Beberapa Peraturan Permainan Sepak Bola yang Harus Dipahami

Peraturan permainan sepak bola – Saat Sobat bermain sepak bola, tidak hanya teknik dasar sepak bola dalam bermain yang harus dimiliki, namun juga harus tahu tentang peraturan sepak bola yang berlaku dalam permainan. Dengan demikian, permainan akan berjalan lancar, seru dan menang.

Peraturan Permainan Sepak Bola

peraturan permainan sepak bola
peraturan permainan sepak bola

Dalam permainan sepak bola, terdapat banyak peraturan. Peraturan sepak bola itu dibuat dengan tujuan agar permainan berjalan dengan menarik dan sportif. sepak bola aja menarik, apalagi kamu. hehehe.

1. Peraturan Sepak Bola Pria

peraturan sepak bola
peraturan sepak bola

Telah banyak orang yang mengetahui permainan sepak bola. Terlebih para pemainnya yang terbiasa bertanding. Di samping itu, sepak bola sendiri sangat populer dan banyak digemari. Peraturan bermain sepak bola ini tidak hanya saat permainan berlangsung, namun juga sebelumnya.

Contoh peraturan dasar sepak bola yang harus dipenuhi sebelum permainan dilakukan adalah lapangan yang ideal, penggunaan alat penunjang dalam bermain seperti sepatu dan decker. Pakai sepatu bola ya, jangan sepatu kaca hehe.

Segala peraturan di dalamnya merupakan peraturan yang dibuat oleh induk sepak bola dunia, yaitu FIFA. Induk sepak bola Indonesia (PSSI) menerapkan peraturan sepak bola yang sama seperti apa yang diterapkan oleh FIFA.

Sebagai contoh, peraturan permainan sepak bola menurut PSSI adalah peraturan offside. Offside merupakan salah satu aturan sepak bola yang menyatakan bahwa seorang pemain di luar area permainan atau offside.

Apabila tersentuh bola, cukup bola yang kau sentuh, hatiku jangan haha atau menerima umpan bola dari rekan satu tim. Dengan kondisi pemainnya menduduki posisi mendahuli tim lawan dan juga pemain yang paling belakang.

Contoh peraturan dalam sepak bola sebelum bermain adalah lapangan. Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh FIFA, berikut kriteria lapangan sepak bola yang sesuai standar untuk permainan sepak bola.

• Panjang lapangan adalah 90 – 120 meter.
• Lebar lapangan adalah 45 meter – 90 meter

Dalam perkembanganya di masyarakat, sepak bola bisa menjadi solusi akan kesehatan dan bisa dinikimati serta dimainkan oleh segala kalangan dalam masyarakat. Khususnya, untuk masyarakat yang mencari hiburan tersendiri bisa memainkan sepak bola mini, semini isi dompetmu, hahaha.

Dalam permainan sepak bola mini, tentunya peraturan yang digunakan tidak sama seperti sepak bola pada umumnya. Peraturan permainan sepak bola mini menyesuaikan dengan semua yang terlibat di dalamnya. Kalau kamu ada didalam hatiku hehe.

Peraturan yang mungkin ada yaitu berkaitan dengan jumlah pemain sepak bola, ukuran bola yang digunakan, ukuran gawang dalam permainan dan juga ukuran lapangan sepakbola yang akan digunakan.

Peraturan dalam sepak bola mini sama dengan peraturan sepak bola biasa. Biasanya dilakukan sedikit perubahan sesuai aturan yang dijadikan pedoman. Tentunya, menyesuaikan dengan umur anak.

Beberapa peraturan yang digunakan dalam sepak bola mini antara lain sebagai berikut :

• Lama bertanding : 2 x 20 menit dengan waktu istrahat 10 menit.
• Bola yang digunakan ukuran No 4 (empat).
• Pemain yang bertanding (7 pemain inti dan 3 cadangan).
• Pergantian pemain bebas (tidak ditentukan jumlahnya).
• Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
• Jika terjadi draw biasanya langsung diadakan tendangan pinalti (tidak menggunakan perpanjangan waktu).
• Penggunaan kartu merah dan kartu kuning tidak diberlakukan. Jika ada pemain yang melanggar hanya diberi peringatan saja.
• Offside tidak diberlakukan.

Sedangkan untuk lapangan yang digunakan memiliki panjang 60 x 40 meter, tinggi gawang 2 meter, lebar gawang 5 meter.

Dewan Asosiasi Sepak Bola International merilis sejumlah peraturan baru yang akan digunakan pada musim 2019-2020, atau mulai Juni 2019. Adapaun beberapa peraturan permainan sepak bola terbaru sebagai berikut ini:

a) Penalti Satu Kesempatan

Dalam peraturan sepak bola terbaru, tendangan penalti hanya dapat dilakukan dalam 1 kali kesempatan. Tidak boleh pemain menyambar kembali bola yang telah rebound. Situasi itu mirip seperti sistem di dalam tendangan adu penalti.

Jika ekskusi penalti mampu digagalkan kiper atau mengenai mistar gawang, wasit akan meniup peluit untuk menghentikan pertandingan. Setelah itu, bola menjadi hak kiper untuk melakukan tendangan gawang. Suruh aja kipernya ngopi dulu, hehe.

b) Pagar Tendangan Bebas

Pagar betis dalam tendangan bebas kerap mendapat gangguan dari pemain lawan. Dalam peraturan terbarunya, pemain lawan tidak boleh mengganggu, bahkan harus memberikan jarak setidaknya 1 meter dari pagar betis. Kalau masih ganggu bawa pagar ayu hehe.

c) Pergantian Pemain

Proses pergantian pemain selama ini kerap disalahgunakan sebagai pengulur waktu ketika satu tim unggul skor dari lawannya. IFAB kini membolehkan pergantian pemain dilakukan dimana saja. Asal bukan di pinggir jalan hehe

Nantinya, tugas wasit sepakbola akan menunjuk ke sisi terdekat agar pemain yang diganti meninggalkan lapangan. Sebelumnya, pergantian pemain harus dilakukan di pinggir lapangan tengah, di antara bangku cadangan kedua tim.

d) Bola Sentuh Tangan adalah Pelanggaran

Bola yang menyentuh tangan pemain, baik sengaja ataupun tidak, akan dianggap pelanggaran dan berbuah tendangan bebas. Padahal, selama ini permainan masih dapat berlanjut dengan alasan pemain tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya.

2. Peraturan Permainan Bola Futsal

peraturan permainan bola
peraturan permainan bola

Futsal adalah permainan sepak bola yang dimainkan oleh lima orang pada setiap tim. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Dengan memanipulasi bola dengan kaki, kalau pakek tangan ya voli dong, hehe.

Selain lima pemain utama yang bermain di lapangan, setiap regu juga memiliki pemain cadangan. Lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan. Berikut beberapa peraturan permainan sepak bola futsal.

Lapangan harus persegi panjang. Panjang garis batas kanan dan kiri lapangan harus lebih panjang dari garis gawang. Panjang lapangan yaitu 25 – 42 meter, lebar 15 – 25 meter. Untuk standar internasional panjang lapangan 38 – 42 meter dan lebar 18 – 25 meter.

3. Peraturan Sepak Bola Wanita

peraturan sepak bola wanita
peraturan sepak bola wanita

Sepak bola tidak hanya dimainkan oleh kaum pria saja, wanita pun bisa memainkannya. Bodi boleh pria tapi hati tetep wanita, hehe. Minat kaum wanita untuk bermain sepak bola ternyata cukup tinggi.

Permainan sepak bola wanita secara teknis dasar tentu sama dengan sepak bola pada umumnya. Hanya saja pada peraturan pertandingan sepak bola wanita ada yang dimodifikasi.

Beberapa peraturan dalam permainan sepak bola untuk wanita adalah sebagai berikut:

• Lapangan

Lapangan sepak bola wanita berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 65 – 90 meter dan lebar 45 – 70 meter

• Ukuran Gawang

Tinggi 2 meter dan lebar 5 meter

• Lama permainan Sepak Bola Wanita

Lama permainan sepak bola wanita yaitu 2 X 25 dibagi menjadi 2 babak. Masing-masing babak 25 menit dengan diselingi waktu istirahat 10 menit

Itulah beberapa peraturan permainan sepak bola. Terdapat banyak aturan dalam permainan sepak bola dan tentunya mempunyai fungsi berbeda-beda mulai dari sejarah sepakbola dahulu. Diharapkan dengan adanya peraturan sepak bola tersebut, sepak bola menjadi olahraga yang bisa dimainkan oleh semua orang. Tentunya dengan mudah dan praktis serta menyenangkan.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar