Manajemen

Anda pasti pernah mendengar tentang istilah manajemen, bukan? Mulai dari istilah pada suatu perusahaan hingga jurusan perkuliahan. Sebenarnya, istilah ini merujuk pada apa? Anda tidak perlu risau bin khawatir karena artikel berikut akan menjawab semua keresahan Anda.

Pengertian Manajemen

Secara bahasa, manajemen artinya yakni mengatur. Lebih kompleksnya, ini merujuk pada ilmu dalam melakukan lima hal. Lima hal tersebut adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan, pengarahan, dan controlling atau pengendalian.

Agar lebih jelasnya, mari simak pendapat para ahli yang mencoba mendefinisikan tentang istilah tersebut. Pendapat beberapa ahli tentang manajemen antara lain:

  1. Mary Parker Follet berpendapat bahwa manajemen ini sebenarnya adalah seni. Seni yang dimaksud adalah untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas melalui perantara. Yang disebutkan Mary ini merujuk pada kegiatan yang dilakukan kepada bawahannya untuk menyelesaikan tugas demi tercapainya suatu tujuan suatu badan usaha maupun perusahaan.
  2. Sedangkan George Robert Terry memiliki pendapat yang berbeda dengan inti yang sama yakni istilahnya merujuk pada proses yang spesifik dari beberapa tindakan. Tindakan yang dimaksud adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan juga yang terakhir adalah pengawasan.
  3. Menurut Encylopedia of the Social Science, istilah ini merujuk pada proses. Dalam proses tersebut kemudian terdapat perencanaan dan pelaksanaan, serta dilakukan pengawasan.
  4. Henry Fanyol juga ikut menjadi penyumbang terbesar akan pengertian tentang manajemen. Menurutnya, ini merupakan gagasan yang didalamnya terdapat 5 fungsi. Fungsi yang dimaksut oleh Henry adalah perancangan, perintah, pengorganisiran, pengendalian, dan penkoordinasian.

Setelah memahami berbagai pengertian dan definisi, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen sendiri adalah sistem yang dibuat untuk menyelesaikan tugas yang di dalamnya terdapat komponen pendukung. Komponennya antara lain adalah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengoordinasian.

Unsur-unsur dari Manajemen

Sama seperti hal yang lainnya, selalu ada unsur yang menyertainya sehingga hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Ada setidaknya enam unsur yang dimiliki, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Manusia (Man)

Siapa yang merencanakan dan melaksanakan tujuan? Tentu saja manusia. Inilah mengapa manusia menjadi urutan pertama sebagai suatu unsur dari manajemen. Tanpa adanya manusia, maka istilah ini pun tidak akan ada dan tidak akan bisa dilaksanakan.

2. Uang (Money)

Tanpa adanya uang sebagai alat pembayaran, maka manajemen juga tidak akan berjalan. Hal ini dikarenakan ada hal-hal operasional maupun yang sifatnya urgent untuk melaksanakan dan mencapai tujuan.

3. Bahan baku (Materials)

Dalam menjalankan fungsi manajemen, bahan baku atau materials juga diperlukan. Bagaimana mungkin produksi dapat berjalan jika tidak terdapat bahan baku.

4. Mesin (Machines)

Bahan baku dan mesin saling berkaitan. Mesinlah yang mengolah bahan baku menjadi bahan jadi.

5. Metode (Methods)

Metode adalah cara yang dilakukan dalam manajemen. Biasanya berupa SOP atau standar baku supaya apa yang dilakukan akan sesuai dengan tujuannya.

6. Pasar (Market)

Setelah semua proses di atas selesai, manajemen yang terakhir yakni unsur pasar. Pasar adalah tahapan akhir yang nantinya suatu perusahaan akan mendapatkan manfaat atau keuntungan dari berbagai tahapan yang telah dilalui.

Jenis-jenis Manajemen

Cabang dari manajemen ada banyak sekali. Dengan mengetahui jenis di bawah ini, maka Anda akan mengerti bahwa cakupannya sangat luas. Jenisnya sendiri antara lain adalah:

1. Produksi

Jenis ini berkaitan erat dengan pengambilan keputusan yang diambil untuk proses produksi. Biasanya hal ini dilakukan pada perusahaan yang memproduksi baik barang maupun jasa.

2. Sumber Daya Manusia

Biasanya disingkat dengan MSDM yakni mengatur hubungan antar personil yang ada di perusahaan. Tujuan dari pengaturan tersebut adalah agar setiap individu dapat menjalankan fungsi sesuai perannya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

3. Pemasaran

Pemasaran adalah tahapan penting dan bagian yang sangat vital di perusahaan. Ini dapat diartikan sebagai proses penetapan tujuan pemasaran. Biasanya berisi tentang pertimbangan sumber daya dan juga potensi pasar.

4. Keuangan

Jenis ini tidaklah sesimpel mengatur uang. Di dalamnya termasuk dalam kegiatan merencanakan, memeriksa, menganggarkan dana, mengelola, dan tahapan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi.

Selain keempat contoh di atas ada manajemen informasi, strategi, dan juga operasi. Tetapi keempat yang disebutkan di atas adalah yang paling umum digunakan dan diterapkan oleh banyak orang. Meskipun begitu, jenis-jenisnya sangat penting Anda ketahui karena bisa saja Anda akan membutuhkannya di kemudian hari.

Manfaat Manajemen yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menerapkan manajemen, sehingga keberadaannya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada perusahaan. Manfaatnya yakni:

1. Membantu Mencapai Tujuan

Adanya perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan, pengarahan, dan controlling atau pengendalian akan membuat tujuan perusahaan atau organisasi tercapai karena dibantu dengan strategi yang baik. Bukan hanya itu, terdapat pendekatan yang sangat sistematis dan juga logis ketika menggunakan prinsip-prinsipnya.

2. Meningkatkan Kesadaran Atas Ancaman Eksternal

Pada suatu organisasi atau perusahan atau mungkin individu, manajemen akan membuat Anda semakin sadar. Sadar bahwa terdapat ancaman eksternal yang tidak dapat dikendalikan. Oleh karena itu, dengan adanya manajemen maka hal tersebut dapat terhindar karena akan membuat Anda semakin sadar.

3. Mengetahui Strategi Kompetitor

Mempelajari manajemen juga akan memahami tentang strategi yang disusun oleh kompetitor dengan lebih baik. Ini juga membantu anda mengenali pasar. Tentunya ini akan sangat menguntungkan perusahaan Anda. Perusahaan Anda akan jauh dari yang namanya kalah saing dari kompetitor Anda.

4. Efektivitas

Dengan memahami dan menerapkan manajemen, Anda akan bisa mengolah sumber daya yang terbatas dengan hasil yang maksimal. Bukan hanya itu, waktu yang sedikit bisa Anda atur sehingga tetap bisa berjalan dengan efektif.

5. Future Oriented

Dengan manajemen, Anda akan paham segala sesuatu dengan baik bila direncanakan. Dengan begini Anda akan selalu berfikir ke depan dan melihat sesuatu jauh futuristik. Anda akan terbiasa mempersiapkan sesuatu untuk kedepannya.

6. Berpikir Positif

Manajemen juga bisa membuat Anda berfikir positif, hal ini karena segala sesuatu telah Anda persiapkan dengan matang. Jika ada kegagalan Anda akan siap dengan rencana lain, sehingga pikiran positif ini dapat terus terjaga.

7. Merencanakan Kehidupan Sehari-hari agar Lebih Teratur

Manajemen juga memiliki dampak positif kepada diri pribadi, bukan hanya organisasi saja. Dengan adanya manajemen waktu yang baik, maka berbagai kegiatan dapat Anda selesaikan dengan baik dan tanpa perlu menguras tenaga Anda terlalu banyak.

8. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Manfaat lainnya adalah adaptasi akan perubahan. Hal ini karena Anda telah dituntut merencanakan sesuatu dengan keadaan yang sudah ada di depan mata. Jadi ketika ada sesuatu yang di luar rencana, maka Anda akan dengan mudah untuk mengatasinya dan bangkit lagi. Anda siap untuk perubahan, kan? hehe

Manajemen ternyata memiliki arti yang luas dan juga cakupan yang banyak. Mempelajarinya juga memberi banyak manfaat baik manfaat praktis maupun akademis. Apa yang bisa Anda petik dari artikel di atas? Tentunya ada banyak sekali dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar