Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya Lengkap

Teknik dasar permainan tenis meja – Untuk dapat melakukan suatu permainan olahraga, tentu pertama-tama kita harus menguasai teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu. Teknik dasar dapat diartikan sebagai cara (kepandaian dan sebagainya) dalam melakukan atau memperagakan sesuatu. Dalam bermain tenis meja, yang kita lihat bukan sebatas orang saling mengembalikan bola dengan bet, melainkan bermain tenis meja memuat unsur teknik-teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai oleh orang yang sedang bermain tenis meja.

Oke setelah kita bahas sejarah tenis meja pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan bahas teknik dasar tenis meja yang merupakan hal pertama yang harus dikuasai oleh seseorang sebelum dapat mengembangkan kemampuannya sampai mahir dalam permainan tenis meja.

Nah, jika kamu memiliki minat dalam bermain tenis meja, ada beberapa teknik dasar permainan tenis meja yang perlu kamu pelajari sebelum mengajak temanmu untuk bermain bersama. Apa saja teknik-teknik dasar tenis meja itu? Yuk, simak ulasan berikut!

Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Gambar dan Penjelasannya

teknik dasar tenis meja
teknik dasar tenis meja beserta gambar dan penjelasannya

Pertama-tama, perlu untuk kamu ketahui, dalam peraturan permainan tenis meja mempunyai dua kategori yaitu, kategori bermain secara ganda, dan kategori tunggal. Terkadang juga ada kategori ganda campuran yaitu bermain dengan cara berpasangan putra dan putri. Nah, untuk teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai oleh setiap pemain tetap sama. Apa saja itu?

[su_box title=”Berikut adalah teknik-teknik dasar permainan tenis meja yang wajib dikuasai oleh setiap pemain” box_color=”#020202″]

  1. Teknik Grip (cara menggunakan bet)
  2. Teknik Stance (teknik Bersiap Siaga)
  3. Teknik Footwork (teknik gerakan kaki)
  4. Teknik Stroke (Pukulan).[/su_box]

1. Cara menggunakan bet (teknik grip)

Teknik memegang bet
Teknik memegang bet

Tenis meja sebuah permainan bola kecil yang memerlukan alat yang disebut bet. Nah, bet inilah alat yang digunakan untuk memukul bola atau mengembalikan bola kepada lawan. Memegang bet ini ada aturan atau tekniknya sendiri. Jadi, nggak bisa asal-asalan megang. Teknik menggunakan bet ini sangat penting lho ya.

Terdapat tiga teknik dasar tenis meja dalam menggunakan bet. Teknik-teknik memegang bet ini ada istilahnya masing-masing. Apa saja itu? Pertama yaitu Teknik Shakehand Grip (Seperti berjabat tangan), kedua teknik penhold grip (seperti mencengkram pena) dan ketiga yaitu Teknik Seemiller Grip (teknik percabangan dari handshake).

Berikut penjelasan teknik-teknik dasar tenis meja dalam memegang bet seperti dibawah ini:

• Shakehand Grip

Shakehand Grip
Shakehand Grip

Teknik Shakehand Grip merupakan cara menggunakan bet yang biasanya digunakan oleh para pemain tenis meja profesional dari benua Eropa. Adapun teknik dasar tenis meja ini yaitu teknik memegang bet seperti ketika kita berjabat tangan sehingga di sebut teknik shakehand grip. Dalam permainan kedua sisi bet digunakan, sehingga memudahkan kita untuk menerima atau melakukan smash.

• Penhold Grip

Penhold Grip
Penhold Grip

Jika teknik Shakehand Grip kerap digunakan para pemain Eropa, Teknik Penhold Grip lebih sering disebut dengan teknik Asia. Hal ini dikarenakan banyak pemain Asia yang menggunakan teknik dasar tenis meja ini. Gimana caranya? caranya sama seperti kita memegang pena. Dalam pelaksanaannya sisi bet yang digunakan hanya satu sisi saja. Dipilih sisi yang paling nyaman untuk digunakan memukul, menerima, atau mengembalikan bola.

• Seemiller Grip

Seemiller Grip
Seemiller Grip

Teknik menggunakan bet yang satu ini hampir sama dengan teknik shakehand grip, perbedaannya hanya pada posisi jari telunjuk. Pada teknik ini posisi jari telunjuk memegang seluruh bagian bet, dan bet diputar ke arah badan dengan derajat sekitar 20 hingga 90 derajat.

Bagaimana? Dari sekian teknik menggunakan bet itu, apakah kamu sudah punya gambaran untuk mempraktekkannya? Kira-kira teknik yang mana nih yang mau kamu gunakan? Oh iya, masing-masing teknik teknik dasar tenis meja dalam memegang bet yang dijelaskan tadi, mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semisal teknik Seemiller Grip. Teknik tenis meja yang satu ini mempunyai kemudahan untuk melakukan pertahanan dan melakukan pukulan forehand.

Sedangkan kekurangannya membuat kita lebih susah dalam melakukan serangan dengan pukulan backhand.

