Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para ahli [Lengkap]

Teknik Analisis Data adalah suatu metode atau cara untuk mengolah sebuah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut menjadi mudah untuk dipahami dan juga bermanfaat untuk menemukan solusi permasalahan, yang tertutama adalah masalah yang tentang sebuah penelitian. Atau analisis data juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk merubah data hasil dari sebuah penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengambil sebuah kesimpulan.

Tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan sebuah data sehingga bisa di pahami, dan juga untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai karakteristik populasi yang berdasarkan data yang diperoleh dari sampel, yang biasanya ini dibuat dengan dasar pendugaan dan pengujian hipotesis. Nah, agar lebih paham lagi penulis sudah merangkumkan di bawah ini.

Teknik Analisis Data

teknik analisis data
pixabay.com

Dalam suatu penelitian ilmiah terdapat dua macam penelitian, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Nah kali ini penulis akan mencoba untuk menjelaskan tentang teknik analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian, yakni teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.

A. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Di dalam metode penelitian kuantitatif  yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif merupakan suatu kegiatan sesudah data dari seluruh responden atau sumber data-data lain semua terkumpul. Teknik analisis data kuantitatif di dalam penelitian kuantitatif yaitu menggunakan statistik. Statistik inferensial meliputi statistik parametris dan juga statistik non parametris.

Dua Macam Jenis Penelitian Kuantitatif  Statistik Untuk Analisa Data

teknik analisis data kuantitatif
pixabay.com

Berikut ini adalah macam-macam jenis penelitian kuantitatif dari statis untuk analisa data

Baca Juga:  Contoh Pengalaman Pribadi Yang Bagus Dan Mengesankan
1. Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif yaitu statistik yang digunakan menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul, sebagaimana adanya tanpa bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku dalam umum atau  generalisasi.
2. Statistik Inferensial
Statistik inferensial yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi, dan statistik ini sangat cocok digunakan apabila sampel diambil dari populasi yang sudah jelas dan cara pengambilan sampel dari populasi tersebut dilakukan  secara acak.

Teknik Analisis Data Kuantitatif Menurut Sugiyono

data kuantitatif
Lynda.com

Menurut Sugiyono, teknik penelitian kuantitatif juga dapat diartikan sebagai suatu metode penelitian dengan landaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel.

Umumnya teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen metode penelitian kuantitatif, analisa data yang bersifat kuantitatif atau statistik bertujuan untuk menguji hipotesis yang t ditetapkan (Sugiyono, 2012: 7).

Metode kuantitatif ini sering juga disebut dengan metode tradisional, positivistik, ilmiah/scientific dan juga metode discovery. Metode penelitian kuantitatif ini dinamakan metode tradisional, sebab metode ini sudah cukup lama dipakai sehingga sudah dianggap sebagai metode tradisi untuk sebuah penelitian.

Teknik ini juga disebut sebagai metode positivistik sebab juga berlandaskan kepada filsafat positivisme. Metode atau teknik ini disebut sebagai metode ilmiah/scientific, disebkan metode ini memilili kaidah-kaidah ilmiah yang terpenuhi yaitu konkrit, empiris, obyektif, terukur, rasional dan sistematis.

Cara ini biasa disebut juga dengan metode discovery karena metode penelitian kuantitatif bisa ditemukan dan dikembangkan di dalam berbagai iptek terbaru. Metode penelitian ini memiliki sebutan metode kuantitatif karena data penelitian yang berbentuk angka-angka dan analisa data yang menggunakan statistik.

B. Teknik Analisis Data Kualitatif

teknik analisis data kualitatif
pixabay.com

Dalam melakukan teknik analisis data kualitatif penelitian yang didapatkan dari berbagai sumber dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan juga dilakukan secara terus menerus,

Maka, akan mengakibatakan variasi data yang sangat tinggi. Data yang didapatkan pada dasarnya adalah data kualitatif sehingga teknik analisis data yang dipakai belum mempunyai pola yang jelas. Maka dari itu sering mengalami kesulitan di dalam melakukan suatu analisa.

Teknik Analisis Data Kualitatif  Menurut Sugiyono

Menurut Sugiyono metode penelitian kualitatif adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) yang dimana peneliti merupakan sebagai instrumen kunci, dari pengambilan sampel sumber data yang dilakukan dengan cara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan trianggulasi, analisa data yang bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan pada makna dari generalisasi.

Teknik Analisis Data Deskriptif

teknik analisis data kualitatif
pixabay.com

Teknik analisis data deskriptif merupakan suatu cara dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, kondisi, sistem pemikiran atau juga peristiwa masa sekarang. Jenis metode penelitian kualitatif ini berusaha menjelaskan fenomena sosial pada saat tertentu. Metode penelitian kualitatif dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan kriteria pembedaan diantara lain fungsi akhir dan pendekatannya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Arwana Termahal Di Dunia Bagi Pemula

Teknik Analisi Data Deskriptif Kualitatif

Metode analisis data deskriptif kualitatif dalam suatu penelitian kualitatif berguna untuk mengembangkan teori yang telah dibangun dari data yang sudah didapatkan di lapangan. Metode penelitian kualitatif pada tahap awalnya peneliti melakukan penjelajahan, kemudian dilakukan pengumpulan data sampai mendalam, mulai dari observasi hingga penyusunan laporan.

Langkah-langkah Analisa Data Secara Umum

metode penelitian
extraordinarypeople.com

1. Pengolahan Data

Data yang sudah terkumpul di dalam tahap pengumpulan data, kemudian perlu diolah kembali. Pengolahan data tersebut memiliki tujuan agar data lebih sederhana, sehingga semua data yang telah terkumpul dan menyajikannya sudah tersusun dengan baik dan rapi kemudian baru dianalisis.

Tahap-tahap dalam pengolahan data

a. Penyuntingan (editing) merupakan kegiatan memeriksa seluruh daftar pertanyaan yang dikembalikan responden.

b. Pengkodean (coding) adalah kegiatan Setelah diakukannya penyuntingan data, kegiatan berikutnya yaitu Pengkodean yang dilakukan dengan menggunakan cara memberikan simbol atau tanda yang berupa angka terhadap jawaban responden yang diterima.

c. Tabulasi (tabulating) merupakan kegiatan menyusun dan juga menghitung data dari hasil pengkodean, kemudian akan disajikandalam wujud tabel.

2. Penganalisisan Data

Apabila proses pengolahan data telah selesai, maka proses selanjutnya yaitu analisis data. kemudian Tujuan analisis data adalah untuk menyederhanakan dan juga memudahkan data untuk ditafsirkan. Setelah datanya sudah terkumpul, maka diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yakni data kuantitatif dengan bentuk angka-angka dan data kualitatif yang lebih dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau simbol.

3. Penafsiran Hasil Analisis

Kamudian bila data sudah selesai dianalisis, kegiatan yang harus dilakukan yaitu menafsirkan hasil analisa data tersebut. Tujuan penafsiran analisis ini adalah untuk menarik kesimpulan dari penelitian kualitatif yang telah dilakukan.

Penarikan kesimpulan ini dilakukan dengan cara membandingkan hipotesis yang sudah dirumuskan dengan hasil analisa data yang sudah diperoleh. Akhirnya, peneliti bisa manarik kesimpulan apakah menerima atau menolak hipotesis yang sudah dirumuskan.

Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif

teknik analisis data penelitian
pixabay.com

Berikut adalah Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif. Nah, setelah rangkaian semuanya data terkumpul, maka kemudian dilakukan analisis data sesuai dengan prosedur dan teknis pengolahan seperti di bawah ini:

  1. Dilakukan pemilahan dan juga penyusunan klasifikasi data,
  2. Dilakukan penyunting data dan juga pemberian kode data untuk membangun kinerja analisis data,
  3. Dilakukan konfirmasi data yang memerlukan verifikasi data dan pendalaman data,
  4. Dan terakhir Dilakukan analisa data sesuai dengan konstruksi pembahasan hasil penelitian.

Nah, itulah contoh teknik analisis data penelitian kualitatif.  Secara umum prosedur analisis data penelitian kualitatif memiliki 4 tahap seperti yang sudah dijelaskan di jelaskan diatas. Yang mana untuk menggunakan teknik analisis data penelitian kualitatif  harus memenuhi prosedur yang sudah di tentukan.

Baca Juga:  Kumpulan Format Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar Terbaru

Teknik Analisis Data PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Teknik Analisis Data PTK adalah suatu metode penelitian yang bekaitan dengan segala bentuk informasi dengan kondisi, proses, dan keterlaksanaan pembelajaran, dan juga hasil belajar yang didapatkan oleh siswa.

Analisis data dalam PTK merupakan suatu kegiatan mencermati/menelaah, menguraikan dan juga mengkaitkan setiap informasi yang terkait pada kondisi awal, yaitu proses belajar dan juga hasil pembelajaran untuk mendapatkan kesimpulan tentang keberhasilan dari tindakan perbaikan pembelajaran.

Teknik Analisis Data Penelitian Eksperimen

teknik analisis data eksperimen
pixabay.com

Terdapat beberapa metode yang bisa dipakai untuk melakukan analisis data dalam melakukan penelitian eksperimen, tergantung dengan jumlah variabel yang diteliti. Agar bisa melaksanakan suatu eksperimen dengan baik, perlu memahami terlebih dulu segala sesuatu yang berkaitan dengan komponen-komponen eksperimen.

Baik itu yang berkaitan dengan jenis-jenis variabel, ataupun hakekat eksperimen, karakteristik, tujuan, syarat-syarat eksperimen, dan juga langkah-langkah penelitian eksperimen, hingga bentuk-bentuk desain penelitian eksperimen.

Teknik Analisis Data Menurut Para Ahli

teknik analisis data ptk
pixabay.com

Menurut Wiradi

Analisis adalah sebuah aktivitas atau kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan juga dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu lalu dicari ditaksir maknanya dan keterkaitannya.

Komaruddin

Menurut Komaruddin teknik analisis data adalah suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan sesuatu keseluruhan untuk dijadikan menjadi komponen sehingga bisa lebih mengenal tanda-tanda komponen, hubungan antara satu dengan yang lain dan juga fungsi masing-masing didalam satu keseluruhan yang sudah terpadu.

Dwi Prastowo Darminto

Analisis diartikan sebagai penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Syahrul

Analisis yaitu kegiatan melakukan evaluasi terhadap suatu kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang ada keterkaitan dengan akuntansi dan juga alasan-alasan yang masih mungkin tentang perbedaan yang muncul.

Nah, Alhamdulilah itulah pembahasan mengenai teknik analisi data, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih paham dan juga mengerti tentang berbagai macam metode penelitian analisis data baik kuantitatif, kualitatif, PTK (penelitian tindakan kelas) maupun eksperimen.

Namun sebelum itu kalian juga harus paham mengenai teknik pengumpulan data. Dengan begitu proses analisa data akan bisa dilaksanakan setelah data terkumpul.

Terima kasih

1 thought on “Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para ahli [Lengkap]

Leave a Comment