Teknologi Informasi : Pengertian, Komponen, Fungsi dan Tujuannya

Teknologi informasi – Dewasa ini, teknologi telah menjadi hal yang berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Teknologi telah merajai segala bidang kehidupan yang ada. Sama halnya dengan teknologi informasi, yang berkaitan erat dengan teknologi komputer. Pengertian teknologi informasi itu sendiri adalah sebuah studi tentang implementasi, dukungan, perancangan, dan pengembangan dalam manajemen sistem informasi.

Sistem informasi yang dimaksud di sini adalah yang telah berbasis komputer, terutama untuk hardware dan software pada komputer tersebut.

Beragam fasilitas yang akan mendukung serta meningkatkan kualitas informasi untuk seluruh kalangan masyarakat, yang dimana fasilitas tersebut meliputi hardware dan juga software pada komputer.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian dari teknologi informasi yang telah dirangkum oleh Tisucoding menurut beberapa ahli di bidangnya. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Teknologi informasi menurut Mc Kewon adalah segala bentuk dan jenis teknologi yang kegunaannya adalah untuk mengubah, menggunakan, menciptakan serta menyimpan segala informasi yang bisa berupa apa saja.
  2. Seperangkat alat yang dapat membantu suatu jenis pekerjaan tertentu dengan beberapa informasi, disebut dengan teknologi informasi (Haag dan Keen). Atau segala hal yang masih berkaitan erat dengan segala proses pengolahan informasi.
  3. Teknologi informasi menurut Martin adalah berfungsi untuk menyimpan dan juga memproses segala jenis informasi, yang tidak terbatas pada hardware dan software pada komputer saja, tapi teknologi informasi ini juga meliputi teknologi komunikasi yang dapat mengirim suatu informasi tertentu.
  4. Teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah sebuah teknologi yang telah menggabungkan komputer dengan suatu jalur komunikasi, yang memiliki kecepatan tinggi seperti misalnya membawa sebuah data, video dan audio.

Komponen di Dalam Teknologi Informasi

Dalam sebuah aktivitas teknologi informasi tentu ada beberapa komponen yang penting dan utama, sebagai pendukung teknologi tersebut. Diantaranya yaitu :

1. Hardware

Seperti yang kita ketahui bahwa hardware ini merupakan perangkat keras yang ada pada komputer, yang biasa digunakan oleh pengguna komputer atau brainware yang meliputi kabel data, processor, memory card, dan sebagainya.

2. Software

Perangkat lunak pada komputer disebut dengan software. Software ini telah menjadi media yang menjadi penghubung antara brainware dengan hardware pada komputer, yang nantinya akan membantu memaksimalkan fungsi pada hardware dengan cara menerjemahkan segala instruksi yang dikirimkan oleh operator.

3. Infoware

Sebuah informasi yang biasanya berupa dokumentasi dari data/informasi tertentu.

4. Fireware

Media tempat penyimpanan hal penting di komputer yang bersifat permanen disebut dengan Fireware. Kegunaannya yaitu untuk menyimpan segala jenis data pada komputer.

5. Brainware/User

Komponen yang paling penting dan utama dari teknologi informasi ini adalah user/penggunanya, yang juga disebut dengan brainware.

Karena, komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika tidak ada brainware. Karena fungsi dari komputer itu sendiri adalah sebagai alat pendukung/penunjang kebutuhan dari seorang pengguna.

Fungsi Teknologi Informasi

Jika banyak digunakan dan dibutuhkan oleh banyak orang, maka teknologi informasi ini memiliki beberapa fungsi tertentu. Seperti misalnya :

1. Mengolah

Fungsi pertama dari teknologi informasi ini adalah untuk memproses/mengolah suatu data, yang diterima oleh pengguna lalu data tersebut akan diubah/diolah menjadi sebuah informasi yang fresh atau baru.
Pengolahan data tersebut bisa berupa apa saja, seperti misalnya menganalisis, konversi, menghitung sampai tahap penggabungan segala jenis informasi dan data.

2. Menangkap

Fungsi lainnya dari teknologi informasi ini adalah menangkap, artinya seorang ahli teknologi informasi dapat mengkompilasi beragam catatan dengan detail dari seluruh aktivitas/kegiatan yang ada. Contohnya, menerima input dari mic, keyboard, server dan sebagainya.

3. Menghasilkan

Sebuah teknologi informasi juga dapat mengorganisir informasi pada suatu bentuk yang memiliki fungsi atau kegunaan. Contohnya pembuatan tabel, penghitungan, grafik dan lain sebagainya.

4. Menyimpan

Fungsi berikutnya dari teknologi informasi ini adalah merekam segala jenis informasi/data pada sebuah media/sarana yang dapat dipakai untuk suatu kebutuhan tertentu. Contohnya menyimpan informasi/data ke dalam CD, flashdisk, harddisk dan jenis media penyimpanan lainnya.

5. Dapat Mencari Kembali

Sebuah teknologi informasi bisa menelusuri lagi suatu informasi/data yang pernah disimpan. Contohnya mencari sebuah data tentang konsumen yang belum membayar pada suatu perusahaan/perniagaan.

6. Menjadi Transmisi

Teknologi informasi juga bisa mengirim data/informasi dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan jaringan pada komputer. Contohnya, mengirim data laporan laba rugi dari karyawan ke atasan pada lokasi yang berbeda.

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Musik PC

Tujuan Teknologi Informasi

Dalam teknologi informasi ini tentunya terdapat tujuan yang juga penting, seperti misalnya membantu manusia dalam menyelesaikan/memecahkan suatu masalah tertentu yang berhubungan dengan teknologi dan informasi.
Adanya teknologi informasi ini juga bisa mengasah dan mendukung kreativitas setiap orang, khususnya dalam menyelesaikan suatu jenis pekerjaan tertentu.

Pengertian teknologi informasi ini pada intinya memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia, salah satunya yaitu dapat mengkomunikasikan suatu jenis informasi bagi masyarakat luas. Teknologi informasi ini juga menjadi alat komunikasi utama melalui alat elektronik tertentu.

Tinggalkan komentar