Teknik dasar menggunakan bet sudah. Selanjutnya, siapkah kamu untuk bermain? Eits nanti dulu. Jangan buru-buru langsung bermain. Ada teknik sikap berdiri atau posisi dalam bermain yang setidaknya harus kamu ketahui. Supaya kamu seperti atlet tenis meja professional gitu lhoo. Hehe. Teknik posisi ini penting, agar nanti saat dalam bermain kamu bisa nyaman serta terhindar dari resiko cidera. Apa saja teknik posisi dalam tenis meja?

2. Teknik Bersiap Siaga (Teknik stance)

Teknik stance dalam tenis meja
Teknik stance dalam tenis meja

Teknik stance adalah teknik dasar tenis meja untuk penempatan posisi badan, kaki dan tangan saat kondisi bertahan atau akan menyerang lawan. Gerakan ini sangat penting, karena berpengaruh pada kesiapan kita saat menerima serangan dan hasil pukulan saat melakukan serangan. Teknik Stance terbagi menjadi dua macam yaitu Square Stance dan Side Stance.

Side Stance

Cara melakukan teknik side stance ini badan harus berada pada posisi menyamping kiri atau kanan. Posisi bahu lebih berada di dekat net saat melakukan serangan, untuk Anda yang menggunakan tangan kanan maka posisi bahu kanan Anda harus dekat dengan net saat Anda melakukan pukulan dengan teknik forehand.

Square Stance

Teknik square stance adalah teknik posisi tubuh kita berada menghadap ke meja. Posisi ini merupakan posisi awal kita setelah menerima serangan dan juga menerima servis dari lawan. Untuk melakukan posisi ini usahakan satu kaki saja yang berpindah ke kanan, kiri, depan dan belakang. Hal tersebut memudahkan kita untuk melakukan gerakan ini, apalagi kita mempunyai kelincahan yang bagus.

Setelah teknik menggunakan bet dan teknik posisi tubuh secara bertahap sudah kamu pahami, selanjutnya yaitu teknik gerakan kaki. Ada berapa macam teknik gerakan kaki dalam tenis meja? Berikut uraiannya:

3. Teknik Gerakan Kaki (Footwork)

teknik footwork dalam tenis meja
teknik footwork dalam tenis meja

Teknik gerakan kaki atau Footwork adalah teknik permainan tenis meja untuk mendekati arah bola baik ketika posisi menyerang atau bertahan. Gerakan kaki pada teknik Footwork ini bermacam macam, semua tergantung dari jarak datangnya bola. Jika bola masih dapat dijangkau dengan satu langkah, maka cukup kita berpindah sejauh satu langkah. Untuk teknik dasar tenis meja ini juga terdapat gerakan yang namanya two step.

Two step dapat dilakukan dengan kamu sedikit menekuk, kemudian melakukan posisi kuda kuda dengan kedua kaki harus seimbang. Setelah itu ujung kaki menjadi tumpuan seluruh berat badan kamu dan yang terakhir bila ingin melakukan sebuah serangan kearah kanan lawan maka berat badan bertumpu pada kaki bagian kanan.

4. Teknik Pukulan dalam tenis meja

teknik pukulan dalam tenis meja
teknik pukulan dalam tenis meja

Selanjutnya, mari kita masuk tahap mempelajari teknik dasar tenis meja yang juga merupakan teknik pokok dalam bermain tenis meja, yaitu teknik memukul atau stroke. Kira-kira teknik memukul dalam tenis meja itu ada berapa macam, ya? Oke, berikut ini beberapa teknik memukul dalam bermain tenis meja yang bisa kamu pelajari. Asah terus kemampuanmu sampai pukulan tenis mejamu sehingga mampu mematikan lawan bermainmu.

Pada dasarnya teknik pukulan dalam tenis meja ini dilakukan pada saat bertahan atau pada saat menyerang. Terdapat dua teknik pukulan yaitu forehand dan backhand. Kedua jenis pukulan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan saat pertandingan berlangsung. Jadi kita harus dapat memastikan dengan jeli kapan kita melakukan pukulan forehand dan kapan kita harus melakukan pukulan backhand.

Teknik dasar permainan tenis meja di atas yang sudah kita ulas bersama tentunya dapat kita lakukan bersama teman dengan menggunakan ukuran lapangan tenis meja sesuai standarnya, agar kita terbiasa. Selain itu kita juga dapat melatih gerakan tanpa menggunakan bola.

Oh iya, sedikit bocoran bagus buat kita. Salah satu kunci dalam permainan tenis meja adalah kemampuan kita dalam membaca arah bola, timing dan trik mengecoh lawan bermain kita. Dan itu dapat kita kuasai jika sering berlatih dan pastikan kamu sudah menguasai teknik dasar permainan tenis meja dengan benar. Semoga penjelasan tentang teknik-teknik dasar tenis meja beserta gambarnya di atas dapat membantumu dalam mempelajari setiap teknik tenis meja.

Tinggalkan komentar