√ Teks Berita: Pengertian, Struktur,Ciri, Syarat, Kaidah, dan Cara Menulisnya

Apa itu Teks Berita? Berikut adalah Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Kaidah Kebahasaan, Syarat serta Panduan Menulis Teks Berita Yang Baik Dan Benar. Semua ini akan kami bahas satu persatu, semata-mata hanya untuk kamu sayang hehe….. semangat membaca ya, biar kamu tidak sampai merasakan kebodohan karena malas belajar.

Sebagai salah satu cara untuk mengerti tata bahasa yang baik dan benar, maka kamu diharuskan untuk mengetahui beberapa jenis teks yang terdapat dalam bahasa Indonesia termasuk untuk mengetahui ciri serta tujuannya. Salah satu jenis teks yang sering ditemui adalah jenis teks berita, yang mungkin kamu sendiri sudah tidak asing untuk mendengar jenis teks yang satu ini karena memang sering ditemui.

Sebagai pemanasan untuk mengenal apa itu teks berita? Yuk simak pengertian teks berita yang ada dibawah ini.

Pengertian Teks Berita

pengertian teks berita
pengertian teks berita

Apa itu teks berita?

Untuk kamu yang mungkin belum begitu paham tentang apa yang dimaksudkan dengan teks berita? maka sebenarnya pengertian teks berita adalah sebuah tulisan yang memaparkan tentang suatu kejadian berdasarkan tentang faktanya. Dengan demikian ketika kamu melihat jenis teks ini, biasanya teks ini akan diberitakan dengan berbagai cara atau disebarkan menggunakan media tertentu seperti radio, tv, koran, dan lainnya.

Adapun pengertian berita menurut para ahli dapat kamu simak sebagai berikut

Pengertian Berita Menurut Para Ahli
  • Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5)

Beliau berpendapat bahwa pengertian berita adalah sebuah laporan tercepat dari suatu kejadian atau peristiwa yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian dari pembaca yang terkait dengan kepentingan mereka”.

  • Willard C. Bleyer ( Romli, 2009:35)

Menurut beliau pengertian berita adalah suatu hal baru yang diliput oleh wartawan untuk diangkat ke dalam surat kabar sehingga dapat menarik minat bagi para pembaca.

  • Wiliam S maulsby ( Romli, 2009:35)

Pendapat beliau tentang pengertian berita adalah suatu penuturan yang secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang bisa menarik perhatian dari para pembaca surat kabar dengan memuat hal tersebut.

  • Eric C Hepwood ( Romli, 2009:35)

Beliau mengemukakan bahwa pengertian berita adalah suatu laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Struktur Teks Berita

struktur teks berita
struktur teks berita

Kita pasti tahu lah ya, bahwa setiap teks mempunyai strurktur begitupun juga dengan teks berita. Namun tahukah kamu apa saja struktur yang terdapat dalam teks berita. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak apa saja unsur teks berita yang ada dibawah ini.

Struktur teks berita

1. Orientasi

Hampir kebanyakan jenis teks akan memiliki orientasi dalam strukturnya, termasuk juga dengan struktur teks berita atau dengan kata lain pada bagian ini merupakan sebuah kalimat atau paragraf pembuka dari sebuah berita yang akan disampaikan. Biasanya ketika menuliskan bagian ini, kamu diharuskan untuk memasukan secara garis besar tentang peristiwa yang akan kamu beritakan kepada penulis, sebagai salah satu bagian untuk pengenalan dari berita yang dibawakan.

2. Peristiwa

Peristiwa merupakan bagian dari struktur teks berita yang berbeda dengan jenis teks lainnya, pada jenis teks ini kamu diharuskan untuk menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi pada beberapa lokasi, yang biasanya peristiwa yang dijelaskan merupakan peristiwa yang benar adanya atau sesuai dengan fakta. Maka dari itu bagian ini menjadi bagian terpenting, karena bagian ini akan berisikan tentang isi atau inti dari berita yang akan kamu tulis kepada pembaca nantinya.

3. Sumber

Struktur teks berita selanjutnya adalah sumber, sebagai salah satu jenis berita yang diambil berdasarkan kejadian nyata, maka semua hal yang kamu paparkan pada jenis teks ini haruslah sesuai dengan faktanya atau dapat dikatakan faktualisasi berita menjadi hal yang penting. Dengan demikian memberikan keterangan tentang sumber dari sebuah berita, atau asalnya menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu masukan dalam jenis teks yang satu ini.

Ciri-ciri Teks Berita

ciri-ciri teks berita
ciri-ciri teks berita

Agar kita lebih mengenal dengan teks yang satu ini, maka dari itu kita harus mengetahui ciri-ciri teks berita itu sendiri. Kira-kira apa itu? Yuk langsung saja simak berbagai ciri-ciri teks berita yang telah kami jelaskan dibawah ini.

Ciri-ciri teks berita

1. Merupakan fakta

Ciri teks berita yang pertama adalah fakta, karena teks ini memang akan menceritakan suatu kejadian yang terjadi pada beberapa lokasi, maka dari itu kamu memang diharuskan untuk memasukan beberapa tentetan peristiwa yang terjadi sesuai dengan faktanya. Maka dari itu faktualisasi dari sebuah berita merupakan hal penting yang harus kamu pegang, maka dari itu ketika kamu membuat sebuah teks ini kamu tidak dianjurkan untuk memasukan sebuah opini.

2. Kejadian yang jarang terjadi

Ada ciri teks berita yang kedua kamu yang belum begitu paham, maka pada jenis teks ini hampir seluruh kejadian yang diberitakan merupakan sebuah kejadian yang jarang terjadi. Dalam hal ini kamu sebagai salah satu penulis mungkin akan membuat jenis teks yang dapat menggugah pembaca untuk membacanya, karena jenis kejadian yang akan diberitakan kepada pembaca jarang untuk terjadi.

3. Aktual

Ciri teks berita berikutnya adalah aktual, mungkin beberapa orang akan merasa asing dengan kata aktual ini, yang sebenarnya kata ini akan menjelaskan bahwa seluruh informasi yang diberikan kepada pembaca haruslah informasi yang baru saja terjadi. Dengan demikian ketika kamu menulis sebuah berita, kamu diharuskan untuk mencari informasi yang terbaru karena dengan mencari informasi terbaru kamu dapat memberikan informasi yang berguna.

4. Penggunaan bahasa yang menarik

Jelas saja pada ciri-ciri teks berita menggunakan bahasa yang menarik, kamu diharuskan untuk menggunakan beberapa jenis bahasa yang menarik atau dapat membuat pembaca mau untuk membaca berita tersebut. Biasanya untuk membuat pembaca menjadi tertarik dengan tulisan yang kamu buat, maka kamu bisa membuat judul yang dapat menggiurkan penulis agar mau membaca tulisan tersebut, sehingga bahasanya harus yang menarik.

5. Terdapat keterangan waktu dan tempat

Ketika kamu menulis sebuah tulisan berita, maka kamu diharuskan untuk memasukan beberapa keterangan tambahan supaya orang yang membaca tulisan tersebut dapat lebih mengerti tentang apa yang kamu tuliskan, berdasarkan keterangan waktu dan tempat. Hal ini merupakan salah satu bagian utama dari ciri-ciri teks berita dalam sebuah tulisan yang mengandung berita, yang biasanya menjadi bagian dari unsur penulisan 5W+1H.

6. Kalimat singkat, jelas, dan padat

Karakteristik atau ciri-ciri teks berita yang terakhir adalah sebuah tulisan yang menceritakan tentang suatu berita, dapat dilihat dari penggunaan kalimatnya yang biasanya akan selau ditulis dengan kalimat yang singkat, jelas, dan padat. Sehingga ketika kamu membaca tulisan ini kamu akan lebih mengerti tentang kejadian suatu hal, yang ditulis oleh penulisnya dengan gaya penulisan yang seperti ini meskipun informasinya diberikan secara lengkap.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

kaidah kebahasaan teks berita
kaidah kebahasaan teks berita
Kaidah kebahasaan teks berita

• Verba transitif yang dapat diubah ke kalimat pasif
• Verba pewarta atau yang mendeskripsikan sebuah percakapan

Syarat Teks Berita

syarat teks berita
syarat teks berita

Adapun syarat-syarat teks berita yang harus kamu ketahui ada 3 yaitu berpedoman pada 5W + 1H, berdasarkan fakta, dan tidak boleh menambahkan rekayasa. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasannya tentang syarat teks berita dibawah ini.

Syarat teks berita

1. Berpedoman pada 5W+1H

Siapa yang tidak mengetahui tentang pedoman penulisan 5W+1H ini, sebagai salah satu cara atau syarat dari penulisan sebuah berita. Ketika kamu menuliskan sebuah berita, maka inilah salah satu syarat teks berita yang harus dilengkapi pada penulisan yang kamu buat, berdasarkan what (apa), when (kapan), where (dimana), who (siapa), why (kenapa), dan how (bagaimana).

2. Berita berdasarkan fakta

Jangan sampai lupa ketika kamu menuliskan sebuah teks berita maka tulisan yang kamu buat haruslah sesuai dengan fakta, atau berdasarkan suatu kejadian yang memang benar kejadiannya, karena itu juga merupakan syarat teks berita yang harus kamu penuhi. Jangan sampai kamu memasukan beberapa kalimat yang tidak sesuai kejadiannya, bahkan ketika kamu menuliskan kalimat ini kata opini memang harus dihindarkan, karena dapat mempengaruhi kebenaran penulisannya.

3. Jangan pernah menambahkan rekayasa

Keaslian adalah sebagai salah satu syarat teks berita, maka kamu diharuskan untuk menjaga keaslian dari berita yang dituliskan, salah satunya adalah dengan tidak menambahkan beberapa rekayasa pada penulisannya. Dalam hal ini kamu tidak dapat menambahkan kata atau argumen sesuai dengan apa yang kamu atau orang lain katakan.

Panduan Cara Menulis teks Berita yang Baik dan Benar

cara menulis teks berita
cara menulis teks berita

Adapun langkah-langkah bagaimana cara menulis teks berita, kamu bisa perhatikan panduannya seperti dibawah ini.

Cara menulis teks berita

1. Kenali dulu kejadian yang terjadi

Sebelum menuliskan sebuah teks berita ada baiknya jika kamu mengenali terlebih dahulu kejadian yang terjadi, dalam hal ini kamu memang tidak dapat menuliskan berita yang kamu sendiri tidak pahami. Maka dari itu melakukan penelusuran tentang suatu kejadian, merupakan salah satu modal yang paling penting.

2. Menggunakan judul yang mewakili isi berita

Untuk menuliskan sebuah tulisan yang mengandung berita, maka ada baiknya jika kamu menggunakan sebuah judul yang mana judul tersebut memang mewakili isi dari berita yang disampaikan.

3. Berpedoman pada 5W+1H

Pedoman 5W+1H memang menjadi salah satu kunci utama, agar berita yang kamu sampaikan dapat mengandung seluruh informasi yang penting atau harus disampaikan kepada pembaca nantinya. Jika tidak ada hal ini, maka tulisan akan terkesan sangat kurang informatif.

4. Tidak bertele-tele

Jangan pernah menuliskan sebuah tulisan berita dengan bertele-tele, karena memang penulisan sebuah berita diharuskan berdasarkan pada faktanya, maka dari itu anda tidak dianjurkan untuk menulis dengan bertele-tele.

Kesiapan kamu untuk menulis sebuah teks berita memang akan berdasarkan bagaimana kamu dapat mengerti tentang suatu kejadian. Dalam hal ini ketika kamu mengerti inti dari suatu kejadian, maka penulisan yang kamu lakukan akan berkesan informatif dan menarik untuk dibaca.

Nah Alhamdulillah akhirnya pembahasan kita kali ini tentang teks berita sudah kelar mulai dari Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Kaidah Kebahasaan, Syarat serta Panduan Menulis Teks Berita Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat ya…. dan jangan lupa untuk terus belajar.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar