Teknik Perspektif : Pengertian, Fungsi, Jenis Contoh

teknik perspektif
teknik perspektif

Satu lagi teknik menggambar yang menarik untuk dikulik, yakni teknik perspektif. Rasanya belum cukup jika kita hanya belajar apa itu teknik arsir, pointilis, dussel dan lainnya. Pembahasan mengenai teknik perspektif ini akan melengkapi wawasan Anda menjadi luas lagi.

Nah apa itu teknik perspektif, jenis hingga contoh gambarnya akan dibahas secara lengkap disini. Pastikan Anda menyimak secara tuntas, ya?

Pengertian Teknik Perspektif

Seperti namanya, perspektif bisa juga diartikan sebagai sudut pandang. Pengertian teknik perspektif ini adalah sebuah teknik menggambar yang menggunakan sudut pandang tertentu. Mudahnya seberapa jauh jangkauan jarak pandang pada objek tertentu.

Seperti yang kita ketahui, sudut pandang setiap orang ketika memandang sebuah objek tentu berbeda. Misalnya saja saat kita berada di jalan raya, ada yang memandang hanya sampai jajaran toko di seberang jalan. Namun ada juga yang memandang jauh objek lain di ujung jalan.

Dengan teknik perspektif inilah seniman menggambarkan jarak pandang tertentu pada objek. Sebagai contoh jarak pandang yang dilihat dari arah yang berbeda tentu akan mendapatkan pandangan yang berbeda pula.

Hasil gambar yang dibuat dengan teknik perspektif juga umumnya dibuat dengan kesan tiga dimensi. Teknik yang digunakan yakni dengan cara menggambar garis, titik maupun letak benda yang ditata secara horizontal sebagaimana saat mata kita melihat sesuatu.

Fungsi Teknik Perspektif

Sudut pandang sebuah objek tentu saja pasti ada dalam sebuah gambar atau lukisan. Nah teknik perspektif inilah yang memberikan gambaran lebih detail mengenai sudut pandang tertentu dalam gambar. Fungsi teknik perspektif tentu saja untuk memberikan gambaran mengenai pandangan mata manusia pada objek tertentu.

Tadinya jarak pandang ini dibuat sesuai dengan realita bagaimana mata manusia melihat. Namun sekarang ini justru teknik perspektif digunakan untuk memberikan gambaran sudut pandang yang lebih luas. Artinya memungkinkan memberikan gambaran pandangan tertentu yang tadinya tidak bisa dijangkau mata manusia.

Sebagai contoh misalnya saja jarak pandang dari bagian atas kota dengan ketinggian tertentu. Meskipun begitu namun teknik ini tetap belum bisa diartikan tanpa batas karena masih adanya titik hilang. Paling luas jarak pandang yang bisa digambarkan yakni melibatkan tiga titik hilang dalam satu bidang gambar.

Macam Teknik Perspektif

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa jenis teknik perspektif yang umum digambar. Mulai dari satu titik hilang, dua bahkan yang paling luas yakni tiga titik hilang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini macam teknik perspektif lengkap dengan pembahasan dan contoh gambarnya.

1. Satu Titik Hilang

Seperti namanya, teknik perspektif yang melibatkan sudut pandang dengan satu titik hilang biasanya menggambarkan objek dengan jarak dekat. Bisa juga menggambarkan objek dan situasi tertentu sejauh pandangan depan mata. Intinya yakni hanya menyangkut gambaran pada pandangan tegak lurus dari mata manusia.

Sebagai contoh misalnya menggambarkan objek bangunan yang berjejer di sebuah tempat. Dimana posisi objek pertama umumnya akan digambarkan dengan ukuran paling besar. Dan semakin mendekati titik hilang maka gambaran objek terbut akan semakin kecil. Konsep ini dibuat persis sebagaimana mata manusia melihat.

Dan contoh penerapan yang paling mudah yakni untuk menggambarkan suasana satu ruangan interiror. Dengan satu titik hilang maka hanya ada satu titik hilang dalam satu bidang. Itulah mengapa teknik jenis ini umum digunakan untuk merancang gambaran bangunan interior. Mari amati contoh gambar yang dibuat menggunakan teknik perspektif satu titik hilang berikut ini.

gambar perspektif 1 titik hilang
gambar perspektif 1 titik hilang

Gambar di atas menjelaskan mengenai interior sebuah ruangan. Malai dari interior bangunan hingga perabot juga digambarkan secara lengkap sebagaimana sudut pandang yang ditangkat oleh mata manusia. Dan yang unik, gambar tersebut juga melibatkan unsur manusia di dalamnya. Tujuannya yakni agar gambar yang dibuat lebih terkesan dinamis dan tidak kaku.

2. Dua Titik Hilang

Jenis perspektif yang satu ini tentu saja digunakan untuk menggambarkan objek dengan dua titik hilang. Artinya akan ada dua pandangan kanan dan kiri pada garis cakrawala. Asumsinya mata memandang objek dari sisi tengah sehingga bisa melihat bagian kanan dan kiri objek tertentu.

Gambar akan dibuat dengan menggunakan garis yang tidak sejajar. Dimana ukuran objek paling besar akan diletakkan di bagian tengah. Hal ini selaras dengan jarak pandang mata yang akan menangkap objek terdekat menjadi objek yang terbesar.

Jenis perspektif ini umumnya diterapkan untuk kebutuhan arsitektur. Dimana fungsinya yakni untuk memberikan gambaran bentuk luar dari eksterior bangunan tertentu. Untuk hasil gambar yang tercipta juga terbilang dimanis. Artinya masih realistis sebagaimana gambaran sebenarnya yang ditangkap oleh mata manusia.

Bagaimana, apakah Anda masih belum tergambar secara jelas bagaimana bentuk perspektif ini? Mari amati gambar contoh teknik perspektif dua titik hilang di bawah agar Anda bisa semakin memahaminya dengan lebih jelas.

gambar perspektif 2 titik hilang
gambar perspektif 2 titik hilang

Gambar di atas menggambarkan seperti apa situasi bangunan berderet jika dilihat dari sisi tengah. Ada titik hilang di bagian kanan dan bagian kiri gambar. Objek yang paling dekat dengan jarak pandang mata dibuat menjadi lebih besar. Inilah gambaran bagian luar bangunan berderet jika diamati dengan dua titik hilang.

3. Tiga Titik Hilang

Lain dengan teknik perspektif satu dan dua, untuk jarak pandang dengan tiga titik hilang ini terbilang lebih luas jangkauannya. Bahkan terbilang bukan jangkauan yang bisa dilihat oleh pandangan mata manusia pada umumnya. Itulah mengapa teknik perspektif tiga titik hilang digunakan untuk memberikan gambaran yang terbilang kompleks dan sulit.

Dimana seolah – olah gambaran objek tertentu yang tadinya tidak bisa dijangkau justru bisa dilihat dengan mata. Misalnya saja objek yang dilihat dari ketinggian atau titik rendah tertentu. Untuk membuatnya setidaknya dibutuhkan tiga garis orthogonal untuk menciptakan tiga titik hilang pada masing – masing objek.

Implementasi perspektif jenis ini umumnya ada pada jangkauan yang ditangkap kamera CCTV ataupun pilot di dalam pesawat terbang. Gambaran ini juga yang sebenarnya ditangkap oleh burung yang terbang dengan ketinggian tertentu. Gambar yang dieskpos akan dituangkan dalam media dua dimensi agar lebih jelas.

gambar perspektif 3 titik hilang
gambar perspektif 3 titik hilang

Contoh Gambar Perspektif

Ingin mencoba membuat gambar perspektif sendiri? Anda bisa mencoba membuat gambar yang sederhana terlebih dahulu untuk permulaan. Setelah terbiasa, mulailah mencoba gambar yang lebih komplek dengan detail yang lebih lengkap. Berikut ini contoh gambar perspektif yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi.

1. Contoh Gambar Perspektif Sederhana Satu Titik Hilang

gambar perspektif satu titik hilang
gambar perspektif satu titik hilang

Referensi ini mungkin terbilang rumit bagi pemula, namun yang ingin mencoba membuat gambar dengan teknik perspektif satu titik hilang ini cukup bagus untuk belajar. Artinya banyak detail objek yang perlu digambarkan dengan jelas. Bahkan ada unsur tambahan berupa gambar manusia yang sedang menaiki sepeda. Namun dari segi visual tentu saja gambar ini jauh lebih menarik, bukan?

2. Contoh Gambar Perspektif Dua Titik Hilang

gambar perspektif dua titik hilang
gambar perspektif dua titik hilang

Nah untuk contoh gambar perspektif dua titik hilang ini terbilang lebih rumit. Namun semakin rumit gambar tersebut akan semakin menantang bukan? Untuk membuatnya kamu bisa tentukan 2 titik lenyap terlebih dahulu, kemudian kamu buat gambar dan tarik garis semua menuju ke 2 titik hilang.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai teknik perspektif yang bisa Anda pelajari. Mulai dari teori yang paling dasar yakni pengertian hingga jenis dan contohnya sudah dibahas secara lengkap di atas. Kini tidak hanya mengetahui, Anda juga bisa praktik membuatnya langsung.

Mungkin butuh proses yang tidak sebentar untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus. Namun dengan ketekunan dan ketelitian, perlahan tapi pasti gambar Anda juga akan mempunyai ciri khas dan nilai lebih dari sebelumnya.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri