Apa itu DRAMA? Berikut adalah Pengertian Drama Menurut Para Ahli

pengertian drama adalah
pengertian drama adalah

Apa itu drama? Berikut adalah pengertian drama menurut para ahli yang akan membuat kamu paham tentang apa yang dimaksud dengan drama, Yang mana banyak arti drama yang dipadukan dengan berbagai macam jenis yang terdapat dalam drama itu sendiri. Oleh karena itu, pengertian drama bisa di sesuaikan dengan drama itu sendiri. Bingung ya? Intinya baca artikel ini sampai habis, inshaallah kalian akan paham. Oke

Berbagai Macam Pengertian Drama

pengertian drama
arti drama adalah

Baik langsung saja, drama sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni draomai yang mempunyai arti berbuat, bertindak, dan sebagainya. Drama juga dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan. Nah, pengertian drama secara umum adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog yang akan dipertunjukkan oleh aktor atau pemeran drama tersebut. Selain itu, pementasan naskah drama biasa dikenal dengan istilah teater. Atau bisa juga drama di sebut  dengan cerita yang diperagakan di panggung dan berdasarkan sebuah naskah yang sudah di buat.

Apa yang dimaksud dengan drama?

Pada umumnya, drama memiliki 2 arti, yaitu drama dalam arti luas dan drama dalam arti sempit. Pengertian drama dalam arti luas adalah semua bentuk pertunjukkan atau tontonan yang mengandung sebuah cerita, yang ditampilkan atau dipertunjukkan di depan khalayak umum. Kemudian, pengertian drama dalam arti sempit adalah kisah hidup manusia didalam masyarakat yang kemudian diproyeksikan di atas panggung atau tempat pertunjukan.

Secara singkat, Pengertian drama adalah

Drama merupakan suatu karangan yang menggambarkan suatu kehidupan serta watak manusia dalam berperilaku yang dipentaskan dalam beberapa babak dalam sebuah pertunjukan.

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

pengertian drama menurut para ahli
pengertian drama menurut para ahli
Menurut Moulton, Drama merupakan kisah hidup yang digambarkan dalam bentuk gerak (disajikan langsung dalam suatu tindakan).

Balthazar Vallhagen, Mengatakan drama merupakan seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam suatu gerakan.

Ferdinand Brunetierre, Berpendapat drama harus melahirkan keinginan oleh aksi atau gerakan.

Budianta dkk (2002), Arti drama yaitu suatu genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antara pemimpin di sana.

Tim Matrix Media Literata, Bahwa, drama adalah bentuk narasi yang menggambarkan sebuah kehidupan dan alam manusia yang melalui perilaku (akting) di sebuah pentas.

Seni Handayani, Drama adalah gabungan dua cabang seni, yakni seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama yang berbentuk teks tertulis dan drama yang dipentaskan.

Wildan, Juga berpendapat bahwa drama adalah sebuah komposisi yang terbentuk dari beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Anne Civardi, Menurutnya drama adalah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.

Pengertian Drama Menurut KBBI

apa itu drama
pengertian drama menurut kbbi

Adapun beberapa pengertian drama menurut KBBI. Pertama, drama diartikan sebagai komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yang dipentaskan. Kedua, Drama diartikan sebagai sebuah cerita atau kisah terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan sebuah teater. Ketiga, Drama diartikan sebagai kejadian yang menyedihkan.

Pengertian Drama Dalam Bahasa Jawa

pengertian drama dalam bahasa jawa
pengertian drama dalam bahasa jawa
Definisi drama dalam bahasa jawa adalah cerios/kisah ingkang ngelibataken konflik utawa emosi lan didamel khusus namung kangge pertunjukan teater. Cerios ingkang didamel saged ngisahake kedadean nang alam ndunyo kelawan nyoto utowo rekodoyo.

Pembahasan tentang drama dalam bahasa jawa

Drama iku nduweni teges cerios/kisah ingkang ngelibataken konflik utawa emosi lan didamel khusus namung kangge pertunjukan teater. Cerios ingkang didamel saged ngisahake kedadean nang alam ndunyo kelawan nyoto utowo rekodoyo.

Ing sakjroning drama iku miduweni unsur-unsur ingkang kalebat saking paraga, setting, alur, lan dialog. Ing unsur paraga dewe kadiri saking paraga utama, paraga pembantu, lan paraga figuran.

Pengertian Drama Musikal

pengertian drama musikal
apa itu drama musikal

Apa yang dimaksud dengan drama musikal? Baik, Drama musikal adalah satu bentuk ekspresi kesenian yang dikolaborasikan antara musik, laku, gerak dan tari, yang menggambarkan suatu cerita yang dikemas dengan tata koreografi dan musik yang menarik sehingga terbentuklah sebuah drama musik atau kadang di kenal dengan “musical play” Faktor emosional dari drama : humor, cinta, amarah. Yang dikomunikasikan lewat kata-kata, musik, gerakan, dan aspek teknis dari hiburan yang digabungkan secara keseluruhan.

Pengertian Drama Tari

pengertian drama tari
apa itu drama tari

Apa yang dimaksud dengan drama tari? Drama tari adalah sebuah tari yang dalam penyajiannya menggunakan plot atau alur cerita,tema,dan dilakukan dengan cara kelompok.

Drama Tari, yaitu rangkaian tari yang disusun sedemikian rupa hingga melukiskan suatu kisah atau cerita drama tari berdialog, baik prosa maupun puisi dan juga ada yang berupa dialog (percakapan). Jika tanpa dialog, maka menggunakan tanda-tanda gerakan ekspresi muka atau mimik sebagai alat untuk berbicara. Adapun cerita yang sangat digemari oleh masyarakat misalnya: Ramayana, Mahabarata, Panji atau juga Babad.

Pengertian Drama Komedi

pengertian drama komedi
apa itu drama komedi

Apa yang dimaksud dengan drama komedi? Pengertian Drama komedi adalah sebuah pertunjukan drama yang mengandung nilai-nilai lucu dan menggelitik penuh keceriaan dan menghibur.

Pengertian Drama Tragedi

pengertian drama tragedi
apa itu drama tragedi
Apa yang dimaksud dengan drama tragedi? Drama tragedi adalah sebuah kisah atau cerita dalam sebuah pertunjukan drama, yang mana ceritanya mengisahkan sebuah kesedihan dan penuh kemalangan.

Pengertian Drama Modern

pengertian drama modern
apa itu drama modern

Apa yang dimaksud dengan drama modern? Drama modern adalah sebuah drama yang menggunakan naskah dimana drama ini bertolak dari hasil sastra yang tersusun untuk pementasan.

Pengertian Drama Tradisional

pengertian drama tradisional
apa itu drama tradisional

Apa yang dimaksud dengan drama tradisional? Drama tradisional adalah drama yang tidak menggunakan naskah drama dan drama ini bersumber dari tradisi suatu masyarakat yang sifatnya improvisatoris dan spontan.

Pengertian Drama Kontemporer

pengertian drama kontemporer
apa itu drama kontemporer

Apa yang dimaksud dengan drama kontemporer? Drama kontemporer adalah drama yang mendobrak konvensi lama dan penuh dengan pembaharuan,ide-ide baru, gagasan baru, penyajian baru,penggabungan konsep barat dan timur. Arti drama kontemporer adalah ide yang ditransformasikan pada gaya popular,karena peradaban masa kini adalah peradaban yang perlu rumit,blur dan penuh sensasi.

Nah itulah berbagai pengertian drama yang bisa kami bagikan, semoga banyaknya arti drama tersebut bisa menjadikan kita lebih paham dan bisa membedakan macam-macam dari drama drama. Semoga bermanfaat ya..

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri