Kalimat Fakta dan Opini

kalimat fakta dan opini
kalimat fakta dan opini

Kalimat fakta dan opini – Berikut adalah pengertian, perbedaan, dan contoh kalimat fakta dan opini. Biasakan baca sampai tuntas, agar kamu bebar-benar paham maksud dari artikel tentang kalimat fakta dan opini yang akan kami bahas di bawah ini.

Oke, Jenis kalimat dalam bahasa Indonesia memang beragam, bahkan tidak akan pernah ada habisnya jika harus disebutkan satu persatu untuk anda hafal. Akan tetapi ada beberapa jenis kalimat yang memang wajib untuk anda ketahui karena memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya kalimat fakta dan opini, sebagai salah satu jenis kalimat yang penting untuk dipelajari.

Tentunya kalimat jenis ini sering kali terdengar oleh kamu, sebagai salah satu warga Indonesia yang sering melakukan aktifitas sehari-hari serta berkomunikasi satu sama lain. Sama seperti jenis kalimat lainnya, bahwa pada kalimat fakta atau opini ini memiliki arti tersendiri, bahkan memiliki maksud tertentu yang diberikan kepada orang yang menerimanya, baik dalam bentuk lisan atau tulisan secara langsung.

Pengertian kalimat fakta dan opini

pengertian kalimat fakta dan opini
pengertian kalimat fakta dan opini

Dengan mengetahui dan memahami pengertian kalimat fakta dan opini, kamu nanti akan bisa menentukan mana kalimat fakta dan kalimat opini. Yuk simak pengertian kalimat fakta dan opini di bawah ini.

Pengertian Kalimat Fakta

pengertian kalimat fakta
pengertian kalimat fakta

Untuk yang pertama anda diharuskan terlebih dahulu, mengerti tentang pengertian kalimat fakta sebagai salah satu jenis kalimat penting yang harus anda ketahui makna atau maksud dari tujuan penulisannya. Jika dilihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa kalimat fakta merupakan salah satu jenis kalimat yang mengandung berita atau informasi yang benar-benar terjadi, sehingga tidak diragukan lagi.

Memang pada setiap kalimat fakta akan memiliki sebuah informasi, yang didapatkan dengan cara apapun baik dengan cara langsung atau tidak langsung. Akan tetapi biasanya informasi tersebut merupakan sebuah informasi yang memang benar-benar terjadi saat itu, dalam hal ini akan memberikan kamu penegasan, bahwa informasi yang saat itu anda terima memang sebuah informasi yang benar.

Dalam kalimat fakta, kamu tidak perlu lagi untuk memastikan kebenaran dari sebuah kejadian atau informasi yang diberikan oleh seseorang. Karena memang setiap kata atau kalimat yang disampaikannya memang benar adanya, kalimat ini juga sering kali digunakan oleh seseorang dalam menulis sebuah tulisan, sehingga memang sangat penting untuk kamu pelajari untuk mengenal jenis kalimat ini.

Ketika seseorang ingin membedakan sebuah kalimat fakta dan opini, biasanya beberapa orang akan meminta sebuah bukti yang dapat memperkuat, jika sebenarnya kalimat tersebut memang merupakan kalimat fakta atau kalimat opini. Dalam hal ini juga anda diharuskan untuk mengetahui beberapa hal mengenai ciri, atau tanda dari kalimat fakta yang diberikan oleh seseorang.

Pengertian Kalimat Opini

pengertian kalimat opini
pengertian kalimat opini

Ada perbedaan yang begitu jelas terlihat ketika anda ingin mengetahui, jika sebuah kalimat yang anda terima atau anda baca merupakan kalimat fakta atau opini. Beberapa tanda memang menandakan bahwa sebuah kalimat yang dibaca atau ditulis bukanlah kalimat fakta, sebelum mengetahui hal lainnya ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari sebuah kalimat opini.

Sebelumnya pada kalimat fakta biasanya akan memberikan sebuah tanda, bahwa kalimat yang ditulis memang benar-benar terjadi, atau informasi yang diberikan memang benar adanya. Dengan demikian kalimat ini dinyatakan sebagai salah satu kalimat fakta pada sebuah tulisan, akan tetapi hal ini berbeda dengan jenis kalimat opini dengan memiliki maksud serta tujuan tersendiri pada penulisannya.

Kalimat opini merupakan sebuah jenis kalimat, yang bukan merupakan fakta atau bukan sebuah kejadian yang sebenarnya. Biasanya pada kalimat opini ini akan berisikan sebuah pendapat yang diberikan seseorang, ketika orang tersebut sedang menanggapi suatu masalah atau informasi yang terjadi, tentunya kamu bisa menemukan kalimat opini ini pada beberapa buku yang tersebar berisikan opini.

Dengan ciri ini, biasanya anda bisa menjadi lebih jelas ketika mengetahui bahwa kalimat yang anda temukan tersebut merupakan kalimat fakta atau opini. Dimana beberapa cirinya memang terlihat sangat jelas, maka dari itu penting halnya untuk anda mempelajari hal ini yang akan sangat membantu, terutama ketika anda menerima sebuah informasi kemudian membedakannya dengan baik antara keduanya.

Persamaan Kalimat Fakta dan Opini

persamaan kalimat fakta dan opini
persamaan kalimat fakta dan opini

Keduanya sama-sama berisikan informasi

Bagi kamu yang belum begitu mengenal jenis kalimat ini, sebenarnya ciri atau perbedaan kalimat fakta dan opini ini sudah terlihat jelas dari maksud serta cara penulisannya. Akan tetapi pada pasalnya kalimat fakta dan opini ini selalu mengandung sebuah informasi didalamnya, meskipun pada kalimat opini biasanya sumber informasi berasal dari sebuah pendapat akan tetapi selalu mengandung sebuah informasi didalamnya.

Perbedaan Kalimat Fakta dan Opini

perbedaan kalimat fakta dan opini
perbedaan kalimat fakta dan opini

1. Terlihat dari sumbernya

Dalam membedakan kedua informasi ini, biasanya anda diharuskan untuk mengetahui terlebih dahulu sumber yang didapat dalam pengambilan sebuah informasi. Pada kalimat fakta sebuah informasi akan didapatkan langsung dari lokasi kejadian, akan tetapi pada kalimat opini biasanya informasi yang didapat akan bersumber dari pendapat seseorang yang diambil dari sebuah sumber pada tempat kejadian,

2. Membedakan dari cara penulisannya

Cara membedakan yang ketiga adalah dengan melihat dari cara penulisannya, yang biasanya pada setiap kalimat akan memiliki cara penulisan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pada kalimat fakta cara penulisannya biasanya akan ditulis dengan cara langsung atau biasa saja, akan tetapi pada kalimat opini karena mengandung sebuah pendapat dari beberapa sumber akan menggunakan tanda kutip pada tulisan.

3. Kalimat fakta didapat langsung dari sumber

Tentunya seperti apa yang dijelaskan pada pengertian dari kalimat fakta, bahwa sebenarnya semua informasi yang didapatkan akan diambil langsung dari sumber utama. Baik seseorang maupun sebuah kejadian yang nantinya akan diinformasikan kepada publik, maka dari itu ketika kamu ditanya mengenai cirinya akan lebih mudah jika anda mengatakan bahwa pada kalimat fakta beginilah cirinya.

Beberapa sumber untuk mencari kalimat fakta memang tidak sulit untuk ditemukan, misalkan kamu dapat menemukannya pada beberapa buku. Dimana didalam buku tersebut terdapat sebuah informasi yang ditulis oleh penulis, akan tetapi informasi tersebut berisikan sebuah pendapat dari penulis tersebut, yang mana informasinya ia dapatkan dari beberapa sumber lain sebagai sumber utama informasi tersebut.

4. Kalimat opini selalu berasal dari pendapat

Untuk kalimat berjenis opini ini, memang ciri yang paling khas atau mencolok adalah dari asal mula sebuah informasi tersebut didapatkan. Untuk andayang saat ini ingin mengetahuinya, bahwa pada kalimat opini akan selalu berasal dari sumber kedua atau ketiga yang menerima informasi dari sumber utamanya, sehingga kalimat yang dihasilkan bukanlah sebuah kalimat fakta lagi seperti sebelum diterimanya.

Memang beberapa sumber pada kalimat opini ini bisa anda temukan pada beberapa tempat, misalkan ada beberapa ahli yang memang menerima sebuah informasi dari beberapa sumber lain, kemudian ahli tersebut menyatakan kembali informasi tersebut kepada publik. Inilah yang dinamakan sebagai kalimat opini pada sebuah pernyataan yang telah ia nyatakan, misalkan pada sebuah buku yang ditulis.

Contoh Kalimat Fakta dan Opini

contoh kalimat fakta dan opini
contoh kalimat fakta dan opini

Untuk lebih memantapkan pemahaman tentang kalimat fakta dan opini, pastiguna.com akan menghadirkan contoh kalimat fakta dan contoh kalimat opini. Yuk simak baik-baik tentang contoh kalimat fakta dan opini di bawah ini.

Contoh Kalimat Fakta

contoh kalimat fakta
contoh kalimat fakta

Contoh Kalimat Fakta
  • “Ibu Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia”
  • “telah terjadi kecelakan fatal pada area tol cipularang, pada pukul 16.00”
  • “mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam”

Contoh Kalimat Opini

contoh kalimat opini
contoh kalimat opini

Contoh Kalimat Opini
  • “Kendaraan itu akan berjamur apabila tidak digunakan”
  • “menurut prediksi akan terjadi kiamat pada tahun 2023”
  • “orang itu akan diabetes jika tidak berhenti makan”

Banyak hal penting yang akan anda dapatkan ketika sudah mengetahui beberapa informasi mengenai kalimat fakta dan opini, sehingga anda dapat mengerti ciri dari sebuah informasi yang anda dapatkan. Dengan memahami beberapa ciri serta fungsi dari kedua jenis kalimat ini.

Gimana sahabat pastiguna yang berbahagia, dari artikel yang kalian baca mulai dari pengertian kalimat fakta dan opini, perbedaan kalimat fakta dan opini, serta contoh kalimat fakta dan opini. Apakah sudah paham? silahkan tulis kritik dan saran di kolom komentar tentang materi di atas kalau ada yang kurang atau bisa reques materi yang lain.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri