Macam Teknik Menggambar, Langkah-Langkah Dan Contohnya [Lengkap]

Teknik Menggambar – Perlu kita ketahui terdapat banyak macam cara untuk menggambar seperti teknik menggambar bentuk, model, wajah, ilustrasi, sketsa, dengan pensil, ragam hias, 3d, prespektif, anime, flora, pemandangan, karikatur, kartun, manusia, pointilis, manga, orang, arsir, bunga, hewan dan masih banyak cara yang lain.

Nah, untuk menciptakan suatu gambar dibutuhkan sebuah proses yang tidak mudah bagi setiap orang. Karena tidak semua orang yang mengetahui dan menguasai teknik-teknik dalam menggambar, untuk itu sebelum kita menggambar sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu tentang teknik-teknik menggambar.

Dengan menguasai teknik-teknik dasar di dalam menggambar kita akan mempunyai bekal yang sangat berarti dan akan lebih mudah untuk langkah selanjutnya dalam menggambar. Dan itu jauh lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki basic sama sekali walaupun dia mempunyai semangat yang tinggi.

Berdasarkan penyataan di atas, jadi bagi Anda yang suka menggambar sebaiknya kita belajar terlebih dahulu tentang teknik-teknik dasar dalam menggambar untuk menghasilkan suatu karya yang sangat luar biasa, bahkan banyak gambar yang bernilai ratusan juta. Nah, marilah kita bahas semuanya tentang teknik menggambar.

Teknik Menggambar

teknik menggambar
teknik menggambar

Teknik-teknik menggambar adalah cara menggambar yang memiliki banyak jenis teknik yang dapat di manfaatkan sesuai dengan keinginan seseorang untuk menggambar objek yang dipilih. Nah, sebelum mengetahui tentang teknik-teknik penulis menyarankan sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertiannya, supaya Anda mengetahui fungsi dasar dari menggambar.

Pengertian Teknik Menggambar

Teknik menggambar adalah sebuah cara untuk mempermudah dalam proses menciptakan sebuah gambar, sehingga dengan adanya teknik tersebut pekerjaan seseorang untuk menggambar akan sangat terbantu dan akan lebih cepat selesai.

Bagaimana Cara Membuat Gambar Bentuk?

teknik menggambar bentuk
teknik menggambar bentuk

Gambar bentuk adalah suatu ide bentuk yang dipaparkan di atas bidang gambar berkat keahlian tangan seseorang dengan menggunakan media titik, garis, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang diciptakan sesuai dengan ketetapan bentuk asli yang prespektif, proporsi dan komposisi hingga menciptakan sebuah karya yang sangat indah. Untuk membuat gambar bentuk, Anda bisa menggunakan salah satu teknik menggambar di bawah ini.

Macam-macam Teknik Menggambar

macam-macam teknik menggambar
macam-macam teknik menggambar

Apa saja teknik dalam menggambar? Berikut adalah macam-macam teknik menggambar beserta contohnya lengkap dengan langkah-langkahnya.

1. Teknik Menggambar Arsir

Apa yang dimaksud teknik menggambar arsir? Teknik menggambar arsir adalah teknik dasar dalam menggambar menggunakan pensil. Teknik ini merupakan suatu metode dalam menggambar yang lebih menekankan pada kekuatan (ketebalan) garis. Kekuatan garis tersebut dapat diciptakan menggunakan pensil, spidol, tinta atau alat gambar lainnya yang dapat menghasilkan garis berulang untuk membuat perbedaan pada kekuatan garis sehingga terciptalah kesan gelap terang, gradasi atau kesan dimensi pada gambar.

Langkah awal yang dilakukan untuk belajar arsir adalah dengan berlatih teknik arsir gradasi untuk membuat satu baris kotak. Buatlah lebih dari satu kotak dan arsir setiap kotak dengan jenis pensil yang berbeda. Lihatlah perbedaan kesan gelap dan terang yang ditimbulkan dari setiap kotak.

teknik menggambar arsir
teknik menggambar arsir

2. Teknik Menggambar Linier

Teknik Menggambar bentuk linier adalah suatu macam metode atau cara menggambar objek gambar dengan menggunakan media garis sebagai unsur paling utama yang sangat menentukan, meskipun itu garis yang lurus maupun lengkung.

Berikut adalah contoh gambar yang menggunakan teknik linier.

teknik menggambar linier
teknik menggambar linier

3. Teknik Menggambar Blok

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik blok? Teknik gambar blok adalah suatu teknik atau cara menggambar untuk menciptakan sebuah gambar dengan cara menutup seluruh objek gambar dengan satu warna, sehingga terlihat wujud globalnya atau disebut dengan siluet. Berikut contoh gambar yang menggunakan teknik blok.

teknik menggambar blok
teknik menggambar blok

4. Teknik Menggambar Perspektif

Teknik perspektif adalah suatu cara atau metode yang digunakan untuk tujuan benda yang digambar terlihat dengan wajar sesuai dengan pandangan mata kita. Biasanya menggunakan peletakan garis horizon, letak benda dan jumlah titik hilang. Hasil dari teknik ini akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata. Berikut contoh gambar dengan menggunakan teknik menggambar prespektif.

teknik menggambar prespektif
teknik menggambar prespektif

5. Teknik Menggambar Dussel

Apa yang dimaksud dengan teknik dussel? Teknik gambar dussel adalah suatu cara atau metode menggambar bentuk suatu objek dengan menggunakan pensil untuk menggambar dengan cara digoreskan dalam posisi miring atau roboh untuk menentukan gelap terang pada objek gambar. Berikut adalah contoh gambar yang menggunakan teknik menggambar dussel.

cara menggambar dussel
cara menggambar dussel

6. Teknik Menggambar Teknik Pointilis

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik pointilis? Teknik gambar Pointilis adalah teknik atau cara menggambar dengan titik-titik untuk menentukan gelap terangnya pada objek suatu gambar bisa memakai alat seperti pensil atau pena. Berikut adalah contoh gambar dengan menggunakan teknik pointilis.

teknik menggambar pointilis
teknik menggambar pointilis

7. Teknik Menggambar Aquarel

Apa yang dimaksud dengan teknik Aquarel dalam seni rupa? Teknik gambar aquarel adalah suatu macam cara menggambar bentuk atau metode yang mengenakan media cat air dengan teknik sapuan warna yang tipis sehingga bisa kelihatan seperti transparan ataupun tembus pandang. Berikut adalah contoh gambar dengan menggunakan teknik aquarel.

teknik menggambar aquarel
teknik menggambar aquarel

8. Teknik Menggambar Plakat

Teknik gambar plakat adalah kebalikan dari teknik gambar aquarel yaitu suatu cara atau metode dalam menggambar dengan sapuan warna yang tebal untuk menciptakan hasil yang pekat dan menutup dengan memakai bahan, cat poster atau juga bisa menggunakan cat air. Berikut adalah contoh gambar dengan teknik plakat.

teknik menggambar plakat
teknik menggambar plakat

9. Teknik Menggambar Sketsa

Apa yang di maksud dengan gambar sketsa? Teknik menggambar sketsa adalah suatu cara atau metode yang digunakan untuk membuat gambar dasar atau rencana dalam membuat sebuah gambar. Merupakan bagian paling awal dari hampir semua pekerjaan seni menggambar. Pembuatan sketsa sangat berpengaruh untuk tahap-tahap selanjutnya dalam proses menggambar dan melukis. Yang digunakan kebanyakan adalah media kering seperti pensil hitam.

Tujuan membuat sketsa adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam menggambar dan membuat bentuk gambar lebih proporsional. Berikut contoh gambar yang menggunakan sketsa terlebih dahulu.

cara menggambar sketsa
cara menggambar sketsa

Langkah-Langkah Menggambar Bentuk

Nah, Setelah kita mengetahui tentang teknik-teknik menggambar bentuk sekarang kita akan membahas tentang langkah-langkah menggambar yang juga harus Anda ketahui dalam dunia menggambar. Pasti kalian penasaran apasih yang harus dilakukan dalam menggambar bentuk? Daripada kalian penasaran langsung saja kita bahas langkah untuk membuat gambar bentuk di bawah ini.

1. Pengamatan

Pengamatan adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses menggambar bentuk untuk pengenalan tehadap objek yang akan digambar, cara pengamatan ini harus dilakukan dengan teliti dan jeli agar bentuk yang di dapatkan bisa di tangkap dengan sempurna.

2. Pembuatan Sketsa

Pembuatan sketsa merupakan langkah dalam teknik menggambar bentuk dengan menggunakan goresan-goresan tipis, hal ini untuk mengantisipasi kesalahan pada ketidak tepatan bentuk sehingga mudah untuk di hapus atau tidak sampai merusak kertas. Kemudian perhatikan sketsa benda yang sudah dibuat dengan teliti agar sketsa benda lebih tepat dengan objek.

3. Pencahayaan atau Gelap Terang

Pencahayaan merupakan teknik arsir yang digunakan untuk memperlihatkan cahaya yang datang dari sisi kana, kiri, atau keduanya. Dengan memberikan arsiran yang terang, gelap, atau setengah gelap untuk menunjukkan bayangan pada objek sehingga nampak seperti aslinya.

4. Pewarnaan

Pewarnaan merupakan salah satu langkah menggambar yang menyesuaikan dengan media yang dipakai seperti pensil warna, cat air, atau pastel, kemudian berilah sentuhan bahan tersebut sesuai dengan keadaan objek gambar. Cara menggambar objek tersebut harus di sesuaikan dengan bahan yang di pakai. Jika memakai pensil warna, maka gunakan teknik arsir atau dusel. kemudian bila memakai bahan cat air, gunakanlah teknik akuarel atau plakat.

5. (Finishing) Penyelesaian akhir

Finishing merupakan langkah terakhir dalam menggambar yaitu setelah semua langkah sudah selesai kemudian amati dan perhatikan kembali gambar yang suda jadi, kemudian apabila Anda menemukan bagian-bagian yang belum sempurna. Maka inilah gunanya penyelesaian akhir untuk menyempurnakan gambar, sehingga hasil gambar akan benar-benar terlihat indah.

Nah, Alhamdulillah itulah macam-macam teknik menggambar yang bisa Anda jadikan bekal sebagai dasar untuk mengawali karya di dalam dunia seni gambar. Sebelum Anda pergi mari kita ingat materi yang sudah Anda baca yakni mengetahui macam-macam teknik menggambar mulai dati teknik arsir, mungkin itulah yang bisa disampaikan penulis semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment