7 Contoh Artikel Singkat Ilmiah | Pendidikan | Kesehatan [Menarik & Populer]

Contoh artikel – Bahasan kita kali ini yakni mengenai pengertian artikel menurut berbagai ahli, mengetahui ciri-ciri artikel dan contoh-contoh artikel mulai artikel ilmiah, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, populer, tentunya kami sajikan dengan bahasa indonesia yang menarik dan mudah untuk kita pahami.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur. Definisi artikel juga mencakup karangan yang dipublikasikan melalui berbagai media seperti koran, majalah, buletin atau media online.

Arti Artikel Menurut KBBI

Pengertian artikel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Kumpulan Contoh Artikel

Membahas tentang artikel, akan terasa sempurna apabila kita belum melihat contoh dari artikel tersebut. Untuk itu kami disini sudah mengumpulkan berbagai contoh artikel yang menarik dari berbagai sumber, semata-mata hanya untuk anda weenak.

Contoh Artikel Ilmiah

contoh artikel ilmiah
contoh artikel ilmiah

Artikel ilmiah adalah sebutan yang khusus untuk makalah dikalangan para mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi.

Penjelasan mengenai Artikel ilmiah secara umum lainnya adalah suatu karya ilmiah yang ditulis untuk dimuat dalam jurnal ilmiah dengan tata cara penulisan yang mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

Adakalanya Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan atau laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan proyek.

Pengertian Artikel Ilmiah

Dalam pengertian artikel ilmiah sudah dijabarkan bahwa tulisan ini bersifat ilmiah dan sistematis.

Oleh sebab itu artikel ilmiah juga bisa menggunakan angka-angka statistik dalam bentuk tabel maupun nontabel, yang menggambarkan suatu objek pembahasan hasil daripada sebuah penelitian baik berdasarkan sampel maupun populasi.

Publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah dimaksudkan untuk mengkomunikasikan gagasan atau temuan yang penting untuk diketahui oleh pembaca.

Pada umumnya gagasan yang di tulis dalam bentuk artikel adalah gagasan atau temuan baru yang mempunyai orisinalitas dan mempunyai sumbangan tinggi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dari penemunya. Jika gagasan yang ditulis sudah umum biasanya penulis menuangkannya dalam bentuk buku atau diktat.

Istilah Artikel Ilmiah

Artikel dengan karya tulis ilmiah sangat berbeda, dari segi bahasa, bahwa artikel lebih sederhana karena sasaran pembacanya menjangkau semua kelompok masyarakat. Sedangkan bahasa yang digunakan dalam karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa yang formal sehingga kadang-kadang terasa kaku.

Dari segi isi, gagasan dalam sebuah artikel tidak perlu ditunjang oleh bukti yang lengkap sebagaimana dalam karya tulis ilmiah.di dalam karya tulis ilmiah penulis harus menyertakan sumber data berupa kutipan, biografi, catatan kaki, serta daftar pustaka pada akhir tulisan.

4 dimensi di dalam sebuah artikel ilmiah yang perlu diperhatikan, yaitu :

  1. Dimensi hasil pemikiran atas suatu objek kajian yang dapat berupa temuan penelitian atau gagasan analisis kritis
  2. Dimensi bahasa tulis sebagai alat mempresentasikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk satuan makna dan penanda hubungan satuan-satuan makna secara eksplisit
  3. Dimensi sistematika dijadikan unsur pembeda antara bentuk karya tulis artikel dengan bentuk karya tulis lain
  4. Dimensi kaidah, penulisan yang harus di taati baik bersifat universal (umum) maupun bersifat selingkung.

Ciri Ciri Artikel Ilmiah

Setelah kita memahami pengertian artikel ilmiah, kita juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri artikel ilmiah tersebut. Berikut ini ciri ciri artikel ilmiah :

  1. Pertama Artikel ilmiah merupakan tulisan ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan penelitian, betapapun sederhananya penelitian tersebut
  2. Kedua Artikel ilmiah bersifat objektif. Maksudnya informasi yang diungkapkan sesuai dengan karakteristik objeknya. Jika penelitian itu diulangi hasilnya akan sama.
  3. Ketiga Artikel ilmiah harus didasarkan pada pemikiran ilmiah, yaitu logis serta empiris
  4. Keempat Artikel ilmiah sistematis. Maksudnya susunan isinya bersistem, dimulai dengan judul, abstrak, pendahuluan, metodologi penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Demikian juga cara penomoran bab, sub bab, serta bagian bagian detailnya dilakukan bersistem.
  5. Kelima Artikel ilmiah dikembangkan berdasarkan rujukan atau referensi. Karena itu tulisan jenis ini selalu dilengkapi dengan daftar pustaka atau bibliografi
  6. Keenam Informasi artikel ilmiah bersifat eksplisit. Penggunaan kata-kata ambigau tidak relavan untuk digunakan dalam bentuk tulisan ilmiah
    Ketujuh Artikel ilmiah juga memiliki ciri kebahasaan. Yaitu bahasa tulisan ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah
Bahaya Internet Bagi Remaja

BAB I

Pendahuluan

1. Latar belakang faktor masalah

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama didunia remaja. internet memang sangat membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal yang negatif yang berdampak buruk . apalagi usia remaja merupakan saat labil-abilnya, sehingga masih sering terseret arus. untukitu penelitian mengenai bahaya internet agi remaja penting untuk dilakukan.

2. Rumusan masalah

Bagaimana bahaya internet untuk remaja?3. Tujuan penelitianDapat menjelaskan bahaya internet untuk remaja.

BAB II

Pembahasan

Bahaya internet untuk remaja

Di kalangan remaja saat ini internet nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua remaja memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Ada banyak remaja yang salah menggunakan internet sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya.Berdasarkan riset yang mendalam terdapat beberapa bahaya dari salah penggunaan internet di kalangan remaja, yaitu sebagai berikut:Perilaku bullyng melalui media sosialMudahnya mengakses konten pornografi yang berakibat perilaku kejahatan seksualMaraknya kasus penculikan di kalangan remaja setelah berkenalan melalui media sosial.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan, akan tetapi ia tetap mempunyai kekurangan. Oleh karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Sehingga para remaja dapat membentangi siri dari hal-hal negatif dalam penggunaan internet.

Contoh Artikel Pendidikan

contoh artikel pendidikan
contoh artikel pendidikan

Setelah kita bahas mengenai artikel ilmiah mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga contoh artikel ilmiah itu sendiri. Mari kita lanjut bahas artikel pendidikan. Apa sih artikel pendidikan? Ya artikel pendidikan adalah sebuah artikel yang bahasannya nggk jauh-jauh mengenai pendidikan. Biasanya ciri-ciri artikel pendidikan mempunyai bahasa yang mudah di pahami dan mengandung pesan moral yang menyangkut mengenai pendidikan.

Pengertian Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan adalah merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh seseorang dengan berisikan materi tentang pendidikan. Pendidikan baik formal maupun non formal, tulisan tersebut biasanya bersifat memberikan informasi kepada banyak orang

Contoh Artikel Pendidikan
Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi dari setiap orang.

Proses pendidikan di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang psikomotoriknya, masih banyak guru-guru di setiap sekolah yang hanya asal mengajar saja agar terlihat formalitasnya, tanpa mengajarkan bagaimana etika-etika yang baik yang harus dilakukan.

Di dalam buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dalam kehidupan diperlukan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Dalam hal inilah maka pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal dengan pendidikan karakter (character education).

Banyak pilarkarakter yang harus kita tanamkan kepada anak – anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran, yah kejujuran adalah hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri kita maupun anak – anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya, Demikian juga ada pilarkarakter tentang keadilan, karena seperti yang dapat kita lihat banyak sekali ketidakadilan khususnya di Negara ini. Selain itu harus ditanamkan juga pilarkarakter seperti rasa hormat. Hormat kepada siapapun itu, contohnya adik kelas mempunyai rasa hormat kepada kakak kelasnya, dan kakak kelasnya pun menyayangi adik – adik kelasnya, begitu juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harus ada dalam diri setiap murid – murid agar terciptanya dunia pendidikan yang tidak ramai akan tawuran.

Sekarang mulai banyak sekolah – sekolah di Indonesia yang mengajarkan pendidikan karakter menjadi mata pelajaran khusus di sekolah tersebut. Mereka diajarkan bagaimana cara bersifat terhadap orang tua, guru –guru ataupun lingkungan tempat hidup.

Mudah – mudahan dengan diterapkannnya pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak –anak akan dilandisi oleh karakter – karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang – orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Bebas dari korupsi, ketidakadilan dan lainnya. Dan makin menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Walaupun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu ajarkanlah kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak saat ini.

Contoh Artikel Kesehatan

contoh artikel kesehatan
contoh artikel kesehatan

Contoh artikel pendidikan karakter di atas sangatlah penting bagi peradapan bangsa. Namun kali ini juga nngk kalah penting, yakni mengenai artikel kesehatan yang mana kesehatan adalah nikmat yang tidak ada tandingannya.

Tapi fokus kita kali ini adalah membahas tentang apa itu artikel kesehatan? Apa ciri-cirinya? Dan seperti apa contohnya?

Pengertian Artikel Kesehatan

Pengertian artikel kesehatan adalah sebuah artikel yang membahas segala hal mengenai kesehatan. Ciri-ciri artikel kesehatan biasanya memiliki unsur ajakan atau himbauan untuk hidup sehat dan lain-lain. Berikut adalah contoh artikel kesehatan yang bisa anda lihat.

Contoh Artikel Kesehatan
Ayo Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

Menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari hal-hal yang paling sderhana. Mencuci tangan misalnya. Mulai sekarang jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

Tangan adalah organ tubuh yang paling vital untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dari tangan inilah akan tercipta karya-karya indah. Namun, dari tangan jugalah berbagai penyakit bisa menular.

Tanpa disadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, mulai pulpen, keyboard computer, gagang pintu dan benda-benda lain. Semenara itu, kita tidak pernah tahu, apakah benda-benda yang kita pegang tersebut bebas kuman dan virus?

Nah, untuk mencegah bakteri atau virus berpindah ke dalam tubuh, ada baiknya lakukan cui tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan. Ditengah maraknya berbagai virus baru belakangan ini, cuci angan menjadi salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Manfaat cuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui. Namun, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal, seiring aktivitas yang Anda lakukan, tangan pun akan dipenuhi kuman, bakteri, dan virus yang sudah siap memasuki tubuh Anda.

Tak harus masuk melalui mulut, tapi bisa melalui mata atau hidung. Penyakit infeksi umumnya menyebar melalui kontak tangan ke tangan, termasuk demam biasa (common cold), flu dan beberapa kelainan system pencernaan seperti diare.

Cuci tangan juga diwajibkan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, terutama sebelum dan secepatnya setelah memegang daging mentah, ayam atau ikan. Mencuci tangan juga menjadi sangat penting sebelum makan, setelah menyentuh hidung, setelah batuk atau bersin ke tangan, sebelum atau setelah menangani luka atau sayatan, sebelum atau sesudah menyentuh orang sakit atau terluka.

Dan yang tidak kalah penting adalah setelah menangani sampah. Mencuci tangan dapat mencegah sakit pada anak. Utuk itu, biasakan cuci tangan pada anak sejak dini. Untuk membiasakan anak mencuci tangan, berikan contoh. Cucilah tangan bersama anak.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup

contoh artikel lingkungan hidup
contoh artikel lingkungan hidup

Di dalam contoh artikel kesehatan di atas kita dapat mengambil pelajaran tentang bagai mana ajakan untuk hidup sehat dengan membiasakan untuk mencuci tangan. Selanjutnya yaitu contoh artikel lingkungan hidup yang akan mengajarkan kita bagaimana pentingnya menjaga lingkungan hidup bersama.

Pengertian Artikel Lingkungan Hidup

Artikel lingkungan hidup adalah sejenis artikel yang membahas segala sesuatu tentang lingkungan hidup baik itu berapa perawatan, ajakan untuk melestarikan ataupun kepedulian terhadap lingkungan hidup. berikut adalah contoh artikel lingkungan hidup yang berjudul jadilah sahabat bumi.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup
Jadilah Sahabat Bumi

Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita sekarang ini? Kita sebagai manusia hidup di Bumi mulai dari lahir, kecil, beranjak dewasa, sampai kita meninggal. Kita sangat berhutang budi pada Bumi, planet tempat tinggal kita yang tercinta ini.

Tetapi, berapa banyak kita telah mengotori Bumi, merusak Bumi, dan membuat Bumi ini menjadi tidak indah lagi? Kadang-kadang kita tidak sadar bahwa perbuatan kita sangat merusak Bumi dan terkesan tidak berterima kasih pada Bumi yang telah berjasa banyak pada Bumi.

Oleh karena itu, kita harus mulai mengubah hidup kita agar perbuatan kita ini tidak lagi merusak Bumi. Tentunya kita adalah manusia yang tidak dapat melakukan semua hal. Jadi, kita cukup melakukan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tidak perlu memaksakan diri. Jika kita hanya dapat berbuat hal-hal yang sederhana, ya kita lakukan hal sederhana tersebut. Jangan hanya karena hal sederhana yang bis kita lakukan, kita malu untuk melakukannya sehingga kita tidak melakukan apa-apa. Tetapi juga kita harus mengembangkan diri supaya bisa melakukan hal yang lebih besar lagi. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya adalah membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat Bahan Bakar Minyak dan masih banyak lagi.Mungkin kita sudah bosan dengan kata-kata “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Kita mendengar kata-kata itu sejak kita kecil sampai dewasa. Tetapi apakah kita sudah melakukan hal yang kita anggap sederhana tersebut? Mungkin ya, mungkin tidak. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tetapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastik, atau bungkus snack, kita membuangnya begirtu saja. Jika kita ada di kelas, maka kita taruh sampah tersebut dikolong meja. jika ada diangkot maka ditaruh dibawah tempat duduk.

Hal itu tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Itu menandakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran diri. Usia tidak berpengaruh pada sikap seseorang. Yang paling berpengaruh adalah kesadaran. Itu yang paling penting. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan air. Kita selalu menganggap bahwa lebih banyak orang yang menggunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat, tetap saja tidak akan berguna. Itu adalah pemikiran yang salah. Jika semua orang berfikir itu, maka tidak akan ada yang berhemat bukan? Kita harus menanamkan pikiran segala sesuatu hal yang baik itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Jangan menunggu orang lain untuik berbuat hal kebaikan.

Oleh karena itu, maka untuk menjaga lingkungan kita ini, lingkungan Bumi kita yang tercinta ini, lakukanlah suatu hal yang kecil karena sesuatu yang besar itu tidak ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang, maka hal kecil itu akan menjadi hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, maka daerah tersebut akan menjadi bersih. Tetapi jika seribu orang membuang sampah sembarangan, maka tentunya daerah itu akan sangat kotor sekali.

Jadi, janganlah pernah meremehkan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar anda. Jadilha sahabat Bumi dan cintailah Bumi ini. Semoga jika kita telah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, Bumi ini kembali indah, sejuk, segar dan udaranya nyaman sehingga ita semakin senang hidup di Bumi ini.

Contoh Artikel Populer

contoh artikel populer
contoh artikel populer

Membicarakan tentang artikel populer sedikit berbeda dengan contoh artikel-artikel sebelumnya. Artikel populer ini, pada kondisi tertentu atau musim tertentu akan menjadi topik yang selalu dibacakan oleh setiap orang atau menjadi trending topik.

Pengertian artikel populer

Artikel populer adalah sejenis artikel yang mudah menyebar ke semua orang atau juga bisa sangat populer di kalangan tertentu saja. Ciri-ciri artikel populer yakni memiliki tema bacaan yang sangat menarik untuk dibahas oleh setiap kalangan. berikut contoh artikel populer yang menarik bagi kalangan pecinta animasi.

Contoh Artikel Populer
Jeda: Teknokrat Ciptakan Animator Andal

Dunia animasi komputer dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (3D animation) yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi (Z-axis), sehingga objek dan pergerakannya hampir mendekati kenyataan aslinya.

Animasi secara harfiah berarti membawa hidup atau bergerak. Secara umum, menganimasi objek memiliki makna menggerakkan objek supaya menjadi hidup. Pendesainer animasi di komputer lebih umum disebut animator. Adanya dunia animasi membuat impian para animator ini menjadi kenyataan karena para animator ini dapat mengkreasikan sebuah objek atau efek yang tidak mampu dilakukan oleh seorang juru kamera. Misalnya membuat visual angin topan, gunung meletus yang mengeluarkan lava panas, menghidupkan kembali monster dinosaurus yang sudah punah, memperobohkan gedung, bahkan membuat pesawat meledak dan terbakar, serta masih banyak lagi pekerjaan lain yang mustahil dikerjakan oleh camera man.

Tidak mau ketinggalan, teknokrat yang selalu mengedepankan kemajuan di bidang teknologi juga melebarkan sayapnya untuk menciptakan para animator andal dan berkualitas, dengan membentuk Tim Desain Animasi Teknokrat. Mahasiswa yang tergabung dalam tim desain animasi ini, memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka membuat film kartun yang ditunjukkan untuk melakukan kritik sosial dalam rangka pemilihan kepala daerah. Film kartun ini ditayangkan di stasiun TVRI Lampung sebagai iklan layanan masyarakat. Tidak seperti kebanyakan mahasiswa lainnya yang melakukan kritik yang bersifat anarkhi, sehingga meresahkan masyarakat.

Tidak puas hanya dengan membuat film kartun yang ditayangkan di stasiun televisi, Tim Desain Animasi Teknokrat juga mengikuti Indonesia Information and Communication Technology Award (Inaicta) yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Inaicta merupakan agenda tahunan sebagai penghargaan untuk mendorong tumbuh kembangnya industri teknologi dan komunikasi di Indonesia. Cabang perlombaan yang diikuti adalah kategori e-Entertainment (permainan dan animasi). Tema yang diangkat oleh Tim Desain Animasi Teknokrat ini adalah pemanasan global, kesehatan, perekonomian, dan pendidikan.

Contoh Artikel Menarik

contoh artikel menarik
contoh artikel menarik

Contoh Artikel Menarik
Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Semua orang pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan Selain mudah didapatkan, jenis makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang nikmat.Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang selalu nikmat ini, mie instan juga memiliki sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, konsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Apabila Anda biasanya mengkonsumsi mie instan setiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali.Menurut penelitian ternyata di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengkonsumsi mie instan berarti kita juga telah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak sistem kerja pencernaan dalam tubuh karena baru bisa dicerna oleh tubuh dalam waktuminimal 2 hari.

Selain kandungan lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Jika dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat menimbulkan penyakit di atas. Hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak agar dapat mencerna makanan.

Mie instan ternyata juga mempunyai kandungan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi mie instan tetapi ingin tetap sehat Anda harus melakukannya sesuai saran penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu120 oC bisa memicu terjadinya sel kanker.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Contoh Artikel Bahasa Indonesia
Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Contoh Artikel Bahasa Indonesia
Hoax

JAKARTA, Indonesia — Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’. Sayangnya, banyak netizen yang sebenarnya mendefinisikan ‘hoax’ sebagai ‘berita yang tidak saya sukai’.

Apa itu hoax dan bagaimana agar kita tidak tertipu? Simak uraiannya di Sketsatorial Rappler Indonesia.

‘Hoax’ atau ‘fake news’ bukan sesuatu yang baru, dan sudah banyak beredar sejak Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak pada tahun 1439. Sebelum zaman internet, ‘hoax’ bahkan lebih berbahaya dari sekarang karena sulit untuk diverifikasi.

Berikut beberapa jenis hoax:

1. Hoax proper

Hoax dalam definisi termurninya adalah berita bohong yang dibuat secara sengaja. Pembuatnya tahu bahwa berita itu bohong dan bermaksud untuk menipu orang dengan beritanya.

2. Judul heboh tapi berbeda dengan isi berita

Kebiasaan buruk banyak netizen adalah hanya membaca headline berita tanpa membaca isinya. Banyak beredar artikel yang isinya benar tapi diberi judul yang heboh dan provokatif yang sebenarnya tidak sama dengan isi artikelnya.

3. Berita benar dalam konteks menyesatkan

Kadang-kadang berita benar yang sudah lama diterbitkan bisa beredar lagi di sosial media. Ini membuat kesan bahwa berita itu baru terjadi dan bisa menyesatkan orang yang tidak mengecek kembali tanggalnya

Apa saja konsekuensi membuat dan menyebarkan berita menyesatkan?

-Membuat masyarakat menjadi curiga dan bahkan membenci kelompok tertentu
-Menyusahkan atau bahkan menyakiti secara fisik orang yang tidak bersalah
-Memberikan informasi yang salah kepada pembuat kebijaksanaan

Lalu, kiat-kiat apa saja untuk menghadapi hoax?

-Rutinlah membaca berita dari media yang well-established dan dihormati.
-Orang yang paling rentan hoax adalah orang yang jarang mengonsumsi berita.
-Kalau suatu berita kedengarannya tidak mungkin, bacalah dengan lebih teliti karena seringkali itu karena memang itu tidak mungkin.
-Jangan share artikel/foto/pesan berantai tanpa membaca sepenuhnya dan yakin akan kebenarannya.

Rappler.com

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai artikel ilmiah, artikel pendidikan, artikel kesehatan, artikel lingkungan hidup, artikel populer, artikel menarik, dan artikel bahasa indonesia. Semoga dengan adanya kumpulan contoh artikel seperti di atas dapat memudahkan anda dalam belajar khususnya tentang artikel.

Leave a Comment