Sebutkan dan Jelaskan Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Gambarnya

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Teknik Dasar Permainan Bola Voli – Permainan bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang umum dipelajari dalam pelajaran olahraga. Tiap pelajaran olahraga pasti deh ketemu permainan yang satu ini, hehe. Kendati tidak dimainkan setiap saat, penting untuk mempelajari teknik dasar permainan bola voli loh.

Permainan bola voli sendiri pertama kali dibawa dan dipatenkan oleh William G Morgan di tahun 1895. Berbeda dengan sekarang, permainan bola voli awalnya dikenal sebagai minitonette. Menjadi bagian dari permainan bola besar yang biasa diadakan di lapangan indoor maupun outdor.

Permainan bola voli tergolong cukup sulit untuk dimainkan. Fungsi teknik dasar bola voli adalah untuk menahan sakit saat melakukan pukulan. Adapun teknik-teknik dalam permainan bola voli tidak bisa dipelajari secara singkat.

Sebutkan 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

teknik dasar permainan bola voli
teknik dasar permainan bola voli

Teknik dasar permainan bola voli meliputi 4 bagian. Teknik dasar bola voli tersebut yaitu block, service, smash atau spike dan passing. Yang mana kesemua teknik bola voli ini harus dikuasai oleh semua pemain bola voli, baik profesional maupun pemula.

Kendati dalam prakteknya, masing-masing orang akan menonjolkan teknik dasar bola voli yang paling dikuasai. Ke empat teknik dasar bola voli ini wajib untuk dipelajari. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut:

Teknik Servis Bola Voli

Teknik servis bola voli biasanya dilakukan saat awal permainan, penambahan poin dan saat terjadinya pelanggaran. Teknik servis bola voli terbagi menjadi 4 dasar gerakan yakni servis bawah, servis mengapung atau floating overhand, overhand round-houce service, dan service jumping.

1. Teknik Servis Bawah Bola Voli

servis bawah bola voli
teknik servis bawah bola voli

Secara umum, teknik servis bawah bola voli biasa dilakukan oleh pemain pemula karena merupakan gerakan teknik dasar permainan bola voli yang paling mudah dipelajari. Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah melakukan teknik servis bawah bola voli
  1. Pegang bola dengan tangan kiri, sejajarkan dengan pinggang.
  2. Bungkukkan sedikit badan.
  3. Kemudian ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dengan mengepal.

Kendati kelihatan mudah, saat dipraktekkan akan cukup sulit. Terutama saat akan mengarahkan bola sesuai keinginan. Maka dari itu, kamu perlu benar-benar latihan sesering mungkin.

2. Teknik Servis Mengapung Bola Voli

teknik servis mengapung bola voli
teknik servis mengapung bola voli

Teknik bola voli ini disebut juga sebagai floating overhand service yaitu gerakan memukul bola yang melambung namun tidak berputar. Pukulan ini harus dilakukan sehingga bola terlihat mengapung atau mengambang di udara. Bukan terbang loh ya, hahaha. Cara melakukan teknik servis mengapung bola voli adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah melakukan teknik servis mengapung bola voli
  1. Berdirilah menghadap lapangan.
  2. Posisikan kedua kaki untuk sejajar dengan bahu.
  3. Lambungkan bola voli ke atas atau lebih tinggi dari kepala.
  4. Baru kemudian pukul bola di bagian tengah belakang.

3. Teknik Overhand Round-houce Service Bola Voli

teknik servis bola voli
teknik servis bola voli

Gerakan teknik dasar permainan dasar permainan bola voli berikutnya adalah hook service atau overhand round-houce service. Gerakan ini cukup sulit dilakukan, jika kamu adalah pemain pemula.

Saat akan melakukan teknik ini, pemain harus memiliki ketepatan untuk memukul bola agar dapat melewati net dan bola harus berputar agar tidak menjadi gerakan floating service. Cara melakukannya sebagai berikut:

Langkah-langkah overhand round-houce service
  1. Genggam bola di depan badan dengan tangan kiri.
  2. Sekilas mirip dengan floating service, lalu lemparkan bola ke atas kemudian berikan simpangan terjauh bagi tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sedikit.
  3. Lakukan gerakan memukul bola dengan ayunan melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat.
  4. Jadikan kaki kiri sebagai tumpuan untuk menahan berat badan.

Melakukan gerakan ini sekilas hampir sama dengan floating service, bedanya hanya terletak pada berputar tidaknya bola saat dilambungkan. Gerakan berputar pada hook service ini agar dapat menukik atau berbelok.

4. Teknik Jumping Service Bola Voli

teknik servis atas bola voli
teknik servis atas bola voli

Jumping Service merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli yang paling sulit. Disini selain ketepatan saat melakukan pukulan, Kamu diharuskan memiliki ketepatan dalam melompat untuk melakukan service. Adapun cara melakukan teknik servis bola ini adalah sebagai berikut:

Langkah-langkan melakukan jumping service
  1. Berdirilah sedikit menjauh dari belakang lapangan. Gak usah jauh-jauh, secukupnya aja ya guys. Cukuplah gebetan aja yang jauh hehehe.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan.
  3. Lempar atau lambungkan bola kira-kira 3 meter dari tanah.
  4. Apabila merasa tepat, sedikit rendahkan badan dan tekuk lutut untuk melakukan gerakan melompat setinggi-tingginya.
  5. Lakukan smash atau pukul bola dengan menekuk pergelangan agar menciptakan pukulan topspin.

Mempelajari gerakan ini membutuhkan latihan sesering mungkin untuk bisa menguasainya.

Teknik Passing Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli berikutnya adalah gerakan passing. Gerakan dasar passing sendiri terdiri dari passing atas dan bawah. Gerakan yang juga disebut reception ini bertujuan untuk menerima, menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan.

Berikut macam-macam teknik passing bola voli yang terdiri dari teknik passing atas dan passing bawah bola voli:

1. Teknik Passing Atas Bola Voli

teknik passing atas bola voli
teknik passing atas bola voli

Teknik permainan bola voli ini umumnya digunakan untuk memberikan umpan atau set up dari toser ke pemain yang akan melakukan smash. Overhand pass atau passing atas dibagi menjadi 2 teknik dalam permainan bola voli yaitu passing setinggi wajah dan normal.

Kendati demikian, keduanya sama. Perbedaan nya hanya terletak pada posisi bola saat melakukan passing. Berikut merupakan cara melakukan gerakan passing atas:

Langkah-langkah melakukan teknik passing atas bola voli
  1. Bukalah kaki selebar bahu dan tekuk sedikit lutut.
  2. Letakkan kedua tangan di depan dahi, sedang kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Fokuskan pandangan pada arah datangnya bola.
  3. Terima bola dengan jari-jari tangan, tekuk ke dalam pergelangan tangan kamu dan lakukan secara rileks. Gak usah tegang apalagi takut mukul ya, percuma kalau takut-takut. Yang ada bola bukannya kelempar malah gak akan kemana-mana.
  4. Dorong bola ke arah luar, diikuti gerakan meluruskan siku-siku dan gerakkan kaki agak berjinjit.

2. Teknik Passing Bawah Bola Voli

teknik passing bawah bola voli
teknik passing bawah bola voli

Teknik passing bawah bola voli merupakan teknik yang paling banyak dipelajari oleh pemula. Teknik dasar bola voli yang satu ini terbagi menjadi 2 macam yakni passing bawah satu tangan dan dua tangan. Perbedaannya adalah penggunaan tangan dalam menahan atau membalas datangnya bola.

Jika jangkauan bola datang dirasa jauh, passing bawah satu tangan yang digunakan. Sedangkan teknik dua tangan dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat di depan pemain.

Teknik Blocking Bola Voli

teknik blocking bola voli
teknik blocking bola voli

Di dalam permainan bola voli, teknik blocking dalam bola voli penting untuk dipelajari. Teknik permainan bola voli yang satu ini adalah satu-satunya teknik yang memilih pemainnya. Dalam teknik dasar permainan bola voli mini pun, blocking digunakan untuk menahan dan mecegah serangan dari lawan seperti smash.

Teknik ini dibagi ke dalam 2 kategori yaitu block tunggal dan berkawan. Umumnya bloking tunggal dilakukan oleh satu pemain saja sedangkan berkawan dilakukan lebih dari satu pemain, yakni 2 -3 pemain. Sedangkan dalam sudut pandang gerakan masih dibagi menjadi block aktif dan pasif.

Teknik Smash Bola Voli

teknik smash bola voli
teknik smash bola voli

Teknik dasar bola voli yang terakhir adalah smash atau spike yang merupakan gerakan melompat dan memukul bola voli. Teknik bola voli ini disertai dengan derajat kemiringan terkecil namun dengan kekuatan besar ke daerah lawan.

Teknik permainan bola voli ini cukup populer dan paling banyak dipelajari karena tambahan skor yang didapat saat berhasil melakukannya. Kendati termasuk gerakan paling dasar, teknik dasar bola voli ini menjadi paling sulit dilakukan karena selain ketepatan juga dibutuhkan insting saat mendapat bola dari lawan.

Beberapa teknik dasar permainan bola voli di atas perlu dipelajari, khususnya untuk kamu yang pemula. Intinya kamu harus menguasai 4 teknik dasar bola voli mulai dari servis, passing, blocking dan smash. Jangan lupa dipraktikin, percuma dong baca tapi sama sekali gak coba. Ibarat naksir gebetan udah tau caranya yang halal tapi masih pakai cara yang haram. Waduh auto dosa! astaghfirullah

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri