Teknik Dribbling Sepak Bola dan Cara Melakukannya?

dribbling sepak bola
dribbling sepak bola

Teknik Dribbling Sepak Bola – Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa dalam permainan sepak bola. Mempelajari teknik-teknik dasar dalam sepak bola itu sangatlah penting, supaya bisa bermain dengan benar dan maksimal. Termasuk belajar teknik dribbling sepak bola. Di mana teknik ini sangat berguna, karena bisa membantu Anda dalam mengelabuhi lawan pada saat menggiring bola.

Cara Dribbling dalam Permainan Sepak Bola

cara dribbling sepak bola
cara dribbling sepak bola

Pada umumnya, melakukan teknik menggiring bola atau disebut dengan dribbling ini memberikan banyak manfaat. Salah satunya dapat membantu pemain untuk menguasai bola mereka, supaya tidak mudah direbut oleh tim lawan. Maka dari itu, setiap pemain wajib menguasai teknik yang satu ini kecuali kiper ya hehe.

Adapun 3 teknik dribbling dalam permainan sepak bola adalah:

  1. Dribbling menggunakan kaki bagian dalam
  2. Dribbling menggunakan kaki bagian luar
  3. Dribbling menggunakan kaki bagian atas (punggung kaki)

Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak penjelasan lengkap cara menggiring bola dengan benar sebagai berikut:

1. Dribbling dengan Kaki Bagian Dalam

Dribbling menggunakan kaki bagian dalam
Dribbling menggunakan kaki bagian dalam

Salah satu cara melakukan dribbling pertama yang harus dipelajari, yaitu dribbling menggunakan kaki bagian dalam. Menurut informasi, melakukan dribbling ini cukup ampuh, apalagi saat melewati pihak lawan. Akan tetapi, teknik ini ada kekurangannya sendiri. Seperti tidak mempunyai cukup kecepatan.

Cara melakukan dribbling menggunakan kaki bagian dalam, yaitu:

  • Fokuskan pandangan wajah Anda ke depan.
  • Lalu kedua tangan biarkan agak terbuka.
  • Setelah itu, mulailah dribbling bola dengan badan yang dicondongkan ke depan dan juga kaki sedikit terangkat.
  • Pusatnya berat ke kaki disebelah.

2. Dribbling dengan Kaki Bagian Luar

Dribbling menggunakan kaki bagian luar
Dribbling menggunakan kaki bagian luar

Teknik dribbling dengan menggunakan kaki bagian luar, fungsinya dapat memudahkan pemain dalam mengecoh lawan saat melakukan dribbling tepat di pinggir lapangan bola. Itulah mengapa sangat penting untuk mengelabuhi lawan dengan melakukan dribbling ini, jadi pelajari sampai bisa.

Cara melakukan dribbling dengan kaki bagian luar cukup mudah, yaitu:

  • Pertama, Anda fokuskan pandangan wajah ke depan.
  • Lalu biarkan tangan agak terbuka.
  • Setelah itu, kunci bagian engkel saat mulai melakukan dribbling.
  • Pusatkan saja berat badan ke bagian kaki sebelah maupun kaki yang nantinya akan digunakan dalam dribbling bola.

3. Dribbling dengan Punggung Kaki

Dribbling menggunakan punggung kaki
Dribbling menggunakan punggung kaki

Teknik dribbling sepak bola selanjutnya, yaitu Anda yang bisa menggunkan teknik dribbling menggunakan punggung kaki. Biasanya teknik satu ini yang paling banyak digunakan oleh para pemain sepak bola. Itu karena mereka beranggapan, bahwa teknik dribbling menggunakan punggung kaki mampu memberikan kecepatan pada setiap pemain.

Cara melakukan dribbling menggunakan punggung kaki, yaitu:

  • Pertama fokuskan pandangan ke depan.
  • Biarkan kondisi kedua tangan sedikit terbuka.
  • Lalu putar dan juga kunci engkel ketika hendak melakukan dribbling.
  • Pusatkan berat badan ke kaki sebelah. Lakukan dengan benar supaya posisi Anda cukup maksimal.

Macam-Macam Teknik Dribbling Sepak Bola

teknik dribbling sepak bola
teknik dribbling sepak bola

Teknik dasar sepak bola memang banyak dan ada beberapa macam jenis yang bisa Anda pelajari pada artikel sebelumnya. Akan tetapi, teknik dasar dalam melakukan dribbling masih belum banyak orang ketahui. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan teknik satu ini. Lebih baik ketahui dua macam teknik dribbling dalam sepak bola, sebagai berikut.

1. Melakukan Speed Dribbling

Teknik dalam melakukan dribbling sepak bola yang harus Anda ketahui, yaitu speed dribbling. Termasuk ke dalam teknik yang biasanya banyak dilakukan dengan cara menendang bola ke depan. Kemudian, dilanjut dengan para pemain lain yang mengejar bolanya dengan secepat mungkin.

Disebut sebagai speed dribbling dalam permainan sepak bola, karena para pemain harus cepat dalam menggiring bola supaya pihak lawan tidak mendahului mereka dalam mengambil alih bolanya. Jika kalah cepat, sudah pasti direbut lawan. Pemain yang ingin melakukan dribble ini, pelajari dulu gerakan cepat supaya lebih maksimal.

2. Penerapan Closed Dribbling

Selain itu, ada teknik dasar dribbling dalam permainan sepak bola yaitu closed dribbling. Biasanya para pemain menerapkan teknik dribbring yang satu ini ketika jarak antar bola sudah sangat dekat, sehingga bisa lebih mempunyai kontrol penuh untuk menggiring bola.

Mengingat dalam permainan sepak bola ada dua pilihan, direbut atau merebut. Jadi, saat Anda menggunakan teknik closed dribbling ini. Fokuskan pandangan dan jangan goyah, supaya bolanya tidak mudah pindah ke kaki lawan. Ingat, pihak lawan juga sama agresifnya jadi untuk mengantisipasinya Anda juga harus lebih aktif.

Tujuan Melakukan Dribbling dalam Permainan Sepak Bola

dribbling dalam permainan sepak bola
dribbling dalam permainan sepak bola

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan teknik dribbling dalam sepak bola bukan? Biasanya teknik satu ini adalah salah satu teknik paling mendasar dan juga penting untuk dilakukan dlama permainan sepak bola. Hal ini karena tujuan dari menggiring bola adalah untuk bisa menguasai bola, supaya nantinya tidak mudah untuk direbut oleh pihak lawan.

Pihak pemain selalu berusaha dalam menjaga bolanya serta menguasainya secara penuh. Caranya dengan membawa bola bergerak sampai ke daerah yang kosong dari penjagaan pihak lawan. Setelah itu, pemain melakukan operan ke timnya sendiri dengan tendangan ke gawang agar gol.

Melakukan penggiringan bola ini juga memiliki tujuan lain. Seperti dapat menciptakan peluang ketika melakukan shooting ke bagian gawang milik lawan. Itu karena tujuan utamanya dari dribbling dalam sepak bola sendiri memang untuk membantu penyerangan dan dapat menembus pertahanan lawan.

Manfaat Dribbling Sepak Bola (Menggiring Bola)

apa yang dimaksud dribbling sepak bola

Secara umum, manfaat dribbling atau menggiring bola dalam permainan sepak bola dapat membantu para pemain dalam mengontrol bola agar tidak mudah direbut oleh lawan.

Pada umumnya, menggiring bola itu tidaklah mudah. Terlebih lagi jikalau harus menghadapi lawan dengan jumlah lebih dari dua orang. Sebenarnya, kaki bagian luar serta dalam itu mempunyai fungsi tidak jauh berbeda untuk mengecoh lawan. Namun, untuk kaki bagian dalam jauh lebih bagus dan enak dalam penerapannya.

Manfaat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, Anda bisa mengontrol bola jauh lebih mudah. Dikarenakan kaki bagian dalam itu mengarahkan bolanya ke sisi terdekat seperti memberikan kepada tim. Lalu melakukan manuver dalam menggiring bola juga bisa mengejutkan lawan.

Cara Melatih Keseimbangan Dribbling dalam Sepak Bola

dribbling dalam sepak bola
dribbling dalam sepak bola

Dalam permainan sepak bola, mengontrol serta melakukan manipulasi bola itu sangatlah penting. Terlebih lagi dalam menggiring bola (dribbling) agar lawan tidak mudah merebut bola yang sedang kita kuasai. Jika ingin menggunakan teknik dribbling dengan baik, maka simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Melatih Teknik Dasar

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa sebelum melakukan dribbling dalam sepak bola itu harus mempelajari teknik dasarnya terlebih dahulu. Tujuannya, supaya bisa lebih maksimal saat menggiring bolanya.

Dalam melakukan teknik dasar dribbling sepak bola, lakukanlah dengan sentuhan lembut pada bolanya. Ketika melakukan kontak dengan bolanya, giring dengan perlahan-lahan jangan terlalu terburu-buru. Dikarenakan Anda masih dalam tahapan belajar atau berlatih dan sekaligus untuk mengontrol pergerakan bola, agar tidak sampai lepas dari penguasaan kita.

2. Memastikan Bola Dekat dengan Kaki

Setelah selesai dengan mempelajari teknik dasar menggiring bola secara perlahan-lahan. Anda juga harus menjaga bolanya agar selalu dekat dengan kedua kaki. Jadi, jaga kedua bagian lutut untuk menekuk setiap saat.

Lalu, posisikan badan selalu berada di antara pihak pemain lawan dan juga bolanya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengubah arah dengan lebih cepat dari sebelumnya. Jika bola dijaga dengan sangat dekat, sudah pasti lawan lebih sulit merebutnya.

Itulah beberapa penjelasan secara informatif, mengenai teknik dribbling sepak bola beserta dengan manfaat, tujuan hingga cara melakukannya dengan baik dan juga benar. Supaya Anda bisa perlahan-lahan belajar teknik menggiring bola dengan maksimal.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri