Throw In Sepak Bola dan Cara Melakukannya dengan Benar

throw in sepak bola
throw in sepak bola

Istilah throw in di dalam permainan sepak bola itu berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah melempar ke dalam. Nah, dalam sepak bola terdapat peraturan-peraturan tentang tata cara melakukan lemparan ke dalam. Selain itu, Anda juga harus mengetahui teknik-teknik melempar bola sebelum bermain sepak bola.

Namun, sebelum kita bahas tuntas mengenai throw in dalam sepak bola. Simak baik-baik penjelasan mengenai pengertian throw in sepak bola yang ada di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan throw in dalam permainan sepak bola?

throw in dalam permainan sepak bola artinya
pengertian throw in dalam sepak bola

Throw in dalam permainan sepak bola artinya adalah melempar ke dalam atau bahkan berarti lemparan bola ke dalam. Anda bisa menerapkan teknik melempar bola ini apabila bola keluar lapangan dengan sentuhan terakhir oleh pemain lawan.

Umumnya bola keluar dari lapangan sepak bola pada garis samping di sebut dengan istilah out dalam sepak bola, terkecualikan di area sisi sudut dan juga penjaga gawang.

Siapa yang melakukan throw in dalam sepak bola? Tentu saja pemain yang bukan membuat bola sebelumnya keluar dari garis samping lapangan sepak bola. Sebelum Anda melakukan throw in ini, ada baiknya memerhatikan peraturan-peraturan mengenai lemparan ke dalam sepak bola beserta cara melakukannya. Hal ini dikarenakan semua teknik dasar dalam bermain bola itu tidak sembarangan.

Informasi Mengenai Istilah Throw In dalam Sepak Bola

throw in dalam sepak bola
throw in dalam sepak bola

Seperti yang telah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, sebelum melakukan throw in dalam sepak bola sudah seharusnya kita belajar tentang cara-caranya terlebih dahulu dan harus mengetahui aturan cara mainnya. Dikarenakan setiap teknik yang digunakan dalam permainan sepak bola, semuanya ada aturannya.

1. Peraturan Throw In Sepak Bola

Pada umumnya, dalam melakukan throw in saat bermain sepak bola. Anda harus mengetahui bagaimana cara main dan aturan apa yang harus dilaksanakan. Aturan dalam melakukan lemparan bola ke dalam ini akan berlaku apabila bola keluar melewati garis lapangan.

Lebih tepatnya bola keluar dari garis yang ada di samping lapangan, yaitu dengan kisaran jarak sekitar 90 sampai dengan 120 meter. Apabila bola keluar dan melewati garis tersebut, maka permainan sepak bola akan dilanjutkan pemain dengan menggunakan lemparan ke dalam atau yang biasa di sebuat dengan throw in dalam sepak bola.

2. Cara Melakukan Throw in dalam Sepak Bola

Secara umum, cara melakukan throw in atau lemparan bola ke dalam cukup mudah. Namun, perlu keseriusan dan latihan dalam melakukannya.

Adapun cara melakukan lemparan ke dalam (throw in) dalam sepak bola adalah:

  • Pertama, bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan.
  • Lalu pandangan menuju ke arah depan.
  • Kemudian, ayunkan bolanya mundur ke belakang.
  • Setelah itu, lesatkan ke depan melalui atas kepala para pemain.
  • Anda condongkan badan ke arah belakang.
  • Kemudian bagian lututnya sedikit ditekuk dan direndahkan.
  • Selanjutnya, lemparkan saja bolanya ke arah teman yang ingin diserahkan bola.

Cara melakukan lemparan ke dalam yang benar pada sepak bola

lemparan ke dalam
lemparan ke dalam

Setelah mengetahui berbagai cara melalukan throw in dalam sepak bola secara umum. Anda juga perlu mempelajari cara melakukan lemparan ke dalam yang benar pada permainan sepak bola. Supaya akan lebih mudah pada saat melakukannya ketika bermaian sepak bola. Baik untuk sebuah pertandingan profesional atau sekadar bermain saja.

1. Ambillah Bola dengan Kedua Tangan

Langkah pertama dalam melakukan throw in yaitu pegang bola menggunakan tangan kanan serta kiri. Jika bola sepak dibaratkan dengan sebuah jam, maka tangan kanan Anda ada pada jam tiga sedangkan tangan kiri berada pada jam sembilannya.

Anda pun juga dapat menggeser bola ke dalam, sehingga bagian jempol hampir menyentuh pada bagian belakang bolanya. Dengan cara semacam ini, akan membantu pemain akan memperoleh lebih banyak pengungkit ketika mereka hendak melempar bola nanti.

2. Mengarahkan Kaki ke Lapangan

Langkah berikutnya dalam melekukan lemparan ke dalam adalah dengan mengarahkan kaki Anda menghadap ke arah lapangan, sedangkan bagian ujung jari kaki ada pada pinggir garis di lapangan. Jadi, intinya kedua kaki harus ada di belakang garis serta menyentuh tanah lapangan agar lemparannya dianggap sah.

Setelah itu, buka kedua kaki Anda dan jangan lupa untuk mengarahkan pula ujung jari ke arah lapangan. Aturlah badan supaya bisa mendapat kuda – kuda yang pas. Bila ingin mencoba lempar sambil berlari, coba berdiri beberapa meter dari belakang garis.

2. Melengkungkan Punggung

Salah satu tips terbaik bagi yang ingin melakukan throw in sepak bola yaitu dengan melengkungkan punggung. Biasanya tidak sedikit pemain yang mencoba melempar bola dengan menggunakan tangan. Lalu menitik beratkan kekuatannya pada bahu dan juga punggung.

Jadi, anggap saja badan Anda layaknya ketapel yang sedang ditarik, sehingga bagian kedua kaki harus tetap menjejak ke tanah dengan kokoh. Sedangkan bagian tulang punggung adalah pegasnya. Jika sudah siap, lemparkan bolanya langsung ke arah target.

3. Mengawali dari Belakang Kepala

Tips atau cara selanjutnya pada saat melakukan throw in dalam permainan sepak bola, yaitu Anda bisa mengawalinya dari arah belakang kepala. Biasanya cara seperti ini diterapkan supaya lemparan bolanya jadi sah.

Lakukan lemparan mulai dari arah belakang kepala, lalu bawa sampai ke atas / melewati kepala Anda. Tidak menutup kemungkinan, bahwa wasit memperbolehkan para pemainnya melakukan lemparan cepat. Akan tetapi, seharusnya mulai saja dari atas kepala supaya lebih maksimal.

5. Melepaskan Bola dengan Jentikkan Pergelangan Tangan

Setelah menguasai langkah-langkah dalam melakukan lemparan ke dalam seperti diatas, Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melepaskan bolanya dengan menggunakan jentikkan dari pergelangan tangan. Pertama, ayunkan lengan ke bagian atas serta depan. Lalu lentingkan punggung layaknya pegas.

Jikalau Anda menerapkan lemparan lari, maka seret jari kaki bagian belakang di tanah. Setelah itu, luruskan lengan secara penuh, lalu lepaskan bolanya agar tidak hanya melemparkan bola ke tanah saja.

6. Tidak Menyentuh Bola

Cara satu ini perlu dan patut untuk diperhatikan. Ketika bolanya keluar dari garis, Anda bisa berlari kembali ke lapangan. Namun, tidak menyentuh bolanya terlebih dahulu. dikarenakan harus disentuh oleh pemain lain dulu. Baik itu dari tim lawan atau bahkan tim sendiri.

Jadi, kembali ke lapangan hanya untuk dapat membantu mengalirkan bolanya saja serta menyerang gawang milik lawan. Lalu setelah itu bila tidak sengaja melempar bolanya ke lawan. Segeralah tekan lawan agar bisa merebut bolanya kembali.

7. Membaca Kembali Aturan Lemparan

Perlu Anda ketahui, bahwa aturan dari throw in sepak bola atau lemparan bola ke dalam tidaklah sulit. Namun, tetap harus melakukannya dengan konsentrasi agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan lempran ke dalam.

Jika kurang fokus pemain profesional pun bisa melakukan kesalahan, seperti melewati garis lapangan ketika melakukan lemparan bola ke dalam. Saya rasa kesalahan-kesalahan kecil dalam melakukan throw in sepak bola, harus di hindari oleh setiap pemain.

Paling tidak pahami aturan dalam melakukan lemparan ke dalam sepak bola terlebih dahulu sebelum bermain dan langsung terapkan saat bermain. Umumnya, aturan yang sah itu pihak pelempar tetap menghadap ke arah lawan. Lalu kedua kaki pemain diharuskan untuk tetap berada di belakang garis (minimal juga menyentuh tanah), dilarang mencetak angka dari lemparan ke dalam ini.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga rinci, mengenai topik pembicaraan terkait pengertian dan juga cara melakukan throw in sepak bola dengan baik dan benar. Sebelum menerapkan lemparan ke dalam, Anda harus membaca kembali aturan sahnya agar tidak ada salah.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri