Seni Rupa Murni, Semurni Keindahannya

Dalam ilmu pengetahuan, ada bagian yang disebut ilmu seni, segala sesuatu yang berhubungan dengan keindahan dan merupakan hasil karya dari manusia untuk berbagai alasan. Ilmu seni sendiri ada yang masuk kategori seni rupa yang kemudian dibagi lagi atas dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Kali ini kamu akan dibuat lebih paham tentang seni rupa yang murni, semurni apakah dia?

Pengertian

Pengertian dari seni rupa kategori murni adalah karya seni yang dibuat untuk tujuan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya, bukan tujuan komersil atau tujuan lainnya. jadi bagi kamu yang suka keindahan, sangat tepat untuk menekuni seni jenis ini, selain hasilnya akan membuat sebuah kepuasan bathin, bisa saja keindahannya menular pada pribadimu bukan?

Kalau dikaji dari sejarah, seni rupa murni sudah ada sejak lama. Berawal dari penggunaan getah dari pohon oleh manusia purba yang kemudian dibentuk sedemikian rupa dan mereka tempelkan pada batu. Lalu berlanjut menjadi karya-karya yang lebih modern dan banyak bahan yang digunakan, mulai dari batu, kayu, hingga pasirpun jadi media seni.

Karya seni rupa jenis murni ini ada yang hanya menggunakan teknik dua dimensi atau hanya bisa dilihat pada arah tertentu saja, kemudian adapula yang menggunakan teknik tiga dimensi yang bisa dilihat dari berbagai arah dengan perspektif yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan dari penciptanya. Hasil karya seni jenis ini banyak dipamerkan untuk memuaskan hasrat pencipta dan pencinta keindahan.

Fungsi

Tiga fungsi utama adari seni rupa murni mencerminkan bagaimana kamu harus bisa memahami sebuah karya seni secara lebih detil dan sempurna, sehingga maksud ari seni yang terlihat itu bisa kamu terima dengan baik.

1. Media Penyalur Kreativitas

Setiap orang memiliki kreativitasnya masing-masing, salah satunya di bidang seni. Dengan menyalurkannya dalam bentuk karya, dan terus berlajar untuk menyempurnakan kemampuan di bidang tersebut. ketika seorang seniman sudah mengetahui kreativitasnya di bidang seni apa, maka dia akan lebih fokus dan mampu menghasilkan karya seni yang spektakuler.

2. Memperindah Sesuatu

Percaya atau tidak, sebuah media jika diberi sentuhan seni rupa murnia akan menjadi bentuk yang lebih indah dan memiliki nilai lebih. Contohnya saja sebuah kertas kosong, kemudian dipakai untuk melukis sebuah pemandangan yang indah, tentunya nilai kertas menjadi lebih tinggi bukan?

Atau kayu yang biasanya hanya berbentuk bulat dengan diameter tertentu, jika dilihat pasti tak memiliki nilai seni, tapi kalau sudah diukir atau dijadikan patung atau karya seni lainnya, pasti akan terlihat lebih menawan.

3. Memberikan Pesan

Ada orang yang tak mampu menyampaikan pesan melalui kata-kata, tapi mampu menyalurkannya melalui karya seni rupa murni, itulah fungsi dari seni ini. Dimana penciptanya berupaya menyampaikan sebuah pesan yang mungkin sulit untuk diungkapkannya secara gamblang kepada orang atau pihak yang dituju.

Contohnya saja ungkapan cinta, banyak yang tak mampu berkata-kata ketika berada di hadapan orang yang dicinta, namun ketika dia menyalurkannya lewat sebuah karya seni, gebetan akan menerimanya dengan sukacita dan peluang diterima jauh lebih besar.

Jenis Dan Contohnya

Menguak jenis dari seni rupa murni setidaknya ada sembilan yang saat ini sangat mudah ditemukan, bahkan mungkin di rumahmu ada beberapa diantaranya tanpa kamu sadari. Berikut ini jenisnya lengkap dengan contoh agar kamu jadi lebih paham.

1. Patung

Jenis yang satu ini mampu menginterpretasikan banyak hal, karena dibuat dengan teknik tiga dimensi untuk mempermudah siapapun untuk menikmatinya. Selain batu atau kayu, patung juga kini bisa dibuat dari berbagai media kekinian seperti es, coklat, bahkan produk daur ulangpun sering dijadikan medianya untuk menghasilkan sebuah keindahan yang maksimal

Contoh dari patung yang terkenal adalah patung karya Micnhaelangelo tahun 1501 yang terbuat dari bahan marmer dinamai David karena menyerupai seorang pria dengan postur atletis dan seluruh bagian tubuhnya dibuat dengan sangat detil. Lalu ada patung Liberty di New York yang merupakan hadiah dari Prancis untuk Amerika Serikat di abad ke-19

2. Lukisan

Merupakan karya seni rupa murni yang berbentuk gambar yang dibuat di atas media seperti kanvas, kertas, bahkan dinding. Banyak tema yang diangkat dari pembuatan sebuah lukisan namun pada dasarnya mengedepankan unsure keindahan dan sebuah karakter yang diinginkan oleh penciptanya.

Contoh dari lukisan yang terkenal adalah The Scream yang dibuat oleh pelukis asal Norwegia bernama Edward Munch. Ada juga lukisan berjudul Guernica yang dibuat oleh Pablo Picasso, dan yang paling terkenal tentunya lukisan Mona Lisa yang diciptakan oleh pelukis Leonardo Davinci.

3. Fotografi

Termasuk dalam kategori murni karena mengedepankan keindahan melalui jepretan kamera. Jenis seni rupa murni ini sangat banyak contohnya, bahkan kamu juga pasti pernah menghasilkan sebuah foto dengan keindahan yang luar biasa, seperti pemandangan alam, kejadian tertentu atau foto abstrak.

4. Relief

Merupakan ukiran pada dinding batu yang sudah dibuat sejak zaman dahulu. Biasanya jenis seni ini banyak ditemukan pada benda sejarah seperti candi, bangunan kuno, hingga gua-gua. Contoh paling mudahnya adalah relief yang terdapat di dalam Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan candi lainnya di Indonesia.

5. Topeng

Topeng yang hanya untuk dipajang masuk dalam jenis seni ini, namun jika digunakan atau memiliki nilai lain maka akan masuk kategori seni rupa terapan. Contohnya adalah topeng karya seni yang ditampilkan di berbagai museum dengan pesan penting di dalamnya.

6. Mozaik

Merupakan jenis seni rupa murni yang cukup rumit, karena penciptanya akan membuat sebuah lukisan menggunakan pecahan sebuah benda yang disusun ulang. Contohnya adalah pecahan kaca, kain, bahkan yang terbaru ada yang membuatnya dari ampas teh, serat tertentu dan masih banyak lagi. contohnya adalah mozaik di Istana Bishapur India.

7. Ukiran

Jenis yang satu ini diciptakan untuk memberikan pesan karakteristik seseorang atau suatu daerah. Buktinya hampir di setiap daerah di Indonesua memiliki ukiran khas, seperti di Bali dengan ukiran khas dewa-dewa, ukiran Minang yang mengedepankan filosofi yang dianut masyarakatnya, atau ukiran Bugis yang juga sangat identik.

8. Kaligrafi

Jenis karya seni ini identik dengan Timur Tengah karena merupakan tulisan arab yang dilukis menjadi bentuk-bentuk indah dengan makna yang indah pula. Kaligrafi sering dipakai untuk menghiasi Masjid atau pajangan di rumah-rumah. kalau mau melihat contohnya, bisa masuk ke Masjid Istiqtal yang memiliki berbagai jenis kaligrafi.

9. Kerajinan Keramik

Berbahan dasar tanah liat, kerajinan ini masuk kaegori seni rupa murni karena keindahannya yang sangat sempurna, apalagi proses pembuatannya yang memerlukan kemampuan tingkat tinggi dalam hal kreativitas dan kelenturan tangan. Contohnya adalah kerajinan tanah liat berbentuk pohon, dedaunan, binatang dan banyak lagi contoh lainnya.

Apakah kamu sudah menemukan salah satu jenis seni rupa murni di rumahmu? Kalau ada tentu sekarang kamu tahu masuk jenis manakah karya tersebut. memang tak semua orang menyukai seni, tapi ketika sudah memilikinya otomatis akan ikut merasakan keindahan yang terpancar dari karya orang-orang kreatif tersebut.

Tinggalkan komentar