Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Tahukah Anda bahwa antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi sering sekali dianggap hal yang sama? Padahal sejatinya keduanya bukanlah saudara kembar. Mereka bersaudara tetapi bukan sama persis, begitulah gambaran singkat tentang istilah pertumbuhan dan pembangunan tersebut.

Lalu apa bedanya? Apa sih pentingnya mengetahui hal tersebut? Anda akan segera mengetahui jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah dua hal yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari definisinya. Pembangunan ekonomi sendiri merupakan istilah yang lebih kompleks dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi. Dia dapat diartikan sebagai proses. Proses tersebut bukan hanya tentang pendapatan perkapita saja tetapi juga perubahan lainnya terutama dalam struktur perekonomian.

Di dalam ilmu ekonomi, pembangunan ekonomi itu tidak hanya memperhatikan angka kenaikan pendapatan saja. Lebih dari itu, segala bertambahnya kesejahteraan sosial, infrastruktur, tingkat kemiskinan, tingkat kesehatan, dan lain sebagainya juga diperhitungkan. Maka dengan kata lain pembangunan ekonomi lebih kepada kualitas.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi hanya berfokus terhadap pendapatan perkapita atau angka saja. Jika misalkan negara A memiliki pendapatan perkapita sebanyak 200 juta milliar pada tahun 2019 dan pada tahun berikutnya menjadi 210 juta milliar maka pertumbuhan ekonominya dianggap naik. Hal ini mengabaikan apakah pendapatan tersebut merata ataukah tidak, atau dengan kata lain secara kuantitas.

Manfaat dari Pembangunan Ekonomi

Setelah mengetahui tentang perbedaannya melalui pengertian diatas, yang selanjutnya adalah memahami tentang manfaat dari adanya pembangunan ekonomi. Ada banyak sekali manfaatnya yang harus Anda ketahui, yang antara lain:

1. Menambah lapangan pekerjaan

Seperti yang Kita ketahui dari definisi diatas bahwa pembangunan ekonomi berfokus pada kualitas dan segala aspek didalamnya, maka ia bermanfaat untuk menambah lapangan pekerjaan. Misalnya, pembangunan ekonomi dilakukan dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk angka pengangguran di Indonesia yang cukup tinggi ini. Dengan kata lain, pembangunan ekonomi dapat membantu bidang ketenagakerjaan.

2. Mensejahterakan kehidupan bangsa dan negara

Karena pembangunan ekonomi lebih menitik beratkan pada kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Jadi dilakukan berbagai pembangunan untuk membuat kehidupan bangsa dan negara lebih baik dan sejahtera. Misalnya, membangun jalan, fasilitas umum, rumah sakit, dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia

Pembangunan ekonomi juga bisa memperbaiki SDM yang ada supaya semakin mampu dalam menghadapi berbagai tantangan global. Hal ini dapat dilakukan dengan pembangunan sekolah, pembentukan berbagai kebijakan, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Pertumbuhan Ekonomi

Meskipun pertumbuhan ekonomi sifatnya adalah kuantitas, bukan berarti tidak ada manfaatnya lah ya! hehe. Ada juga banyak manfaat atas adanya angka pertumbuhan ekonomi, yang antara lain sebagai berikut:

1. Menjadi acuan terhadap pendapatan perkapita dengan negara lain

Meskipun tidak mencerminkan tingkat kesejahteraan secara merata, tetapi angka pendapatan perkapita sangat penting. Oleh karena itu, dengan adanya pertumbuhan ekonomi bisa memacu atau memotivasi negara agar tidak kalah dengan negara lain dalam segi pertumbuhan ekonomi.

2. Dapat meningkatkan angka investasi

Negara yang pendapatan perkapitanya tinggi maka akan membuat para investor semakin percaya untuk menginvestasikan uangnya. Hal ini karena negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik merupakan iklim investasi yang nyaman dan juga berpotensi.

3. Pinjaman pemerintah lebih sedikit

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, maka otomatis pajak akan juga meningkat. Dengan begini, pemasukan kas negara juga banyak sehingga negara tidak perlu melakukan pinjaman kepada negara lain yang terlampau besar.

Jadi baik pembangunan dan pertumbuhan ekonomi semuanya memiliki manfaat dan hubungan satu sama lain. Ingat ya bedanya, jika pembangunan itu berkaitan dengan kualitas sedangkan pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan kuantitas.

Perbedaan Antara Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi yang Harus Anda Ketahui

Setelah memahami pengertiannya satu persatu maupun manfaat dari keduanya, kini tiba saatnya Kita mempelajari apa yang membedakan keduanya. Perbedaan antara keduanya jika dilihat dari berbagai sudut adalah sebagai berikut:

  1. Pada pembangunan ekonomi, jumlah kenaikan GNP harusnya lebih besar. Hal ini jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dari tahun ketahun.
  2. Sedangkan pada pertumbuhan ekonomi, jumlah kenaikan GNP mengabaikan hal yang ada pada pembangunan ekonomi. Dengan kata lain prosentase kenaikan jumlah penduduk tidak berpengaruh atas pertumbuhan ekonomi.
  3. Selanjutnya, dikatakan terjadi pembangunan ekonomi apabila angka GNP naik disertai dengan naiknya dua aspek. Aspek tersebut adalah aspek teknologi dan juga perubahan struktur ekonomi.
  4. Berbeda dengan pertumbuhan ekonomi, ia mengabaikan dua hal tersebut. Kenaikan GNP tersebut tidak disertai kedua aspek yang ada pada pembangunan ekonomi.
  5. Pembangunan ekonomi menitikberatkan pada pemerataan pendapatan dan juga kesejahteraan yang meningkat, selain juga dalam peningkatan GNP pula.
  6. Pada pertumbuhan ekonomi, baik pemerataan pendapatan ataupun kesejahteraan tidak diperhatikan. Titik beratnya tetap pada kenaikan GNP saja.
  7. Pada pembangunan ekonomi, hal yang terpenting adalah peningkatan kemakmuran masyarakatanya.
  8. Pada pertumbuhan ekonomi, hal yang terpenting adalah naiknya pendapatan perkapita.

Peran Masyarakat Dalam Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Sebagai masyarakat, Kita seharusnya tidak hanya diam menunggu pemerintah saja yang bergerak. Perlu juga kerja sama yang dilakukan supaya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dapat terlaksana. Anda sebagai masyarakat dapat membantu hal ini dengan cara sebagai berikut:

1. Memanfaatkan SDA yang ada dengan baik

Negara telah menyediakan SDA yang mumpuni supaya masyarakat dapat sejahtera hidupnya. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan hal ini dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan cara tidak boros energi, memanfaatkan sebagai modal untuk produksi, dan menghasilkan barang yang berkualitas.

2. Membayar pajak tepat waktu

Kewajiban Anda adalah membayar pajak. Anda seharusnya membayar pajak tepat waktu supaya negara bisa segera mengolah kas negara untuk melakukan pembangunan di negeri ini. Anda bisa memulainya dengan segera melaporkan wajib pajak dan juga membayarnya tepat pada waktunya.

3. Meningkatkan kualitas diri

Sumber Daya Manusia atau SDM adalah aset negara yang sangat penting. Tanpa adanya ini, maka segala faktor yang ada akan susah berjalan. Meningkatkan kualitas diri dapat Anda lakukan dengan cara selalu bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, mengikuti berbagai pelatihan, meningkatkan keterampilan, dan lain sebagainya.

4. Tidak merusak sarana umum yang ada

Pemerintah telah menyediakan berbagai sarana umum untuk kepentingan rakyatnya. Tugas Anda dalam hal ini adalah menjaganya dan jangan sampai merusak fasilitas umum yang sudah ada. Dengan begitu, negara tidak akan rugi dalam mengeluarkan uang dan masyarakat lain dapat menikmati keberadaan fasilitas tersebut juga.

5. Meningkatkan investasi

Daripada menjadi rakyat yang konsumtif, Anda bisa membantu negara dengan cara meningkatkan investasi. Tabunglah uang Anda dan investasikan sehingga perputaran uang dinegara ini menjadi sehat.

Kini sudah sangat jelas, bukan, tentang perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui manfaatnya dan peran apa yang bisa Anda ambil untuk membantu majunya perekonomian di negeri ini.

Tinggalkan komentar