Teknik Blok (Siluet) dalam Menggambar atau Melukis

teknik blok
teknik blok

Teknik Blok dalam menggambar atau melukis adalah kegiatan yang menghasilkan karya seni. Tentu saja tidak sembarangan dibuat, Anda perlu mempelajari beragam tekniknya. Hal ini karena setiap teknik yang berbeda nantinya akan melahirkan karya yang berbeda pula.

Nah salah satu dari teknik-teknik menggambar atau melukis yang cukup populer yakni teknik blok. Dimana hasil karya yang dihasilkan nantinya akan berbentuk siluet. Umumnya karya siluet ini hanya mempunyai dua warna dasar saja, yakni hitam dan putih. Mari simak ulasan lengkap mengenai melukis menggunakan teknik blok berikut. Saatnya Anda belajar membuat karya lukis siluet yang lebih mengagumkan!

Pengertian teknik Blok

pengertian teknik blok
pengertian teknik blok

Di atas sudah sedikit dibahas mengenai pengertian teknik blok atau siluet ini. Mudahnya Anda bisa mengartikan teknik blok adalah cara melukis yang hanya memanfaatkan satu warna saja untuk satu bidang. Yang menjadi catatan, warna yang digunakan nantinya haruslah kontras dengan warna bidang frame atau kanvas.

Misalnya saja untuk bidang berwarna putih, maka spidol atau pewarna yang digunakan bisa mengambil warna hitam. Ini berlaku sebaliknya jika Anda menggunakan bidang berwarna hitam, ya? Intinya hasil akhir dari gambar yang dihasilkan hanya akan terlihat menjadi sebuah siluet saja. Artinya tanpa menghasilkan detail gambar tertentu seperti pada teknik melukis lainnya.

Macam-Macam Teknik Blok

Macam-Macam Teknik Blok
Macam-Macam Teknik Blok

Memang teknik yang digunakan terbilang lebih ringan dibandingkan teknik melukis lainnya, ya? Namun ternyata menggambar siluet ini juga ada beberapa pembagian jenisnya. Macam teknik blok ini dibagi berdasarkan proses menggambarnya.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai keduanya.

1. Teknik Blok dengan Siluet Positif

Untuk membuat gambar teknik blok dengan siluet positif, Anda perlu memberi warna sesuai bentuk yang ingin dimunculkan. Misalnya untuk kanvas berwarna putih, maka warnai bidang menggunakan warna hitam hingga bentuk yang ingin dibuat bisa tergambar jelas. Misalnya saja membentuk hewan tertentu atau bahkan siluet wajah manusia dari sisi samping.

2. Teknik Blok dengan Siluet Negatif

Nah kebalikannya dari siluet positif, untuk teknik blok dengan siluet negatif ini justru mengharuskan seniman menabur warna pada sekeliling bidang hingga gambar terbentuk. Misalnya saja untuk bidang berwarna hitam, maka pewarna putih akan dibalurkan merata dari sekeliling objek hingga terbentuk gambar tertentu.

3. Teknik Blok Campuran

Seperti namanya, proses menggambar siluet dengan teknik blok campuran ini memadukan dua cara. Dimana proses membentuk objek siluet dilakukan dengan cara saling menutup warna. Misalnya saja untuk warna hitam yang digunakan pada media berwarna putih. Kedua warna tersebut akan saling melebur dan dipadukan untuk membentuk objek siluet tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Blok

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Blok
Kelebihan dan Kekurangan Teknik Blok

Sudah bisa dipastikan, memang tidak ada satu teknik melukis atau menggambar yang benar – benar sempurna, bukan? Tidak terkecuali untuk teknik blok yang satu ini. Kelebihan dan kekurangan dari teknik blok ini bisa disebabkan oleh beberapa pertimbangan, diantaranya yaitu:

1. Tingkat Kemahiran Seniman

Setiap orang tentu harus melalui fase awal belajar membuat gambar atau lukisan. Nah masing – masing teknik lukis tentu saja tidak selalu cocok untuk semua pemula. Ada baiknya, untuk pemula bisa membuat gambar atau lukisan yang sederhana tanpa memerlukan banyak alat ataupun bahan.

2. Ketersediaan alat dan bahan

Tidak bisa dipungkiri ketersediaan alat dan bahan untuk menggambar atau melukis ini juga penting dipertimbangkan. Semakin lengkap fasilitas yang tersedia tentunya akan semakin leluasa seniman berkreasi dengan karyanya nanti. Dan tentu saja untuk bisa mendapatkan alat dan bahan yang lengkap, dibutuhkan juga budget atau anggaran yang memadai.

3. Ketersediaan Waktu

Untuk membuat gambar dengan teknik tertentu, maka dibutuhkan waktu yang bervariatif. Ada yang bisa selesai dengan waktu yang lebih singkat, namun ada juga yang membutuhkan waktu lama. Semakin detail hasil gambar atau lukisan yang dibuat maka akan lebih memakan banyak waktu. Sebaliknya, semakin sederhana gambar yang dibuat maka akan lebih cepat terselesaikan prosesnya.

Kurang lebih tiga poin di atas akan menjadi pertimbangan setiap kelebihan dan kekurangan teknik melukis apapun. Untuk melengkapi pengetahuan Anda, berikut ini kami ulas juga apa saja kelebihan dan kekurangan teknik blok secara lebih lengkap.

Nah dari ketiga poin di atas sebenarnya bisa juga diambil kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam teknik menggambar blok. Tentu saja berdasarkan perspektif masing – masing seniman, ya? Untuk lebih detailnya, berikut ini kami kupas beberapa kelebihan dan kekurangan menggambar atau melukis menggunakan teknik blok:

A. Kelebihan Menggambar dengan Teknik Blok

Kelebihan Teknik Blok
Kelebihan Teknik Blok

Terlepas untuk seniman pemula atau profesional, berikut ini beberapa kelebihan menciptakan karya menggunakan teknik blok:

  • Karya jenis ini didesain secara praktis dan minimalis
  • Tidak membutuhkan banyak alat dan bahan
  • Terkesan sederhana namun bisa dikreasikan menjadi karya yang mempunyai nilai estetika tinggi sehingga nilai jualnya juga tinggi.
  • Bisa dicoba oleh pemula sekalipun

B. Kekurangan Menggambar dengan Teknik Blok

Kekurangan Teknik Blok
Kekurangan Teknik Blok

Memang tidak sepenuhnya sempurna, berikut ini beberapa kekurangan menggambar atau melukis menggunakan teknik blok:

  • Terbilang kaku dan sulit dikreasikan agar unik dari lukisan kebanyakan
  • Butuh jam terbang cukup agar hasilnya rapi sesuai dengan bentuk objek yang ingin dilukis atau digambar
  • Kurang berwarna karena umumnya hanya menggunakan dua warna yakni hitam dan putih.
  • Hanya untuk menggambar siluet atau bayangan objek saja tanpa bisa menggambarkan detail tentang ekspresi dan lainnya.

Ciri-ciri Teknik Blok

Ciri-ciri Teknik Blok
Ciri-ciri Teknik Blok

Mengapa Anda perlu mengetahui ciri – ciri teknik blok? Tentu saja supaya lebih mudah bagi Anda mengenali setiap karya seni yang dilihat. Atau khusus bagi yang baru akan belajar membuat gambar teknik blok, ini akan memudahkan Anda membuat karya nantinya.

Rasanya akan lebih mudah memberikan sentuhan yang pas jika Anda mengetahui karakteristik dari masing – masing teknik melukis, bukan? Nah berikut ini beberapa ciri – ciri karya yang dibuat menggunakan teknik blok.

  • Jika menggunakan pensil, biasanya gambar dibuat tipis dan perlahan hingga mengasilkan siluet yang lebih terang dari warna bidangnya.
  • Untuk bidang dengan warna gelap, bisa jadi arsiran gambar dibuat secara lebih dalam agar menghasilkan goresan yang tebal. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas dan tebal.
  • Detail gambar tidak terlalu tampak, biasanya hanya dibuat menyerupai bentuk tertentu saja.
  • Gambar siluet identik dengan karya yang sederhana
  • Alat dan bahan yang digunakan terbilang lebih simpel dan harganya terjangkau
  • Untuk siluet wajah manusia, umumnya gambar dibuat dari tampilan sisi wajah untuk menghasilkan detail atau ciri khas tertentu.
  • Hanya terlihat menggunakan dua warna dasar saja, yang mana antara warna gambar dan kanvas biasanya saling kontras.

Alat dan Bahan Teknik Blok

Alat dan Bahan Teknik Blok
Alat dan Bahan Teknik Blok

Gambar teknik blok ini identik dengan karya yang cukup sederhana. Artinya jenis karya ini bisa dibuat tanpa perlu menggunakan beragam jenis bahan pewarna. Untuk media yang digunakan juga terbilang mudah, yakni kertas atau kanvas satu warna.

Untuk membuat siluet menggunakan gadget bahkan lebih mudah lagi. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi atau software desain untuk membuat siluet. Namun tentu saja tantangan berbeda dengan melukis di kanvas asli, ya?

Nah untuk Anda yang memang berencana belajar membuat siluet di kanvas asli tentu perlu menyiapkan alat dan bahannya berikut ini.

  1. Kanvas / Kertas atau Media untuk Menggambar
  2. Spidol hitam
  3. Tinta
  4. Pensil
  5. Bolpain

Kurang lebih itulah daftar alat dan bahan yang Anda perlukan untuk membuat gambar atau lukisan menggunakan teknik blok. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli beragam cat warna, cukup dua warna dasar saja Anda sudah bisa membuat siluet.

Teknik blok memberikan kesan bayangan atau siluet ini bahkan bisa dibuat hanya menggunakan satu warna dasar saja. Tips nya yakni misalkan dengan menggunakan media kanvas atau kertas berwarna putih. Selanjutnya gunakan warna hitam untuk membentuk objek atau mewarnai setiap bidang hingga terbentuk objek tertentu.

Dan untuk alat yang digunakan sebenarnya tidak baku harus tinta ataupun spidol, ya? Anda juga bisa berkreasi dengan cat air, cat poster, cat minyak bahkan crayon sekalipun. Intinya ada di kreativitas Anda mengeksplore gambar siluet agar lebih berkesan.

Cara menggambar dengan Teknik Blok

Cara menggambar dengan Teknik Blok

Bagaimana, sudah tidak sabar membedah cara menggambar dengan teknik blok ? Untuk menghasilkan gambar siluet tentu saja ada tahapan yang perlu dilakukan. Sebenarnya tidak terlalu rumit bahkan untuk pemula sekalipun.

Dan kabar baiknya alat dan bahan yang diperlukan juga tidak begitu banyak. Berikut ini tutorial cara menggambar atau melukis dengan teknik blok yang bisa Anda coba.

  • Tentukan satu objek yang akan dilukis atau digambar. Misalnya saja siluet binatang, benda bahkan wajah manusia sekalipun.
  • Siapkan alat dan bahan di tempat terdekat yang mudah dijangkau.
  • Siapkan kanvas lukis dan mulai membentuk objek dengan media warna hitam
  • Lakukan proses membentuk objek secara perlahan hingga bentuknya sesuai dengan keinginan
  • Lakukan finishing untuk memastikan hasil lukisan siluet benar – benar membentuk dan rapi.

Seperti itulah tahapan membuat karya siluet secara manual. Nah di zaman modern ini tentu saja melukis atau menggambar bisa dilakukan melalui gadget. Tidak terkecuali untuk membuat siluet ini, ya?

Tahapan pembuatannya tentu saja berbeda, namun urusan selera dan kemampuan menggambar tetap menjadi penentu utama. Di media apapun yang digunakan, Anda masih bisa terus mengasah kemampuan untuk melahirkan karya terbaik.

Unsur-unsur Dalam Teknik Blok

Unsur-unsur Dalam Teknik Blok
Unsur-unsur Dalam Teknik Blok

Membahas mengenai unsur penyusunnya sebenarnya teknik blok ini tidak jauh berbeda dengan teknik lainnya. Dimana untuk membuat gambar atau lukisan tertentu terdapat unsur pembangun. Mulai yang paling dasar yakni garis hingga pengaturan kontras gelap terangnya.

Untuk tambahan wawasan, berikut ini kami sebutkan beberapa unsur dalam teknik blok yang paling umum digunakan:

  • Garis (Lengkung, lurus, tidak beraturan, dan putus – putus).
  • Bidang (Organik dan geometrik)
  • Bentuk
  • Nada gelap terang
  • Warna
  • Tekstur media lukis

Contoh Gambar Teknik Blok

Butuh referensi contoh gambar yang menggunakan teknik blok? Tenang saja, berikut ini kami cantumkan beberapa contoh gambarnya. Namun bukan sekedar dicontek sama persis, ada bainya Anda tetap memberikan sentuhan lain yang berbeda, ya?

Tujuannya tentu saja agar karya yang Anda buat lebih orisinil dan lekat dengan ciri khas pembuatnya. Mari langsung saja amati beberapa contoh referensi gambarnya berikut ini.

1. Contoh Gambar Teknik Blok Berupa Benda

contoh gambar teknik blok
contoh gambar teknik blok

2. Contoh Gambar Teknik Blok Berupa Wajah Manusia

gambar teknik blok
gambar teknik blok

3. Contoh Gambar Teknik Blok Berupa Hewan

contoh gambar dengan teknik blok
contoh gambar dengan teknik blok

Kesimpulan

Bagaimana, sampai disini tentu Anda sudah lebih banyak memahami mengenai teknik blok atau siluet ini, bukan? Intinya teknik blok memberikan kesan yang identik dengan objek berupa bayangan. Dan yang menjadi ciri khas nya yakni perpaduan dua warna hitam putih pada media gambarnya.

Tidak selalu harus digambar atau dilukis manual, Anda pun bisa memanfaatkan gadget untuk membuat siluet dengan teknik blog ini. Intinya terus mencoba dan tingkatkan skill menggambar sebaik mungkin.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri