemain dalam arena pertandingan. Eits tapi jangan digunakan untuk ngeluarin pacar dari hubungan kamu ya, hahaha.

Pelanggaran selama permainan sepak bola inilah yang harus diperhatikan oleh kedua tim sepak bola. Jangan sampai olahraga semacam ini menjadi ajang tindak kekerasan, kan jadi gak keren. Oleh karena itu, biasanya para pemain harus punya skill untuk mengontrol emosi mereka selama di lapangan.

Wasit dan Petugas Pertandingan dalam Sejarah Sepak Bola

sejarah sepak bola singkat
Wasit dan Petugas Pertandingan dalam Sejarah Sepak Bola

Apabila terjadi pelanggaran, wasit dan pertugas pertandingan menjadi berperan. Eit, tidak asal berperan ya gais. Tugas wasit sepak bola harus bekerja secara profesional dalam memimipin pertandingan. Tidak boleh memihak salah satu tim meskipun tim itu favoritnya sendiri.

Para wasit dan petugas pertandingan akan memberikan hukuman dan peringatan saat terjadi pelanggaran. Tugas mereka cukup berat loh, harus fokus untuk terus mengawasi setengah bagian dari lapangan. Dengan membawa kartu dan bendera berwarna terang yang menandakan pelanggaran.

Sedangkan petugas yang lain di luar lapangan bertugas untuk mencatat waktu yang sempat terhenti selama pertandingan. Mereka juga yang memberikan informasi mengenai tambahan waktu di setiap akhir babak pertandingan.

Lapangan Pertandingan dalam Sejarah Sepak Bola

rangkuman sejarah sepak bola
rangkuman sejarah sepak bola

Jangan ngaku penggemar olahraga bila ukuran lapangan sepak bola saja tidak tahu, hehehe. Untuk ukuran pertandingan internasioal, panjang lapangannya berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Dengan area gawang berbentuk persegi empat ukuran 7.32 m dan tinggi 2.44 m.

Di bagian depan gawang, diberi jarak untuk area penalti dengan ketentuan ukuran 16.2 m dari gawang. Area ini merupakan batas kiper untuk menangkap bola. Ketentuan menangkap bola dengan tangan biasanya menjadi batas seorang kiper mendapat tendangan penalti atau tidak.

Konon, bila menengok kembali pada sejarah permainan sepak bola, ukuran gawang hanya satu depa tangan orang dewasa. Begitu kecil dan susah untuk memasukkan tendangan gol ke gawang lawan. Apa karena zaman berganti, ukuran gawang pun ikut berubah ya gais hehe.

Demikian sedikit ulasan tentang sejarah permainan sepak bola yang dirangkum dalam artikel ini. Semoga dapat membantu Sobat dalam memahami sejarah permainan sepak bola. Jadi, jangan ngaku penggemar sepak bola jika tidak tahu sejarahnya. Tapi, sejarahnya tidak bermula di Indonesia lo yaa.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri