Pencemaran Lingkungan Hidup: Pengertian, Macam, Penyebab, Akibat, Solusi

Pencemaran lingkungan hidup, kata ini pasti sudah sering Kamu dengar, bukan? Yap, polusi atau pencemaran lingkungan memang menjadi salah satu masalah paling serius yang dihadapi manusia dan bentuk kehidupan lainnya di planet Bumi saat ini.

Pencemaran lingkungan sebenarnya telah ada selama berabad-abad, tetapi baru mulai signifikan setelah revolusi industri pada abad ke -19, dan saat ini, telah mencapai proporsi yang mengkhawatirkan di seluruh dunia. Sebagai salah satu makhluk Bumi yang baik, Kamu perlu tahu nih apa saja penyebab, akibat dan langkah-langkah yang bisa Kamu ambil untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya kontaminan atau zat apa pun yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan organisme yang hidup dalam lingkungan tersebut. Kontaminan bisa datang dalam bentuk zat kimia atau energi (kebisingan, panas, cahaya) yang muncul secara alami tapi jumlahnya melebihi level alami.

Pencemaran terjadi karena lingkungan alami tidak tahu bagaimana cara menguraikan unsur-unsur yang tidak dihasilkan secara alami (polutan antropogenik), dan di sisi lain, ada kurangnya pengetahuan di pihak manusia tentang cara menguraikan polutan ini secara artifisial, sehingga alam berusaha menguraikan polutan sekuat yang ia bisa hingga membuat kerusakan pada dirinya sendiri.

Dan lebih buruk lagi, proses penguraian polutan-polutan tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan ada yang ribuan tahun, misalnya polutan radioaktif alias limbah nuklir. Kasian banget kan Bumi kita ini?

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Secara umum, ada banyak jenis pencemaran lingkungan, tapi 4 di antaranya adalah:

  1. Pencemaran udara: udara bersih tercemar karena polutan dan merusak kesehatan manusia serta planet secara keseluruhan.
  2. Pencemaran air: adanya zat berbahaya yang masuk ke danau, sungai, laut, akuifer, atau badan air lainnya, sehingga kualitas air menurun dan bahkan beracun.
  3. Pencemaran tanah: tanah dapat tercemar oleh sumber-sumber industri atau pembuangan zat-zat kimia beracun.
  4. Pencemaran suara: tingkat kebisingan yang tidak dapat diterima oleh telinga manusia, baik di tempat kerja, tempat tinggal atau tempat umum lainnya. Kebisingan jangka panjang dapat merusak telinga, juga berdampak pada pergerakan mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Jadi, sebenarnya apa sih penyebab dari pencemaran lingkungan ini? Jawabanya adalah “banyak”. Beberapa contohnya adalah:

1. Tumpahan Minyak

Minyak yang tumpah ke dalam air dapat menyebabkan polusi lingkungan ketika jumlahnya sangat banyak, di mana minyak dapat membunuh hewan air dan menyebabkan dekomposisi yang akan menyebabkan pencemaran lebih lanjut.

2. Asap Industri

Industri menyebabkan polusi lingkungan karena menghasilkan asap yang dapat membatasi pasokan oksigen. Tak hanya itu, kontaminasi tanah dan air juga dapat terjadi karena limbah-limbah industri.

Misalnya, transportasi bensin melalui pipa yang jika ada kebocoran di pipa, tanah akan secara otomatis tercemar.

3. Erosi Tanah

Melalui erosi tanah, lumpur diangkut ke badan air, membuat air menjadi kotor dan tidak sehat untuk konsumsi manusia. Lumpur dalam air juga merusak stomata pada tanaman dan sistem pernapasan organisme akuatik seperti ikan.

4. Transportasi

Jumlah kendaraan yang meningkat setiap hari membuat udara tercemar dan suara berisik di sepanjang jalan, terutama di kota-kota besar.

5. Kegiatan Pertanian

Meningkatnya penggunaan pestisida yang mengandung zat beracun berdampak negatif pada tanah pertanian, air di dalam tanah dan air di sekitarnya, bahkan membahayakan kesehatan manusia jika terhidup.

Lebih jauh lagi, ketika pertanian semakin intensif untuk memberi makan populasi dunia yang meningkat, lebih banyak lingkungan dan ekosistem dihancurkan untuk memberi ruang bagi tanaman.

6. Aktivitas Perdagangan

Kegiatan perdagangan termasuk produksi dan pertukaran barang sering menggunakan plastik untuk kemasannya (yang terbuat dari bahan bakar fosil), di mana plastik tidak mudah terurai.

7. Tempat Tinggal

Jumlah manusia yang semakin banyak membuat alam harus dihancurkan dan satwa liar serta tanaman diusir. Konstruksi saat pembangunan itu sendiri juga merupakan sumber pencemaran.

Kemudian, saat manusia menetap, manusia akan menghasilkan banyak limbah setiap hari, yang sebagian besar tidak terurai oleh alam.

Akibat Pencemaran Lingkungan Hidup

Setelah mengidentifikasi penyebab utama pencemaran lingkungan, sekarang saatnya Kamu mempelajari efek negatif yang ditimbulkannya, yaitu:

1. Efek pada Manusia

Efek pencemaran lingkungan pada manusia terutama bersifat fisik, tetapi dapat juga berubah menjadi afeksi saraf dalam jangka panjang. Misalnya, masalah pada pernapasan, alergi kulit, iritasi mata, masalah pada saluran hidung, dll.

Pencemaran lingkungan bahkan telah terbukti menjadi faktor utama dalam perkembangan kanker. Hal ini bisa terjadi misalnya ketika makanan terkena polutan saat proses produksi atau pestisida dari tanaman. Penyakit lain yang lebih jarang adalah hepatitis, afeksi tifoid, diare, dan gangguan hormon.

2. Efek pada Hewan

Pencemaran lingkungan membuat banyak hewan kehilangan tempat tinggalnya, atau menjadikan lingkungan beracun bagi mereka untuk hidup. Contohnya:

  • Hujan asam dapat mengubah komposisi sungai dan laut, sehingga menjadikannya beracun bagi ikan dan makhluk air lainnya.
  • Nitrogen dan fosfat dalam air akan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari ganggang beracun dan mencegah bentuk kehidupan lain mengikuti pertumbuhan yang normal.
  • Tanah yang tercemar tidak lagi subur untuk ditanami dan terkadang menghancurkan mikroorganisme bawah tanah.

3. Efek pada Tanaman

Lapisan ozon yang lebih rendah menghalangi respirasi tanaman dan membuat polutan berbahaya mudah diserap oleh air atau tanah, sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

4. Efek pada Ekosistem

Singkatnya, pencemaran lingkungan yang sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia membuat efek negatif pada ekosistem, di mana lapisan-lapisan penting dari ekosistem menjadi hancur dan menyebabkan efek yang bahkan lebih negatif pada lapisan atas.

Solusi untuk Pencemaran Lingkungan

Jika Kamu ingin menyembuhkan Bumi, beberapa hal berikut bisa Kamu ikuti:

  • Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan, misalnya Kamu bisa naik sepeda atau bahkan jalan kaki, hehe.
  • Gunakan pupuk kompos
  • Tanam lebih banyak pohon dan letakkan tanaman dalam ruangan di rumah
  • Matikan kipas dan lampu saat sedang tidak di rumah
  • Terapkan konsep Reduce, Reuse and Recycle
  • Gunakan perangkat hemat energi
  • Jangan membuang sampah sembarangan. Sampah organik harus dibuang di tempat yang jauh dari daerah pemukiman.
  • Hindari mendirikan bisnis dengan sistem amplifikasi suara skala besar
  • Jangan gunakan BBQ di jam-jam sensitif, seperti pagi dan malam hari
  • Berhentilah merokok
  • Gunakan bahan yang ramah lingkungan atau biodegradable, bukan plastik yang terbuat dari zat-zat yang sangat beracun
  • Industri harus menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur lebih rendah

Kamu tak harus berkampanye mengajak seluruh penduduk Bumi untuk mengakhiri pencemaran lingkungan hidup dan membangun lingkungan yang lebih nyaman. Cukup mulai dari diri sendiri, tularkan ke anggota keluarga lain, lingkungan sekitar, dan akan meluas dengan sendirinya.

Meskipun pasti tidak mudah, tapi setidaknya Kamu telah melakukan yang terbaik untuk planet ini.

Tinggalkan komentar