Peraturan Permainan Tenis Meja Lengkap Beserta Penjelasannya

Peraturan permainan tenis meja – Semua tentu sudah tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Olahraga banyak sekali jenisnya, salah satu di antaranya adalah tenis meja. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak penggemarnya, tidak terbatas pada tingkat usia remaja, tetapi juga anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita, cukup besar peminatnya. Hal ini karena olahraga tenis meja ini tidak terlalu rumit untuk diikuti.

Nah setelah kita bahas mengenai sejarah tenis meja pada artikel sebelumnya, Kali ini kita akan bahas khusus mengenai aturan-aturan dalam permainan tenis meja. Yuk langsung saja simak penjelasan tentang peraturan tenis meja singkat dan lengkap berikut ini.

Peraturan Tenis Meja Singkat dan Lengkap

peraturan tenis meja
peraturan tenis meja singkat

Pada dasarnya, olahraga tenis meja merupakan olahraga yang berskala internasional, banyak Negara yang ikut berperan dalam olimpiade atau pesta olahraga dunia untuk pertandingan ini. Sebagai suatu cabang olahraga yang diperlombakan, Tentu mempunyai aturan-aturan dalam permainan tenis meja yang ditetapkan. peraturan-peraturan tenis meja itu meliputi : ukuran lapangan, net sesuai standar, serta aturan dalam permainan tenis meja.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja peraturan tenis meja? berikut ini akan kita uraikan bersama satu per satu mengenai peraturan tenis meja singkat dan lengkap untuk kamu ketahui.

1. Aturan Meja Tenis Meja

Aturan meja tenis meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Apa saja aturan meja dalam peraturan tenis meja? Meja yang digunakan dalam permainan tenis meja memiliki ketentuan atau aturan tersendiri. Jadi tidak sembarang meja digunakan. Jangan salah menggunakan meja makan atau meja di ruang tamu untuk bermain tenis meja lho ya! Hehe

Kita mulai dari mengetahui permukaan paling atas dari meja, atau yang dikenal sebagai permukaan main (playing surface). Permukaan main tentunya harus berbentuk persegi empat, dengan panjang 2,74 m dan lebar 1,525, dan harus diletakkan datar setinggi 76 cm dari lantai. Semuanya harus sesuai mengikuti standar peraturan tenis meja ya. Jadi tidak bisa, semisal posisinya dibuat lebih tinggi atau lebih rendah.

Permukaan main harus bukan bagian tambahan yang menempel vertikal di pinggir atas meja. Adapun untuk bahan permukaan main, bahannya boleh terbuat dari sembarang bahan (material) dan yang terpenting adalah harus menghasilkan pantulan merata yaitu sekitar 23 cm, bila sebuah bola standar dijatuhkan ke meja tersebut dari ketinggian 30 cm. Permukaan main harus merata berwarna gelap dan kasat, tidak silau (matt), tetapi berwarna putih untuk garis pinggir (side line) dengan lebar 2 cm, sepanjang 2,74 m tiap sisi meja, dan 2 cm selebar 1,525 cm tiap ujung meja.

Untuk pedoman, berikut ini adalah rincian ukuran meja (baca: ukuran lapangan tenis meja).

  • Lebar : 152,5 cm
  • Panjang : 274 cm
  • Tinggi meja dari lapangan : 76 cm
  • Luas : 4,1785 m²
  • Tebal meja : 3 cm
  • Panjang net : 783 cm

Nah itulah aturan meja yang harus kamu ketahui dalam peraturan permainan tenis meja. Saatnya kita lanjut ke peraturan tenis meja yang kedua yaitu tentang rakitan net. Seperti apa penjelasannya? yuk simak di bawah ini.

2. Rakitan Net Tenis Meja

Rakitan Net Tenis Meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Berikut adalah peraturan tenis meja mengenai rakitan jaring (net) tenis meja yang mempunyai ketentuan jaring harus digantung regang (suspended) dengan barang (cord) di setiap ujungnya yang dilekatkan tegak lurus bersama penyangga (post) setinggi 15,25 cm.

Batas ukuran tiang luar penyangga berjarak 15,25 cm dari luar garis tepi (side line). Bagian atas (top) sepanjang jaring (net) harus setinggi 12,25 cm berada di atas permukaan main. Bagian bawah (bottom) sepanjang jaring (net) harus serendah mungkin dengan permukaan main dan di bagian kedua ujung jaring (net) harus serapat mungkin dengan tiang penyangga.

Peraturan tenis meja terhadap ukuran net dan jaring-jaring pada permainan tenis meja yaitu sebagai berikut.

  1. Pada permukaan meja, sisinya terbagi menjadi dua bagian, dimana kedua bagian tersebut memiliki ukuran yang sama, dan kedua bagiannya dipisahkan oleh sebuah net (jaring-jaring) dengan batas pada bagian akhir meja tersebut.
  2. Net dibentangkan dengan tali yang kedua sisinya diikat pada tiang penyangga dengan tinggi 15,25 cm. Sementara sisi batas pada kedua tiang penyangga mempunyai jarak 15,25 cm dari sisi batas permukaan meja.
  3. Panjang net permainan tenis meja dari sisi kiri ke kanan harus berukuran 1,83 meter. Sementara seluruh panjang net, dari ujung atas ke permukaan meja adalah 15,22 cm.

3. Bola Tenis Meja

Bola Tenis Meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Berikut adalah peraturan tenis meja terkait dengan bola yang di gunakan dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

  1. Bola harus berbentuk bulat berongga (spherical) dengan diameter 40 mm.
  2. Berat bola harus 2,7 gr.
  3. Bola harus terbuat dari bahan celluloid atau plastik lainnya yang serupa dan harus berwarna putih atau oranye tanpa ada efek berkilap.

4. Bet Tenis Meja

Bet Tenis Meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Peraturan tenis meja mengenai bet atau alat pukul dalam permainan tenis meja diantara lain sebagai berikut:

  1. Bet boleh berukuran sembarang, demikian juga bentuk dan beratnya.
  2. Bagian bet yang bundar dan untuk memukul bola (blade) harus terbuat sekurang-kurangnya 85% dari kayu alam (natural wood), boleh menambahkan bahan penguat di dalam blade berupa bahan berserat (fibrous material), seperti serat carbon, serat kaca atau kertas yang dipadatkan. Namun ketebalannya tidak boleh lebih dari 7,5% dari total ketebalan atau kira-kira 0,35 mm, atau kalau bisa lebih tipis lagi.
  3. Sisi blade yang digunakan untuk memukul harus dilapisi dengan karet yang mengandung selulosa atau karet berbintik teratur (ordinary pimpled rubber) dengan total ketebalan termasuk lem tidak boleh lebih dari 2 mm, atau kalau bisa lebih tipis lagi.
  4. Sebelum bet dipakai untuk pertandingan, apabila diminta, pemain harus bersedia memperlihatkan ke lawannya dan wasit.

5. Servis Tenis Meja

Peraturan servis Tenis Meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Peraturan servis tenis meja diantaranya sebagai berikut:

  1. Servis dimulai dengan meletakkan bola diam bebas (resting freely) dalam telapak tangan terbuka dan datar dengan keempat jari berdempetan dan ibu jari bebas. Kamu bisa pelajari teknik dasar permainan tenis meja di artikel sebelumnya ya.
  2. Server kemudian melempar bola ke atas tanpa memberikan efek spin. Bola akan naik sekurang-kurangnya 16 cm atau 40 derajat setelah lepas dari telapak tangan. Kemudian bola jatuh tanpa bersentuhan dengan sesuatu sebelum dipukul.
  3. Selama bola jatuh dari lambungan, server harus memukul bola. Bola harus dipukul sehingga jatuh terlebih dahulu di meja server sendiri, melewati rakitan net, dan langsung jatuh di meja receiver.

6. Pengembalian (Return)

pengembalian bola tenis meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Bola yang sudah di servis atau pun dikembalikan (return), harus dipukul langsung dan melewati rakitan net kemudian menyentuh atau jatuh di meja lawan, baik langsung tanpa menyentuh maupun setelah sedikit menyentuh rakitan net.

7. Urutan Bermain Tenis Meja

Urutan Bermain Tenis Meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Berikut adalah peraturan bermain tenis meja dengan urutan sebagai berikut.

  1. Dalam permainan tunggal (single), server harus melakukan servis untuk pertama kalinya, kemudian diterima dan dikembalikan oleh receiver. Setelah itu, baik server maupun receiver secara bergantian melakukan pengembalian bola.
  2. Dalam permainan ganda (double), server melakukan servis, kemudian diterima atau dikembalikan oleh receiver. Setelah diterima oleh receiver, bola dikembalikan lagi oleh pasangan server dan pasangan receiver melakukan pengembalian bola. Setelah itu setiap pemain secara bergantian melakukan pengembalian bola.

8. Game (Permainan Tenis Meja)

game tenis meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Game permainan tenis meja dalam peraturan tenis meja, Permainan akan dimenangkan oleh pemain atau kedua pasangannya yang pertama kali mencapai angka 21, kecuali jika kedua pemain atau kedua pasangan yang ecara berurutan memimpin 2 poin.

9. Match (Pertandingan Tenis Meja)

pertandingan tenis meja
peraturan dalam permainan tenis meja

Berikut adalah peraturan pertandingan tenis meja yang dapat kamu simak sebagai berikut.

  1. Pertandingan harus terdiri dari sejumlah game ganjil (best of any old number).
  2. Permainan harus dimainkan secara kontinu, kecuali kalau salah satu pemain meminta tenggang waktu istirahat tidak lebih dari lima menit di antara game ketiga dan keempat dan tidak lebih dari satu menit pada game-game berikutnya.

Demikian uraian terkait peraturan permainan tenis meja. Kunci dalam permainan tenis meja adalah mengetahui peraturannya. Nah, sebelum kamu menekuni tenis meja secara serius, sebaiknya memulainya dengan mempelajari peraturan tenis meja lengkap terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar