Pengertian Transportasi

Selama ini Anda pasti tahu tentang transportasi, tetapi kesulitan untuk mendefinsikannya. Padahal, alat tersebut selama ini selalu bersinggungan dengan Anda, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, adanya artikel ini akan mengedukasi Anda sekalian tentang pengertian transportasi dan juga serba-serbi di dalamnya.

Serba-serbi yang dimaksud itu mulai dari unsur dari transportasi, jenisnya, fungsi, dan juga manfaatnya. Dengan mengetahui tersebut, tentunya akan memberikan manfaat tersendiri bagi Anda, seperti semakin memahami tentang transportasi dan manfaat praktis maupun akademis yang lainnya.

Pengertian Transportasi secara Umum dan Juga Menurut Ahlinya

Jika dilihat secara umum, sebenarnya transportasi adalah suatu alat untuk mengangkut  (umumnya untuk manusia) dari tempat satu ke tempat lainnya. Tetapi jika secara luas, maka tidak hanya untuk mengangut manusia saja ya hehe, tetapi juga untuk berbagai kepentingan manusia lainnya seperti mengangkut hewan maupun barang.

Alat transportasi yang digunakan untuk memindahkan objek tersebut digerakkan oleh suatu mesin atau mahluk hidup, mudah bukan definisinya? Agar lebih lengkap pemahaman Anda tentang pengertian transportasi yang semakin kompleks ini, maka ada baiknya jika melihat pendapat para ahli. Pendapatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Miro mencoba mendifinisikan tentang transportasi, beliau mengatakan bahwa itu adalah bentuk suatu upaya. Upaya yang dimaksud adalah untuk memindahkan, mengangkut, menggerakkan, maupun untuk mengalihkan suatu objek dari tempat A ke tempat B. Tentunya, hal tersebut dilakukan untuk suatu tujuan dan manfaat yang ingin diperoleh.
  2. Steenbrink juga tidak kalah dalam mencoba mendefinisikan pengertian transportasi. Steenbrink mengatakan bahwa istilah ini merujuk pada perpindahan barang atau orang menggunakan kendaraan. Hal tersebut dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya yang secara geografis adalah terpisah.
  3. Bowersox juga mendefinisikan istilah ini dengan perpindahan suatu barang atau penumpang menuju suatu destinasi lainnya dari tempat asal mereka berada.
  4. Hasim Purba sendiri mengatakan bahwa transportasi adalah suatu aktivitas. Aktivitas yang disebut adalah pemindahan suatu barang atau manusia. Pemindahan tersebut bisa berupa jalur darat, air, hingga udara dengan berbagai jenis alat transportasi yang sesuai dengan jalurnya.
  5. Morlok menyatakan bahwa ini adalah aktivitas mengangkut dari tempat A ke tempat B.
  6. Terakhir, Soegijatna Tjakranegara mengatakan bahwa ini adalah proses pemindahan barang dan juga penumpang dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Akibatnya, pengangkut tersebut menghasilkan jasa yang dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat.

Baik definisi secara umum maupun definisi dari para ahli, sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh, bukan? hehe. Singkatnya, transportasi ini adalah alat untuk mengangkut Anda (penumpang) atau berbagai kebutuhan Anda (barang) ke tempat satu ke tempat yang Anda kehendaki.

Unsur Transportasi yang Harus Anda Ketahui

Setiap hal selalu memiliki unsur, betul tidak? hihi. Ya, begitu juga dengan transportasi ini. Setidaknya ada lima unsur yang membentuk atau yang menjadikan transportasi ini ada dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Unsur transportasinya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Manusia

Di sini, manusia berperan sebagai objek. Objek yang dimaksud adalah manusialah yang membutuhkan transportasi untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Barang

Barang sama seperti manusia, berperan sebagai objek. Objek di sini adalah kepentingan yang dibutuhkan oleh manusia. Misalnya digunakan untuk mengangkut barang produksi dari pabrik menuju ke toko retail dan lain sebagainya.

3. Kendaraan

Inilah poin yang paling penting karena kendaraan berperan sebagai media transportasi yang merupakan salah satu kebutuhan manusia. Contoh kendaraan sendiri misalnya adalah kereta, mobil, pesawat, dan lain sebagainya.

4. Jalan

Jalan juga merupakan unsur penting. Hal ini dapat dikategorikan sebagai prasarana yang digunakan transportasi untuk mengangkut penumpangnya.

5. Organisasi

Unsur yang selanjutnya adalah berupa organisasi. Ini adalah unsur yang mengelola aktivitas yang berkaitan dengan transportasi tersebut.

Jenis-jenis Transportasi

Setidaknya, ada tiga jenis transportasi yang ada. Jenis tersebut adalah darat, laut, dan juga udara. Ketiga jenis tersebut akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

  1. Transportasi darat adalah transportasi yang pengoperasiannya di jalur darat. Sebenarnya, transportasi darat sendiri dibedakan lagi menjadi dua yakni jalan raya dan juga kereta api. Hal yang masuk dalam jalan raya misalnya adalah bus, truck, mobil, sepeda motor, dan lain sebagainya.
  2. Transportasi laut dilakukan di perairan laut. Biasanya digunakan untuk menyebrangi antar pulau. Ada banyak contoh alat transportasi laut, yang antara lain adalah sebagai berikut:

a. Sampan

Ini merupakan alat transportasi yang ukurannya tiga hingga lima meter. Biasanya, digunakan di perairan yang kecil seperti sungai atau danau.

a. Kapal

Transportasi jenis ini adalah alat yang digunakan oleh manusia beserta barangnya atau hewan untuk menyebrangi pulau lewat lautan.

c. Feri

Ini sebenarnya adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut manusia dan barang dengan jarak yang dekat. Biasanya, kapal feri banyak ditemukan di pesisir pantai.

Jika transportasi darat membutuhkan prasarana berupa jalan raya dan rel kereta api, maka pada jalur laut yang dibutuhkan adalah pelabuhan. ini fungsinya adalah untuk mengangkut manusia sebelum akhirnya menyebrangi lautan.

d. Transportasi Udara

Selain kedua jenis di atas karena semakin majunya teknologi, akhirnya ada juga yang namanya transportasi udara. Contohnya tentu seperti yang Anda ketahui, yakni pesawat terbang. Apa sajakah prasarana yang dibutuhkan di transportasi udara? antara lain adalah:

  1. Bandara
  2. Operator penerbangan
  3. Dan lain sebagainya

Fungsi dan Manfaat dari Adanya Transportasi

Adanya transportasi secara sederhana sih akan memudahkan Anda, ya. Tetapi memudahkan dalam hal apa? Apa sajakah manfaatnya? Nah, jawabannya adalah dari fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh adanya transportasi yang seperti berikut:

1. Dalam Segi Ekonomi

Dalam segi ekonomi yakni dengan adanya transportasi, maka distribusi dari produsen menuju konsumen dapat terjadi dengan mudah. Selain itu, berbagai transaksi ekonomi juga akan dipermudah karena untuk berpindah ke tempat satu dan ke yang lainnya dipermudah.

2. Dalam Segi Kewilayahan

Jika dilihat dari segi kewilayahan, transportasi akan sangat memudahkan suatu wilayah mengalami pembangunan dan kemajuan daerah. Misalnya, transportasi digunakan untuk mengangkut berbagai bahan untuk pembangunan dan juga memudahkan mobilitas penduduk di wilayah yang terpencil.

3. Dalam Segi Sosial

Dalam segi sosial, maka lebih luas lagi. Dengan adanya transportasi, maka manusia dapat membantu sesamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat, sebagai media untuk saling bertukar informasi, penyedia jasa untuk berbagai kebutuhan mobilisasi dan lain sebagainya.

4. Dari Segi Politis

Dari segi politis akan membuat para kepala daerah atau negara menjadi semakin akrab dan erat, karena bisa mengunjungi satu sama lain. Selain itu, pelayanan masyarakat juga semakin bisa merata dan lain sebagainya.

Kini Anda pasti sudah paham tentang pengertian transportasi dan juga serba-serbinya, bukan? Ternyata baik unsur, fungsi, dan manfaatnya semua saling berkaitan satu sama lainnya. Dengan begini, tuntas sudah pembahasan ini tentang bab transportasi.

Tinggalkan komentar