Macam-macam Gambar Formasi Sepak Bola dan Penjelasannya

formasi sepakbola
formasi sepakbola

Macam-macam formasi sepak bola dalam permainan sepak bola, sebuah barisan atau susunan pemain disebut sebagai formasi. Macam-macam formasi sepak bola pun tidak sedikit. Maka dari itu, penting untuk mengenali dan mengetahuinya.

Dalam setiap jenis permainan bola besar, termasuk sepak bola. Untuk menemukan racikan formasi sepak bola terbaik, Kamu harus memahami semua formasi dalam permainan sepak bola mulai dari formasi penyerangan sepak bola hingga formasi pertahanan sepak bola yang kokoh.

Pengertian Formasi dalam Sepak bola

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan formasi dalam permainan sepak bola? Jadi, Pengertian formasi sepak bola adalah suatu strategi atau cara penempatan ruang gerak serta pembagian tugas setiap pemain dengan posisi yang ditempatinya. Dengan adanya formasi dalam sepak bola, setiap pemain akan mengetahui daerah ruang geraknya masing-masing, akan memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang, kemana harus bergerak, dan siapa saja yang harus di jaga pada saat berada dalam kondisi tim dalam bertahan.

Macam-macam Formasi dalam Permainan Sepak Bola

formasi sepak bola
formasi sepak bola

Formasi merupakan kunci utama untuk menentukan menang tidaknya sebuah tim sepak bola. Sama halnya dengan memenangkan hati si Doi, dibutuhkan formasi yang tepat, hahaha. Berikut adalah ulasan mengenai macam-macam formasi sepak bola dan penjelasannya.

Pola dan formasi pada permainan sepak bola sangat beragam. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Bahkan, beberapa pola yang ada diterapkan secara internasional oleh banyak negara. Berikut rincian penjelasannya.

1. Formasi Sepak Bola 4-2-4 dan Penjelasannya

Formasi Sepak Bola 4-2-4
Gambar Formasi Sepak Bola 4-2-4 dan penjelasannya

Dalam permainan sepak bola, secara umum akan menggunakan formasi 4-2-4. Formasi ini asalnya dari Inggris dan merupakan formasi yang populer.

Bahkan di tahun 1958, formasi ini memperoleh penghormatan dari negara Brazil karena mengantarkan timnas Brazil menjuarai Piala Dunia. Dalam penerapannya, terdiri dari 4 pemain belakang, 2 pemain di posisi belakang tengah yang berdampingan secara diagonal.

Sedangkan 4 pemain lainnya menjadi penyerang, dimana 2 pemain berperan aktif menyerang dan 2 pemain lainnya sebagai pemain sayap yang bertugas membangun serangan. 2 pemain penyerang inilah yang nantinya menjadi ujung tombak tim.

2. Formasi 4-4-2 dan Keterangannya

formasi sepak bola 4-4-2
Gambar formasi sepak bola 4-4-2 dan penjelasannya

Jenis formasi sepak bola berikutnya adalah 4-4-2. Dimana pada formasi ini digunakan 4 pemain belakang atau bek, 4 pemain tengah dan 2 pemain lainnya sebagai penyerang. Formasi ini seringkali digunakan oleh timnas maupun tim kesebalasan dari Indonesia.

Baik itu pertandingan lokal, masional bahkan internasional, yang menjadi ciri khas tim kesebalasan Indonesia adalah formasi 4-4-2 ini. Selain di Indonesia, formasi 4-4-2 juga cukup populer dipakai oleh klub-klub besar. Salah satunya adalah tim kesebelasan dari Spanyol.

Keunggulan dari formasi ini, fokus permainan lebih kepada proses melakukan penyerangan oleh pemain bagian sayap. Gol dapat diciptakan justru karena terjadinya pengumpanan lambung dan assist.

3. Formasi Sepak Bola 4-5-1 dan Penjelasannya

formasi sepak bola 4-5-1
Gambar formasi sepak bola 4-5-1

Dibanding formasi 4-4-2 dimana penyerang diharuskan menerima umpanan dan menyerang terus menerus. Pada formasi 4-5-1 ini, para pemain dominan menggunakan mode pertahanan. Formasi ini juga digunakan pada macam-macam formasi sepak bola mini.

Formasi ini banyak digunakan sebagai formasi bertahan dan akan diberlakukan oleh para pelatih untuk bermain aman. Gak jauh-jauh dari zona nyaman dong! Biasanya, formasi ini akan dilakukan sesaat sebelum pertandingan berakhir.

Apabila tim sudah mencetak gol cukup banyak, secara otomatis tim lawan akan melakukan penyerangan dan membalas ketinggalan. Maka dari itu, tim hanya perlu bertahan hingga pertandingan berakhir.

Selain bertahan, formasi ini sering juga digunakan untuk menyerang balik jika ada kesempatan.

4. Strategi Formasi 4-4-1-1 dalam Sepak Bola

formasi 4-4-1-1 dalam permainan sepakbola
Gambar formasi sepakbola 4-4-1-1

Bentuk formasi 4-4-1-1 yang terdiri dari 4 bek, 4 pemain tengah, 1 sebagaii second striker atau bisa disebut dengan striker bayangan, kemudian 1 pemain sebagai striker single sebagai ujung tombak dari sebuah strategi tim.

Formasi ini tidak jauh berbeda dengan bentuk formasi 4-4-2 dalam permainan sepak bola. hanya saja, yang antara formasi 4-4-1-1 dan 4-4-2 yaitu 4-4-1-1 menggunakan satu striker dan satu second striker yang berperan sebagai striker bayangan atau mensuport striker utamanya.

5. Formasi 4-3-3 beserta Keteragannya

formasi 4-3-3 dalam permainan sepakbola
Gambar formasi sepakbola 4-3-3

Jenis formasi 4-3-3 adalah formasi yang tersusun dari 4 pemain bek, 3 pemain tengah dan 3 penyerang. Formasi ini merupakan salah satu formasi yang sangat populer, bahkan klub-klub besar pun sering menggunakannya. Seperti halnya dengan raja liga inggris yakni liverpool. Bahkan ini termasuk formasi liverpool yang jadi favorit saat ini.

Dengan menggunakan formasi sepakbola 4-3-3, bisa dikatakan sebuah pelatih menginginkan klubnya untuk menekan lawan sejak di daerahnya lawan itu sendiri. Serta banyak opsi terobosan-terobosan untuk melakukan kombinasi di pertahanan lawan.

6. Formasi 4-3-2-1 dalam Permainan Sepak Bola

formasi 4-3-2-1 dalam permainan sepakbola
Gambar formasi sepakbola 4-3-2-1

Komposisi dari formasi 4-3-2-1 yakni terdiri dari 4 pemain bek , 3 pemain tengah, 2 pemain sayap dan 1 pemain striker.

Formasi ini bisa dibilang formasi yang sangat kuat dalam penguasaan bolanya, karena di tengah terdapat 3 gelandang dan 2 sayap yang siap untuk menyerang.

Namun, untuk menggunakan strategi seperti ini pelatih biasanya memilih seorang striker yang memiliki skill yang bagus serta body yang kuat yang berfungsi sebagai umpan pantul kepada kedua syap yang siapa masuk kedalam area kotak pinalty.

7. Formasi 4-3-1-2 Top Eleven

formasi 4-3-1-2 dalam permainan sepakbola
Gambar formasi sepakbola 4-3-1-2

Formasi selanjutnya yakni mirip dengan formasi 4-3-2-1 yang sebelumnya, namun yang membedakan adalah formasi ini menggunakan 2 striker dan 1 playmaker.

Yang mana 1 playmaker ini memiliki tugas khusus untuk menyuplai bola-bola manja untuk kedua striker yang berada di dipannya. sementara untuk pertahanan sudah ada 3 gelandang yang bertugas memangkas serangan-serangan dari lawan.

8. Formasi 5-3-2 dalam Sepak Bola

formasi sepak bola 5-3-2
Gambar formasi sepak bola 5-3-2

Selain 4-5-2, formasi yang juga mengutamakan pertahanan adalah formasi 5-3-2. Dimana dalam formasi ini terdiri dari 5 pemain bek. 3 permain berada di tengah sedangkan 2 pemain lainnya sebagai penyerang.

Kendati pemain bek berjumlah 5, sebenarnya hanya 3 bek yang sejajar di belakang. Adapun 2 pemain bek lainnya menjadi wing back sekaligus gelandang di sayap kanan dan kiri.

Pada dasarnya, perang masing-masing 1 pemain gelandang utama adalah untuk bertahan. Dan 2 gelandang di sisinya akan turut menyerang dengan posisi di tengah. Lalu 2 pemain tersisa merupakan penyerang depan yang bertugas memasuki pertahanan lawan.

9. Taktik Formasi Sepak Bola 5-4-1

formasi sepak bola 5-4-1
Gambar formasi sepak bola 5-4-1

Berikutnya ada formasi 5-4-1 yang merupakan formasi andalan para defender. Defense pada formasi ini diharuskan selalu dalam kondisi siap untuk melakukan serangan balik. 2 pemain wing back juga bisa maju ketika melakukan serangan balik, dibantu 2 pemain tengah.

2 pemain tengah ini juga bertugas memberi umpan terhadap target man. Target man disini juga diharuskan bergerak dengan cepat untuk memanfaatkan peluang mencetak gol yang ada secara maksimal.

10. Tujuan Penerapan Formasi 3-6-1 dalam Sepak Bola

formasi sepak bola 3-6-1
Gambar formasi sepak bola 3-6-1

Selain 5 macam formasi sepak bola di atas, ada juga formasi 3-6-1 yang sebenarnya sangat jarang digunakan dalam pertandingan sepak bola. Kendati demikian, formasi 3-6-1 merupakan salah satu yang terbaik digunakan sebagai formasi bertahan.

Menurut beberapa pelatih terkenal, formasi 3-6-1 paling cocok digunakan saat mode pertahanan akan diberlakukan. Sayangnya, formasi ini tergantung dari fokus dan ketepatan lini tengah.

Dalam formasi 3-6-1, 3 pemain bek diposisikan sejajar di belakang, kemudian 3 gelandang posisinya sejajar kanan, tengan dan kiri. Kemudian 2 pemain gelandang di tengah depan dan terakhir 1 pemain gelandang tengah sebagai penyerang. Selebihnya, 1 pemain sebagai penyerang sekaligus target man .

11. Formasi 3-5-2 dan Penjelasannya

formasi sepak bola 3-5-2
Gambar formasi sepak bola 3-5-2

Selain 4-2-4 atau 4-4-2, macam-macam formasi sepak bola yang kerap digunakan oleh para pelatih profesional adalah formasi 3-5-2. Dimana dalam pengaplikasiannya terdiri dari penempatan 3 pemain bek, 5 pemain gelandang dan 2 pemain sebagai penyerang depan.

Umumnya dalam penempatannya, 3 pemain bek diposisikan sejajar di belakang. Sedangkan pemain gelandang diposisikan di tengah lapangan. Dan khusus 2 pemain penyerang adalah di depan.

Dalam pengaplikasiannya, formasi ini fokus terdapat pada 5 pemain gelandang tengah. Salah satu pemain gelandang memiliki tugas sebagai yang bertahan murni.

Di pertandingan internasional, formasi ini cukup populer apalagi penggunaan 3 pemain bek. Adapun 4 pemain gelandang lainnya, selain gelandang murni memiliki tugas sebagai gelandang yang menyerang.

12. Formasi 3-4-3 Bertujuan untuk Menguasai Daerah

formasi sepak bola 3-4-3
Gambar formasi sepak bola 3-4-3

Selanjutnya adalah formasi 3-4-3 yang juga populer. Salam permainannya, digunakan 3 pemain bek murni, 4 pemain sebagai gelandang serta 3 pemain lainnya sebagai penyerang depan.

Khusus bagi formasi gelandang, 2 pemain di sayap kanan dan kiri mempunyai tugas rangkap sebagai pemain bek sayap. Secara umum, posisinya berada agak maju ke depan. Tugasnya adalah menjadi yang bertahan sekaligus maju menyerang jika dibutuhkan.

Adapun 2 gelandang yang ditempatkan di tengah berperan sebagai playmaker. Playmaker ini bertugas untuk mengumpan dan meng-assist bola pada penyerang.

13. Bentuk Formasi 4-1-4-1 dalam Sepak Bola

formasi sepak bola 4-1-4-1
Gambar formasi sepak bola 4-1-4-1

Jarang sekali dipakai, tapi bentuk umum formasinya adalah 4 pemain bek yang posisinya di belakang. Kemudian 1 pemain sebagai gelandang bertahan, 4 pemain berikutnya adalah gelandang penyerang dan 1 pemain lainnya merupakan seorang penyerang.

Formasi 4-1-4-1 sendiri merupakan variasi dari 4-5-1. Yang membedakan adalah pada 4-5-1, menerapakan 5 pemain sebagai gelandang bertahan sekaligus. Sedangkan pada 4-1-4-1 difokuskan pada kekuatan penyerangan.

14. Formasi 4-2-2-2 dalam Sepak Bola

formasi 4-2-2-2 dalam permainan sepakbola
Gambar formasi sepakbola 4-2-2-2

Selanjutnya yaitu formasi 4-2-2-2 yang hadir dengan susunan pemain 4 pemain bek, 2 pemain gelandang bertahan, 2 pemain gelandang serang dan 2 pemain sebagai striker.

Formasi ini merupakan formasi yang memiliki 2 gelandang bertahan yang fokus bertahan, kalau misal terjadi bek sayap baik kanan maupun kiri lagi naik, maka tugas 2 gelandang bertahan inilah untuk membackupnya.

15. Formasi 4-2-3-1 dalam Permainan Sepak Bola

formasi sepak bola 4-2-3-1
Gambar formasi sepak bola 4-2-3-1

Terakhir adalah formasi 4-2-3-1 yang paling banyak diaplikasikan pada pertandingan sepak bola, Bahkan ini adalah fomasi barcelona musim 2020-2021 saat ini. Dalam formasi ini, 4 pemain sebagai bek, 2 gelandang bertahan, 3 pemain tengah dan 1 pemain lainnya sebagai penyerang.

Keunggulan formasi ini adalah harmonisasi dan kesolidan tim. Banyak disebutkan bahwa formasi ini cukup sulit untuk ditembus dan merupakan formasi bertahan paling ampuh. Maka, tidak heran jika formasi ini banyak digunakan.

Macam-macam formasi sepak bola beserta kelebihan dan kekurangan di atas wajib dipahami oleh masing-masing tim dalam sepak bola. Namun, harus dipastikan kamu sudah menguasai semua teknik-teknik dasar yang terdapat di dalam sepak bola ya. Dengan demikian, Kamu bisa semakin mudah dalam menentukan strategi pertahanan. Pastinya tidak kebingungan lagi soal penerapan dari setiap macam-macam formasi sepak bola.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri