Karya Seni Rupa 3 Dimensi: Pengertian, Teknik, Unsur, dan Contohnya

Karya Seni Rupa 3 Dimensi – Berbicara mengenai seni, ada salah satu jenis seni yang kita sering bersinggungan dengannya pada kehidupan sehari-hari. Ya, seni tersebut adalah seni rupa 3 dimensi. Nah, apakah kamu sudah mengetahui definisinya? Sebenarnya apasih seni rupa 3D itu? Lalu bagaimana teknik, unsur, dan juga contohnya? Tenang, kamu akan segera mengetahui semua jawabannya pada artikel berikut ini!

Pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi

pengertian seni rupa 3 dimensi
pengertian seni rupa 3 dimensi

Definisi secara umum karya seni rupa 3 dimensi ialah seni rupa yang tersusun dengan 3 sisi yakni sisi panjang, lebar, dan juga tinggi. Secara sederhana pengertian seni rupa 3 dimensi juga dapat didefinisikan sebagai karya seni yang mempunyai volume dan terdapat pada sebuah ruang. Tentu sangat berbeda dengan seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki dua batas di tiap sisinya, yakni panjang dan juga lebar.

Sedangkan definisinya menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Rondhi & Sumartono: Pengertian seni rupa 3 dimensi merupakan seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi; atau karya seni yang mempunyai volume dan menempati ruang. Sebagai contoh dari karya seni 3D ialah patung, keramik, dan lain-lain.
  • Nana Sudjana: Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah suatu alat peraga yang memiliki panjang, lebar, dan juga tinggi yang mana alat peraga tersebut dapat diamati dari sudut pandang manapun.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang bendanya memiliki panjang, lebar, dan tinggi atau dengan kata lain memiliki volume atau sebuah ruang.

Teknik Karya Seni Rupa 3 Dimensi

teknik seni rupa 3 dimensi
teknik seni rupa 3 dimensi

Ada berbagai teknik yang bisa diaplikasikan dalam menciptakan suatu seni rupa 3D. Apasajakah teknik berkarya seni rupa 3 dimensi yang bisa diterapkan atau dimiliki? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Teknik Aplikasi

Teknik seni rupa 3 dimensi yang pertama adalah teknik aplikasi. Ia merupakan teknik karya hias dalam seni menjahit yang mana teknik ini dilakukan dengan cara menempelkan berbagai macam guntingan kain yang berbentuk hiasan. Hiasan-hiasan seperti binatang, bunga, maupun bentuk lainnya ini pada sebuah kain lain berfungsi sebagai hiasan.

2. Teknik Mozaik

Teknik seni rupa 3 dimensi selanjutnya adalah teknik mozaik. Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara menempelkan benda yang berdimensi tiga yang kemudian diatur dan ditata sedemikian rupa yang mana hasilmya adalah membentuk sebuah gambar atau lukisan.

3. Teknik Merakit

Teknik karya seni rupa 3 dimensi selanjutnya ialah teknik merakit. Ia merupakan teknik yang membuat suatu karya seni rupa dengan cara menyambung bahan-bahan yang tersedia.

Cara menyambung bahan tersebut disebut merakit dan hasilnya disebut rakitan. Cara penggabungan bahan tersebut dapat diaplikasikan dengan berbagai cara seperti disekrup, dipatri, dilas, dan lain sebagainya.

4. Teknik Pahat

Teknik pahat adalah teknik berkarya seni rupa 3 dimensi yang mana membentuk suatu seni dengan cara membuang bagian atau bahan yang tidak diperlukan. Memahat umumnya memakai alat pahat, martil, dan kikir. Umumnya bahan atau media yang digunakan ialah bahan yang keras seperti gips, kayu, batu, dan lain sebagainya.

5. Teknik Menuang atau Cor

Teknik terakhir yang dapat digunakan untuk membuat seni rupa 3 dimensi adalah teknik menuang atau cor. Teknik ini ialah teknik yang dilakukan dengan cara menuangkan bahan cair pada suatu alat cetakan.

Ketika nanti bahan cair tersebut mengeras, kemudian akan menjadi suatu hail karya seni. Umumnya bahan cair yang digunakan ialah semen, karet, gips, maupun logam.

Nah itulah teknik-teknik seni rupa 3 dimensi yang bisa kamu coba dan latih dalam membuat sebuah karya seni rupa 3 dimensi yang fenomenal. Adapun unsur-unsur seni rupa 3 dimensi yang harus kamu ketahui ada di bawah ini.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

unsur seni rupa 3 dimensi
unsur seni rupa 3 dimensi

Setelah mengetahui tentang teknik-teknik seni rupa tiga dimensi, maka kamu harus mengetahui juga unsur apa sajakah yang ada pada seni rupa yang satu ini. Unsur merupakan elemen pembentuk yang membuatnya menjadi karya 3D. Unsur-unsur seni rupa 3 dimensi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Titik

Titik merupakan unsur seni rupa 3 dimensi yang sangat mendasar dan utama, Ia sangat kecil dan bentuknya adalah layaknya sebuah bintik pada seni rupa. Titik merupakan awalan untuk membentuk unsur-unsur lainnya. Keberadaan titik sangat penting pada suatu karya seni 3 dimensi.

2. Garis

Unsur seni rupa 3 dimensi berikutnya adalah Garis. Yang mana garis dapat didefinisikan sebagai kumpulan titik yang memanjang. Garis sendiri memiliki beberapa kategori atau sifat misalnya panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, tebal. bergelombang, liris, dan sebagainya.

Jika berbicara mengenai garispun, garis memiliki berbagai macam bentuk seperti garis tegak, melengkung, bergelombang, tipis, dan lain sebagainya,

3. Bidang

Unsur seni rupa 3 dimensi selanjutnya ialah bidang. Bidang merupakan kumpulan dari garis yang bersambungan satu sama lain. Disini bidang dapat didimensikan sebagai panjang, lebar, dan juga tinggi. Bidang merupakan bentuk yang memiliki isi atau volume.

Jika diklasifikasikan berdasarkam bentuknya, maka bidang dan bentuk memiliki berbagai macam ragam, misalnya bidang simetris, geometris, non geometris, dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Bentuk adalah salah satu unsur seni rupa 3 dimensi seperti benda yang sudah memiliki nilai dan maknanya tersendiri, contohnya seperti lemari, meja, kursi, dan lain sebagainya.

5. Tekstur

Unsur seni rupa 3 dimensi yang terakhir adalah tekstur. Tekstur sendiri dapat didefinisikan sebagai sifat permukaan suatu benda. Sifat tersebut dapat disebut halus, kasar, berpori, licin, mengkilap, dan lain sebagainya.

Tekstur dari suatu seni rupa dapat kamu pastikan dengan indra pengelihatan dan juga indra perabamu.

Tak terasa kita sudah memasuki materi yang terakhir yaitu kita akan bahas contoh-contoh karya seni rupa 3 dimensi yang dapat kalian lihat di bawah ini.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

contoh seni rupa 3 dimensi
contoh karya seni rupa 3 dimensi

Setelah mengetahui pengertian, teknik, serta unsurnya, maka kamu harus mengetahui dong, apa saja yang menjadi contoh seni rupa 3 dimensi ini. Apasajakah contohnya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Anyaman

Kamu pasti pernah menemui benda yang terbuat dari anyaman, bukan? Anyaman sendiri sebenarnya masuk kategori karya seni rupa 3 dimensi terapan.

Maksudnya, ia tidak hanya berfungsi sebagai dinikmati keindahannya saja, tetapi memiliki nilai guna juga. Umumnya anyaman digunakan sebagai berbagai benda atau keranjang dan tidak jarang dibuat sebagai tikar.

2. Patung

Kamu pasti sering kan melihat patung-patung ditengah kota sebagai monumen dan mengingat jasa pahlawan? Ya, patung adalah salah satu contoh seni rupa 3 dimensi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Patung sendiri dapat terbuat dari berbagai media antara lain dari kayu, batu, logam, dan lain sebagainya. Ketika kita melihat patung, kita dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang maka dari itulah patung masuk kategori karya seni 3 dimensi.

Berdasarkan tekniknya, patung di kategorikan menjadi dua yakni:

  1. Zonde Bosse: Patung yang mampu berdiri sendiri tanpa bantuan pada kanan kirinya.
  2. Relief: Merupakan patung yang menempel pada permukaan dinding dan umumnya menggambarkan suatu cerita.

3. Keramik

Keramik juga merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi, yang mana keramik dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia mulai dari hiasan hingga untuk wadah-wadah yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahan utama keramik ialah tanah liat dan kemudian melalui berbagai macam proses seperti dipijir, dibutsir, dibakar, dan diglatsir.

4. Arsitektur

Arsitektur ialah seni rupa tiga dimensi yang mana merupakan ilmu dalam merancang bangunan. Hal tersebut mencakup membangun keseluruhan yang ada dimulai dari level makro hingga level yang mikro.

Kini kamu telah mengetahui kan, ternyata karya seni rupa 3 dimensi sangat erat kaitannya dengan kehidupan kamu sehari-hari. Bahkan, tidak sadar kamu sering menggunakan karya-karya seni rupa tiga dimensi terapan dalam menjalani aktifitas sehari-hari kamu. Sekian artikel ini ya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar