Descriptive Text

Descriptive text menjadi bentuk tulisan dalam Bahasa Inggris untuk menggambarkan suatu hal atau kejadian. Bentuk dari teks deskripsi ini biasanya ditulis dengan ukuran yang singkat dan juga jelas. Memiliki beberapa aturan tersendiri yang dibangun menggunakan bentuk tense tertentu. Tulisan ini dibuat untuk menjelaskan suatu hal atau benda dengan cara yang lebih rinci.

Sama seperti jenis teks lain dalam Bahasa Inggris, pada teks deskripsi ini akan memberikan bentuk yang dibuat menggunakan beberapa kata sifat. Berbeda dengan beberapa jenis teks bahwa pada bentuk deskripsi yang digunakan adalah kata adjective. Banyak hal atau benda yang bisa dideskripsikan menggunakan bentuk teks ini.

Pengertian Descriptive Text

Kata descriptive berasal dari dua buah suku kata yang membangun diantaranya descriptive yang memiliki arti memberikan gambaran. Untuk text yang berarti sebuah tulisan dan jika digabungkan memiliki arti gambaran yang ditulis. Jadi, Arti Descriptive Text adalah memberikan gambaran atau definisi mengenai suatu benda dengan cara mendeskripsikannya atau membeberkannya.

Bentuk teks ini memiliki suatu penjelasan yang biasanya bisa ditemukan pada penggambaran hewan, orang, atau bahkan barang dan tempat. Ketika dijelaskan dalam bentuk deskripsi biasanya akan memberikan beberapa informasi mendasar. Beberapa informasi tersebut termasuk bentuk, sifat, jumlah, atau bahkan karakteristiknya. Tidak ada aturan yang begitu spesifik untuk penulisannya.

Dua Jenis Descriptive Text

Tidak jauh berbeda dengan beberapa jenis teks lain dalam Bahasa Inggris. Ketika mendeskripsikan sesuatu maka penting untuk memberikan jenis teks yang sesuai. Kamu bisa membagi jenis descriptive text ini ke dalam beberapa bagian.

1. Berupa bentuk informasi tentang beberapa benda di sekitar. Hal ini termasuk dari bagaimana orang, benda, hewan atau hal lainnya terlihat dan digambarkan dengan baik melalui sebuah tulisan. Kamu bisa memperjelas bentuk tulisannya dengan memberikan spesifikasi yang lebih lengkap tentang hal kesukaan hewan tersebut atau bagian lainnya.

2. Memiliki isi berupa beberapa bagian fakta. Untuk jenis teks deskripsi yang satu ini harus memberikan pembahasan yang benar dan sesuai aturan yang berlaku. Misalnya, mengenai suatu peristiwa yang terjadi belakangan ini dan memang harus sesuai dengan faktanya. Berbeda dengan pendeskripsian pada benda, hewan atau manusia yang cenderung bebas.

Ciri-Ciri Descriptive Text

Perbedaan sebuah tulisan atau teks dalam Bahasa Inggris terletak di bagian ciri-cirinya. Dengan memerhatikan pembangun di setiap kalimat maka bisa memberikan petunjuk teks jenis apa yang sedang dibicarakan. Membuat sebuah bentuk verb, kata sifat, atau beberapa hal lainnya yang wajib dicantumkan dalam teks. Berikut beberapa ciri-ciri descriptive text yang bisa Kamu temukan:

a. Bentuk penulisannya menggunakan attribute verb. Bentuk verb tersebut biasanya seperti penggunaan to be dan dilengkapi atau diikuti dengan is, are, dan am.

b. Terlihat pada penggunaan bentuk tenses yang berbeda dengan lainnya. Seperti dengan menggunakan simple present tense.

c. Jenis tulisan pasti selalu berfokus pada satu objek saja. Penulisannya sudah sangat jelas karena tidak ada penokohan lain atau beberapa generic structure pembangun lainnya.

d. Memberikan kata sifat atau adjective pada setiap kalimat yang akan dibuat.

e. Penulisan setiap kalimat atau teks selalu diharuskan dan dianjurkan menggunakan Bahasa yang menarik dan enak untuk didengar atau dibaca.

Bentuk Generic Structure Descriptive Text

Setelah membuat ciri maka hal lain yang harus diperhatikan sebelum membuat tulisan adalah generic structure. Hal ini menjadi urutan pada setiap penulisan yang digunakan pada descriptive text. Tidak berbeda jauh dengan jenis teks lainnya hanya saja memang pembuatannya yang cenderung lebih singkat dan mudah. Penggunaan verb juga adjective sangat dianjurkan pada setiap bagiannya.

1. Identification = perkenalan

Bagian identifikasi ini akan memberikan suatu perkenalan akan hal yang dideskripsikan. Beberapa hal tersebut bisa memiliki bentuk yang beragam baik dalam kategori benda yang hidup ataupun mati.

2. Description = deskripsi

Dasar dari pembuatan tulisan ini adalah untuk memberikan deskripsi akan suatu benda baik yang hidup atau mati. Dengan memberikan penggambaran singkat, jelas dan juga padat. Biasanya akan memberikan beberapa keterangan mengenai sifat, karakter, ciri khas, dan berbagai hal lain yang bisa dimasukan sebagai bentuk deskripsi atau penjelasannya.

Berbeda dengan jenis teks lain yang biasanya memiliki banyak tokoh di dalam penulisan. Untuk kali ini, Kamu hanya perlu menjelaskan secara singkat dengan lebih detail. Fokus yang digunakan pada satu tokoh saja akan mendukung Kamu dalam membuat tulisan yang lebih mudah.

Tujuan Descriptive Text

Penulisannya memiliki fungsi atau tujuan descriptive text yaitu untuk menggambarkan, mengungkapkan, atau menjelaskan suatu ciri dari benda, hewan, manusia, kejadian, tempat atau hal yang lainnya. Pada deskripsinya akan dibuat dengan tidak melakukan penelitian secara umum. Tulisan yang dibuat akan dibiarkan mengalir dan cenderung bebas.

Penulis biasanya hanya dituntut untuk memberikan penjabaran akan apa yang ia dengar, lihat, atau rasakan mengenai suatu hal.

Contoh Descriptive Text

Berikut adalah contoh descriptive text yang dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam belajar.

[su_box title=”Contoh Deskriptive text 1” box_color=”#020202″]

My smart bird

I have a bird, and his name is Toai. My bird is very unique because his body is so small and can be held by one hand. Toai has a green color with a little yellow at the head part. He has a small foot that looks so cute from a further distance. I get used to talking to him about everything, and I cannot believe if he can be able to follow my words.

Once I released him from the cage, unexpectedly, he did not run away and keep staying. Toai would like to reach my hand once I offer him a cracker. He is a unique parrot with a smart brain that can always makes me happy every day. Every once a week, I brought him to walk outside as he was staying on my shoulder. Everyone seems to be happy to see Toai on the street and say hi to him every time.[/su_box]

[su_box title=”Contoh Deskriptive text 2” box_color=”#020202″]

Tasikmalaya My Hometown

Everyone can relate if West Java has a lot of beautiful places to enjoy. Tasikmalaya is a part of West Java is my hometown. The place where I was raised as a strong woman today. You can find every nature that you want to visit near this city.

This place has a mountain called Gunung Galunggung as one of the natural places to visit. You can enjoy everything around the place, including to swim with hot water from the mountain. Three hours from Tasikmalaya, you can find one of the beaches that is famous in West Java called Pangandaran.

I often visited the beach because of the location. It would only take three hours to enjoy my holiday and feel the real sensation from the waves. I loved to stay in my hometown with all of the beautiful nature inside.[/su_box]

Tinggalkan komentar