Internet : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dampak Positif dan Negatif

Saat ini jaringan internet atau komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Hal ini karena hampir semua kegiatan, membutuhkan jaringan tersebut. Mulai dari belajar, bekerja, memasak, bermain game, mendengarkan lagu, hingga menonton film. Sayangnya ada sebagian masyarakat yang belum mengerti tentang jaringan internet tersebut.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas tentang apa itu internet? Pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai, agar kamu bener-bener paham tentang apa itu internet. Yuk langsung saja simak pembahasannya satu per satu yang ada dibawah ini dimulai dengan pengertian internet.

Pengertian Internet

pengertian internet
pengertian internet

Apa itu internet? Jadi, pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang dapat digunakan secara global, dengan menghubungkan teknologi canggih dan media lainnya. Teknologi canggih yang harus dipakai dan memenuhi standar adalah TCP/IP. Dengan TCP/IP ini, masyarakat luas dapat menggunakan jaringan komunikasi kapan saja. Dalam menghubungkan jaringan komunikasi sesuai aturan yang berlaku disebut dengan istilah internetworking.

Jika dilihat di Wikipedia, maka pengertian internet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) sebagai penghubung perangkat yang terdapat di seluruh dunia.

interconnected network atau yang sering disebut dengan Internet adalah sebuah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, semuanya dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. Internet juga membawa beraneka ragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hiperteks yang saling terhubung antar satu dengan yang lain serta aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi berkas lainnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

pengertian internet menurut para ahli
pengertian internet menurut para ahli

Sebagai pendalaman kita dalam mengenal internet, maka sebaiknya kita lihat berbagai pendapat para ahli tentang pengertian dari internet tersebut. Pastinya jika kita lihat pengertian internet menurut para ahli, maka kita akan mendapatkan sebuah gambaran tentang apa itu internet. Untuk itu, langsung saja kita simak berbagai pengertian internet menurut para ahli yang ada dibawah ini.

  • Drew Heywood (1996)

Menurut Drew Heywood awal mula sejarah Internet yakni pada akhir dekade 60-an pada saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Standar yang dapat menghubungkan berbagai macam jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Selain itu jaringan ini juga harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga dapat beroperasi dalam kondisi minimum sekalipun akibat terjadinya bencana maupun saat perang.

  • Lani Sidharta (1996)

Menurut Lani Sidharta secara fisik, pengertian internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer , Akan tetapi secara umum Internet yakni sebagai sumber daya informasi. Selain itu isi dari Internet adalah sebuah informasi, yang bisa dibayangkan seperti suatu database ataupun perpustakaan multi media yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

  • Mac Bride (1997)

Kemudian kita lihat dari pendapat Mac bride, Menurutnya pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi secara global yang terbuka serta menghubungkan ribuan jaringan komputer, baik melalui sambungan telepon umum maupun pribadi (pemerintah maupun swasta).

  • John December, 1997

Definisi internet menurut John adalah kumpulan dari jaringan komputer yang bekerja sama secara global dan mendistribusikan pertukaran informasi melalui protokol TCP/IP.

  • Strauss, El-Ansary, Frost (2003)

Pengertian Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung antara satu dengan lainnya. Yang mana dari komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan ini menyimpan sebuah file, seperti misal halaman web yang bisa diakses oleh seluruh pengguna jaringan komputer tersebut.

  • O`Brien (2003)

Kemudian pendapat dari O’Brien, menurutnya definisi internet adalah sebuah jaringan komputer yang berkembang sangat pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang semuanya saling berhubungan dengan jumlah penggunanya yang lebih dari 200 negara di seluruh penjuru dunia.

  • Allan (2005, p12)

Pengertian internet menurut Allan adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik serta mempunyai kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang biasa disebut dengan IP (Internet Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol). Protokol merupakan spesifikasi sederhana tentang bagaimana komputer bisa saling bertukar informasi antara satu dengan yang lain.

  • Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, pengertian internet merupakan media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi dengan menggunakan berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail dll. (Prihatna, 2005, p7).

  • Wahana Komputer (2005, p4)

Menurut Wahana komputer bahwa pengertian internet adalah sebuah metode yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global dengan melalui protokol yang disebut biasa dengan Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).

  • Khoe yao tung,

Menurut Khoe yao tung, pengertian intenet adalah sebuah jaringan satelit komunikasi yang memiliki beraneka ragam fungsi dan tentunya merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

  • YUHEFIZAR

Internet dan Web adalah suatu metode yang digunakan untuk menampilan sebuah informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif serta mempunyai kelebihan yang dapat menghubungkan (link) antara satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang mana semua dapat diakses melalui sebuah browser oleh pengguna internet.

Sejarah Internet

sejarah internet
sejarah internet

Pada tahun 1960 Advanced Research Projects Agency di Amerika Serikat, membuat sebuah jaringan ARPANET. Kemudian pada tahun 1980 jaringan internet mulai digunakan oleh sebagian kalangan saja, yaitu beberapa universitas yang ada di Amerika Serikat. Saat itu jaringan komunikasi yang digunakan masih sangat terbatas, karena tidak menggunakan teknologi TCP/IP.

Pada tahun 1982 protokol TCP/IP mulai dikenal masyarakat luas. Protokol TCP/IP tersebut, digunakan untuk menunjang jaringan komunikasi selama empat tahun. Kemudian pada tahun 1986, jaringan ARPANET digantikan dengan NSFNET atau National Science Foundation Network. Alhasil hampir semua negara beralih menggunakan jaringan NSFNET tersebut.

Adanya pergantian jaringan NSFNET, tidak menyurutkan ARPANET untuk berkembang. Bahkan perkembangan jaringan ARPANET terus menerus hingga saat ini. Awalnya jaringan komunikasi hanya berisi informasi berupa teks saja. Namun pada tahun 1990, jaringan komunikasi sudah dilengkapi dengan tampilan grafis yang dikembangkan oleh CERN berupa World Wide Web.

Jaringan komunikasi selalu berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan pada tahun 1993, didirikan InterNIC untuk mendata nama domain yang digunakan oleh masyarakat luas. Kemudian pada tahun 1994, jaringan komunikasi mulai merambah ke Indonesia. Meski demikian, jaringan komunikasi tersebut hanya digunakan hanya untuk sebagian masyarakat saja.

Manfaat Internet

manfaat internet
manfaat internet

Apa manfaat internet? Hadirnya jaringan komunikasi di dunia, banyak memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Manfaat internet bisa dirasakan di berbagai bidang. Mulai dari bidang perdagangan, pendidikan, hingga sarana hiburan. Penggunaan jaringan komunikasi dengan bijak, pasti dapat merasakan manfaatnya. Namun bila menggunakannya secara sembarangan, pasti Anda akan merasakan kerugiannya.

1. Manfaat Internet dalam Bidang Perdagangan

Hadirnya jaringan internet sangat bermanfaat bagi para pedagang. Hal ini karena mereka dapat mempromosikan barang dagangannya secara mudah, cepat, dan luas. Hanya dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi belanja online, para pedagang tersebut bisa menjual produknya kepada pembeli. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan keuntungan besar.

Manfaat jaringan komunikasi juga dirasakan oleh para pembeli. Mereka tidak perlu repot pergi ke toko, untuk membeli barang yang dibutuhkan. Hanya dengan membuka media sosial dan aplikasi belanja online saja, sudah bisa menemukan barang yang dicari. Pastinya manfaat ini dapat kita rasakan karena adanya jaringan komunikasi tersebut.

2. Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan

Jaringan komunikasi dapat Anda gunakan sebagai metode belajar online secara gratis dan mudah kapan saja dan dimana saja. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari materi tertentu secara otodidak. Misalnya belajar memasak, Anda bisa download e-book tentang buku resep masakan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa melihat video tutorial memasak.

3. Manfaat Internet dalam Bidang Hiburan

Adanya jaringan komunikasi ternyata dapat menjadi sarana hiburan bagi Anda yang lelah dengan pekerjaan sehari – hari. Anda bisa bermain game online bersama dengan teman atau keluarga. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan hiburan. Mulai dari menonton film di youtube, melihat berbagai foto menarik di instagram, hingga mencari video call melalui whatsapp.

Dampak Positif dan Negatif Internet

dampak positif dan negatif internet
dampak positif dan negatif internet

Internet yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat, ternyata memiliki dampak tersendiri bagi penggunanya. Dampak positif dan negatif internet tersebut dapat terjadi, sesuai dengan cara penggunaanya. Bila penggunaannya secara bijak, maka akan berdampak positif bagi Anda. namun sebaliknya bila penggunaanya tidak sesuai, maka Anda akan mendapatkan kerugian.

A. Dampak Positif internet

dampak positif internet
dampak positif internet

Sebenarnya adanya internet sangatlah bermanfaat bagi kita semua untuk membantu banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Adapun contoh-contoh dampak positif internet bisa kamu simak seperti yang ada dibawah ini.

1. Mendapatkan Informasi Baru

Salah satu dampak positif internet yang bisa kamu rasakan yakni kamu bisa mendapatkan berbagai informasi baru, hanya dengan menggunakan jaringan internet saja. Hanya dengan menggunakan komputer atau handphone, Kamu sudah dapat mencari informasi yang sedang kamu butuhkan. Ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari berita terbaru, resep masakan, hingga materi pelajaran sekolah.

2. Membantu Mengerjakan Tugas

Bagi para pelajar, jaringan internet memiliki dampak yang sangat positif. Salah satu dampak positif internet bagi pelajar yaitu dapat membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Bila Anda merasa tugas tersebut terasa sulit untuk diselesaikan, segera gunakan jaringan komunikasi ini untuk mengatasinya. Pastinya Anda akan langsung menemukan jawaban yang tepat untuk tugas Anda.

3. Menghilangkan Rasa Jenuh

Rasa jenuh seringkali dirasakan oleh masyarakat luas. Salah satu dampak positif internet juga dapat menghilangkan rasa jenuh tersebut, Kamu bisa memanfaatkan jaringan internet ini dengan sebaik mungkin. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film, hingga bermain game. Pastinya rasa jenuh tersebut akan segera hilang dari pikiran Anda.

4. Memudahkan Kegiatan Bisnis

Dampak positif internet sangat menguntungkan untuk kegiatan bisnis. Saat ini banyak para pelaku usaha yang memanfaatkan jaringan internet, untuk kegiatan bisnis. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi belanja online dan media sosial. Cara ini paling banyak digunakan para pelaku usaha, karena mudah dilakukan dan banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga akan membuat kegiatan bisnis berjalan dengan lancar dan mudah.

5. Memudahkan Komunikasi

Kemudahan dalam berkomunikasi juga merupakan salah satu dampak positif internet yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jaringan internet. Sejauh apapun jarak yang ada, Anda masih bisa berkomunikasi dengan keluarga. Bisa melalui sambungan telepon atau video call. Biasanya cara ini dilakukan ketika menjelang hari lebaran, yang tidak dapat pulang ke kampung halaman.

B. Dampak Negatif Internet

dampak negatif internet
dampak negatif internet

Namun adanya internet juga memiliki dampak yang negatif jika disalah gunakan, adapun macam-macam dampak negatif internet yang harus kamu hindari dapat kamu simak sebagai berikut.

1. Penipuan

Dampak negatif internet yang pertama adalah penipuan, yang mana banyak kita lihat di berita-berita tentang sebuah penipuan tentang penjualan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kita juga harus berhati-hati dan mencari sumber-sumber yang terpercaya sebelum kita melakukan transaksi.

2. Pornografi

Konten-konten negatif seperti pornografi merupakan salah satu dampak negatif internet pada zaman sekarang, yang mana banyak anak-anak dibawah umur menjadi korban dalam hal ini. Sehingga terjadi banyak kasus-kasus kehamilan di luar nikah atau bahkan anak yang masih sekolah. Untuk itu, kita sebagai pengguna internet juga harus bijak dalam mengakses sebuah informasi.

3. Perjudian

Dampak negatif internet yang selanjutnya yakni maraknya perjudian di dunia internet. Dengan adanya internet para penjudi bisa lebih mudah melakukannya tanpa diketahui oleh pihak berwajib. Dalam menyikapi hal ini, maka kita jangan sekali-kali mencoba untuk melakukan perjudian ini.

4. Hoax atau berita palsu

Berita-berita palsu yang tidak jelas sumbernya juga menjadi dampak negatif internet yang sangat senring terjadi di zaman sekarang kususnya dimedia sosial. Hal ini dapat terjadi dan bisa menyebar luas secara singkat dikarenakan adanya tombol share di sosial media, selain itu juga karena kurangnya edukasi terhadap masyarakat untuk lebih kritis dalam melihat sebuah informasi. Dalam hal ini kita harus teliti dan memastikan informasi yang akan kita bagikan adalah informasi yang sumbernya terpercaya, agar tidak ikut menyebarkan berita-berita hoax.

5. Kekejaman dan kesadisan

Penayangan-penayangan yang memiliki unsur kekejaman dan kesadisan juga termasuk ke dalam dampak negatif internet. Hal ini karena kurangnya kesadaran pemilik situs yang lebih mementingkan uang ketimbang dampak yang akan terjadi pada yang melihatnya.

Tips Menggunakan Internet

tips menggunakan internet
tips menggunakan internet

Penggunaan internet tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menerima dampak positif dari hadirnya jaringan tersebut. Oleh sebab itu, Kamu wajib menerapkan tips dalam menggunakan jaringan internet secara bijak.

1. Tidak Boros Kuota

Penggunaan internet secara terus menerus, pasti akan membutuhkan banyak kuota. Itu artinya Anda harus menyediakan kuota dalam jumlah besar. Untuk menekan jumlah kuota yang digunakan, Anda wajib membatasi penggunaan jaringan internet tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengeluarkan uang banyak untuk membeli kuota.

2. Gunakan Seperlunya Saja

Saat ini, banyak aplikasi media sosial yang menarik untuk digunakan. Pastinya Anda akan membutuhkan banyak kuota untuk dapat mengakses aplikasi tersebut. Untuk menghindari diri dari sifat ketergantungan pada dunia maya, Anda bisa menggunakan jaringan internet tersebut seperlunya saja. Dengan begitu Anda bisa menghemat kuota Anda selama sebulan.

3. Mencari Sesuatu yang Bermanfaat

Perlu Anda ketahui bahwa dalam jaringan internet, tersimpan banyak hal positif dan juga negatif. Anda harus gunakan jaringan tersebut untuk mencari sesuatu yang bermanfaat dan memiliki dampak positif. Misalnya mencari resep masakan nusantara. Dengan begitu, Anda bisa merasakan perubahan positif yang berupa dapat membuat masakan nusantara.

Jaringan internet sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari berdagang, mendapatkan informasi baru, hingga berkomunikasi dengan sanak keluarga. Namun jaringan tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi Anda, bila tidak bijak dalam menggunakannya. Oleh sebab itu, mulailah untuk menggunakan jaringan komunikasi secara tepat.

Nah itulah pembahasan kita dalam artikel kali ini mulai dari pengertian internet menurut para ahli, sejarah internet, manfaat internet, dampak positif dan negatif internet beserta dengan tips menggunakan internet yang bijak. Semoga adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu tentang apa itu internet dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar