Pengertian Seni Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian seni –  Apa itu seni? Baik, yang dimaksud seni adalah beragam aktivitas manusia dalam menciptakan artefak visual, pendengaran atau pertunjukan karya seni. Pengertian seni adalah cara untuk mengekspresikan daya imajinatif, gagasan konseptual, atau keterampilan teknis penulis, yang dimaksudkan untuk dihargai karena keindahan atau kekuatan emosional mereka.

Jika kamu masih bingung seperti apakah pengertian seni itu lebih lanjut dan apa saja jenis-jenis dari seni itu sendiri, cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Pengertian Seni Secara Umum

pengertian seni
pengertian seni

Istilah “seni” secara umum memiliki arti keterampilan, atau kerajinan. Penggunaan kata seni diketahui pertama kali berasal dari manuskrip abad ke-13. Namun, sebenarnya kata seni dan banyak variannya sudah ada sejak berdirinya Roma.

Definisi seni telah diperdebatkan selama berabad-abad di antara para filsuf. Apa itu seni adalah pertanyaan paling mendasar dalam filsafat estetika, yang berarti, bagaimana manusia telah menentukan apa yang didefinisikan sebagai seni.

Nah, yang perlu kamu ketahui, definisi seni secara umum sendiri telah jatuh ke dalam tiga kategori: representasi, ekspresi, dan bentuk. Dalam perspektif sejarah, seni adalah karya-karya artistik yang telah ada hampir selama umat manusia.

Seni telah ada sejak zaman pra-sejarah awal. Satu pengertian awal tentang definisi seni terkait erat dengan makna Latin yang lebih tua, yang secara kasar diterjemahkan menjadi “keterampilan” atau “kerajinan,” yang dikaitkan dengan kata-kata seperti “pengrajin”.

Kata-kata seni berasal dari makna yang meliputi artefak, artifisial, artifisial, seni medis, dan seni militer. Namun, ada banyak kegunaan kata sehari-hari lainnya dari kata tersebut, semua dengan beberapa hubungan dengan etimologinya.

Kegiatan lain yang terkait dengan produksi karya seni termasuk kritik seni, studi sejarah seni, dan penyebaran estetika. Kemudian seni dibagi lagi menjadi tiga cabang di antaranya seni lukis, seni pahat, dan arsitektur.

Musik, teater, film, tari, dan seni pertunjukan lainnya, serta sastra dan media lain seperti media interaktif, dimasukkan dalam definisi seni yang lebih luas. Sampai abad ke-17, seni mengacu pada keterampilan atau penguasaan apa pun dan tidak dibedakan dari kerajinan atau ilmu pengetahuan.

Dalam penggunaan modern setelah abad ke-17, di mana pertimbangan estetika adalah yang terpenting, seni rupa dipisahkan dan dibedakan dari keterampilan yang diperoleh secara umum, seperti seni dekoratif atau seni terapan.

Meskipun definisi apa yang merupakan seni dipertentangkan, definisi seni telah berubah dari waktu ke waktu, deskripsi umum menyebutkan gagasan keterampilan imajinatif atau teknis yang berasal dari agensi manusia dan penciptaan adalah maksud dari seni itu sendiri, lho.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

pengertian seni menurut para ahli
pengertian seni menurut para ahli

Lalu apa ya pengertian seni menurut para ahli itu sendiri?

1. Leo Tolstoy

Seni bukanlah, seperti yang dikatakan oleh para ahli metafisika, seni adalah manifestasi dari beberapa gagasan misterius tentang keindahan. Seni adalah estetika, sebuah permainan di mana manusia melepaskan kelebihan energinya yang tersimpan dan dicurahkan ke dalam karya.

Seni bukan ekspresi emosi manusia oleh tanda-tanda eksternal. Seni bukan hanya bicara mengenai produksi benda-benda yang menyenangkan, tetapi seni adalah sarana persatuan di antara manusia, menyatukan mereka bersama dalam perasaan yang sama, dan sangat diperlukan untuk kehidupan dan kemajuan menuju kesejahteraan individu dan kemanusiaan.

2. Frank Lloyd Wright

Seni adalah penemuan dan pengembangan prinsip-prinsip dasar alam menjadi bentuk-bentuk indah yang cocok untuk digunakan manusia.

3. Michelangelo Pistoletto

Seni adalah di atas segalanya, seniman tidak boleh hanya di galeri seni atau museum, namun mereka harus hadir dalam semua kegiatan yang memungkinkan.

4. Federico Fellini

Semua seni adalah otobiografi, jauh lebih luas daripada karya-karya jenis seni lainnya. dari kerajinan tangan hingga lukisan

Jenis-jenis Seni

Berikut ini adalah jenis-jenis dari seni, di antaranya adalah :

1. Seni lukis

Seni lukis adalah penciptaan gambar artistik dengan bantuan cat warna dan diterapkan ke permukaan keras (dasar).

Melukis secara visual mereproduksi kekayaan realitas yang penuh warna, ruangnya, dan objektivitasnya, mewujudkan berbagai gagasan tentang kehidupan manusia, masyarakat, dan alam.

Tergantung pada bahan yang digunakan oleh seniman untuk membuat lukisan (minyak, lem, lilin, dll.), Jenis lukisan seperti itu dibedakan sebagai lukisan minyak, tempera, lukisan di atas plester (fresco), encaustic (lukisan lilin di papan tulis) , dll. Ada berbagai genre lukisan: pemandangan, potret, lukisan alam benda, lukisan sejarah, genre rumah tangga, dll.

Ada juga berbagai jenis lukisan seperti lukisan kuda-kuda, atau lukisan, lukisan ikon, panorama dan diorama, lukisan monumental-dekoratif, dekorasi, dll. Penemuan pembukaan, perspektif, dan pemodelan cut-off diperkaya secara signifikan.

2. Seni rupa

Seni rupa adalah suatu keindahan yang diciptakan manusia menjadi sebuah wujud dan bisa berupa patung atau arca. Patung adalah jenis seni rupa, yang mewakili bentuk-bentuk orang, – hewan dan bahkan benda-benda di sekitar.

Seni rupa melibatkan ekspresi kreatif, dan tidak harus indah. Seni rupa menyampaikan ide atau emosi dan seni rupa hadir pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dengan munculnya seni abstrak, seni yang ada untuk tujuannya sendiri.

3. Seni sastra

Seni sastra adalah disiplin integratif ide, apresiasi dan penulisan kreatif multi-modal. Sastra adalah penulisan kreatif atau literatur yang menuangkan ide-ide imajinatif. Seni sastra berhubungan dengan kata-kata termasuk menulis, mengedit, mengkritik, mengajar, meninjau, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan komunikasi tertulis.

Kegiatan-kegiatan ini berlangsung dalam berbagai pengaturan, seperti ruang kelas, lokakarya / pusat penulis, perusahaan penerbitan buku dan majalah, dan perpustakaan.

4. Seni musik

Seni musik adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan suara yang diolah secara serius. Seni musik adalah istilah yang mencakup tradisi musik yang menerapkan pertimbangan struktural dan teoretis maju dengan tradisi musik yang ditulis.

Suara sebagai dasar pencitraan musik dan ekspresif tidak memiliki konkret semantik kata-kata, dan mereproduksi gambar-gambar dunia yang terlihat.

Komponen komposisi musik, seperti melodi, harmoni, irama, komposisi, polifoni , tekstur, dll., memberikan ekspresi musik. Musik dapat dilakukan dengan memberikan vokal, instrumental, vokal dan instrumental.

Musik ada dalam berbagai jenis dan genre, simfoni, opera dan musik kamar; tetapi ada musik untuk lagu, tarian, simfoni, sonata, suite, opera heroik atau komik, dll. Musik mampu mengekspresikan nuansa perasaan manusia yang paling halus dan memengaruhi psikologi seseorang.

5. Seni tari

Seni tari adalah gerakan yang memiliki nilai estetika dan simbolik yang memiliki makna. Tarian adalah seni karena dengan tarian seseorang apat menceritakan sebuah kisah tanpa menggunakan suara. Melalui koreografi dan ekspresi wajah manusia, tarian dapat mengubah diri Anda sepenuhnya menjadi karakter lain.

Menari adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan membiarkan manusia menjadi dirinya sendiri. Menari adalah kegiatan yang sangat unik karena dapat diklasifikasikan sebagai olahraga dan seni.

Selain kelima jenis di atas, ada juga jenis seni lainnya seperti teater, seni foto, sirkus, seni pop, seni dekoratif, terapan, dan lain sebagainya. Kamu sendiri, salah satu pecinta seni bukan?

Tinggalkan komentar