Prinsip Ekonomi

Semua hal di dunia ini memiliki prinsip agar sesuatu tersebut dapat berjalan semestinya dan sesuai harapan, begitu juga dengan ekonomi. Teori ekonomi juga memiliki prinsip yang disebut dengan prinsip ekonomi. Sebenarnya, apa yang dimaksut dengan prinsip tersebut?

Untuk memahaminya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Hal tersebut adalah berupa pengertian dari prinsip ekonomi berserta dengan ciri, manfaat, dan tujuannya. Beruntungnya, Anda akan menemukan jawaban tersebut pada artikel satu ini hihi.

Pengertian dari Prinsip Ekonomi yang Harus Anda Ketahui

Untuk memahami ini, kita dapat mengartikan istilah ini menurut kata yang membentuknya. Prinsip ekonomi terdiri dari kata prinsip dan ekonomi. Menurut KBBI, prinsip artinya adalah hal yang menjadi hal fundamental atau mendasar dalam berfikir, bertindak, dan lain sebagainya. Prinsip juga dapat berarti sebagai panduan.

Jadi secara umum, prinsip ini merupakan panduan dasar dalam bertindak pada bidang ekonomi agar antara mengeluarkan input sesedikit mungkin dan mendapatkan output sebesar mungkin. Nah, prinsip ini berlaku pada semua kegiatan ekonomi baik kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Ciri-ciri Orang yang Menerapkan Prinsip Ekonomi

Orang yang menerapkan prinsip ekonomi akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan mengeluarkan usaha seminimal mungkin. Bagaimanakah ciri dari orang yang menerapkan prinsip ekonomi? antara lain adalah sebagai berikut:

1. Hemat

Anda pasti tahu pepatah hemat pangkal kaya, inilah ciri pertama dari orang yang menerapkan prinsip yang satu ini. Orang tersebut akan berusaha sekuat mungkin untuk tidak terjebak dalam hal yang memboroskan dan menghabiskan daya. Mereka akan berusaha memenuhi kebutuhan secukupnya dan seperlunya saja.

2. Memiliki skala prioritas

Selanjutnya, orang yang memiliki fondasi atas prinsip ini akan mempunyai skala prioritas yang sudah Ia tetapkan. Dalam hal memenuhi kebutuhannya, Ia akan mengerti mana yang paling dibutuhkan dan mana yang tidak. Hal ini sangat erat kaitannya dengan ilmu manajemen.

Satu tips bagi Anda yang ingin menerapkan skala prioritas, Anda bisa memulainya dari kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Kemudian urutannya semakin menurun kepada kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

3. Bertindak secara rasional

Orang yang menerapkan prinsip ini tidak akan melakukan kegiatan ekonomi yang tidak rasional. Misalnya terjebak investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar dengan modal yang sedikit, berperilaku konsumtif, dan lain sebagainya.

Mereka yang menerapkan prinsip ini akan mampu berfikir dengan pikiran jernih ketika akan membelanjakan uangnya. Dengan begitu, tidak akan ada penyesalan dikemudian hari.

Manfaat Adanya Prinsip Ekonomi yang Harus Anda Ketahui

Ketika Anda menerapkan prinsip yang satu ini, Anda akan mendapatkan manfaat. Manfaatnya adalah:

1. Pengoptimalan sumber daya

Ketika Kita menerapkan prinsip yang satu ini, Kita dapat mengolah sumberdaya dengan baik sehingga tidak ada sumber daya yang sia sia dan kurang efisien. Pengalokasian sumberdaya dibuat sebaik mungkin agar termanfaatkan dengan benar.

2. Mendapatkan keuntungan maksimal

Jika sumberdaya telah dimanfaatkan secara optimal, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tentu semua pelaku ekonomi menginginkan hal yang satu ini.

3. Mengurangi resiko kerugian

Saat menerapkan prinsip ini, maka Anda akan bekerja secara cepat, tepat dan juga hemat. Jika sudah begini, maka kemungkinan Anda mengalami kerugian akan berkurang. Seandainya terjadipun, maka Anda tidak akan terlalu rugi.

4. Mencapai goals yang diinginkan

Anda juga akan mencapai tujuan yang Anda inginkan. Dalam hal ini biasanya adalah mencapai titik dimana Anda merasakan sejahtera dan tidak kurang suatu apapun.

5. Kemajuan taraf hidup dalam kompetisi yang sehat

Menerapkan prinsip ekonomi secara tidak langsung akan membuat taraf hidup Anda semakin membaik. Selain itu, Anda juga akan merasakan kompetisi yang sehat dimana Anda harus memperjuangkan dan berusaha untuk mencapai sesuatu.

Tujuan dari Prinsip Ekonomi

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda harus tahu pula tentang tujuan dari prinsip ini. Tujuan dari adanya prinsip yang satu ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Untuk mendapatkan keuntungan semaksimal dan sebesar mungkin

Ini adalah tujuan utama dari ekonomi itu sendiri, yakni mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan startegi dalam kompetisi yang sehat.

2. Untuk meminimalisir kerugian

Kerugian adalah hal yang sangat dihindari oleh orang ekonom. Maka adanya prinsip ini adalah bagaimana caranya agar bisa meminimalisir kerugian dan juga membuat pengorbanan yang dilakukan adalah pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

10 Prinsip Ekonomi Menurut Nicholas Gregory Mankiw

Nicholas Gregory Mankiw dalam Principles of Economic mengatakan bahwa setidaknya ada sepuluh prinsip ekonomi. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Siapapun itu akan mengalami trade off

Anda pasti menyadari bahwa tidak ada hal yang gratis didunia ini, maka terjadilah trade off. Dan tidak dapat dipungkiri semua orang mengalami hal ini.

2. Pengorbanan suatu biaya untuk mendapatkan sesuatu

Ketika Anda menginginkan sesuatu, maka ada biaya yang dikorbankan. Biasanya, istilah ini disebut dengan opportunity cost dan siapapun pasti pernah mengalami ini.

3. Orang berfikir rasional

Orang yang berfikir secara rasional akan menimbang terlebih dahulu sebelum mengambil suatu keputusan. Ia akan memikirkan tentang kerugian dan keuntungan serta resiko ketika melakukan suatu kegiatan ekonomi.

4. Orang akan responsif terhadap insentif

Maksutnya adalah orang akan sangat responsif terhadap bonus atau keuntungan. Misal jika ada pembelian suatu barang dengan harga dan kualitas yang sama dan salah satunya mendapatkan bonus, maka orang akan memilih pilihan yang kedua.

5. Perdagangan menguntungkan semua bagian yang terlibat

Spesialisasi adalah hal yang dimaksut disini. Misalnya negara A lebih hebat dalam memproduksi barang tertentu, ia akan mengekspor ke negara yang lebih membutuhkan. Dengan begitu, kedua pihak akan mendapatkan keuntungan.

6. Pasar merupakan tempat yang ideal untuk melakukan pengorganisasian suatu kegiatan ekonomi

Disanalah kegiatan ekonomi yang sehat terjadi. Disana antara produsen dan konsumen bertemu untuk membuat kesepakatan. Ada beberapa jenis pasar, seperti pasar monopoli dan pasar oligopoli.

7. Terkadang, pemerintah dapat meningkatkan hasil dari pasar

Pemerintah dalam intervensinya dapat membuat antara pihak konsumen dan produsen mendapatkan keuntungan. Hal ini merupakan hak dan bisa menjadi kewajiban pemerintah.

8. Standart hidup setiap negara berbeda

Berbeda disini karena tiap kemampuan produksinya berbeda. Bisa saja standart hidup di negara A lebih rendah dibandingkan dengan negara B secara kuantitas maupun kualitas.

9. Harga meningkat jika uang yang beredar terlalu banyak

Ketika uang beredar terlalu banyak, nilainya akan menjadi turun dan inilah yang disebut dengan inflasi. Oleh karena itu, jumlah uang yang beredar haruslah seimbang.

10. Masyarakat akan mengalami trade off jangka pendek

Masyarakat akan mengalami trade off jangka pendek. Hal ini terjadi antara dua hal, yakni antara inflasi dan juga pengangguran.

Kini pasti Anda tidak lagi kebingungan tentang prinsip ekonomi, bukan? Kita telah membahasnya secara tuntas mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, dan juga sepuluh prinsip yang ditulis oleh seorang ahli dibidangnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar