Tips Belajar Melukis dengan Macam-Macam Teknik Melukis

Apakah Kamu adalah seseorang yang suka melukis?

Teknik melukis apa saja yang sudah Kamu kuasai?

Atau Kamu belum menguasai teknik-teknik untuk membuat sebuah lukisan?

Tidak masalah Kamu belum menguasai teknik tentang melukis asal kamu memang memiliki bakat di bidang ini dan mau belajar.

Apapun itu akan bisa dikuasai, kok! Selama orang tersebut mau belajar dan terus berusaha.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu dipelajari oleh seorang pemula terkait dengan berbagai macam teknik dalam melukis?

Tips Belajar Melukis untuk Pemula

belajar melukis
belajar melukis

Tidak masalah jika Kamu berusia 12 tahunlah, 20 tahun atau 50 tahun, semua itu tidak ada kata terlambat untuk memulai. Kamu yang memiliki passion di bidang melukis, semua teknik untuk melukis bisa Kamu kuasai selama Kamu mau belajar.

Untuk Kamu yang tidak pernah memegang kuas di tangan namun Kamu ingin melukis, Kamu harus mencoba melukis. Tidak perlu pesimis, yakinlah bahwa Kamu BISA melakukannya! Jadi tinggalkan semua keraguan dan pelajari apa yang Kamu butuhkan untuk berhasil!

Setiap profesional dulunya adalah seorang pemula. Menjadi seorang pelukis pemula sangat menarik, tetapi tidak mudah. Sepertinya ada begitu banyak hal yang perlu Kamu ketahui, begitu banyak keterampilan untuk didapatkan, begitu banyak bahan untuk didapatkan.

5 tips belajar melukis untuk pemula

  1. Pelajari Teori.
  2. Kenali Perlengkapan Seni Anda.
  3. Berlatih dan berlatih.
  4. Belajar dari Masternya.
  5. Jangan membandingkan diri Anda dengan yang lain.

Berikut adalah penjelasan dari 5 kunci utama yang bermanfaat untuk seorang pelukis pemula:

1. Pelajari Teori

Kamu tidak dapat menjadi komposer terkenal tanpa mengetahui notasi musik. Kamu tidak dapat menjadi programmer yang sukses tanpa mengetahui setidaknya satu bahasa pemrograman yang unggul.

Seperti halnya dalam bidang studi apa pun, melukis memiliki banyak teori dan teknik yang tersembunyi di balik layar. Tidak masalah seberapa berbakatnya Kamu, namun sangat penting untuk meluangkan waktu hanya untuk mempelajari dasar-dasarnya karena teori dan teknik akan menjadi dasar untuk kesuksesan masa depan Kamu.

Kamu bisa memulainya dengan mempelajari teori warna, komposisi, perspektif, cahaya dan bayangan plus perspektif udara. Setelah itu, fokuslah pada anatomi, jika Kamu berencana melukis manusia.

Menguasai cahaya dan bayangan dalam seni sangat penting jika Kamu ingin lukisanmu terlihat menonjol. Oleh sebab itu Kamu perlu belajar banyak tentang teori da juga teknik-teknik dalam melukis.

2. Kenali Perlengkapan Seni Anda

Ketika Kamu memulai perjalanan kreatifmu, Kamu perlu mendapatkan beberapa perlengkapan seni seperti cat, kuas, dan kanvas. Semua benda tersebut adalah hal yang perlu Kamu miliki karena bahan atau perlengkapan tersebut sangat penting untuk kebutuhan Kamu menulis.

Kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur cat akrilik, warna cat akrilik, palet dasar dan sebagainya. hal yang sangat penting juga untuk mengatur ruang kerja Kamu dan membuat Kamu senyaman dan seefektif mungkin dalam melukis

3. Berlatih dan berlatih

Berlatih dan berlatih tampaknya cukup jelas untuk membuat Kamu bisa menjadi ahli dalam melukis. Tidak semua orang menyadari betapa pentingnya berlatih secara teratur dan konsisten.

Ya, sama dengan melatih otot, jika Kamu hanya mengetahui BAGAIMANA berolahraga, Kamu tidak akan mendapatkan tubuh yang bugar, tapi jika Kamu konsisten berolahraga, maka Kamu akan mencapai hasil tubuh yang bugar. Ingat, sukses hanya 5% dari talenta dan 95% nya adalah kerja keras.

Jadi, latihan, latihan, latihan! Banyak orang berpikir bahwa keterampilan melukis adalah semacam kemampuan bawaan, atau Kamu harus mempelajarinya sejak usia dini, jika tidak, sudah terlambat dan Kamu tidak akan pernah berhasil.

Tetapi itu adalah hal yang salah karena kebenarannya adalah semua bisa Kamu taklukkan selama Kamu memiliki keinginan, mengasah kreativitas, mau belajar, dan latihan yang konsisten.

4. Belajar dari Masternya

Cobalah selalu belajar dari yang terbaik dengan belajar dari yang ahli maka Kamu akan menguasai teknik-teknik melukis yang benar. Saat ini ada ribuan video di Youtube di mana banyak seniman yang menunjukkan proses melukis dan mengajarkan cara melukisnya.

Menonton teknik yang diajarkan oleh seniman ini bagus bagi Kamu untuk mendapatkan ide-ide baru yang membantu proses latihan Kamu.

Banyak pemula mulai menyalin apa yang mereka lihat tanpa menganalisis prosesnya. Namun, Kamu jangan hanya belajar dari sekadar mereplikasi lukisan orang lain, ya! Well, kemampuan untuk mereplikasi juga sangat penting, tetapi Kamu harus pintar tentang mereplikasi lukisan yang benar.

Untuk menjadi seniman yang sukses, Kamu harus tahu tekniknya, Kamu harus tahu BAGAIMANA melukis, BAGAIMANA memilih warna, BAGAIMANA memikirkan komposisi, dan banyak “bagaimana” lainnya.

Pergi ke sekolah seni memang mahal harganya dan tidak selalu nyaman, itulah sebabnya Kamu dapat memeriksa opsi lain seperti kursus online atau pelajaran melukis dan menggambar paruh waktu.

Jika Kamu memutuskan untuk belajar dari video Youtube atau membaca-membaca teknik, coba temukan saluran Youtube dan website yang konsisten dan memiliki banyak penjelasan.

5. Jangan membandingkan diri Anda dengan yang lain

Kamu tidak boleh membandingkan keterampilan atau karya senimu dengan yang lain. Mengkritik diri sendiri adalah hal yang bagus, tetapi seharusnya tidak menekan impianmu. Cintai dirimu dan menjadi sedikit lebih baik setiap hari.

Tidak masalah apa level Kamu saat ini dan tidak masalah berapa usia Kamu saat ini. Selama melukis memberi Kamu kebahagiaan, Kamu tetap bisa kok mengembangkan keterampilan Kamu. Seni Kamu akan terlihat lebih baik jika Kamu mau berusaha.

Teknik Melukis Lengkap

teknik melukis
teknik melukis

Ada beberapa teknik melukis yang harus dikuasai oleh seorang pemula untuk menghasilkan sebuah lukisan yang bagus.

6 macam teknik melukis adalah:

  1. Teknik Aquarel
  2. Teknik Plakat
  3. Teknik Spray
  4. Teknik Pointilis
  5. Teknik Tempera
  6. Teknik Basah

Berikut adalah penjelasan dari setiap jenis teknik melukis yang wajib dipelajari oleh seorang pemula.

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah salah satu teknik melukis yang menggunakan media cat air yang dinamakan aquarel. Dengan menggunakan aquarel, maka seniman bisa memberikan warna tipis sebagai sapuan di atas kanvas agar hasil karya terlihat lebih transparan.

2. Teknik Plakat

Kedua ada teknik plakat yang sudah sering digunakan oleh banyak seniman. Teknik plakat adalah salah satu teknik melukis dengan menggunakan berbagai komposisi bahan seperti cat akrilik, cat air dan cat minyak menjadi satu untuk menjadikan lukisan sebagai sapuan yang tebal. Dikarenakan cat plakat ini memiliki banyak komposisi maka karya yang dihasilkan lebih colourfull.

3. Teknik Spray

Sesuai dengan namanya, teknik melukis spray adalah menyemprotkan cat ke kanvas atau media lukis lainnya. Teknik spray ini menghasilkan sebuah lukisan yang lebih halus. Teknik ini umumnya digunakan untuk sebuah graffiti.

4. Teknik Pointilis

Teknik pointilis adalah sebuah teknik lukis yang menggunakan titik-titik untuk bisa membuat karya lukisan terlihat lebih menawan. Teknik pointilis ini membutuhkan sebuah kesabaran yang sangat ekstra karena memang melukis dengan titik-titik itu terlihat rumit. Seniman juga suka menggunakan beberapa gradasi warna untuk mengatur gelap dan terang pada sebuah lukisan yang dihasilkan.

5. Teknik Tempera

Teknik tempera adalah sebuah teknik melukis yang unik karena menggunakan bahan kuning telur yang dicampurkan pada catnya untuk bisa merekat ke media lukisan. Teknik ini sangat umum digunakan pada seniman yang melukis dengan kanvas, tembok danjuga kayu.

6. Teknik Basah

Teknik melukis yang terakhir adalah teknik basah yang sengaja membuat bahan cat cair dengan menggunakan minyak cat. Setelah bahan melukis cair, maka pelukis bisa mengaplikasikannya ke kanvas.

Dari keenam teknik melukis yang ada di atas, kira-kira manakah yang menurut Kamu paling mudah untuk dipraktekkan di awal-awal melukis?

Tinggalkan komentar