Pengertian Tema Menurut Para Ahli beserta Jenis dan Contohnya

tema
tema

Pengertian tema menurut para ahli – Setiap karya hasil tulisan, teater, drama, film, dan sebagainya tentu memiliki ide awal dengan sebuah bingkai yang disebut tema. Termasuk karya seni kerajinan tangan atau bangunan, bahkan hampir seluruh karya di dunia bertema atau memiliki ide. Bahkan, sebelum membuat puisi yang menyentuh hati untuk pasangan pun membutuhkan ide dasar yang romantis, hehe.

Seluruh karya dapat terbentuk atas adanya ide atau gagasan dasar, yang nantinya bisa dibangun sebuah kerangka dan tubuhnya agar menjadi sebuah hasil yang utuh. Tetapi, kebanyakan orang tidak memahami pengertian dasar dari pokok pikiran ini, sehingga ketika terdapat pertanyaan tentang hal tersebut, mereka kebingungan untuk menjawabnya.

Definisi dan Pengertian Tema Menurut Para Ahli

pengertian tema
definisi dan pengertian tema menurut para ahli

Apa itu tema? Pemahaman tentang tema atau sering disebut dengan pokok pikiran ini seringkali disamakan, namun sebenarnya sedikit berbeda, meski kurang dapat dilihat secara jelas. Ide sifatnya lebih luas tanpa batas dan mencakup segala hal unik yang pernah Anda pikirkan. Terkadang, ide muncul dalam waktu yang singkat, jika Anda tidak segera mengekspresikan atau mencatatnya, bisa saja menghilang cepat.

Sementara pokok pikiran juga termasuk sebuah ide, tetapi Anda perlu menggarisbawahi bahwa ide yang dimaksud memiliki batasan. Pokok pikiran ini adalah batasan dari gagasan atau ide pokok yang Anda miliki dalam bingkai tertentu. Bisa juga disebut sebagai gagasan pusat, agar pengeluaran ide lebih terarah, sehingga hasil sebuah karya pun dapat dipahami dengan mudah oleh penikmatnya.

Kebanyakan, para ahli mendefinisikan pokok pikiran dalam arti luas dan mudah dimengerti para pembaca yang belum mengetahui maksud dari kata tersebut. Misalnya, tokoh Rusyana (1988) yang menyatakan bahwa pengertian tema adalah makna dari kisah, bisa juga dianggap sebagai perasaan dan pandangan utama yang mengarahkan seluruh karya sastra fiksi, agar memiliki sasaran tepat.

<strong>Definisi dan Pengertian Tema Menurut Para Ahli</strong>
  • Definisi Tema Menurut Keraf

Pengertian tema adalah amanat atau pesan utama yang disampaikan melalui karangan maupun karya sastra oleh penulisnya.

  • Definisi Tema Menurut Aminuddin

Pengertian tema adalah suatu ide yang melandasi cerita yang diperankan, dan sebagai pondasi pengarang dalam aktivitas pemaparan sebuah karya fiksi yang dibuat.

  • Definisi Tema Menurut Mido

Pengertian tema merupakan persoalan yang berhasil menempati tempat utama dalam cerita rekaan, dan tidak hanya di dalam pikiran pengarangnya saja namun kepada penikmatnya juga.

  • Definisi Tema Menurut Stanton dan Jenny C

Pengertian tema adalah makna yang terkandung di dalam sebuah cerita yang ada dalam suatu karya sastra tersebut.

  • Definisi Tema Menurut Kamus Istilah Pengetahuan Populer

Pengertian tema merupakan persoalan atau biasa disebut dengan pokok pikiran yang dijabarkan dalam suatu karangan, yang merupakan isi dari sebuah ciptaan sebuah karya tersebut.

  • Definisi Tema Menurut Ensiklopedi Sastra Indonesia

Pengertian tema adalah setiap gagasan, ide pokok, pokok persoalan yang digunakan sebagai dasar atau landasan dalam pembuatan sebuah cerita.

Cara memahami definisi tema atau pokok pikiran ini, paling tepat adalah dengan mengetahui jenis, struktur atau contohnya. Hal ini untuk memudahkan Anda menemukan ide yang tepat ketika harus menyusun suatu karya berdasarkan pokok pikiran tertentu. Mengingat banyak orang kebingungan ketika membatasi ide mereka agar sesuai dengan pokok pikiran yang diharapkan oleh pihak penentu.

Jenis-Jenis Tema

jenis-jenis tema
jenis-jenis tema

1. Tema Organik

Pokok pikiran ini lebih bersifat mendasar pada moral manusia, namun sedikit melihat hubungan antar diri mereka secara sosial. Pokok pikiran organik hanya berfokus pada moral yang sifat fisiknya berkaitan dengan perasaan antar manusia, tetapi tidak menyeluruh secara struktural di tingkat sistem lebih luas.

Anda dapat memulai pokok pikiran organik dengan cara memahami sifat dari hubungan manusia. Sebuah karya yang menggambarkan pokok pikiran organik lebih terlihat jika dituangkan dalam bentuk tulisan dan beberapa karya seni. Produk tersebut merupakan ekspresi dari perasaan para pembuat atau penciptanya, jika Anda pecinta seni pasti dapat memahaminya.

2. Tema Jasmaniah

Konsep dasar tentang keadaan fisik manusia secara jasmani dapat digambarkan dan dibatasi dari pokok pikiran jasmaniah. Biasanya, berhubungan dengan diri yang dilihat sebagai zat, molekul, jasad, perasaan dan pikiran. Tentu berbeda jika dibandingkan dengan moral, meskipun terdapat sedikit unsur perasaan dan pikiran yang berkaitan dengan jasmani.

Namun, hubungan tersebut tetap berfokus utama pada tubuh setiap orang, misalnya ketika Anda memiliki rasa sakit atau sedang mengalami masalah secara fisik. Seperti keterbatasan jasmani, hal tersebut berkaitan dengan kondisi perasaan Anda. Contoh paling mudah dilihat pada ekspresi yang dihasilkan melalui karya yaitu musik, tarian, syair dan puisi.

3. Tema Ketuhanan

Pokok pikiran umum satu ini tentu sangat mudah untuk diamati dan dipahami oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Sesuai dengan sebutannya, tema ketuhanan merupakan sebuah ekspresi yang dihasilkan melalui hubungan bersifat rohani, yakni jiwa manusia dengan Tuhan. Atau menggambarkan kondisi jiwa manusia dan kecenderungan spiritual mereka.

Banyak sekali karya yang menggunakan pokok pikiran ini di berbagai bidang kehidupan, seni, pendidikan, bahkan di dalam suatu sistem yang lebih luas, misalnya di lingkup negara. Namun, kini pokok pikiran ketuhanan hampir di gunakan di seluruh kehidupan, bahkan karya hiburan pun menggunakannya untuk menarik minat banyak audiens.

4. Tema Sosial

Konsep atau ide dasar yang membawa pemikiran tentang hubungan antar 2 orang manusia atau lebih adalah pokok pikiran sosial. Segala sesuatu selalu berkaitan dengan masalah sosial, sementara unsur individu dihilangkan. Jika ada, hal tersebut tetap ada jalinan dengan masalah dari luar dirinya yang menjadi faktor atau sebab terjadinya perilaku individu.

Pokok pikiran sosial dapat Anda temui di berbagai bidang baik itu sebuah karya seni, hasil penelitian akademis, atau suatu pergerakan. Karya dengan bertema sosial tidak kalah menarik, karena lebih banyak menampilkan kehidupan nyata yang dialami masyarakat. Misalnya krisis moneter yang menyebabkan kemiskinan, menurunnya persatuan, konflik, dan sebagainya.

5. Tema Egoik

Egoik merupakan pokok pikiran yang berisi tentang amarah si pembuat skenario atau cerita, kebanyakan membahas tentang sikap negatif, seperti ketamakan, kesombongan, dan lain sebagainya. Penggambaran dari pokok pikiran tersebut dapat dilihat jelas dalam hasil karya sastra seperti film, dongeng atau cerita, puisi, syair, dan novel.

Gambaran pokok pikiran egoik akan tampak, jika terdapat tokoh dengan karakter yang memiliki sifat pemarah, semena-mena, dan pada akhirnya berujung lewat balasan dari sikap tersebut. Hingga kini, perasaan amarah tetap menjadi konsep paling menarik untuk dilihat, dan seringkali dijadikan sebagai klimaks atau puncak dari gambaran suatu cerita.

Contoh-Contoh Tema Sesuai Jenisnya

contoh tema
contoh tema

Pokok pikiran jika dipahami secara umum, maka tidak terbatas pembahasannya dan cakupannya pun sangat luas di berbagai bidang. Setiap bidang pasti memiliki beragam pokok pikiran sesuai dengan batas dari bidang itu sendiri. Namun, secara khusus pokok pikiran memiliki contoh yang dibagi berdasarkan dua hal yakni seperti berikut.

1. Contoh Tema Panjang

Pokok pikiran panjang merupakan batasan ide yang tersusun dari pernyataan suatu paragraf yang cukup panjang. Pokok pikiran ini memang tergolong lebih susah dipahami, karena Anda akan kesulitan mencari topik dengan batasan yang sempit. Contoh pokok pikiran ini biasanya mirip seperti judul yang ditulis sesuai susunan kata.

Jika Anda kesulitan memahaminya saat memperoleh pokok pikiran ini dari suatu acara, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu. Namun keuntungannya, Anda akan lebih terarah dengan penyusunan sebuah karya sesuai pokok pikiran. Misalnya, ‘’Perjodohan yang Berawal dari Budaya Lokal’’

2. Contoh Tema Pendek

Sesuai dengan namanya, pokok pikiran pendek tersusun dari sebuah kata saja, sehingga sangat singkat, namun ide yang dapat Anda kembangkan lebih luas karena sedikit batasan. Contoh pokok pikiran tersebut lebih banyak digunakan pada sebuah karya seni dan kompetisi karena mudah.

Beberapa susunan frasa sederhana juga bisa disebut sebagai tema pendek asalkan tidak membentuk sebuah kalimat utama yang utuh. Contohnya seperti pokok pikiran ‘’Percintaan,’’ ‘’Persahabatan,’’ ‘’Ketuhanan,’’ ‘’Perjuangan,’’ ‘’Nasionalisme,’’ dan masih banyak lagi.

Anda yang produktif dalam membuat suatu karya, sekarang tidak usah bingung lagi untuk menentukan sebuah tema atau pokok pikiran. Pembahasan materi tentang tema mulai dari definisi dan pengertian tema menurut para ahli, jenis-jenis tema, dan contoh tema di atas akan cukup membantu Anda dalam menentukan pokok pikiran yang sesuai dengan karakteristik karya yang Anda buat. Selamat berkarya.