Karya Seni Rupa 2 Dimensi : Pengertian, Teknik, Unsur dan Contohnya

Seni Rupa 2 Dimensi adalah salah satu seni rupa yang hanya memiliki dua sisi saja dan tidak memiliki ruang. Seni rupa jenis satu ini sangat terkenal dan banyak dipraktekkan oleh seniman-seniman modern saat ini. Karya seni rupa 2 dimensi ini terdiri dari susunan bentuk, garis, warna, nada dan tekstur pada permukaan dua dimensi, sehingga menciptakan citra estetika.

Lukisan dari 2 dimensi yang telah selesai sepenuhnya akan mepresentasikan makna yang naturalistik seperti yang dimiliki oleh para fotorealis atau bisa juga seluruhnya abstrak -hanya terdiri dari bentuk-bentuk geometris. Lalu seperti apakah jenis-jenis dari karya seni rupa dengan prinsip 2 dimensi itu sendiri?

Sebelum kita lanjut ke materi seni rupa 2 dimensi ini, pastiguna akan kasih sedikit gambaran tetang apa saja pembahasan materi kita kali ini. Ya, kita akan bahas lengkap tentang karya seni rupa 2 dimensi mulai dari pengertian seni rupa 2 dimensi, unsur-unsur seni rupa 2 dimensi, teknik-teknik seni rupa 2 dimensi, dan contoh-contoh seni rupa 2 dimensi. Yuk langsug simak penjelasannya berikut.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

pengertian seni rupa 2 dimensi
pengertian seni rupa 2 dimensi

Dimensi adalah sesuatu yang dapat diukur seperti panjang, lebar, dan tinggi Anda. Adapun pengertian seni rupa 2 dimensi adalah mempelajari keterampilan dalam menggambar atau melukis yang mengarah ke sesuatu dengan benar di ruang pada permukaan 2D atau layar komputer.

Seniman akan menciptakan karya dua dimensi ekspresi visual, dengan cara apa pun yang menarik bagi dirinya dan bagi siapa saja yang melihatnya.

Karya seni rupa 2 dimensi atau lebih dikenal dengan seni rupa 2D ini sangat sederhana. 2-D adalah sebuah karya di atas kertas atau papan – misalnya – seperti menggambar, mencetak, lukisan: ada tinggi dan lebar tetapi tidak ada kedalaman nyata yang ditempati di ruang angkasa.

Karya seni rupa 2 dimensi hanya mencakup panjang dan lebar objek datar seperti gambar, cetak, atau lukisan. Sementara seni 3 dimensi meliputi panjang, lebar, dan kedalaman suatu benda seperti struktur, bangunan, atau patung. Kamu sendiri pernah melihat secara langsung lukisan 2 dimensi belum? Iya itulah salah satu contoh dari karya seni rupa 2 dimensi.

Nah itulah penjelasan tentang pengertian seni rupa 2 dimensi yang mudah-mudah bisa membuat kamu jadi tahu apa itu karya seni rupa 2 dimensi? Sekarang kita lanjut ke materi selanjutnya yakni kita akan bahas tentang unsur-unsur seni rupa 2 dimensi sebagai berikut.

Unsur-Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

unsur-unsur seni rupa 2 dimensi
unsur-unsur seni rupa 2 dimensi

Adapun unsur-unsur seni rupa 2 dimensi adalah sebagai berikut :

1) Garis

Garis mencakup segala sesuatu dari garis dasar dan kontur dasar, hingga tepi nada dan warna. Unsur garis dalam seni rupa 2D memperbaiki hubungan antara elemen-elemen yang berdekatan atau terpencil dan area permukaan lukisan.

2) Bentuk dan Massa

Bentuk dan massa mencakup berbagai bidang warna, nada dan tekstur yang berbeda, bersamaan dengan gambar tertentu di dalamnya. Banyak lukisan yang paling terkenal dengan konsep 2D nya seperti lukisan Perjamuan Terakhir oleh Leonardo Da Vinci yang diatur secara optikal di sekitar bentuk geometris. Ruang negatif juga dapat digunakan untuk menekankan fitur komposisi tertentu.

3) Warna

Warna mengingatkan bahwa mata manusia dapat mengidentifikasi hingga 10 juta warna yang berbeda dan warna memiliki banyak kegunaan yang berbeda. Warna dapat digunakan secara deskriptif atau untuk menyampaikan pesan moral dan suasana hati yang emosional.

Warna juga digunakan untuk menggambarkan efek cahaya dan bahkan pelukis-pelukis yang terkenal telah mengeksploitasi kontras antara warna untuk efek dramatis

4) Volume dan Ruang

Volume dan ruang berkaitan dengan bagaimana seniman menciptakan hubungan kedalaman dalam permukaan datar gambar. Seniman tradisional melakukan teknik ini dengan menggunakan konsep perspektif linier, seperti yang dikembangkan selama zaman Renaissance oleh seniman terkenal bernama Piero della Francesc.

Ruang dan volume menunjukkan fitur karakteristik karya seni rupa yang dihasilkan termasuk bentuk gaya rata yang digunakan oleh orang Mesir zaman dahulu.

5) Gerakan

Unsur gerakan memperhatikan bagaimana mata orang yang melihat karya seni rupa itu memperhatikan gambar dalam hal kecepatan dan arah, baik untuk pengembangan narasinya atau memahami peluang sudut untuk belajar. .

Dalam gambar diam seperti lukisan atau foto, di mana tidak ada yang benar-benar bergerak, berbagai strategi dapat digunakan untuk memberi kesan rasa gerakan dan kecepatan, atau untuk menggerakkan mata pemirsa melalui garis, diagonal dan elemen yang tidak seimbang.

6) Nilai

Seberapa terang atau gelap suatu objek atau elemen, terlepas dari warnanya? Suatu lukisan umumnya menggunakan nilai untuk menggambarkan cahaya dan bayangan serta menunjukkan volume.Secara umum, menghasilkan karya dengan menggunakan nilai akan lebih menonjol dan secara visual lebih kaya dan lebih menyenangkan.

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

teknik seni rupa 2 dimensi
teknik seni rupa 2 dimensi

Proses dan teknik seni rupa 2 dimensi adalah yang dibuat pada bidang datar. Karya seni 2D memiliki tinggi dan lebar, tetapi kedalamannya tidak signifikan. Beberapa karya seni rupa 2 dimensi umumnya adalah menggambar, seni grafis, melukis, fotografi, dan beberapa media campuran. Ada beberapa teknik seni rupa 2 dimensi yang biasa diterapkan dalam menggambarkan sebuah karya seni rupa 2D di antaranya adalah :

1) Teknik Kolase

Istilah kolase berasal dari kata papiers collés (atau découpage) Prancis, yang digunakan untuk menggambarkan teknik dengan menempelkan potongan kertas ke berbagai permukaan.

Kolase adalah teknik produksi seni, yang digunakan dalam seni visual, di mana karya seni dibuat dari kumpulan bentuk yang berbeda, sehingga menciptakan keseluruhan yang baru. Teknik seni rupa 2 dimensi ini pertama kali digunakan sebagai seniman di awal abad kedua puluh.

2) Teknik Transparan

Teknik untuk lukisan transparan adalah melukis di atas kanvas atau media transparan yang tembus dan buram. Teknik seni rupa 2 dimensi yang satu ini menggunakan cat yang bersifat transparan, tembus cahaya, atau buram. Beberapa bahan yang digunakan adalah cat air akrilik dan beberapa bahan lainnya.

3) Teknik plakat

Berbeda dengan teknik melukis yang terkesan transparan. Teknik plakat adalah teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik, dan cat minyak dengan coretan tebal dan komposisi cat yang juga tebal sehingga memberi kesan warna-warni pada setiap karya.

4) Watercolor painting

Watercolor painting adalah tenik lukisan cat air yang biasanya dilakukan di atas kertas. Dalam jenis lukisan khusus ini, orang menggunakan cat berbasis air untuk mencampur warna dan karenanya disebut lukisan watercolour.

Baik lukisan yang menggunakan cat minyak atau lukisan cat air sebenarnya sama sulitnya dan saat ini ada banyak seniman yang mencoba lukisan yang tampak realistis menggunakan cat air. Perpaduan warna sangat penting dalam teknik membuat lukisan ini.

Nah itulah jenis-jenis teknik seni rupa 2 dimensi yang bisa kamu pelajari lebih detail lagi jika ingin mendalaminya. Sekarang kita masuk materi seni rupa 2 dimensi yang terakhir yakni kita kan sajikan contoh-contoh karya seni rupa 2 dimensi seperti di bawah ini.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

contoh seni rupa 2 dimensi
contoh karya seni rupa 2 dimensi

Ketika Kamu mengunjungi museum seni dan memasuki salah satu ruang yang dipenuhi dengan lukisan, gambar dan foto, maka sebenarnya itulah contoh-contoh karya seni rupa 2 dimensi. Nah, berikut adalah contoh-contoh karya seni rupa 2 dimensi :

1) Gambar

Gambar adalah bagian dari contoh seni rupa 2 dimensi karena menonjolkan unsur garis dan bentuk untuk mengekspresikan imajinasi yang dimiliki. Contoh-contoh gambar yang mengusung karya seni rupa 2 dimensi adalah gambar arsitektur, ilustrasi dan desain.

2) Lukisan

Lukisan adalah hal yang menggambarkan ekspresi ide dan emosi, dengan penciptaan kualitas estetika tertentu, dalam bahasa visual dua dimensi.

Unsur-unsur seperti bentuk, garis, warna, nada, dan teksturnya sering digunakan dan digabungkan menjadi pola-pola ekspresif untuk mewakili fenomena nyata atau supranatural dan untuk menafsirkan tema naratif, atau untuk menciptakan hubungan visual yang sepenuhnya abstrak.

3) Poster

Poster adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi karena menampilkan gambar yang memberikan sebuah informasi bagi siapa saja yang melihatnya. Poster sebenarnya adalah sebuah karya seni rupa yang sangat bermanfaat karena efektif digunakan sebagai iklan di abad ini.

Dari beberapa contoh seni rupa 2 dimensi di atas, Kamu pasti tidak asing dengan salah satu contohnya bukan? Kamu pasti sering menyaksikan karya-karya seni rupa 2 dimensi sepeti diatas, terlebih poster. Benar begitu?

Nah alhamdulillah telah selesailah pembahasan tentang materi seni rupa 2 dimensi mulai dari pengertian seni rupa 2 dimensi, unsur-unsur seni rupa 2 dimensi, teknik-teknik seni rupa 2 dimensi, dan contoh-contoh seni rupa 2 dimensi. Mudah-mudahan kamu bisa mengambil manfaat dari pembahasan artikel kali ini.

Tinggalkan komentar