Pengertian Manajemen

Sebagai manusia harus memiliki manajemen strategi yang baik. Pernahkah Anda mendengarkan nasihat tersebut? Sebenarnya, apa pengertian manajemen? Anda pasti penasaran karena kenyataannya istilah tersebut banyak dipakai. Maka dari itu, artikel ini khusus disediakan untuk Anda memahaminya dengan baik.

Bukan hanya pengertiannya saja, tetapi Anda juga akan belajar tentang hal lain yang berkaitan dengan menajemen. Hal ini agar pemahaman teman-teman semakin lengkap dan tidak menyalahartikan pengertian istilah ini dalam kehidupan sehari-hari.man

Pengertian Manajemen secara Umum

Manajemen adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yakni “manage”. Bahasa Inggris tersebut memiliki arti yakni mengelola atau mengurus. Dapat juga diartikan sebagai mengendalikan, mengusahakan, ataupun memimpin.

Sedangkan, pengertian manajemen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia semakin beragam pula. Salah satu definisi yang disebutkan KBBI tentang manajemen adalah merujuk pada penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Dalam hal ini tujuannya adalah untuk mencapai sasaran tertentu.

Jika ditinjau secara umum, maka sebenarnya manajemen ini adalah proses mengatur sesuatu atau mengelola sesuatu. Hal ini dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Tujuannya adalah mencapai goals yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajemen waktu dapat dicontohkan ketika Anda sedang mengatur jadwal keseharian Anda, sehingga antara tugas dan waktu istirahat dapat berjalan dengan seimbang. Begitulah bagaimana manajemen diaplikasikan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Tidak cukup memahami manajemen dengan arti kata dan juga umumnya, penting pula bagi Anda untuk memahai pengertian manajemen menurut para ahli.

1. Mary Parker F

Mary Parker memahami manajemen sebenarnya adalah suatu seni. Seni ini adalah setiap orang mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan yang lainnya.

2. George R. Terry

Jika Mary Parker berkata bahwa manajemen adalah seni, George R. Terry melengkapinya bahwa manajemen juga merupakan ilmu. Dalam hal ini manajemen merupakan wadah dari suatu pengetahuan, sehingga hal tersebut dapat dibuktikan keabsahannya secara umum.

3. Stoner

Stoner menerjemahkan ilmu manajemen sebagai suatu proses dalam beberapa hal. Hal-hal tersebut antara lain adalah merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan, dan memimpin. Hal tersebut tentang berbagai usaha dari anggota suatu organisasi atau perusahaan. Lebih dari itu, juga memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk meraih tujuan tertentu.

4. Koontz

Koontz memiliki pandangan yang sama dengan George R. Terry bahwa manajemen adalah ilmu yang bersahabat dengan seni. Dalam hal ini, merupakan seni yang produktif tetapi dalam pelaksanaannya berdasarkan dengan suatu perspektif ilmu yang dapat diuji kebenarannya. Antara ilmu dan seni saling melengkapi satu sama lain.

5. Wilson

Pengertian manajemen menurut Wilson adalah suatu rangkaian tindakan. Serangkaian tersebut dilaksanakan oleh para anggota organisasi. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan dari organisasi. Hal yang terpenting, berbagai proses yang dilaksanakan dilakukan dengan cara yang sistematis.

6. Lawrance A. Appley

Lawrance sama seperti ahli yang lain mengambil benang merah bahwa sebenarnya manajemen adalah seni. Seni di sini bertujuan untuk mencapai hal yang diinginkan dengan memperkerjakan pihak lain di luar diri sendiri.

7. Oey Liang Lee

Liang Lee menerjemahkan istilah manajemen merupakan ilmu sekaligus seni dalam hal-hal seperti merencanakan, mengorganisasikan, menyusun, mengarahkan, dan juga melakukan pengawasan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan dilakukan dengan baik dalam rangka untuk mencapai goals yang diinginkan.

8. Henry Fayol

Henry fayol menyatakan bahwa manajemen mengandung lima hal atau unsur yang paling utama. Unsur tersebut antara lain adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengkoordinasian, dan juga pengawasan atau pengendalian.

9. Oxford

Oxford mendefinisikan manajemen sebagai proses yang berhubungan dengan dua hal. Hal tersebut adalah mengendalikan orang dan juga mengendalikan benda.

10. Prajudi Atmosudirjo

Menurut beliau, manajemen itu sebenarnya merupakan penyelenggaraan sesuatu yang menyangkut beberapa hal. Hal tersebut antara lain adalah orang, uang, mesin, dan alat yang sesuai dengan kebutuhan.

11. Joseph Massie

Sama seperti ahli-ahli lainnya, Joseph Massie mendefinisikan manajemen dengan sederhana. Sederhana saja, ini adalah proses grup saling bekerjasama dan juga mengarahkan perilaku kerjanya untuk mencapai goals yang telah ditetapkan.

Cukup banyak, bukan, pendapat dari para ahli? Adanya pendapat para ahli membuat Anda sadar dalam satu hal. Hal tersebut adalah bahwa setiap ahli memiliki gambaran benang merah tentang apa itu manajemen. Anda dapat menyimpulkannya sebagai suatu seni dalam mengolah tindakan untuk mencapai tujuan.

Manfaat Manajemen yang Harus Anda Ketahui

Setelah memahami tentang pengertiannya, maka saatnya Anda paham tentang apa manfaatnya. Sesuatu hal selalu memiliki manfaat yang dikandungnya, di sini juga berlaku dengan adanya ilmu manajemen. Manfaat dari menerapkan manajemen antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membuat Strategi yang Lebih Baik

Telah disinggung dari berbagai pengertian dari manajemen bahwa manajemen adalah ilmu dan juga seni. Ini sangat membantu Anda ketika membuat suatu strategi yang lebih baik. Anda bisa menerapkan ilmu manajemen, sehingga strategi yang Anda buat akan lebih logis, rasional, dan juga sistematis. Manajemen juga sangat penting dalam kegiatan ekonomi agar berjalan dengan baik.

2. Merupakan Sebuah Proses

Meskipun hasil akhir dari suatu manajemen adalah mencapai tujuan, sebenarnya istilah ini adalah sebuah proses. Manajemen bukanlah suatu keputusan atau suatu dokumen yang dapat dilihat tetapi tentang bagaimana Anda melaksanakan dan berkomitmen atas manajemen yang telah Anda buat.

3. Membuat Lebih Waspada Terhadap Ancaman dari Luar

Dengan manajemen, maka Anda akan diajari untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan lain. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih waspada terhadap berbagai risiko dan ancaman yang asalnya dari luar.

4. Membuat Semakin Siap atas Adanya Perubahan

Dengan adanya manajemen, Anda sudah pasti terbiasa merencanakan sesuatu. Jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, atau dengan kata lain terdapat suatu perubahaan, maka Anda akan menjadi sangat siap karena sudah sering membuat suatu perencanaan.

5. Keefektifan dan Efisiensi dalam Sumber Daya yang Dimiliki

Manajemen memungkinkan Anda untuk bijak dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Baik itu berupa tenaga, finansial, maupun hal yang lainnya. Dengan adanya manajemen, maka Anda bisa lebih efektif dan efisien dalam mengolah sumber daya tadi.

6. Berorientasi kepada Masa Depan

Seseorang yang menerapkan manajemen dalam hidupnya akan terbiasa melihat sesuatu jauh ke depan, bukannya berhenti di belakang. Hal ini disebabkan karena rencana demi rencana jalannya tentu ke depan, bukannya malah kebelakang.

7. Untuk Membuat Diri Disiplin dan Terbiasa Formalitas

Adanya manajemen memang sangat sistematis dan juga teratur. Oleh karena itu, diri Anda akan terbiasa disiplin dan juga menjadi lebih profesional.

Pengertian manajemen di atas, baik secara umum maupun menurut ahli telah membuka mata bahwa sangat penting adanya manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang Anda kehendaki. Dengan menerapkan ini, maka kebutuhan manusia tidak hanya terpenuhi namun juga terorganisir. Selain itu, menerapkan manajemen ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa, sehingga Anda akan rugi jika tidak menerapkannya.

Maka dari itu, Anda harus belajar memanajamen segala sesuatu sejak dini. Hal ini agar Anda akan memeroleh berbagai manfaat seperti apa yang telah ditulis di atas.

Tinggalkan komentar