Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya [Lengkap]

teknik dasar sepakbola
teknik dasar sepakbola

Teknik dasar sepak bola merupakan teknik-teknik yang wajib dikuasai oleh pemain sepak bola profesional sebagai bekal dalam bermain sepak bola yang bagus. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola lengkap.

Apa saja teknik dasar permainan sepak bola?

Berikut adalah teknik dasar yang digunakan dalam pertandingan sepak bola yang harus Anda ketahui.

teknik dasar sepak bola
teknik dasar sepak bola

Ada 11 Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola yang perlu Anda ketahui:

  1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
  2. Teknik Menendang Bola (Shooting)
  3. Teknik Mengoper Bola (Passing)
  4. Teknik Menghentikan Bola
  5. Teknik Menyundul Bola (Heading)
  6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)
  7. Teknik Menyapu Bola
  8. Teknik Lemparan ke Dalam
  9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)
  10. Teknik Juggling Bola
  11. Teknik Mengontrol Tubuh

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa dalam permainan sepak bola itu tidak bisa sembarangan. Ada yang namanya teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus di kuasai oleh setiap pemain sebelum bermain. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan, karena teknik dasar adalah teknik-teknik yang wajib dikuasai dalam setiap permainan seperti sepak bola.

Berikut ini merupakan teknik-teknik dasar sepak bola dan penjelasannya lengkap, diantara lain adalah:

1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

teknik dasar permainan sepak bola
Teknik Menggiring Bola (Dribbling) dalam sepak bola

Teknik dribbling sepak bola adalah teknik dasar yang digunakan dalam pertandingan sepak bola untuk menggiring bola. Umumnya, teknik dasar sepak bola yang satu ini masih terbagi lagi menjadi beberapa cara. Seperti speed dribbling yaitu menggiring bola dangan cepat dan juga closed dribbling yang di mana ketika pemain berlari, maka akan membuang bola ke arah depan.

Kemudian, ada cara lain seperti dengan menggiring bola menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam dan kaki bagian luar. Dari beberapa teknik dribbling tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai teknik dasar dalam bermain sepak bola yang harus dikuasai.

2. Teknik Menendang Bola (Shooting)

teknik sepak bola
Teknik Menendang Bola (Shooting) dalam sepak bola

Shooting adalah teknik dasar sepak bola yang artinya menendang bola ke gawang lawan. Tentu saja teknik shooting sepak bola wajib dikuasai oleh setiap pemain. Apalagi teknik dasar permainan sepak bola ini sangat berguna untuk membobol gawang lawan sehingga dapat mencetak angka buat tim.

Anda bisa menggunakan sekitar 3 teknik dasar dalam melakukan tendangan, diantaranya yaitu: teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar, dalam dan punggung kaki. Dari ketiga teknik tersebut, lakukan dengan cara memfokuskan pandangan ke sisi gawang milik lawan. Supaya tendangan tidak meleset ke luar.

3. Teknik Mengoper Bola (Passing)

teknik dasar olahraga sepak bola
Teknik Mengoper Bola (Passing) dalam sepak bola

Teknik passing sepak bola yaitu teknik dasar dalam sepak bola yang sangat berguna untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Teknik dasar sepak bola ini berbeda fungsi dengan dribbling, passing menjadi sangat efektif karena dapat menembus pertahanan dari lawan dengan cara memindahkan bola ke teman.

Ada dua jenis passing yaitu pasing pendek dan panjang dalam permain sepak bola. Untuk lebih jelasanya kamu bisa pelajari teknik dasar passing dalam sepak bola pada artikel sebelumnya yang sudah kita bahas lengkap.

4. Teknik Menghentikan Bola (Controlling)

teknik teknik sepak bola
Teknik Menghentikan Bola (Controlling) dalam sepak bola

Controlling merupakan teknik dasar sepak bola yang berfungsi untuk menghentikan bola agar bisa dikuasai. Selain mempelajari teknik dasar mengoper bola atau passing, Anda juga harus mengerti bagaimana caranya menghentikan bola. Pada dasarnya, teknik dasar permainan sepak bola controlling terbagi menjadi beberapa cara.

  1. Menggunakan kaki,
  2. Dada,
  3. Paha.

Dari ketiga cara tersebut, semuanya harus dipelajari supaya dapat menghentikan bola dengan baik. Mungkin yang terbilang cukup mudah adalah memakai kaki, karena menghentikannya dengan bagian kaki sudah biasa dilakukan. Anda bisa pelajari teknik mengontrol bola dalam sepak bola pada artikel selanjutnya.

5. Teknik Menyundul Bola (Heading)

teknik dasar sepak bola dan penjelasannya
Teknik Menyundul Bola (Heading) dalam sepak bola

Istilah heading dalam permainan sepak bola berarti menyundul bola, teknik dasar sepak bola ini bisa digunakan ketika tidak dapat menggapai bola yang terlalu tinggi. Bahkan, teknik sepak bola yang satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembobolan pada gawang milik lawan serta passing.

Adapun cara untuk melakukan teknik ini, Anda hanya perlu mengatur posisi pada badan dan juga waktu yang tepat untuk bisa melompat dan menyambut bolan yang datang dengan kepala. Lalu gunakanlan bagian dahi untuk bisa menyundul bola (bukan ubun – ubun). Supaya dapat mengarahkan bolanya sesuai dengan keinginan.

6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

teknik dasar dalam permainan sepak bola
Teknik Merebut Bola (Intercepting) dalam sepak bola

Intercepting yakni teknik dasar dalam sepak bola yang digunakan untuk merebut bola, sesuai dengan namanya teknik ini bisa digunakan agar dapat merebut bola dari pihak lawan. Sebelum melakukannya, Anda perlu membaca pergerakan dari lawan tersebut atau mungkin menghentikan laju dari musuh sendiri.

Teknik merebut bola satu ini tentu saja sangat penting untuk dipelajari sebagai teknik dasar dalam bermain bola. Dikarenakan teknik sepak bola ini banyak digunakan untuk bisa bertahan dari serangan lawan. Anda harus hati-hati dalam melakukannya, rebut bolanya jangan bagian kakinya ya hehe. Bisa jadi terkena hukuman kartu kuning atau merah yang dapat merugikan tim Anda.

7. Teknik Menyapu Bola

teknik-teknik dasar sepakbola
Teknik Menyapu Bola dalam sepak bola

Selain teknik dasar merebut bola, Anda juga bisa bertahan dari serangan lawan dengan menggunakan teknik menyapu bola. Akan tetapi, saat melakukan teknik sepak bola ini juga perlu hati-hati, mengingat risiko dari penggunaan teknik sepak bola ini cukup besar. Jika sampai salah dalam menggunakannya, bisa menciderai lawan yang berakibat sangat fatal.

Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan kartu peringatan. Jika ingin menggunakan teknik menyapu dalam bermain sepak bola, tentu saja harus memerlukan timing yang sangat tepat supaya bolanya berhasil untuk direbut tanpa harus mencelakai pihak lawan. Jadi, intinya timing dan kekuatan juga harus seimbang.

8. Teknik Lemparan ke Dalam (Throw-in)

teknik sepak bola dan penjelasannya
Teknik Lemparan ke Dalam (Throw-in) dalam sepak bola

Throw in adalah teknik dasar permainan sepak bola yang digunakan untuk melakukan lemparan bola ke dalam. Teknik dasar sepak bola satu ini akan sangat berguna saat di tengah permainan sepak bola terjadi out atau bola yang keluar dari sisi kiri maupun kanan lapangan. Dalam melakukannya, Anda hanya perlu melempar bolanya saja seperti biasa.

Jangan lupa untuk memposisikan kedua tangan ke bagian belakang kepala. Dengan menggunakan teknik lemparan ke dalam, Anda juga dapat menjinjitkan kaki supaya lemparannya bisa jauh lebih bertenaga dan lebih maksimal. Dengan begitu, tim bisa lebih mudah mendapatkan bola tersebut.

9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

teknik dasar sepak bola kiper
Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping) dalam sepak bola

Goalkeeping adalah teknik dasar sepak bola yang diperuntukkan bagi para pemain yang ingin menjadi kiper / penjaga gawang dengan menangkap bola. Dengan menjadi kiper, tentu saja ada teknik dasar sepak bola yang satu ini wajib dikuasai Supaya lawan tidak bisa mencetak gol di gawang sendiri, dan didukung dengan konsentrasi yang tinggi.

Teknik goal keeping ini adalah teknik dasar dalam permainan sepak bola yang sangat penting dan harus dipelajari oleh semua penjaga gawang / kiper. Dikarenakan bisa digunakan sebagai bentuk pertahanan terakhir. Sebelum menggunakan tekniknya, Anda harus melatih refleks dahulu. Mengingat bola bisa datang kapan saja.

10. Teknik Juggling Bola

teknik sepakbola yang sulit
Teknik Juggling dalam sepak bola

Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang sulit adalah teknik juggling bola. Biasanya teknik satu ini dilakukan untuk dapat menunjukkan keliahaian para pemain. Terlebih lagi tekniknya bisa membantu melatih dalam mengontrol bola. Termasuk menipu lawan di lapangan.

Sebelum menggunakan teknik juggling bolanya, Anda hanya perlu memfokuskan pandangan langsung ke arah bolanya. Kemudian, tarik bola tersebut dengan menggunakan telapak ke ujung kaki. Jika bolanya sudah menyentuh ujung, angkat kaki supaya bolanya ikut terangkat.

11. Teknik Mengontrol Tubuh

teknik dasar permainan sepakbola
Teknik Mengontrol Tubuh dalam sepak bola

Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang paling penting dan harus Anda pelajari, yaitu mengontrol tubuh. Mengingat bagaimana permainan sepak bola dimainkan oleh para pemain, sangat perlu untuk memerhatikan dan konsentrasi dalam kontrol tubuh.

Anda bisa belajar mengoptimalkan keseimbangan, supaya saat pertandingan dimulai permainan sepak bola bisa berjalan dengan lancar dan berlari pun juga bisa lebih cepat lagi. Dalam artian lari yang seimbang, jadi walaupun terkena benturan badan lawan tidak akan dengan mudahnya jatuh.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga rinci, mengenai berbagai macam teknik dasar permainan sepak bola yang harus dipelajari sebelum bermain. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda harus mempelajari teknik dasar tersebut. Supaya bisa bermain dengan sangat maksimal.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri