Macam-Macam Teknik Passing dalam Sepak Bola Lengkap

Passing sepak bola
Passing sepak bola
Istilah passing dalam sepak bola berarti mengumpan bola kepada teman satu tim. Dalam pelaksanaannya ada berbagai macam jenis teknik passing dalam permainan sepak bola. Biasanya teknik tersebut akan bermanfaat dalam mendukung pemain saat menerapkan strategi formasi sepak bola yang diracik oleh pelatih.
Oleh karena itu, Anda harus mampu menguasai berbagai macam teknik passing dalam sepak bola beserta cara melakukannya dengan baik dan benar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasan selengkapnya yang ada dibawah ini.

Pengertian Passing dalam Sepak Bola

pengertian passing dalam sepak bola
pengertian passing dalam sepak bola

Teknik passing dalam sepak bola adalah suatu teknik maupun cara mengoper untuk memindahkan bola dari 1 pemain ke pemain lain. Oleh karena itulah, teknik dasar sepak bola satu ini harus dikuasai oleh setiap pemain karena sangat berkaitan dengan teknik sepak bola yang lainnya.

Menurut informasi dari berbagai sumber, teknik passing dalam permainan sepak bola adalah kemampuan yang harus dipelajari karena mampu menentukan lancar atau tidaknya dari suatu pola permainan. Jadi, setiap pemain seakan diperuntukkan mampu menguasai sekitar tiga jenis teknik passing.

Secara umum, ada tiga jenis teknik passing yang harus dikuasai dalam permainan sepak bola oleh setiap pemain, diantaranya yaitu:

  1. Teknik passing dengan menggunakan kaki bagian luar,
  2. Teknik passing dengan kaki bagian dalam,
  3. Teknik passing dengan punggung kaki atau disebut tempurung kaki.

Macam-Macam Teknik Passing Sepak Bola

teknik passing sepak bola
teknik passing sepak bola

Seperti yang telah Anda ketahui diatas, bahwa pada dasarnya teknik passing yang ada di dalam permainan sepak bola ini memiliki tiga jenis.

Sebelum melakukan teknik-teknik passing dalam sepak bola tersebut, ada baiknya seorang pemain berlatih terlebih dahulu. Supaya bisa lebih memaksimalkan kekuatan kaki dan melatih keakuratan saat mengoper bola ke rekan satu tim.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai teknik-teknik passing sepak bola beserta cara melakukannya.

1. Passing dengan Kaki Luar

Teknik passing sepak bola menggunakan kaki bagian luar adalah cara untuk mengumpan bola kepada teman dengan kaki bagian luar, sehingga biasa menimbulkan bola efek atau melintir yang dapat digunnakan untuk mengecoh lawan.

Adapun cara untuk melakukan passing dengan kaki bagian luar, Diantaranya adalah:

  • Pertama, tumpuan kaki samping sejajarkan dengan bolanya.
  • Posisikan kaki Anda lurus ke arah belakang.
  • Setelah itu, bentuk sudut kaki 30º.
  • Kemudian, posisikan badan Anda tegak namun agak sedikit condong ke arah depan.
  • Lalu tendang bolanya dengan cara menarik bagian kaki serta mengayunkan ke arah depan.
  • Perkenaan bolanya tepat pada kaki bagian luar, tendang saja langsung tepat sasaran.
  • Perkirakan saja tendangannya setepat mungkin sesuai dengan target yang dituju.

2. Passing dengan Kaki Dalam

Teknik passing sepak bola menggunakan kaki bagian adalah cara untuk mengoper bola yang digunakan ketika jarak antar pemain satu sama lain itu dekat. Passing dengan kaki bagian dalam juga lebih mudah bila dibandingkan dengan kaki bagian luar. Anda juga bisa mengandalkan kaki bagian dalam saat melakukan teknik passing saat bermain sepak bola.

Cara melakukan passing menggunakan kaki bagan dalam adalah sebagai beriku:

  • Posisikan sikap awal dengan menghadap ke arah bola.
  • Kemudian, salah satu kaki yang nantinya akan menendang.
  • Putar keluar supaya kaki bisa langsung menghadap bola.
  • Perhatikan kaki samping bola, lalu ayunkan dari belakang ke depan.
  • Tendang bola dengan kaki bagian dalam.

3. Passing dengan Punggung Kaki (Tempurung Kaki)

Teknik passing menggunakan tempurung kaki adalah cara mengoper bola dengan keras, biasanya digunakan pada saat mengumpan bola di area kotak pinalti untuk menciptakan kegaduhan di pertahanan lawan.

Teknik passing sepak bola jenis ini bisa dikatakan cukup sulit dan memerlukan konsentrasi penuh. Dikarenakan biasanya tidak sedikit pemain yang mengalami kegagalan karena arah tendangannya tidak tepat. Namun juga bisa menciptakan peluang, jika dilakukan di pertahanan lawan.

Cara melakukan passing menggunakan tempurung kaki, diantara lain adalah:

  • Pertama, bagian kaki ditumpukan ke samping sejajar dengan bolanya.
  • Lalu kaki lurus ke belakang, kaki untuk menendang membentuk sudut 30 derajat.
  • Jangan lupa posisikan badan condong ke depan.
  • Tendangan dimulai dari menarik kaki lalu ayunkan saja ke depan.
  • Perkenaan bola tepat pada punggung kaki (tempurung kaki)
  • Ingat, perhatikan ketepatan arah tendangan.

Jenis Operan / Passing dalam Sepak Bola

Passing dalam sepak bola
Passing dalam sepak bola

Setelah mengetahui teknik-teknik passing dalam sepak bola secara umum, Anda juga perlu mengetahui jenis passing sepak bola yang dikenal cukup penting. Dikarenakan point inilah yang justru harus dipelajari dulu sebelum menentukan macam cara passing yang digunakan pada saat bermain sepak bola.

Ada 2 jenis passing dalam sepak bola yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Operan Pendek (Short Passing)
  • Operan Lambung atau Jauh (Long Passing)

Untuk Lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan tentang jenis-jenis passing atau operan sebagai berikut.

1. Operan Pendek (Short Passing)

Jenis dari passing sepak bola pertama adalah short passing atau biasanya disebut sebagai operan pendek. Di dalam permainan bola, teknik ini digunakan dengan cara memberikan bola langsung kepada teman dekat / mengoper jarak pendek. Jenis tendangan yang dipakai adalah tendangan mendatar.

Untuk dapat melakukan operan pendek atau short passing dengan baik, Anda harus memastikan bahwa ada jarak antara posisi berdiri dengan bolanya (posisi badan ada di belakang bola). Dengan begitu, akan lebih mempunyai power atau tenaga ketika melakukan teknik passing saat bermain sepak bola.

2. Operan Lambung atau Jauh (Long Passing)

Selain itu, ada jenis passing yang disebut dengan long passing atau operan lambung jarak jauh. Pada umumnya, jenis passing satu ini mempunyai dasar yang sama seperti operan pendek. Perbedaannya terletak pada teknik melakukan tendangan dengan posisi kaki ketika menyentuh bola serta hasil tendangannya melambung ke udara.

Biasanya juga jenis passing ini bolanya akan melewati kepala para pemain atau biasa disebut dengan overhead. Teknik long passing ini banyak digunakan untuk dapat memberikan operan dalam jarak jauh atau bahkan operan silang ke daerah pertahanan milik tim lawan. Jadi, skill ini harus dikuasai oleh pemain yang berguna untuk membantu penyerangan dan serangan balik.

Tips dalam Melakukan Passing

Secara umum, melakukan teknik passing dalam permainan sepak bola itu memang perlu diperhatikan. Dikarenakan cara ini termasuk salah satu cara yang cukup mematikan. Mengingat ada jenis cara melakukan passing yang dapat mengecoh dan memengaruhi pertahanan tim lawan.

1. Memperhatikan Postur Tubuh

Salah satu tips terbaik sebelum melakukan teknik passing dalam permainan sepak bola. Anda harus belajar dan menguasai postur tubuh terlebih dahulu. Itu karena hal ini sangatlah penting, menjadikan proses melakukan tendangan pada bola bisa lebih maksimal / powerful.

Ketika melakukan umpan pendek, Anda bisa mendekati bolanya dengan sudut paling tidak sekitar 30 derajat. Agar lebih mudah, posisikan tulang bagian belakang tegak dan harus berdiri tepat di belakang bolanya sebelum menendangnya dengan kuat.

2. Memposisikan Tubuh

Setelah memerhatikan postur tubuh sebelum melakukan teknik passing sepak bola, Anda juga harus perhatikan posisi dari tubuh dan kaki. Posisikan kaki tumpuan dengan letak sekitar 15 centimeter di sebelah kiri bolanya atau sebaliknya untuk bagian footer kiri.

Setelah itu, untuk kaki tumpuan seharusnya menunjukkan ke arah target. Supaya pergelangan kaki Anda bisa langsung mengarahkan ke tim. Dengan begitu, sekali tendang bisa lebih tepat sasaran. Tentu saja dengan tendangan / dorongan kuat.

3. Perkenaan Bola

Selanjutnya, yaitu dengan memerhatikan perkenaan bola. Anda bisa memutar kaki untuk menendang ke arah luar. Lalu tekuk sedikit bagian lutut dan juga kunci bagian pergelangan kakinya ketika melakukan operan pendek.

Gunakan saja bagian dalam kaki untuk dapat melakukan tendangan di bagian tengah bola. Tekuk kaki pendukung pada bagian depan, sedangkan kaki untuk menendang di sebelahnya. Pose ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol maksimum umpan pendek.

4. Follow Trough

Saat melakukan teknik passing dalam permainan sepak bola, tentu saja tidak bisa sembarangan begitu saja. Anda bisa terus mengayunkan kaki untuk menendang ke arah target.  Supaya lebih maksimal dan cepat didapat oleh target.

Hal tersebut juga akan menentukan seberapa cepat dan kuatnya teknik passing. Untuk bisa lebih cepat menendang ke arah target, Anda hanya perlu menggunakan kekuatan yang besar dan terus mmerhatikan arahnya dengan benar.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai pengertian, jenis-jenis passing beserta dengan cara melakukan teknik passing dalam sepak bola. Ingat, sebelum melakukannya Anda harus menguasai teknik-teknik passing dan mengetahui jenis-jenis passing yang cocok digunkan, dengan memperbanyak laitan Anda akan menjadi Jago dan hebat dalam bermain sepak bola.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri