Teks Editorial/Opini : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur & Jenisnya

Teks Editorial/Opini – Untuk mengenal teks ini yang harus kita ketahui yaitu pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, struktur dan jenis-jenis dari teks editorial itu sendiri. Oke langsung kita bahas ya, nggak enak kalau lama-lama hehe…. apaan sih?

Ketika membaca koran atau majalah, kamu pasti sering menemukan teks atau artikel yang berisi pendapat pribadi si penulis. Tahukah kamu? Teks yang memuat pendapat seseorang tersebut dinamakan teks editorial/opini. Biasa dimuat dalam rubrik khusus pada koran atau majalah, tujuan utamanya adalah untuk mencurahkan isi hati dan pikiran atau curhat, tapi bukan baper-baperan. Ups…

Sekilas kamu mungkin tidak akan menemukan perbedaan antara teks editorial dengan jenis teks lainnya. Namun setelah mendalami isi bacaan, kamu bisa mengidentifikasi jenis teks tersebut dengan mudah. Gaya bahasa yang khas serta berbagai ciri lain membuat teks opini cukup mudah untuk dikenali. Penasaran dengan jenis teks editorial? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!

Pengertian Teks Editorial

pengertian teks editorial
pengertian teks editorial

Teks editorial atau opini?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks editorial? Menurut pengertiannya, teks editorial atau opini merupakan teks yang memuat pendapat pribadi dari penulis mengenai isu terkini. Bukan sembarang isu, namun masalah yang dibahas biasanya berhubungan dengan ekonomi, politik, dan sosial. Jadi tulisan kamu yang berisi pendapat tentang fashion gebetan tidak bisa disebut teks editorial, ya. Hehe…

Teks opini merupakan bagian yang penting untuk sebuah masalah atau koran. Pasalnya media massa merupakan sarana bagi masyarakat untuk memperoleh informasi dan mengemukakan pikiran. Jadi, rubrik editorial bisa dikatakan sebagai penghubung lidah rakyat agar dapat menyampaikan pendapat mengenai isu terkini.

Tapi kamu tidak bisa mengemukakan pendapat secara sembarangan. Diperlukan fakta, bukti, dan alasan logis yang mampu mendukung pendapat kamu. Dengan cara tersebut, pembaca bisa lebih mudah untuk menerima pendapat yang dikemukakan. Singkatnya, jangan asal berpendapat jika tidak mempunyai alasan kuat!

Tujuan Teks Editorial

tujuan teks editorial
tujuan teks editorial

Apa tujuan dari teks editorial atau opini?

Dari pengertian di atas, bisakah kamu menebak tujuan dari teks editorial? Pada dasarnya teks ini dibuat untuk dua tujuan. Pertama yaitu untuk mengajak pembaca berpikir dan bersikap kritis mengenai topik yang tengah hangat di masyarakat. Topik tersebut bisa berhubungan dengan ekonomi, politik, maupun sosial.

Tujuan kedua dari teks editorial adalah untuk memberikan pandangan si penulis mengenai isu yang tengah hangat. Melalui cara tersebut, para pembaca bisa mengetahui pendapat penulis melalui sudut pandangnya.

Sementara itu teks editorial/opini mempunyai manfaat untuk memberikan informasi, merangsang sikap kritis, dan terkadang menggerakkan para pembaca untuk melakukan tindakan nyata demi menyikapi isu-isu hangat yang sedang berkembang. Yang penting, tulisan tetap harus sesuai koridor sehingga tidak menjadi provokasi ya!

Fungsi Teks Editorial

fungsi teks editorial
fungsi teks editorial

Dalam dunia jurnalistik, teks editorial mempunyai fungsi penting sehingga harus disertakan dalam koran atau majalah. Apa saja fungsi yang dihadirkan oleh teks ini? Berikut ini beberapa fungsi dari teks opini yang perlu kamu ketahui.

Fungsi Teks Editorial

1. Menjelaskan berita

Fungsi pertama dari teks editorial adalah untuk menjelaskan berita beserta akibat yang ditimbulkan pada masyarakat. Penulis harus mengemukakan sebuah berita terkini yang tengah berkembang serta menyampaikan dampak yang mungkin timbul akibat isu tersebut.

2. Analisa kondisi

Seseorang yang menulis teks editorial terkadang juga menganalisa kondisi yang terjadi. Analisa tersebut berfungsi untuk memberikan kesiapan pada masyarakat mengenai kemungkinan yang dapat terjadi akibat dari isu yang tengah berkembang.

3. Memunculkan penilaian moral

Melalui teks editorial, pembaca bisa meneruskan penilaian moral yang berkaitan dengan berita yang sedang dibahas. Dikuatkan dengan alasan logis dan bukti-bukti yang dikemukakan oleh penulis, masyarakat lebih mudah untuk melakukan penilaian moral.

Ciri-Ciri Teks Editorial

ciri-ciri teks editorial
ciri-ciri teks editorial

Mengidentifikasi ciri-ciri teks editorial tidak sesulit membaca ciri-ciri perasaan gebetan ke kamu. Hihi… Jenis teks yang satu ini memang cukup mudah untuk dikenali karena mempunyai beberapa ciri khusus. Untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat tentang teks editorial/opini (ciee…), berikut ini ciri-ciri yang perlu diketahui:

Ciri-ciri Teks Editorial

1. Tema tulisan

Teks editorial mempunyai ciri khas yaitu selalu membahas isu-isu terkini. Tema yang berhubungan dengan berita hangat dan tengah berkembang di masyarakat membuat kamu lebih mudah mengenali jenis teks ini. Jadi hampir semua teks opini membahas berita yang sedang hits, bukan berita basi apalagi sekedar basa-basi. Ups…

2. Bersifat logis

Ciri lain yang identik dengan teks opini adalah pembahasan yang bersifat logis. Meskipun teks ini bertujuan untuk menyampaikan pendapat, penyampaian secara logis dan sistematis adalah suatu keharusan. Diperlukan pula bukti, fakta, dan alasan yang logis untuk mendukung pendapat tersebut.

3. Menarik

Teks opini biasanya dibuat semenarik mungkin agar tidak membosankan bagi para pembaca. Alih-alih menggunakan kalimat yang panjang dan kaku, penulis membuat kalimat yang singkat, padat, dan terkadang menggelitik para pembaca. Cara seperti ini efektif membuat pembaca tertarik untuk berpikir mengenai isu yang tengah dibahas.

Struktur Teks Editorial

struktur teks editorial
struktur teks editorial

Dalam membuat teks editorial, ada struktur tertentu yang harus dipenuhi. Struktur tersebut juga menjadi ciri dari teks opini sehingga lebih memudahkan para pembaca untuk mengikuti alur pembahasan. Pada dasarnya editorial mempunyai struktur yang hampir sama dengan teks eksposisi. Berikut 3 struktur teks opini yang perlu kamu ketahui:

Struktur Teks Editorial

1. Pernyataan pendapat

Bagian pertama dalam teks editorial/opini adalah pernyataan pendapat. Dalam bagian ini, penulis menyatakan sudut pandangnya mengenai isu atau topik yang akan dibahas. Biasanya yang digunakan adalah sebuah teori yang kemudian diperkuat dengan berbagai argumen.

2. Argumentasi

Selanjutnya, teks memuat argumen, alasan, atau bukti yang relevan. Gunanya adalah untuk memperkuat pernyataan yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya. Argumen yang dikemukakan biasanya hadir dalam bentuk pernyataan, hasil penelitian, pernyataan ahli, hingga fakta-fakta yang diambil dari referensi terpercaya.

3. Penegasan ulang

Pada bagian akhir, penulis perlu mempertegas pendapat yang telah disampaikan pada bagian awal. Penegasan tersebut didukung oleh fakta pada bagian argumentasi. Inilah yang biasanya mengakhiri sebuah teks opini.

Jenis-Jenis Teks Editorial

jenis-jenis teks editorial
jenis-jenis teks editorial

Bagi kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia jurnalistik dan menulis teks editorial demi menyampaikan pendapat (bukan sekedar eksis, hehe…), berikut ini beberapa jenis teks opini yang harus kamu tahu:

Jenis-jenis Teks Editorial

1. Controversial editorial

Teks jenis ini bertujuan untuk menggiring opini dan meyakinkan pembaca untuk percaya pada suatu isu yang berkaitan dengan topik terhangat. Dalam teks editorial ini, penulis biasanya akan menggambarkan pendapat yang berlawanan agar terlihat lebih buruk.

2. Interpretative editorial

Teks editorial ini dibuat untuk menyampaikan, memberikan informasi, dan menjelaskan mengenai topik yang sedang berkembang. Untuk memperkuat penjelasan, disertakan fakta-fakta dari sumber relevan dan terpercaya sehingga memberikan pengetahuan bagi pembaca.

3. Explanatory editorial

Dalam teks editorial ini, penulis hanya sekedar menyajikan masalah. Melalui penyajian tersebut, penulis membiarkan pembaca untuk memberikan penilaian mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk membuka kesadaran masyarakat terhadap suatu isu atau topik tertentu.

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai teks editorial/opini, apakah kamu tertarik untuk berkontribusi? Jangan ragu untuk menyampaikan pendapatmu melalui tulisan yang bermanfaat. Asalkan disertai fakta dan bukti, kamu bisa membuka mata masyarakat terhadap topik hangat yang berkembang.

Nah itulah yang bisa pastiguna.com sampaikan, pembahasan tentang teks editorial/opini mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, struktur dan jenis-jenis dari teks editorial itu sendiri. Semoga bisa bermanfaat ya…..

Leave a Comment