rumusan masalah

Contoh Rumusan Masalah Penelitian, Makalah, Skripsi, Proposal Yang Baik

Contoh Rumusan Masalah – Memang sangat penting dalam mengerjakan sebuah penelitian, makalah, skripsi, proposal, studi kasus. Kenapa sangat penting?? Karena kalian pasti akan menjumpai dengan apa yang namanya rumusan masalah, sebab tanpa adanya rumusan masalah susunan yang kalian rencanakan tidak akan berjalan.

Nah, seberapa penting sih rumusan masalah? Tentu jawabannya sangat penting, Kenapa? Karena siapapun yang datang ke web ini pasti itu butuh informasi untuk membuat Rumusan Masalah, jadi penting dan tidaknya itu tergantung dengan kebutuhan seseorang masing-masing.

Itulah logikanya, namun bagi kalian yang ingin membuat rumusan masalah yang baik dan benar tidak perlu kawatir, karena disini akan dibahas tuntas mulai dari pengertian Rumusan masalah dan di sediakan contoh-contoh rumusan masalah untuk menunjang kalian agar lebih mudah mengerti dan paham.

Daftar Isi Artikel

Belajar Membuat Rumusan Masalah Yang Baik dan Benar

cara membuat rumusan masalah
eapfoundation.com

Sebelum membahas secara lengkap perlu anda perhatikan “bahwa belajar membuat rumusan masalah tidak cukup dengan anda bisa membuatnya” Namun anda juga harus paham secara keseluruhan. Agar suatu saat nanti, apabila anda mengerjakan proyek tidak akan kesulitan untuk belajar lagi.

Tentunya kalain juga harus memiliki keyakinan “bahwa apa yang kita pelajari saat ini pasti akan bermanfaat di masa yang akan datang”  dan mari kita praktekkan bahwa kalian itu sebenarnya bisa. Selanjutnya, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Rumusan Masalah

contoh rumusan masalah
ngapakers

Rumusan masalah adalah tulisan singkat yang biasanya terletak di awal laporan penelitian, makalah, skripsi, proposal untuk menjelaskan enjelaskan masalah atau isu yang dibahas dokumen tersebut kepada pembaca. Rumusan masalah juga merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan melalui pengumpulan data dan juga sebagai penentu apa yang akan dilakukan dalam pembahasan tersebut.

Pengertian rumusan masalah yakni merupakan inti dari sebuah penelitian. Namun, ada beberapa definisi rumusan menurut para pakar yang akan di jelaskan di bawah ini.

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

 

pengertian rumusan masalah menurut para ahli
pengertian rumusan masalah menurut para ahli lengkap

Ada beberapa pendapat berbeda tentang pengertian rumusan masalah menurut para ahli yang memaknai rumusan masalah, dari situ, kalian bisa belajar dari pendapat para ahli untuk membuat rumusan masalah yang baik dan benar.

Drs. Tatang M, Amirin, Menyusun Rencana panelitian

Beliau menjelaskan secara ringkas masalah yang biasa di angkat menjadi topik penelitian yang baik itu mempunyai 4 kriteria yang terpenuhi yaitu:

  1. Masalah tersebut apabila diteliti mempunya arti penting baik bagi perkembangan ilmu maupun untuk kehidupan sehari-hari.
  2. Kesimpulan penelitian mempunyai daya simpul yang cukup lama, artinya bisa digeneralisasikan bukan cuma saat penelitian berlangsung, namun juga setelahhnnya.
  3. Masalah tersebut mempunyai daya tarik yang kuat baik kepada peneliti pribadi maupun masyarakat.
  4. Secara operasional masalah tersebut dapat diteliti ( baik dari segi prosedural, metodologi, maupun dari sudut ketersediaan datanya dilapangan)
Drs. Hariwijaya, Triton PB. Ssi. Msi. Pedoman penulisan skripsi dan tesis

Menurut Beliau dalam pembuatan skripsi, tahap ini merupakan kegiatan mencari sebanyak-banyaknya permasalahan. Rumusan permasalahan berdasarkan masalah pokok yang terdapat pada bagianlatar belakan masalah. masalah-masalah yang hendak di kemukakan pada bagian ini dirumuskan dalam bentuk kalimat pertanyaan yang singkat dan sederhana.

C. P. Joko Subagyo SH, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek

Penjelasan dari C. P. Joko Subagyo SH, dalam menetukan rumusan masalah, sebaiknya kita memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada di bawah ini:

  1. Dirumuskan berbentuk pertanyaan,
  2. Dirumuskan dengan kalimat yang sderhana,
  3. Rumusan masalah harus singat, padat dan tidak menimbulkan kerancauan dalam pengertian.
  4. menggambarkan keinginan penulis,
  5. Tidak mempersulit dalam pencarian data dai lapangan,
  6. Rumusan masalah bisa digunakan sebagai rumusan hipotesa,
  7. Rumusan masalah bisa direflesikan kedalam judul.
Baca Juga:  Kumpulan Contoh Cerpen Persahabatan Singkat [Terbaru]
Drs. Sumadi surya Brataba MA, Eds, Ph. D. Metodelogi penelitian

Penjelasan beliau, rumusan masalah merupakan hal yang penting dalam penelitian, karena akan menjadi panutan dalam penelitian, berikut ketentuan-ketentuan yang akan sebaiknya diperhatikan;

  1. Dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya,
  2. Rumusan masalah harus padat dan jelas isinya,
  3. Memberi petunjuk tentang mungkinnya mengumpulkan data guna menjawab pertanyaan yang terkandung dalam rumusan masalah itu.
Purnomo Setiady Akbar. Mpd, dan Dr, Husaini Usma. Mpd., Metodelogi Penelitian Sosial

Rumusan masalah adalah suatu usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang spesifik dan perlu dijawab.

Macam-macam Rumusan Masalah dan Contohnya

contoh rumusan masalah makalah
mengetahui rumusan masalah

Hal yang perlu perlu diperhatikan dalam perumusan masalah adalah bentuk-bentuk masalah. Ada “tiga bentuk masalah” yang di sebutkan oleh Sugiyono (2000) antara lain yaitu masalah deskriptif, komparatif, dan masalah asosiatif.

1. Rumusan Masalah Deskriptif

Arti dari rumusan masalah deskriptif ialah masalah yang berkenaan dengan pernyataan terhadap keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel maupun lebih (variabel yang berdiri sendiri). Di dalam penelitian ini tidak membuat perbandingan dari variabel itu kepada sampel yang lain, itulah yang dimaksud dengan rumusan masalah deskriptif. Setelah mengetahui tentang pengertian rumusan masalah deskriptif marilah kita lihat contohnya.

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

1. Bagaimana sikap masyarakat terhadap perguruan tinggi negeri berbadan hukum?

2. Seberapa tinggi efektivitas kebijakan mobil berpenumpang tiga?

3. Seberapa tinggi kepuasan konsumen dan apresiasi masyarakat terhadap pelayanan pemerintah daerah di bidang kesehatan?

2. Rumusan Masalah Komparatif

Yang dimaksud dengan rumusan masalah komparatif ialah suatu permasalahan penelitian yang bersifat membandingkan keberadaan satu variabel, lebih pada dua, lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda.

Contoh Rumusan Masalah Komparatif

1. Adakah perbedaan produktivitas antara pegawai negeri dengan swasta? (satu varabel pada dua sampel)

2. Adakah perbedaan kemampuan dan disiplin kerja antara pegawai swasta nasional dan perusahaan asing? (dua variabel pada dua sampel)

3. Adakah perbbedaan daya tahan berdiri pelayan toko yang berasal dari kota, desa dan gunung? (satu variabel pada tiga sampel)

4. Adakah perbedaan motivasi belajar dan haasil belajar antar murid yang berasal dari keluarga Guru, Pegawai Swasta, dan Pedagang? (dua variabel pada tiga sampel)

5. Adakah perbedaan kompetensi profesional guru dan kepala sekolah antara SD, SMP, dan SLTA? (satu variabel untuk dua kelompok)

3. Rumusan Masalah Asosiatif

Arti dari Rumusan Masalah Asosiatif ialah pertanyaan yang bersifat hubungan antara dua variabel atau lebih. dari hubungan tersebut bisa simetris, kausal, maupun hubungan timbal balik.

Hubungan Simetris Rumusan Masalah Asosiasif

Rumusan masalah Asosiasif Simetris yaitu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetualan munculnya bersamaan.

contoh rumusan masalah hubungan simetris:

1. Adakah hubungan antara banyaknya semut dengan tingkat manisnya buah?

2. Adakah hubungan antara jumalah payung yang terjual dengan jumlah kejahatan?

Hubungan Kausal Rumusan Masalah Asosiasif

Rumusan masalah Asosiasif kausal yaitu hubungan yang memiliki sebab akibat. Di dalam hal ini ada variabel independen (variabel bebas) dan variabel dependen. Yaitu Variabel independen mempengaruhi variabel dependen.

contoh rumusan masalah hubungan kausal:

1. Adakah pengaruh sistem pengajian terhadap prestasi kerja?

2. Seberapa besar pengaruh tata ruang kantor terhadap efisiensi kerja karyawan?

3. Adakah pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar anak? (pendidikan orang tua merupakan variabel independen dan prestasi merupakan variabel dependen)

4. Seberapa besar penngaruh kepemimpinan kepala SMK terhadap kecepatan lulusan memperoleh pekerjaan? (kepemimpinan merupakan variabel independen dan kecepatan memperoleh pekerjaan merupakan variabel dependen)

Hubungan timbal balik Rumusan Masalah Asosiasif

Rumusan masalah asosiasif timbal balik yaitu hubungan yang saling mempengaruhi. Dimana tidak di ketahui warna variabel independen dan dependennya.

Contoh rumusan masalah hubungan timbal balik:

1. Hubungan antara

motivasi dengan prestasi. dari sini bisa dinyatakan motivasi mempengaruhi prestasi dan sebaliknya prestasi juga mempengaruhi motivasi.

2. Hubungan antara

Kecerdasa dengan kekayaan. Yaitu kecerdasan bisa mendatangkan kekayaan, demikian pula orang kaya juga bisa meningkatan kecerdasan dengan memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Fungsi Rumusan Masalah

contoh rumusan masalah penelitian
rumusan masalah

Di dalam membuat rumusan masalah kita harus mengetahui fungsi dari rumusan masalah yang ingin kita kerjakan, agar kita akan lebih mengerti tujuan dan maksud dari pembuatan rumusan masalah itu sendiri. nah, berikut adalah fungsi dari rumusan masalah:

  1. menegaskan hal-hal utama yang akan diteliti
  2. Memberi gambaran kesulitan dari suatu penelitian
  3. menjadikan peneliti semakin hati-hati dalam melakukan penelitian
  4. membuktikan anggapan masyarakat dan kenyataan yang ada
  5. Menjadikan peneliti dapat berbuat sebebas-bebasnya dalam penelitian
Baca Juga:  7+ Cara Membuat Akun Email Baru di HP Android Mudah & Gambarnya [Lengkap]

Ciri-ciri Rumusan Masalah

 

contoh rumusan masalah proposal
cara membuat rumusan masalah

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam membuat rumusan masalah yaitu mengetahui tentang ciri-ciri dan contoh rumusan masalah. Karena ada yang kurang rasanya kita membuat rumusan masalah sementara kita tidak tahu apa ciri-ciri dari rumusan masalah itu sendiri.

Nah, apabila kalian masih belum tahu ciri-cirinya, tenang saja disini akan dijelaskan kalian bisa memahami cukup dengan mengetahui ciri pokoknya agar kalian mudah mengingat yaitu “rumusan masalah, merumuskan masalah penelitian dan mengemukakan pernyataan masalah”.

Cara Membuat Rumusan Masalah yang Baik dan benar

Dalam membuat rumusan masalah, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat rumusan masalah yang baik dan benar? kenapa begitu? karena kalian pasti tidak ingin rugi.

Rugi yang dimaksud adalah kalian membuat capek-capek, namun karya kalian tidak di terima atau di biarkan begitu saja. Untuk itu kalian harus menunjukkan dengan membuat rumusan yang baik an benar agar karya kalian dihargai dan tentunya bisa bermanfaat bagi kalian sendiri maupun orang lain.

Oke, langsung saja kita bahas langkah-langkah merumuskan masalah:

Menulis Rumusan Masalah Sendiri

contoh rumusan masalah studi kasus
menulis rumusan masalah berdasarkan indentifikasi masalah

Memang ada banyak cara yang berbeda untuk menulis rumusan masalah, dari beberapa sumber referensi merekomendasikan untuk lanngsung membahas masalah itu sendiri, namun ada juga sumber yang lain merekomendasikan untuk mencantumkan konteks latar belakang terlebih dahulu agar masalah dan solusinya lebih mudah untuk di pahami oleh pembaca.

Yang paling penting adalah Anda menulis rumusan masalah murni Anda sendiri, dengan begitu anda akan lebih mengetahui dan mengusai apa yang Anda apa yanag anda tulis dibandingkan dengan tulisan orang lain. Untuk membuat anda mudah carilah sumber dengan contoh rumusan masalah yang lengkap.

Pertanggungjawabkan Pertanyaan Anda

Kemudian, Anda harus siap untuk mempertanggungjawabkan rumusan masalah yang Anda tulis sendiri. Untuk meyakinkan pembaca anda harus memberikan bukti-bukti yang jelas dan masuk akal. Tentang rumusan masalah yang anda tulis.

Usulkan Solusi

Pada saat Anda sudah menjelaskan apa masalahnya dan mengapa begitu penting, kemudian bagaimana Anda untuk mengusulkan cara untuk megatasi masalah tersebut agar diterima.

Dalam hal ini anda harus memberikan solusi yang tepat, tentang rumusan masalah yang anda buat kemudian dalam menjelaskan juga harus jelas, ringkas, dan mendetail.

Jelaskan Manfaat dari Solusi Anda

Agar solusi yang Anda usulkan bisa diterima, Anda juga harus bisa menjelaskan kenapa memilih solusi seperti itu dan mengapa harus diterima berikan alasan-alasan yang tepat, benar, nyata dan sertakan contoh bukti-bukti yang real.

Jangan Lupa Untuk Memenuhi 5W 1H

Dengan adanya 5W 1H informasi yang akan Anda sampaikan akan lebih lengkap dan lebih terstruktur. Sehingga pembahasan masalah tidak akan keluar dari jalur pembahasan yang sia-sia.

Selalu Mengoreksi Halaman

Di dalam bentuk tulisan yang serius, maka tidak ada draft pertama sepanjang sejarah yang tidak bisa memperoleh keuntungan dari mata yang hati-hati dan pengkoreksi yang baik.

Apabila Anda sudah menyelesaikan rumusan masalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membaca kembali dan mengoreksi apa yaang kurang dari bahasa, alur, ejaan, dan sebagainya. Agar tidak sampai terjadi ada kesalahan yang mendasar yang bisa berakibat fatal.

Contoh Rumusan Masalah Makalah

 

rumusan masalah makalah
Ilham Noor Abdi

Berikut merupakan contoh rumusan masalah makalah yang membahas tentang software bajakan yang populer di kalangan pelajar. Dan contoh rumusan masalah makalah ini memang sangat populer yang sering terjadi permasalahan di masyarakat. Berikut adalah contoh rumusan masalah makalah yang populer.

Rumusan Masalah:

  1. Apakah yang dimaksud dengan software bajakan?
  2. Apa saja ciri-ciri software bajakan?
  3. Bagaimana cara pelajar memperoleh software bajakan?
  4. Apa yang melatarbelakangi pengguna soft ware bajakan oleh pelajar?
  5. Berapa presentase jumlah pelajar?
  6. Apajenis software bajakan yang paling populer di kalangan pelajar?
  7. Apa alasan respoden yang tidak menggunakan software bajakan?

Itulah contoh rumusan masalah makalah yang simple dan mudah yang bisa anda jadikan pembelajaran untuk membuat rumusan masalah makalah yang anda susun. Kemudian disini juga disediakan contoh rumusan masalah penelitian yang sangat populer.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian

rumusan masalah penelitian
http://litbang.kemendagri.go.id

Berikut adalah contoh rumusan masalah penelitian tentang ptk yang bisa anda jadikan pembelajaran untuk membuat rumusan masalah penelitian. Karena dengan melihat contoh rumusan masalah penelitian adalah cara mudah mencari inspirasi untuk membuat rumusan masalah penelitian.

Jenis penelitian: PTK

Judul: Peningkatan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X dengan Menerapkan Model Pembelajaran kooperatif Tipe jigsaw.

Baca Juga:  Ramesia Penyedia Berbagai Mesin Seperti Mesin Es Krim Dan Lain-lain

Rumusan masalah:

  1. Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pokok Listrik Dinamis?
  2. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi poko Listrik Dinamis?

Contoh rumusan masalah penelitian di atas merupakan contoh yang sebenarnya sangat mudah, sehingga dapat anda jadikan pembelajaran untuk membuat rumusan masalah penelitian yang akan anda buat. Untuk kalian yang mau lulus kuliah kami juga menyediakan contoh rumusan masalah skripsi.

Contoh Rumusan Masalah Skripsi

contoh rumusan masalah skripsi
contoh rumusan masalah skripsi

Contoh rumusan masalah skripsi yang mebahas tentang:”Pengaruh Pembelajaran PAI Terhadap Pelaksanaan Salat Siswa Kelas IV Di SDN Jenggolo 5 Kepanjen Malang”. Contoh rumusan masalah skripsi dalam pembelajaran memang sangat populer terutama dalam contoh rumusan masalah skripsi pendidikan seperti di bawah ini.

Rumusan masalah:

  1. Sejauh manakah pengaruh pembelajaran PAI terhadap pelaksanaan shalat siswa kelas IV di SD Negeri Jenggolo kepanjen, Malang?
  2. Apakah Pembelajaran PAI terhadap pelaksanaan salat sudah mencapai target kurikulum, dan serap, presensi guru, presensi siswa dan prestasi belajar siswa?

Contoh rumusan masalah skripsi di atas adalah contoh rumusan yang sebenarnya sangat populer, yang pasti anda sudah mengetahui, kemudian bisa anda jadikan contoh untuk membuat rumusan masalah skripsi. Setelah itu akan membahas tentang contoh rumusan masalah proposal.

Contoh Rumusan Masalah Proposal

rumusan masalah proposal
http://mbareaders.com

Berikut merupakan contoh rumusan masalah proposal yang berdasarkan tingkat pemahaman yang masih rendah tetang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, di kelas IV SD Negeri 5 Pastiguna. Penulis mengambil contoh rumusan masalah proposal ini karena sangat sering terjadi masalah seperti di bawah ini.

Rumusan masalah:

  1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran operasi pejumlahan bilangan bulat melalui penggunaan kancing berwarna di kelas IV SD Negeri 5 Pastiguna?
  2. Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran denga menggunakan sedia kancing berwarna untuk mata pelajaran matematia tentang operasi penjumlahan bilanngan bulat di kelas IV SD negeri 5 Pastiguna?
  3. Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa setelah proses pembelajaran mengenai operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media kancing berwarna?

Nah, diatas adalah contoh rumusan masalah proposal yang sudah umum di dunia pendidikan. Tema seperti inilah yang kemudian bisa anda jadikan contoh untuk membuat rumusan masalah proposal. Berikut adalah contoh rumusan masalah biologi yang terdapat di bawah ini.

Contoh Rumusan Masalah Biologi

rumusan masalah biologi
penulispro

Membahas Contoh rumusan masalah biologi tentang pertumbuhan tanaman dari tiga media yang berbeda. Untuk membuat rumusan masalah biologi yang mudah, salah satunya yaitu dengan melihat langsung contoh rumusan masalah biologi seperti dibawah ini.

Rumusan masalah:

  1. Apakah pertumbuhan tanaman itu?
  2. Apa saja faktor yang memengaruhi pertumbuhan tanaman?
  3. Adakah pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan tanaman?
  4. Manakah yang paling cepat pertumbuhannya antara ketiga media yang berbeda tersebut?

Di atas adalah contoh rumusan masalah biologi yang mana jenis ini biasanya hanya di mengerti oleh orang-orang terpelajar, nah seperti itulah yang mudah untuk anda jadikan contoh sebagai sumber untuk membuat rumusan masalah biologi. Selanjutanya adalah contoh rumusan masalah studi kasus.

Contoh Rumusan Masalah Studi Kasus

rumusan masalah studi kasus
Mari Belajar BK

Brikut adalah contoh rumusan masalah studi kasus tentang pengaruh era globalisasi yang menjadi suatu tantangan bagi negara indonesi terutama terhadap anak sekolah. berdasarkan latar belakang masalah studi kasus tersebut, maka dapat di ambil contoh rumusan masalah studi kasus dari permasalahan yang mungkin timbul:

Rumusan masalah:

  1. Apa saja masalah yang dihadapi siswa dalam belajar matematika?
  2. Bagaimana siswa bergaul dengan temannya?
  3. Bagaimana kondisi lingkungan keluarga?
  4. Tindakan apa saja yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapai siswa?
  5. Bagaimana minat siswa terhadap pelajaran matematika?

Dan yang terakhir yaitu contoh rumusan masalah syudi kasus yang saya ambil tentang pembelajaran matematika, kerena tidak sedikit orang yang ingin menyelesaikan tentang rumusan masalah studi kasus matematika.

Nah, alhamdulilah bahasan kita kali ini sudah selesai mulai dari pengfertian rumusan masalah, contoh rumusan masalah makalah, contoh rumusan masalah penelitian, contoh rumusan masalah skripsi, contoh rumusan masalah proposal, contoh rumusan biologi, dan contoh rumusan studi kasus. Penulis merasa sudah sangat jelas dan lengkap pembahasan kali ini.

Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa lebih paham dan mengerti tentang rumusan masalah yang baik dan benar dengan megetahui berbagai macam contoh rumusan masalah, sehingga kita bisa dengan mudah dalam membuat rumusan masalah yang baik.

Leave a Comment